Bisnis Online : Semua Tentang Kepercayaan

Sumber gambar : formulabisnisindonesia.com
Tidak ada yang lebih menarik perhatian dibanding dengan bisnis online bagi orang-orang pemasaran. Internet marketing sangat hebat dan potensinya tidak terbatas. Itu mengapa dewasa ini bermunculan website-website yang menawarkan barang dan jasa.

Tapi ada fenomena aneh. Mayoritas website tersebut tidak bertahan lama. Mereka menutup bisnis tidak lebih dari 12 bulan sejak beroperasi.

Anda tahu apa alasannya? Karena tidak ada penjualan. Dan penyebab terbesarnya adalah ketidakmampuan mendapatkan kepercayaan calon pelanggan. Tidak akan ada orang yang bertransaksi jika mereka tidak percaya dengan bisnis Anda. Sesedarhana itu.

Berbeda dengan bisnis-bisnis besar yang punya dana pemasaran berlimpah sehingga brand mereka terbangun dengan kuat dan mampu mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan, bisnis kecil harus berjuang ekstra : Dapatkan kepercayaan calon pelanggan atau lupakan kesuksesan. Hanya itu pilihan yang tersedia.

Dan jika Anda salah satu pemasar online, mari kita bicarakan hal tersebut. Karena bisnis apapun, semua hanya masalah kepercayaan.

Content Marketing adalah Jawaban Terbaik

Orang-Orang terlalu menggagungkan copywriting. Mereka berpikir dengan mempelajari teknik copywriting sederhana, mereka akan mampu menjual barang atau jasa apapun. Sebagian memang benar, tapi sebagian lainnya merupakan kesalahan.

Copywriter hebat mungkin mampu melakukannya. Mereka menciptakan sebuah copy dan dengan sekejap penjualan akan meningkat. Itu suatu kebenaran.

Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi Anda, copywriter pemula. Tidak peduli sekeras apapun Anda berusaha, copy-copy Anda tidak akan dihiraukan. Bukan karena copy Anda buruk, tapi lebih karena orang-orang tidak mempercayai Anda.

Perusahaan-Perusahaan besar punya dana besar untuk menciptakan copy. Mereka banyak melakukan uji coba. Dan tentu saja, semua dilakukan oleh ahlinya. Itulah perbedaan paling mendasar. Bagian buruk lainya, perusahaan besar sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Jika Anda hanya bermodal teknik copywriting dan bermimpi untuk menjual banyak barang atau jasa dan mrmenangkan persaingan dengan bisnis yang sudah lama eksis, pasti butuh usaha ekstra yang sangat keras.

Bagaimana jika ada sebuah cara yang terbukti mampu mendapatkan kepercayaan calon pelanggan sehingga mereka mau berbisnis dengan Anda? Apalagi jika Anda memadukannya dengan teknik copywriting, tentu akan sangat luar biasa.

Jawabannya adalah content marketing.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, copywriting saat ini tidak sekedar digunakan untuk keperluan pemasaran saja, tapi juga digunakan oleh bloger untuk menulis postingan. Dan sudah terbukti untuk mengkonversi pengunjung menjadi subsciber, membeli produk, menggunakan jasa dari bloger tersebut, atau sekadar berkomentar.

Bayangkan jika Anda menggabungkannya dengan content marketing, hasilnya pasti akan luar biasa.

Jika Anda belum tahu apa itu content marketing, maka berikut adalah definisinya :

“Content marketing berarti menciptakan dan membagikan konten bernilai untuk menarik dan mengkonversi prospek (calon pembeli) menjadi pelanggan, dan pelanggan menjadi pembeli yang terus membeli. Tipe konten yang Anda bagikan adalah yang berhubungan erat dengan apa yang Anda jual; dengan kata lain, Anda mengedukasi orang-orang sehingga mereka mengetahui, menyukai, dan cukup percaya dengan Anda agar mau berbisnis dengan Anda.” Oleh Copyblogger.

Artinya Anda menciptakan konten-konten yang berhubungan dengan bisnis Anda secara terus menerus agar orang percaya kepada bisnis Anda dan mau menghabiskan uangnya untuk barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Misalnya Anda membuka jasa SEO. Maka tindakan Anda adalah menciptakan konten-konten yang berhubungan dengan SEO. Jika konten-konten Anda cukup meyakinkan dan terlihat profesional, maka orang-orang akan berbisnis dengam Anda (karena mereka percaya dengan kemapuan SEO Anda ketika membaca konten Anda). Semudah itu.

Bahkan Neil Patel, salah satu 10 pemasar online terbaik versi forbes, menuliskan :

Content Marketing masih membutuhkan copywriters. Faktanya, beberapa orang berargumen bahwa peran copywriters semakin penting dari sebelumnya”. ( Catatan : 19% dari B2B content marketers yang disurvey mengutip “Menjadi penulis yang lebih baik” adalah 5 prioritas teratas pada penelitian tahun 2016).

Anda juga bisa membaca “38 Content Marketing Stats That Every Marketer Need to Know” untuk lebih memahami tentang content marketing.

Jadi, jika Anda sudah lama belajar copywriting, Anda bisa menggunakan content marketing dan copywriting secara bersamaan untuk mendapatkan kepercayaan calon pelanggan dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Proses : Mendominasi Mesin Pencari

Saya memiliki lapak buah di pasar. Sudah sekitar 15 tahun lebih beroperasi dan terus berjalan hingga saat ini. Tidak butuh usaha ekstra karena pasar tempat orang berlalu lalang. Ketika mereka melihat produk-produk buah yang saya pajang, mereka yang tertarik akan datang. Dan jika harga sesuai dengan kantong mereka, maka akan terjadi transaksi jual beli.

Tapi internet bukan pasar. Anda tidak bisa memajang produk-produk Anda atau menawarkan jasa di sebuah website, kemudian hanya diam saja tanpa melakukan apapun dan berharap akan terjadi transaksi.

Anda harus memahami dan menggunakan SEO agar orang datang ke website Anda dan mempertimbangkan penawaran-penawaran Anda(klik di sini untuk membaca pengertian SEO). Kecuali jika Anda punya dana melimpah untuk beriklan, Anda bisa melewatkan bagian ini.

Setelah Anda menciptakan konten-konten bernilai tinggi dengan teknik copywriting, maka tugas Anda selanjutnya adalah memastikan konten Anda mudah ditemukan orang jika mereka menggunakan Google. Terutama untuk kata kunci yang berkaitan erat dengan bisnis Anda.
Mengapa? Karena itu juga mampu meningkatkan kepercayaan calon pembeli Anda.

Memangnya situs apa yang Anda pikirkan dan percayai jika mendengar kata SEO? Mungkin Moz,  atau Search Engine Journal, atau Search Engine Land. Benar? Karena mereka mendominasi hampir semua hal tentang SEO di mesin pencari dan secara tidak langsung, orang-orang akan mempercayai hal apapun yang dipublikasikan di situs-situs tersebut jika berkaitan dengan SEO.

Pastikan saja Google tidak membenci situs atau blog Anda karena hal-hal berikut:

  1. Anda menggunakan teknik black hat SEO.
  2. Anda tidak mengupdate blog bisnis secara teratur.
  3. Loading blog Anda lama.
  4. Anda tidak membangun backlink.
  5. Konten Anda tidak berkualitas menurut Google.

Rekomendasi saya adalah menyewa jasa SEO profesional untuk menguasai kata kunci yang paling relevan dengan bisnis Anda. Karena jika orang-orang terus mengkonsumsi konten Anda, mereka akan mempercayai bahwa Anda adalah profesional, orang yang tepat untuk melakukan bisnis bernilai jutaan rupiah.

Atau Anda bisa membangun tim SEO mandiri dan mulai belajar SEO dengan membaca “Cara Mudah Belajar SEO dari Shiq4).

Bagian Akhir : Pastikan Bisnis Lain atau Bloger Mereview Anda

Cara mendapatkan kepercayaan konsumenSumber gambar: unsw.edu

Anda tahu mengapa perusahaan-perusahaan besar mau membayar bloger untuk mereview bisnis mereka? Karena 61% Customers membaca review online sebelum membuat keputusan pembelian, dan review menjadi bagian krusial bagi e-commercee.

Review dari bloger atau bisnis lain akan menghilangkan keraguan bagi calon pembeli. Anda boleh saja mengklaim bahwa Anda menyediakan produk-produk berkualitas terbaik atau jasa Anda adalah yang terbaik diantara ratusan jasa sejenis. Tapi kita hidup di dunia yang serba skeptis. Orang-Orang tidak akan langsung percaya dan bertransaksi dengan Anda. Mereka ingin mendengar apa yang dikatakan orang lain tentang bisnis Anda.

Bahkan review yang buruk pun mampu meningkatkan conversi hingga 67%. Mengapa? Karena jika semua review yang mengulas bisnis Anda hanya mengungkapkan hal-hal positif, calon pelanggan akan menganggapnya sebagai review palsu dan tidak akurat. Dan itu menyebabkan keraguan.

Umumnya, review yang buruk seharusnya membuat bisnis Anda lebih baik. Anda bisa menjawab ulasan review buruk dengan menanggapinya di website perusahaan Anda. Dan Anda akan terlihat seperti pahlawan yang memerangi kejahatan.

Jawaban Anda atas keluhan konsumen merupakan langkah terbaik seolah mengatakan “Kami peduli kepada pelanggan kami dan kami akan menyelesaikan semua keluhan yang mungkin Anda alami karena sesuatu yang juga tidak kami harapkan.” Begitulah bagaimana seharusnya sebuah bisnis online berjalan.

Dan Anda akan mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan. Artinya, akan lebih banyak penjualan.

Apalagi yg bisa kita lakukan untuk mendapatkan kepercayaan calon pelanggan? Apakah Anda punya pengalaman? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

13 tanggapan untuk “Bisnis Online : Semua Tentang Kepercayaan

  1. Wah ini bahasannya cukup berat, banyak yang saya nggak ngerti. Saya jadi kepikiran membuat blog lain yang tujuannya khusus untuk bisnis, soalnya kalau di blog personal sepertinya susah menerapkan teknik-teknik tersebut.

    Suka

  2. Wah, ini cocok banget ni buat yg lagi serius membangun bisnis online. Saya punya seorang kenalan yg juga bergelut di bidang ini, saya akan coba bagikan konten blog Anda ini kepadanya. Semoga bisa berguna buatnya.

    Betul mas, masalah kepercayaan sebenarnya bukan masalah di bisnis saja. Hampir di semua bidang, kalo kita bisa jaga kepercayaan, maka kita dekat sekali dengan “kesuksesan”.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s