Cara Mencegah Rasa Jenuh Ketika Ngeblog

Cara Melawan rasa jenuh dalam ngeblog

Membangun blog sukses butuh waktu bertahun-tahun. Rutinitas kita sebagai bloger adalah menciptakan konten berkualitas, mempromosikan blog, berkomentar di blog lain, dan merespons komentar yang masuk. Kita melakukannya berulang- ulang. Lagi, lagi dan lagi.

Terkadang kita akan mulai jenuh dan bosan dengan rentetan to do list yang sama.

Kabar buruk lainnya adalah kita tidak bisa meninggalkan rutinitas tersebut. Jika kita menghentikannya, semua usaha kita membangun blog selama berbulan-bulan akan hilang. Tentu itu bukan hal yang kita inginkan.

Jadi, saya akan membuat Anda tidak lagi merasa jenuh ketika ngeblog. Anda hanya butuh beberapa menit untuk membaca konten ini sampai tuntas. Mudah, bukan?

Kebenaran : Darimana Rasa Jenuh Muncul

Selama 24 bulan terakhir saya belum pernah merasa jenuh dengan aktivitas ngeblog yang saya lakukan. Karena penyebab utama rasa jenuh adalah keadaan blog yang stagnan. Tidak ada lebih banyak komentar, tidak ada peningkatan jumlah pengunjung, jarang masuk halaman pertama, atau merasa tidak ada perspektif baru mengenai topik yang kita angkat.

Sebagian bloger mungkin tidak menyadari hal tersebut, tapi itu kebenarannya.

Bandingkan dengan keadaan ketika Anda pertama kali ngeblog. Hidup Anda dipenuhi harapan. Anda ingin gagasan Anda dibaca khalayak, Anda ingin mendapatkan feedback, atau Anda ingin menghasilkan uang dari blog.

Tapi saat Anda melihat statistik dan tidak ada perubahan yang berarti, Anda mulai meragukan diri sendiri. Anda tidak termotivasi dan merasa semua yang Anda lakukan sia-sia. Harapan Anda hilang. Dan Anda akan berada pada keadaan di mana Anda melakukan kegiatan ngeblog dengan setengah hati.

Kemudian Anda mulai malas menulis, Anda tidak merasa bahagia, dan pada akhirnya Anda akan memutuskan untuk berhenti ngeblog. Begitulah skenario rasa jenuh membunuh Anda.

Jika Anda merasa seperti ilustrasi di atas, maka berikut adalah konten-konten yang akan membantu Anda menjadi lebih segar seperti saat Anda pertama kali ngeblog:

Cara Mencegah Rasa Jenuh Ketika Ngeblog

Setelah Anda membaca link-link di atas, saya rasa Anda sudah mendapatkan energi untuk melanjutkan kegiatan ngeblog. Dan saya senang jika hal semacam itu benar-benar terjadi.

Sayangnya, masalah kita belum selesai. Kejenuhan itu tidak akan hilang selamanya. Kita harus mencegah rasa jenuh tersebut agar tidak muncul lagi di kemudian hari.

Tanpa membuat Anda tersiksa. Bahkan bisa menolong Anda dalam mengembangkan blog menuju level selanjutnya. Berikut adalah apa yang bisa Anda lakukan:

1. Brainstorm : Tangkap Ide Apapun yang Ada di Kepala Anda

Anda ingin tahu cara saya mencegah kejenuhan ketika ngeblog? Maka jawabannya adalah menciptakan tantangan-tantangan ringan.

Cobalah untuk menulis judul-judul spektakuler yang terlintas di kepala Anda. Tulis di notepad atau catatan di Handphone Anda. Dan berhentilah ketika Anda sudah mencatat 50 judul atau lebih.Kemudian Anda harus menulis sesuai dengan judul yang Anda tuliskan di catatan Anda.

Pilih judul mana saja yang Anda anggap mudah terlebih dahulu. Tidak ada batasan waktu dalam tantangan ini. Tapi Anda harus menulis semua judul yang telah Anda catat.

Tantangan semacam ini memiliki tingkat kesulitan yang ringan. Namun cukup ampuh untuk menghilangkan rasa jenuh yang mulai menghinggapi Anda.

Selain bisa berguna sebagai pengusir rasa jenuh, cara semacam ini akan meningkatkan produktivitas Anda. Dan tentu saja, semakin banyak Anda menerbitkan konten, semakin bagus blog Anda di mata Google.

2. Menulis Ulang Karya Orang Lain

Di waktu luang, ketika saya sedang tidak ada kerjaan, saya biasa menjelajah internet untuk menemukan konten-konten hebat, kemudian menulis ulang konten tersebut dan menjadikannya sebagai koleksi artikel di blog saya.

Saya rasa cara ini juga akan mampu untuk mencegah kejenuhan dalam beraktivitas sebagai bloger.

Menulis ulang memang terlihat mudah, tapi sesungguhnya sangat sulit sekali. Terutama untuk lolos dari tools plagiat. Sangat berguna untuk melatih kecakapan dalam menggunakan kosakata kita.

Saya sering melakukannya. Mungkin itulah yang menyebabkan saya tidak pernah mengalami rasa jenuh sekalipun ketika ngeblog selama ini. Anda pun akan memahaminya saat melakukan aktivitas ini. Hanya jika Anda mulai mencobanya.

3. Menulis di Blog Lain

Saya sudah terbiasa mendapat pujian dari pembaca setia blog ini. Mereka mengatakan tulisan saya bagus dan saya merasa senang membaca feedback positif yang masuk.

Tapi itu sesuatu yang biasa. Pembaca setia saya sudah terbiasa membaca tulisan saya. Mungkin saja kebetulan gaya menulis yang saya bawakan membuat mereka nyaman ketika membaca. Bukan karena tulisan saya benar-benar bagus.

Untuk membuktikan kebenaran semacam itu, saya kemudian berekspansi ke blog-blog lainnya. Saya menulis di blog-blog lain untuk melihat respons yang berbeda dari pembaca blog lain. Dan sejauh ini, saya senang sekali karena tulisan saya diterima dan diterbitkan di blog lain.

Menurut saya, menulis di blog lain memiliki kesulitan yang berbeda. Kita memperkenalkan diri kepada pembaca blog lain. Tentu respons berbeda yang kita dapatkan. Kita akan tahu bagaimana kualitas tulisan kita di mata pembaca setia bloger lain.

Selain mencegah rasa jenuh dalam mengelola blog, menulis di blog lain merupakan tantangan tersendiri yang menyenangkan. Hadiahnya adalah, jika tulisan kita mengesankan, maka pembaca setia blog lain akan mengunjungi blog kita. Dan itu akan membantu kita dalam peningkatan jumlah pengunjung.

Masukan menulis di blog lain dalam to do list Anda, dan Anda akan memiliki aktivitas lain yang akan menghindarkan Anda dari rasa jenuh.

Lakukan Sekarang Juga

Penundaan adalah masalah besar yang sering dianggap kecil oleh sebagian orang. Setelah Anda membaca postingan ini, mungkin Anda berpikir akan melakukannya di lain waktu. Sayangnya, biasanya hal itu tidak akan terjadi.

Anda akan lupa. Dan ketika Anda benar-benar mengalami rasa jenuh yang terasa sangat menyiksa, Anda menyesal karena tidak melakukan tips-tips yang sudah Anda baca.

Jadi, lakukan sekarang juga. Masukkan dalam to do list dan ucapkan selamat tinggal kepada rasa jenuh selamanya.

Apakah Anda pernah merasa jenuh dalam mengelola blog? Atau Anda punya tips lain yang bisa digunakan untuk mencegah timbulnya rasa jenuh? Bagikan di kotak komentar yang telah disediakan.​

Iklan

39 tanggapan untuk “Cara Mencegah Rasa Jenuh Ketika Ngeblog

  1. Menarik Mas Shiq4. . . Saya termasuk yang sering sekali kena writer block (tiap bulan pasti ada). Makanya untuk bisa update tiap hari (masih alfa beberapa kali sih) saya susah menjadwalkan tulisan (tinggal edit) dari jauh2 hari.

    Suka

  2. Kalo saya sih sering menulis karya orang lain min tapi tentu dengan di edit 100% kata-kata nya dan ditambah juga jenis ulasanya.. tapi apakah itu berpengaruh negatif kah min ?

    Suka

  3. pernah diberi tips pakar kalau menulis ulang itu minimal sumbernya lima agar tidak disebut plagiat, tentu saja sambil memberikan sumber. ya, memang butuh waktu sendiri, sih.

    Suka

  4. Aku pernah jenuh sih mas, tapi selalu balik lagi-balik lagi ngeblog. Mungkin ada baiknya ga usah ngeliat stats kali ya, kalau bikin kuciwa hahaha. Jadi ngeblognya ya totally murni karena pingin sharing (dan butuh untuk menulis) πŸ™‚

    Suka

  5. Syukurlah, sampai saat ini saya masih belum jenuh dan tiap hari makin semangat. Setidaknya blogwalking. Hanya memang untuk tiap hari unggah tulisan agaknya sulit, karena tugas utama saya mengajar di kelas, jadi lumayan sibuk. Paling seminggu sekali.

    Untuk daftar tulisan baru, saya sudah membuat cukup banyak list-nya, ada yg ringan, ada yg berat, bahkan lebay. Gaya menulis saya memang agak “gimana gitu”, kalo dibanding dengan penulis lain, apalagi mas shiq4 yang gak diragukan lagi. Makanya saya suka dengan konten2nya di blog Anda ini.

    Suka

    1. Klo sering menulis ntar juga mahir sendiri mas destorfin. Mungkin yg perlu dibenahi adalah mengatur waktu buat ngeblog saja. Seminggu sekali kalo rutin nulis juga bagus. Lagipula semua orang punya kapasitas sendiri2 dalam menghasilkan karya tulis. Semangat……

      Disukai oleh 1 orang

  6. Penting memang mencari hal lain di luar kebiasaan kita supaya punya bahan baru buat posting di blog. Kalo saya mulai jenuh menulis review tentang buku, saya akan coba jalan-jalan dan mungkin kelak juga akan nulis tentang cerita perjalanan seperti yang banyak teman-teman saya lakukan di blog.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Saya nggak jenuh mas klo nulis buku. Senang aja. Lagian jumlah pengunjung organik dari review buku lumayan banyak.

      Klo jalan2 saya juga punya rencana. Cuma malas saja karena nggak ada teman jalan ha ha ha…..

      Disukai oleh 1 orang

  7. Saya setiap hari minimal 5 artikel gan,itupun kelima nya untuk web org alias kerjaan sy sbg freelance content write. trkdng jenuh selalu menghantui namun krna faktor ekonomi dan kewajiban sbgfreelance mk sy jalani dgn ikhlas.ya kl adawktu kdg ngeblog jg di blog sendiri.. hehehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s