Sumber gambar : rikapoo.net
Tidak peduli apapun jenis blog Anda, judul artikel memegang peranan penting terhadap kesuksesan konten yang Anda publikasikan. Jika menarik, maka jangan heran ketika Anda mendapat ledakan pembaca.
Karena konten seindah apapun, tanpa judul yang bagus, semua akan berakhir dengan segelintir pembaca saja.
Lihat beberapa fakta berikut :
- 80% Orang akan membaca judul, tapi hanya 20% yang akan membaca artikel.
- Trafik bisa bervariasi hingga 500% hanya karena judul.
- CTR bisa meningkat hingga 400% saat judul dioptimalkan.
Masih belum berpikir untuk bereksperimen dengan judul konten Anda? Atau Anda bingung harus memakai judul seperti apa?
Saat saya pertama kali belajar copywriting, saya menghabiskan waktu untuk meniru formula judul yang sudah terbukti dengan baik. Berikut adalah beberapa variasi judul yang bisa Anda gunakan untuk postingan Anda selanjutnya :
1. Angka + Alasan Mengapa + Sesuatu yang menarik
Situs-situs besar sering menggunakan formula diatas. Bukan hanya berpotensi viral, judul dengan formula tersebut juga cenderung menimbulkan rasa penasaran. Terutama jika bagian akhir merupakan fakta yang menarik.
Contoh penggunaan:
- 13 Alasan Mengapa Cewek Cantik Tidak Punya Pacar
- 12 Alasan Mengapa Tidak Ada Orang yang Membaca Tulisan Anda
- 10 Alasan Mengapa Pengunjung Meninggalkan Blog Anda dan Tidak Pernah Kembali Lagi
Info Penting : Sebaiknya menggunakan angka 5 atau lebih.
2. Cara + Melakukan Sesuatu
Penggunaan kata cara (how to) telah terbukti memberikan hasil positif terhadap jumlah kunjungan organik. Hampir semua orang di zaman sekarang memakai Google untuk belajar otodidak dalam melakukan sesuatu atau mencapai target hidup mereka.
Dan itu membuat judul “Cara” menjadi begitu populer. Jika Anda bisa berada di halaman pertama Google dengan menggunakan judul jenis ini, maka akan terjadi peningkatan yang signifikan terhadap jumlah pengunjung. Terutama cara-cara tentang topik-topik populer.
Contoh Penggunaan :
- Cara Menurunkan Alexa Rank dengan Cepat
- Cara Mendapatkan Rangking Satu di Kelas
- Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Mengurangi Konsumsi Makanan
3. Angka + Tips + Impian yang Diinginkan Orang
Selain menggunakan kata “Cara”, kata “Tips” menduduki peringkat selanjutnya yang populer digunakan untuk menarik pengunjung organik.
Berbeda dengan konten “cara” yang biasa runut langkah demi langkah, konten “Tips” hanya berupa nasihat agar orang-orang mampu menjadi sesuatu yang lebih baik (impian). Akan lebih efektif digunakan jika Anda sudah memiliki nama ketika memberikan konten berupa “Tips”.
Misalnya Anda seorang bloger yang sudah menghasilkan uang. Orang akan percaya jika Anda memberikan tips dengan menunjukkan data-data penghasilan Anda.
Contoh Penggunaan :
- 6 Tips untuk Penulis Artikel Freelance Baru
- 10 Tips Untuk Menjadi Penulis yang Lebih Baik
- 10 Tips Sederhana Untuk Bangun Lebih Pagi
Peringatan : Jangan menulis “Tips” jika Anda belum berpengalaman dalam bidang yang Anda geluti. Tapi Anda bisa menulis “Tips” dengan mengutip orang-orang yang kredibelitasnya tidak diragukan lagi agar pembaca mempercayai tips-tips yang Anda sajikan.
4. Siapa Lagi yang Ingin + Hasil yang Memuaskan?
Ini termasuk teknik copywriting klasik. Saya sudah dua kali menggunakannya. Hasil pertama cukup memuaskan. Dan percobaan kedua membuat postingan saya mendapat 99 komentar.
Teknik ini juga masih digunakan copywriter lain untuk menarik perhatian pengunjung. Secara tidak langsung orang-orang akan tertarik untuk membaca bagaimana mendapatkan hasil yang memuaskan. Dengan catatan Anda telah memiliki banyak target pembaca yang sesuai (Memiliki minat terhadap topik yang Anda tulis).
Contoh Penggunaan :
- Siapa Lagi yang Ingin Mendapatkan Ratusan Komentar Setiap Hari?
- Siapa Lagi Bloger Baru yang Ingin Mendapatkan 100 Pengunjung/Hari? (Modifikasi)
- Siapa Lagi yang Ingin Mendapatkan Kenaikan Gaji Setiap Tahun?
5. Berikan Saya + Waktu Singkat + Dan Saya akan + Impian, Hasil, Keinginan
Untuk menggunakan teknik ini, Anda harus sudah memiliki kredibelitas di mata pembaca Anda (Tergantung bagaimana Anda membangun personal branding). Jika tidak, Sepertinya teknik judul yang satu ini tidak akan bekerja dengan baik.
Adanya “waktu singkat” merupakan iming-iming yang membuat orang rela membaca. memangnya siapa tidak ingin mendapatkan hasil dengan waktu singkat di zaman yang serba instan seperti ini? Tidak ada.
Contoh Penggunaan :
- Berikan Saya 4 Menit dan Saya akan Membuat Anda Menjadi Bloger yang Lebih Baik
- Berikan Saya 2 Minggu dan Saya akan Membuat Berat Badan Anda Turun Hingga 5 Kg
- Berika Saya 3 Hari dan Saya akan Membuat Anda Memiliki 50 Pengikut Baru
6. Rahasia + Apapun yang Memancing Rasa Ingin Tahu
Di masa lalu, judul yang menggunakan kata “Rahasia” sangat berhasil dalam menjaring pembaca. Namun seiring dengan penggunaan kata “Rahasia” yang semakin menjamur, keefektifannya pun semakin menurun dari waktu ke waktu.
Apalagi jika konten yang memuat kata “Rahasia” berisi tentang pengetahuan umum yang sudah dipahami oleh khalayak, itu membuat orang-orang berpersepsi bahwa kata “Rahasia” adalah bentuk berita hoax saja di masa sekarang.
Tapi bukan berarti judul menggunakan kata “Rahasia” tidak lagi bekerja dengan baik. Selama isi konten memang suatu pengetahuan yang masih belum banyak diketahui orang, maka tidak ada keraguan akan keberhasilannya.
Contoh penggunaannya :
- Rahasia Produktivitas Menulis : Menjaga “Rasa Lapar”
- Rahasia Menulis Konten yang Berpotensi Viral
- Rahasia Menjadi Anak yang Baik Sehingga Membuat Orang Tua Bangga
7. Peringatan: + Apapun yang Memiliki Risiko Rasa Sakit
Kata peringatan termasuk kata yang powerful untuk mendapatkan perhatian pembaca. Jika ditambah dengan risiko yang mungkin dialami oleh audience Anda, maka Anda akan mendapatkan judul yang sempurna.
Tidak peduli betapa cueknya pembaca Anda, tapi jika mereka melihat kata peringatan plus kemungkinan rasa sakit, hampir pasti orang yang membaca judul akan melakukan klik agar terhindar dari risiko yang Anda tuliskan.
Contoh penggunaannya :
- Peringatan : 9 Tanda Pasangan Anda sudah Tidak Mencintai Anda Lagi
- Peringatan : 7 Tanda Kalau Anda Bukan Bloger Baik yang Cukup Baik dalam Mengelola Blog
- Peringatan: 10 Bahaya bagi Anda yang Suka Begadang
Kesimpulan
Masih sangat banyak sekali template judul yang terbukti berhasil di dunia copywriting. Ini hanya permulaan saja. Di masa depan, saya akan mencoba menggunakan judul-judul copywriting lainnya dan membagikan kepada Anda, pembaca setia Shiq4, teknik-teknik yang berhasil dengan baik.
Jadi, jangan lupa untuk mengikuti blog ini, atau menjadi subscriber, atau me-like halaman facebook blog ini agar Anda tidak ketinggalan konten-konten terbaru.
Apakah Anda punya template lain yang menarik? Saya akan senang menggunakannya dalam pengembangan blog saya. Jadi, jangan ragu berbagi di ko tak komentar yang telah disediakan.
Bermanfaat sekali, kapan-kapan akan saya terapkan. 🙂
SukaSuka
Senang sekali klo postingan ini bermanfaat buat Anda 🙂
SukaSuka
Terima Kasih banyak gan info nya sangat bermanfaat.
SukaSuka
Sama2 gan. Senang bisa membantu Anda :).
SukaSuka
ok nih…
SukaSuka
Thanks ya.
SukaDisukai oleh 1 orang
Makasih banyak kak Shiq udah share ilmunya 😄
SukaSuka
Sama2 azizatoen. Sekalian belajar agar tidak lupa dgn ilmunya.
SukaDisukai oleh 1 orang
Sayangnya saya udah ngambil template lain yg penting seo dan masalah judul di usahain buat semenarik mungkin
SukaSuka
Wah klo SEOnya copywriting saya belum mempelajarinya ha ha ha….
SukaSuka
blm pernah Cinta praktekan…tp nnt akan Cinta coba.
Makasih ilmunya mas Shiq4 😊
SukaSuka
Sama2 Cinta.
SukaDisukai oleh 1 orang
Judul memang sangat penting.
Bahkan ada yang bilang, waktu yang habis untuk membuat judul yang tepat bisa jadi sama banyaknya dengan waktu yang diperlukan untuk membuat konten.
Saya sendiri membahas 1 Template judul dalam artikel terbaru di Blog saya.
Template itu adalah: Hasil + Keberatan + Waktu.
Contoh: Kulit Putih Mulus dengan Bahan Alami dalam 20 Hari
Intinya, judul kita mesti ‘klik’ sama pembaca.
Terima kasih sudah berbagi, Shiq4.
SukaSuka
Terima kasih mas share ilmunya. Akan saya pertimbangkan untuk menggunakannya.
SukaSuka
Bisa jadi pencerahan nih, Thanks gan informasinya
SukaSuka
Saama-sama gan.
SukaSuka
Noted!
Saya sangat kesulitan membuat judul. Obviously terlihat dari judul tulisan saya yang pola nya begitu-begitu saja😂😁😃😄😀
Thanks Mas Shiq4😊
SukaSuka
Sama2 Valendri. Sekali-kali bermain dgn judul gak ada salahnya.
SukaDisukai oleh 1 orang
Pencerahan buat yang miskin visitor, follback sensei
SukaSuka
Klo konsisten nulis hampir pasti visitor akan meningkat dgn sendirinya.
SukaSuka
Makasih mas
SukaSuka
Sama2.
SukaSuka
Tidak ada habis-habisnya rasa kagum saya pada Anda, mas Shiq4. Rata-rata konten Anda sangat tidak diragukan lagi kualitasnya. Saya suka dengan PeDenya Anda dalam menjelaskan/meyakinkan sesuatu kepada pembaca.
Terima kasih banyak. Mantap banget, mas Shiq4. Tidak menyesal berkawan dengan Anda di dumay ini.
Memang, judul blog-blog saya di Desfortin Menulis sedikit sekali yang mengikuti teknik membuat judul seperti yang Anda anjurkan, bukan apa sih, …. tujuannya cuma supaya beda aja dengan cara dan gaya Shiq4, haha …..
Tapi bagaimanapun, tips Anda di atas sangat berguna bagi kami yang masih pemula ini. Lain kali tentu bisa diaplikasikan, jadi tidak berhenti sebatas bacaan saja.
Saya tunggu tips dan rahasia ngeblog Anda berikutnya, mas Shiq4
SukaSuka
Saya nyuri ilmunya blogger profesional. Klo udah saya praktikan sendiri dan hasilnya sesuai baru saya bagikan.
Klo nggak work ya nggak dibagikan mas destorfin ha ha ha……
SukaDisukai oleh 1 orang
Anda memang ok
SukaSuka
selama ini sih selalu pakai judul yg biasa2 aja..
eh udah pernah deh judul pakai angka, tapi belum signifikan nampaknya, mungkin masih kurang menjual ya
SukaSuka
Sebenarnya itu buat blogger yg nyari uang di internet mbak monda. Klo buat kita2 ya lebih baik buat judul yg kita anggap bagus aja.
SukaSuka
Wah bener bermanfaat mas, kalau ada temen yang butuh ide, aku langsung sodorin link ini hihihi
SukaDisukai oleh 1 orang
Wah makasih mbak fasya klo tulisan saya dipromosikan he he he……..
SukaSuka
terimakasih infonya. bagus
SukaSuka
Sama2. Terima kasih sudah berkunjung.
SukaSuka
Makasih banyak ya, Mbak, benar sekali, patokan-patokan judul yang menarik seperti ini memang penting sekali.
SukaSuka
Judul menarik berpotensi mdndapatkan klik pak. Semakin bagus judulnya, semakin banyak pembacanya.
SukaSuka
harus pintar cari judul ini ya
SukaSuka
Iya mbak winny. Mesti banyak bereksperumen dwngan judul.
SukaSuka
Ditunggu artikel yang ini ya mas —> Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Mengurangi Konsumsi Makanan.
*Salah fokus 🙂
SukaSuka