7 Template Judul yang Bekerja dengan Baik

Template judul yang menarik
Sumber gambar : rikapoo.net

Tidak peduli apapun jenis blog Anda, judul artikel memegang peranan penting terhadap kesuksesan konten yang Anda publikasikan. Jika menarik, maka jangan heran ketika Anda mendapat ledakan pembaca.

Karena konten seindah apapun, tanpa judul yang bagus, semua akan berakhir dengan segelintir pembaca saja.

Lihat beberapa fakta berikut :

Masih belum berpikir untuk bereksperimen dengan judul konten Anda? Atau Anda bingung harus memakai judul seperti apa?

Saat saya pertama kali belajar copywriting, saya menghabiskan waktu untuk meniru formula judul yang sudah terbukti dengan baik. Berikut adalah beberapa variasi judul yang bisa Anda gunakan untuk postingan Anda selanjutnya :

1. Angka + Alasan Mengapa + Sesuatu yang menarik

Situs-situs besar sering menggunakan formula diatas. Bukan hanya berpotensi viral, judul dengan formula tersebut juga cenderung menimbulkan rasa penasaran. Terutama jika bagian akhir merupakan fakta yang menarik.

Contoh penggunaan:


Info Penting
: Sebaiknya menggunakan angka 5 atau lebih.

2. Cara + Melakukan Sesuatu

Penggunaan kata cara (how to) telah terbukti memberikan hasil positif terhadap jumlah kunjungan organik. Hampir semua orang di zaman sekarang memakai Google untuk belajar otodidak dalam melakukan sesuatu atau mencapai target hidup mereka.

Dan itu membuat judul “Cara” menjadi begitu populer. Jika Anda bisa berada di halaman pertama Google dengan menggunakan judul jenis ini, maka akan terjadi peningkatan yang signifikan terhadap jumlah pengunjung. Terutama cara-cara tentang topik-topik populer.

Contoh Penggunaan :

3. Angka + Tips + Impian yang Diinginkan Orang

Selain menggunakan kata “Cara”, kata “Tips” menduduki peringkat selanjutnya yang populer digunakan untuk menarik pengunjung organik.

Berbeda dengan konten “cara” yang biasa runut langkah demi langkah, konten “Tips” hanya berupa nasihat agar orang-orang mampu menjadi sesuatu yang lebih baik (impian). Akan lebih efektif digunakan jika Anda sudah memiliki nama ketika memberikan konten berupa “Tips”.

Misalnya Anda seorang bloger yang sudah menghasilkan uang. Orang akan percaya jika Anda memberikan tips dengan menunjukkan data-data penghasilan Anda.

Contoh Penggunaan :

Peringatan : Jangan menulis “Tips” jika Anda belum berpengalaman dalam bidang yang Anda geluti. Tapi Anda bisa menulis “Tips” dengan mengutip orang-orang yang kredibelitasnya tidak diragukan lagi agar pembaca mempercayai tips-tips yang Anda sajikan.

4. Siapa Lagi yang Ingin + Hasil yang Memuaskan?

Ini termasuk teknik copywriting klasik. Saya sudah dua kali menggunakannya. Hasil pertama cukup memuaskan. Dan percobaan kedua membuat postingan saya mendapat 99 komentar.

Teknik ini juga masih digunakan copywriter lain untuk menarik perhatian pengunjung. Secara tidak langsung orang-orang akan tertarik untuk membaca bagaimana mendapatkan hasil yang memuaskan. Dengan catatan Anda telah memiliki banyak target pembaca yang sesuai (Memiliki minat terhadap topik yang Anda tulis).

Contoh Penggunaan :

5. Berikan Saya + Waktu Singkat + Dan Saya akan + Impian, Hasil, Keinginan

Untuk menggunakan teknik ini, Anda harus sudah memiliki kredibelitas di mata pembaca Anda (Tergantung bagaimana Anda membangun personal branding). Jika tidak, Sepertinya teknik judul yang satu ini tidak akan bekerja dengan baik.

Adanya “waktu singkat” merupakan iming-iming yang membuat orang rela membaca. memangnya siapa tidak ingin mendapatkan hasil dengan waktu singkat di zaman yang serba instan seperti ini? Tidak ada.

Contoh Penggunaan :

6. Rahasia + Apapun yang Memancing Rasa Ingin Tahu

Di masa lalu, judul yang menggunakan kata “Rahasia” sangat berhasil dalam menjaring pembaca. Namun seiring dengan penggunaan kata “Rahasia” yang semakin menjamur, keefektifannya pun semakin menurun dari waktu ke waktu.

Apalagi jika konten yang memuat kata “Rahasia” berisi tentang pengetahuan umum yang sudah dipahami oleh khalayak, itu membuat orang-orang berpersepsi bahwa kata “Rahasia” adalah bentuk berita hoax saja di masa sekarang.

Tapi bukan berarti judul menggunakan kata “Rahasia” tidak lagi bekerja dengan baik. Selama isi konten memang suatu pengetahuan yang masih belum banyak diketahui orang, maka tidak ada keraguan akan keberhasilannya.
Contoh penggunaannya :

7. Peringatan: + Apapun yang Memiliki Risiko Rasa Sakit

Kata peringatan termasuk kata yang powerful untuk mendapatkan perhatian pembaca. Jika ditambah dengan risiko yang mungkin dialami oleh audience Anda, maka Anda akan mendapatkan judul yang sempurna.

Tidak peduli betapa cueknya pembaca Anda, tapi jika mereka melihat kata peringatan plus kemungkinan rasa sakit, hampir pasti orang yang membaca judul akan melakukan klik agar terhindar dari risiko yang Anda tuliskan.

Contoh penggunaannya :

Kesimpulan

Masih sangat banyak sekali template judul yang terbukti berhasil di dunia copywriting. Ini hanya permulaan saja. Di masa depan, saya akan mencoba menggunakan judul-judul copywriting lainnya dan membagikan kepada Anda, pembaca setia Shiq4, teknik-teknik yang berhasil dengan baik.

Jadi, jangan lupa untuk mengikuti blog ini, atau menjadi subscriber, atau me-like halaman facebook blog ini agar Anda tidak ketinggalan konten-konten terbaru.

Apakah Anda punya template lain yang menarik? Saya akan senang menggunakannya dalam pengembangan blog saya. Jadi, jangan ragu berbagi di ko tak komentar yang telah disediakan.

Iklan

35 tanggapan untuk “7 Template Judul yang Bekerja dengan Baik

  1. Judul memang sangat penting.

    Bahkan ada yang bilang, waktu yang habis untuk membuat judul yang tepat bisa jadi sama banyaknya dengan waktu yang diperlukan untuk membuat konten.

    Saya sendiri membahas 1 Template judul dalam artikel terbaru di Blog saya.

    Template itu adalah: Hasil + Keberatan + Waktu.

    Contoh: Kulit Putih Mulus dengan Bahan Alami dalam 20 Hari

    Intinya, judul kita mesti ‘klik’ sama pembaca.

    Terima kasih sudah berbagi, Shiq4.

    Suka

  2. Tidak ada habis-habisnya rasa kagum saya pada Anda, mas Shiq4. Rata-rata konten Anda sangat tidak diragukan lagi kualitasnya. Saya suka dengan PeDenya Anda dalam menjelaskan/meyakinkan sesuatu kepada pembaca.

    Terima kasih banyak. Mantap banget, mas Shiq4. Tidak menyesal berkawan dengan Anda di dumay ini.

    Memang, judul blog-blog saya di Desfortin Menulis sedikit sekali yang mengikuti teknik membuat judul seperti yang Anda anjurkan, bukan apa sih, …. tujuannya cuma supaya beda aja dengan cara dan gaya Shiq4, haha …..

    Tapi bagaimanapun, tips Anda di atas sangat berguna bagi kami yang masih pemula ini. Lain kali tentu bisa diaplikasikan, jadi tidak berhenti sebatas bacaan saja.

    Saya tunggu tips dan rahasia ngeblog Anda berikutnya, mas Shiq4

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s