Hari ke-8 : 5 Bloger yang Menginspirasi Saya

inspirasi

Ngeblog tidak semudah keliahatannya. Terkadang akan ada tembok besar yang menghalangi Anda. Tembok itu menghalangi Anda untuk mencapai apapun yang ingin Anda capai. Dan jika Anda tidak merobohkannya, maka Anda tidak akan kemana-mana dan stagnan.

Anda butuh inspirasi.

Inspirasi datang dan pergi. Anda harus tahu dari mana inspirasi berasal. Jika Anda penasaran bagaimana saya menangkap inspirasi, maka saya akan memberitahu kepada Anda 5 bloger yang menginspirasi saya selama ini :

1. Allisa Yustica Krones

Apa yang mampu membuat orang konsisten ngeblog sepanjang waktu? Itu adalah tujuan. Jika Anda punya tujuan ngeblog, maka Anda tidak akan kebingungan. Anda tahu apa yang Anda perlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Berbulan-Bulan saya ragu dengan diri sendiri. Saya bahagia menulis di blog ini, tapi tidak punya tujuan. Trafik, komentar, atau like yang banyak hanya merupakan kesenangan yang semu. Saya kadang merasa bosan, tapi tidak tahu apa yang membuatnya demikian.

Sampai suatu ketika saya mendarat di plovea.com. Kebetulan sekali mbak Allisa menjelaskan bahwa tujuan ngeblognya adalah mengarsipkan semua kejadian di keluarganya. Sesuatu yang semacam itu. Dan itu menginspirasi saya untuk memiliki tujuan yang lebih hakiki : Mengarsipkan semua pengetahuan dalam hidup saya.

2. Jon Morrow

Jon Morrow itu seperti alien. Ia selalu menulis sesuatu yang di luar nalar. Benar-Benar gila. Sebagai bloger, saya sangat menghormati Jon Morrow. Sebagian besar tulisannya sulit dipahami. Tapi terlihat keren sekali.

Berkunjunglah ke smartblogger.com atau copyblogger.com atau situs terkenal manapun untuk membaca tulisan-tulisan Jon Morrow, dan Anda akan sadar bahwa perbedaan antara orang jenius dan orang gila hanya setipis selembar kertas.

Jon Morrow memberi pengaruh besar bagi saya dalam mengembangkan ide-ide yang akan dipublikasikan di blog ini.

3. Darrent Rowse

Ada yang menyebut Darrent sebagai bapak bloger dunia. Situsnya problogger.net merupakan harta karun bagi bloger manapun. Anda bisa menemukan tutorial ngeblog apapun di blog tersebut. Jumlahnya sudah ribuan artikel.

Sebagian ide menulis tentang blog di Shiq4 merupakan inspirasi dari problogger.net. Saya hanya mencuri idenya, kemudian mengembangkan tulisan berdasarkan ide-idenya saja. Itulah mengapa saya tidak pernah takut kehabisan ide jika menulis bertema β€œngeblog”.

4. Jeff Goins

Jeff goins merupakan bloger yang menulis menggunakan teknik copywriting. Blognya banyak dibicarakan situs-situs lain. Dan untuk urusan memperbaiki kualitas tulisan, maka Jeff Goins berada di urutan teratas yang paling saya sukai.

Tulisan Jeff Goins sederhana. Tapi kosakata yang digunakan mencerminkan kecerdasannya. Dan saya selalu berusaha meniru bagaimana Jeff Goins menulis. Anda bisa mengunjungi JeffGoins.com/blog untuk melihat karya tulisnya.

5. Rand Fishkin

Saya menyukai SEO. Bukan saja karena senang memainkannya dan melihat halaman blog Shiq4 berada di 10 besar halaman pencarian, tapi pengetahuan tentang SEO selalu dinamis dan berubah-ubah. Itu mengapa SEO selalu sangat misterius bagi saya.

Rand banyak menulis di Moz.com, tentang SEO dan percobaan-percobaan yang dilakukannya. Harus diakui, saya berkeinginan untuk mengoleksi semua ilmu pengetahuan yang diterbitkan di Moz. Sayangnya, saya hampir tidak bisa memahami konten-konten di sana selain dasar-dasar SEO.

Saya masih baru dalam SEO. Tapi saya benar-benar berniat mengoleksi konten-konten SEO di luar sana sehingga saya bisa memahami apa yang dikatakan Rand Fiskhin.

Bagaimana dengan Anda? Siapa bloger yang paling berpengaruh dalam hidup Anda dan mengapa?

Iklan

42 tanggapan untuk “Hari ke-8 : 5 Bloger yang Menginspirasi Saya

  1. Mmm Cinta ikutan ah jwb :
    prtama, blog nya mantan terindah yg smpe skr blm trlupakan πŸ˜…πŸ˜πŸ˜‚
    kdua, blognya mas Shiq krn tutorial pihal ngblognya sdkit dmi sdkit Cinta gunakan.
    ktiga, blog traveller krn sll mmicu otak dan kantong utk myisihkan sebagian uang perbln. Cinta jd smangat ttg cerita2 travelling mreka, smga di kemudian hr Cinta bs mnyusul spti mreka aamiin.
    itulah tiga blog yg mnginspirasi Cinta, sekian, terimakasih

    Suka

  2. Yaa ga menginspirasi sih jahaha, tpi yg bikin saya lbh tau ttg dunia blog ya dari (situ), ttg cara ini itu, pngthuan ini itu, trmksh sblmnya.. wkwk, kalo yg menginspirasi sih saya Raditya Dika ya, berawal dari kegeblekan diary”nya bisa sukses sampai sekarang..

    Disukai oleh 1 orang

  3. Saya sudah curiga sudah lama, pasti ada figur2 inspiratif di balik blog2 Shiq4, dan malam ini, 3 nama lain selain Jeff Goins dan Jon Morrow, terkuak sudah, terima kasih Shiq4 Anda sudah membagikannya. Tentu itu sangat bermanfaat bagi kami, khususnya saya yang masih “lugu” ini.

    Jujur, kalau bloger inspiratif, saya gak tahu yang lain, yg jelas2 dan realistis di depan mata, saya menyukai bloger seperti hai hai alias bengcu. Yang selanjutnya Shiq4, haha…. keliatan kan sejauh mana saya menilai sesuatu.

    Bengcu, walau gaya menulisnya, mungkin gak terlalu sesuai EYD B.Indonesia, tapi menurut saya ide2nya sangat sering di atas nalar. Gayanya yg selalu menggelegar, mungkin sebagian orang gak ngerti gimana alur berpikir nya koq bisa begitu.

    Shiq4, menurut saya, adalah bloger yang sangat inspiratif. Anda selalu to the point, irit kosa kata namun sangat condensed dan informatif, hampir tidak ada kata2 yang terbuang sia2. Selain itu, karena saya mendengar bahwa Shiq4 adalah mantan penderita Skizofrenia. Saya salut, koq Anda bisa keluar dan bisa tampil dengan style yang unik dalam ber-ide, bahkan org yg normal atau biasanya justru minim yang seperti Anda. Saya juga heran ketika saya menerima PM Anda di email daya kala itu, yang kemudian juga seolah lupa dengan pertanyaan Anda itu. Bagi saya sosok seperti Shiq4, maaf tak bermaksud terlalu melebih-lebihkan, Anda sangat menggugah, terlepas dari segala sisi2 lemah kita sebagai manusia.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Wah makasih mas desfortin atas pujiannya. Sebenarnya cuma masalah kebiasaan aja pas nulis. Saya mempercayai bahwa jika semakin sering menulis dan latihan, maka lama-kelamaan akan mahir dengan sendirinya.

      Kalo bengcu udah pernah ngunjungi, masalahnya saya kurang ilmu untuk memahami isinya. Apalagi soal politik dan agama, belum saatnya saya baca konten2 nya.

      Suka

      1. Saya lihat Shiq4 bukan sekedar sering nulis, tapi saya liat passion nya emang disitu. Kalau gaya nulis hebat (santun, tidak sarkastik dan artistik) saya kagum dg Anda, tapi kalau urusan ide paling berani, gila, liar, dan kontroversial bahkan revolusioner sejagad, saya kagum dengan bengcu.

        Kalau bengcu itu identik dengan segala gugatan, sulit dipahami alur pikirannya oleh kaum mainstream apalagi awam, salah2 kita hanya menganggapnya sesat pikir dan blunder, padahal tidak. Topiknya hampir semua bidang koq kalau baca dari kontennya yg seabrek itu, kecuali ttg nulis atau teori nulis, hampir gak ada. Anehnya, kuliat dia ga pernah blogwalking (lbh aktif di medsos atau komunitas lain), tp stats nya “gila”, dan pengunjungnya juga.

        Saya bersyukur bisa terpapar dg Blog2 Anda (shiq4) yg sangat bermartabat, dan ketemu blog2 yang konten berpikirnya out of the box (bengcu), saya tidak heran saat melihat kapan org dipuji dan dimaki setelah saya berkawan dengan Shiq4 dan Bengcu.

        Untuk Shiq4, saya berharap Anda terus jadi bloger yang makin tenar sampai kpanpun, dan saya juga berharap suatu saat kita bisa kopdar, hehe…

        Disukai oleh 1 orang

  4. gak ada yang kenal sih tokoh2 diatas…
    awal ngeblog dulu tahun 2009 ya ikut-ikutan teman saja, lama-lama jadi senang, terus baru buat blog baru tahun kemarin tujuannya sih biar ada kesibukan diri terus menghapus blog lama yang kebanyakan copy paste..
    tak ada sosok inspirasi sih dalam menulis, tapi suka aja pas ada kata2 baru saat membaca blog teman, akhirnya aku terapkan diblogku..
    πŸ˜€

    Suka

  5. Saya baru aktif kembali di dunia blog…Baru bikin satu artikel. Dulu pernah punya di blogspot.com dan sepertinya sekarang sudah raib. Dan teman pertama saya di blog ya Anda mas shiq4…Jadi saya suka nyontek ilmu ngeblognya mas shiq4. Kalau bahasa mah saya dapat ide dari banyak orang termasuk dari status-status FB orang lain. Saya bisa berbahasa formal maupun bahasa haha hihi tergantung suasana hati dan perasaan 😊

    Suka

      1. Maaf mas…Saya mau tanya…Saya baru menulis dengan judul “santun saja” tapi kok munculnya di menu utama ya bukan di barisan artikel? Mohon infonya biar rapi…Maklum gaptekπŸ™ˆπŸ™ˆ

        Suka

        1. Wa ha ha klo maksudnya mau nulis artikel, bisa klik menu pos, klo nggak salah ada tombol “baru” dimenu pos. Nanti ada dua kolom, yg bagian atas untuk judul dan yang bagian bawah untuk isi artikel.

          Atau jika menggunakan wordpress reader bisa langsung klik tombol simbol di bagian kanan bawah, nanti langsung masuk postingan.

          Klo kurang jelas bisa tanya lagi. Oh ya bentar saya carikan referensi yg lebih jelas.

          Suka

        2. Oh emang iya saya sempat ngetik di halaman. Halaman itu maksudnya untuk menu utama ya? Saya kira halaman itu seperti halaman buku yang akan otomatis tulisan terakhir tersusun setelah tulisan sebelumnya…Hahaha…Makasih infonya

          Disukai oleh 1 orang

        3. Sama2. Tulisan baru memang otomatis disusun mbak dan otomatis rapi. Susunanya dimulai dari tulisan terbaru. Dalam dunia blog tulisan biasa disebut pos, postingan, artikel, dan konten.

          Suka

  6. Ninien Irnawati, Flona Nasi Uduk, Marco Anjasmoro & Novi The Bunny Cat (aka Ibu Kucing). Mereka berempat adalah blogger yg menginspirasi aku bgt trutama dr sisi gaya menulis. Sayang semua udah pada berhenti ngeblog.

    Suka

    1. Waah… sayang sekali berhenti menulis. Mungkin ada prioritas lain yg butuh lebih banyak waktu daripada menulis. Siapa tahu akan aktif lagi di masa depan πŸ™‚

      Suka

    1. Wah makasih sekali. Sekalian mau minta maaf klo ada salah komen di blognya. Saya kira uchi dan suci itu orang yang sama. Jadi malu ternyata beda. Nggak merhatiin soalnya wkwk….. Yg satu mahasiswi yg satu udah nikah. Takutnta komennya pernah ketukar dan komen yg nggak2.

      Suka

Komentar ditutup.