Daftar Keinginan Di tahun 2017

Daftar keinginan Tahun 2017
Sumber gambar : Istockphotos.com

Tahun 2016 telah habis. Perayaan tahun baru biasanya disertai dengan mengevaluasi setiap kejadian di tahun kemarin, membuat target-target baru, atau sekadar bersenang-senang menyambut tahun baru dan berharap menjadi tahun yang lebih baik.

Sedangkan saya, kemarin lebih memilih tidur lebih awal. Saya minum obat tidur dan sudah terlelap pukul 6 sore. Baru bangun sekitar pukul 11.30 siang. Bagi saya tahun baru hanya hari biasa karena saya tidak terbiasa menyusun rencana untuk satu tahun.

Dan kali ini, untuk pertama kalinya dalam hidup saya menyusun daftar-daftar keinginan (whistlist) untuk satu tahun ke depan. Sekadar ikut-ikutan saja, siapa tahu saya lebih termotivasi untuk merealisasikannya. Berikut adalah daftar keinginan saya :

1. Mendapatkan SIM C

Dua kali memiliki SIM C, dua kali pula mengalami kesialan. Pertama, dompet saya hilang. SIM C saya pun ikut hilang dan tidak ada orang yang mengembalikannya (Meskipun saya yakin ada orang yang menemukan mengingat hilangnya saat saya di warnet).

Lalu SIM C lainnya tidak sengaja saya mainkan dan akhirnya patah. Jadi, sudah setahun terakhir saya membawa motor tanpa memiliki SIM C.

Sejak januari tahun 2016 ibu saya menyuruh untuk segera mengurus SIM C. Namun karena saya merasa tidak butuh SIM C saat itu, saya tidak menghiraukannya. Baru tahun 2017 ini saya punya rencana untuk jalan-jalan ke beberapa tempat wisata sehingga akan lebih aman kalau saya memiliki SIM C.

Kabar buruknya, sekarang tidak ada calo SIM lagi. Menurut rumor yang beredar, ada razia calo SIM dan mereka yang terbukti bersalah kena denda atau dipenjara. Sekarang semua orang yang mengurus SIM harus mengikuti banyak prosedur, termasuk tes berkendara dan tes pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas. Saya yang termasuk tipe pemalas sudah membayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus SIM C. Malas duluan.

Namun karena memang butuh, sepertinya di tahun ini saya akan mengurus SIM C meskipun jika ada pilihan menggunakan calo, saya lebih memilih menggunakan jasa mereka.

2. Sepatu Olah Raga

Sepatu yang cocok  untuk olah ragaSumber gambar : liputan6.com

Saat kuliah dulu saya sudah punya kebiasaan lari pagi hampir setiap hari. Namun sudah bertahun-tahun saya tidak melakukannya lagi. Nah…. di tahun 2017 saya ingin memulai lagi kebiasaan lama tersebut. Tentu saja saya membutuhkan sepatu olah raga baru.

Dulu di tahun 2009, saya mendapatkan sepasang sepatu olah raga dengan harga Rp 20.000 saja. Saya membeli di pasar tradisional. Kualitasnya sih lumayan bagus. Dan karena pengalaman menyenangkan tersebut, mungkin saya akan menjelajahi pasar tradisional lagi.

Dana yang disediakan untuk sepatu olah raga tidak lebih dari Rp 100.000 dan saya optimis bisa mendapatkan sepatu olah raga baru yang bagus jika saya menjelajahi pasar tradisional untuk menemukannya.

3. Gitar Akustik

Gitar akustik yamaha
​Sumber gambar : escapefromoffice

Saya bukan gitaris hebat. Paling bisanya cuma memainkan lagu-lagu sederhana saja. Namun saya sangat menikmati ketika memainkan gitar. Rasanya menyenangkan.

Saya pertama kali memiliki gitar di tahun 2004, ketika saya masih kelas satu SMA. Bersama seorang teman, anak band, saya mendapatkan gitar bagus di Surabaya dengan harga Rp 100.000 saja. Namun ketika gitar tersebut saya bawa kuliah, gitarnya patah karena terinjak kaki saya ha ha ha….

Kemudian saya membeli gitar bekas dari teman saya dengan harga Rp 150.000. Namun karena saya tidak hati-hati, gitarnya jatuh dan pecah.

Dan sekarang saya merindukan masa-masa dimana saya menghabiskan waktu luang untuk bermain gitar. Sepertinya saya ingin mencoba belajar bermain gitar lagi, memainkan lagu-lagu yang sulit. Apalagi kebetulan saya menyukai lagu-lagu D’Cinammons yang bernyanyi menggunakan akustik saja. Saya ingin mencoba memainkan lagu-lagu mereka.

4. Akuarium

Akuarium untuk ikan

Sumber gambar : undaganlaser.wordpress.com

Dulu sewaktu SMP ibu membeli akuarium yang lumayan besar. Saya mengisinya dengan jenis ikan Louhan, ikan yang populer di masa itu. Sayangnya ikannya mati dan akhirnya akuarium tersebut saya isi dengan ikan-ikan kecil murahan.

Saya sudah lupa kemana akurium tersebut. Entah rusak dan dibuang, atau diberikan ibu kepada orang lain. Yang jelas sudah tidak ada lagi di rumah saya.

Tahun lalu saya minta ijin ibu untuk membeli akuarium baru. Tapi tidak diijinkan karena tidak ada tempatnya (maklum rumah udah sempit). Sepertinya tahun ini saya akan merayu ibu agar diijinkan membeli akurium baru lagi. Jika diperbolehkan, maka saya berencana mengisinya dengan ikan arwana saja.

Tapi ada kemungkinan saya akan kesulitan mendapatkan ikan arwana mengingat toko ikan yang dulu menyediakan ikan arwana telah tutup. Kalau tidak menemukan ikan arwana, saya akan mengisinya dengan ikan-ikan kecil biasa saja. Yang pasti, saya ingin memelihara binatang tahun ini dan ikan merupakan pilihan yang bagus untuk memulainya.

5.Novel Haruki Murakami

Foto harukim murakami
Sumber gambar : Spoila.wordpress.com

Pertama kali saya mengenal Haruki Murakami ketika membaca postingan di yeaharip.com. Profilnya keren. Kabarnya Haruki Murakami mendapatkan nobel sastra (kalau saya tidak salah ingat).

Nah… karena saya merasa sangat bodoh ketika membaca sastra atau membaca postingan bloger lain mengenai sastra, saya ingin belajar mengerti tentang sastra. Bagaimana menilai kualitas tulisan yang indah atau ide-ide seperti apa yang bisa digunakan untuk membuat karya sastra. Dan saya ingin mencoba menerapkannya dalam cerpen-cerpen saya.

Bagian sulitnya adalah menemukan novel Haruki Murakami lumayan sulit. Di toko-toko buku online stocknya kosong. Kalau pun ada, harga novel Murakami lumayan mahal, di atas Rp 100.000. Kalau menginginkan karya Murakami sebanyak 5 novel, itu berarti saya harus merogoh kocek sekitar Rp 500.000. Itu investasi yang mahal untuk belajar sastra.

Opsi lainnya adalah membeli buku-buku bekas saja. Sepertinya di bukalapak banyak yang menyediakan novel bekas karya Murakami dengan harga relatif murah.

6. HP Baru

Saat ini saya menggunakan HP P1U9 keluaran China. Usianya sudah sekitar 2,5 tahun, kartu memorinya sudah rusak, dan baterainya pun sudah bermasalah karena hanya bisa bertahan selama 3-4 jam saja.

Yang paling menyebalkan adalah tidak adanya sinyal ketika HP di dalam rumah. Jadi, jika ingin SMS atau berinternetan, maka saya harus keluar rumah.

Sebenarnya hpnya masih bagus dan masih layak digunakan mengingat saya jarang menggunakan HP dalam beraktivitas. Tapi karena sekarang sudah tersedia HP-HP murah dengan kualitas tinggi, saya ingin memperbarui HP saya.

Lihat saja HP adik saya, beberapa bulan yang lalu adik saya membeli HP baru seharga Rp 600.000-an dan kualitas sudah bagus menurut saya. Sepertinya saya akan membeli HP baru dengan harga seperti itu di tahun 2017 mendatang, tepat ketika HP lama saya berusia 3 tahun.

7. Jaket Hitam

Urusan jaket, warna kesukaan saya adalah hitam. Hampir semua jaket saya berwarna hitam. Dan saya sangat menyukai jaket-jaket berwarna hitam.

Saat dulu saya dirawat di pusat rehabilitasi skizofrenia, semua jaket saya hilang. Dan untuk beberapa waktu saya mulai terbiasa tidak mengenakan jaket. Akhirnya, kalau sedang kedinginan, saya meminjam jaket adik saya, meskipun warnanya putih.

Nah tahun ini saya ingin sebuah jaket hitam. Setelah browsing-browsing, toko online menyediakan banyak sekali jaket hitam yang bagus. Kabar baiknya lagi, harganya relatif murah, sekitar Rp 80.000 – 150.000 saja.

Sepertinya tahun ini hampir pasti saya akan membeli sebuah jaket hitam. Yang jelas saya harus membelinya karena saya tidak suka mengenakan jaket putih milik adik saya.

8. Sebuah Jam Tangan

Jam tangan murahan
Sumber gambar : jamtanganterlengkap.blogspot.com

Kesukaan saya terhadap jam tangan muncul pada tahun pertama kuliah. Saat itu saya membeli beberapa jam tangan murahan di MATOS (Malang Town Square) dengan harga masing-masing Rp 25.0000. Tapi akhirnya satu per satu rusak dan saya tidak lagi menggunakan jam tangan.

Beberapa bulan yang lalu ibu saya membelikan jam tangan yang bagus. Sayangnya saya lupa meletakkan jam tangan tersebut. Mungkin rusak dan sudah dibuang. Entahlah, saya sudah tidak ingat.

Dan tahun ini, untuk menunjang penampilan saya, saya menginginkan sebuah jam tangan. Pilihan paling masuk akal adalah membeli di toko jam dekat rumah saya. Meskipun pilihannya sedikit, paling tidak harganya masih ramah di kantong, sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000. Bandingkan dengan jam tangan di toko online yang rata-rata masih di atas Rp 200.000.

9. Lebih Banyak Menabung


Sumber gambar : relakrwarif.blogspot.com

Jika ada tahun terburuk bagi keuangan saya, itu pasti tahun 2016. Semua itu terjadi karena saya salah memprediksi musim panas. Padahal saya sudah optimis kalau musim panas tahun 2016 kami akan mendapatkan banyak untung seperti biasanya.  Nyatanya, hujan terus-menerus mengurangi pendapatan saya.

Keadaan diperparah dengan kebiasaan merokok saya. Apalagi kalau sedang tidak bisa tidur di malam hari, saya bisa menghabiskan sebungkus rokok di malam hari.

Nah tahun ini saya ingin mengurangi rokok, paling tidak sehari merokok 6 batang saja. Dan mulai berhemat, tidak jajan sembarangan atau membeli hal-hal yang tidak perlu.

Semoga keinginan yang satu ini bisa benar-benar terwujud agar saya bisa merencakan kehidupan yang lebih baik lagi di tahun selanjutnya.

10. Kacamata Baru

Ini tidak wajib sih. Kacamata saya masih bagus meskipun sudah berusia beberapa tahun. Tapi jika boleh menyusun daftar keinginan, maka saya menginginkan kacamata mahal seharga di atas Rp 700.000.

Kacamata yang saya pakai saat ini berharga Rp 400.000-an. Dibelikan ibu saya. Dan sepertinya, untuk menunjang penampilan, saya membutuhkan kacamata yang lebih bagus lagi.

Saya sering sih melihat kacamata bermerk yang dipajang di etalase. Bagus-bagus semua. Dan saya menginginkannya. Jika punya uang dan tidak merasa sayang dengan uangnya, maka saya akan membeli satu tahun ini.

Maklum saja, penyakit saya adalah mengumpulkan uang untuk membeli sesuatu, namun ketika uangnya sudah terkumpul, saya terlalu sayang dan membelanjakan untuk keperluan lainnya. Biasanya seperti itu. Semoga tahun ini saya benar-benar membeli kacamata baru.

Kalau teman-teman, apa yang benar-benar diinginkan tahun ini? Bagikan di kotak komentar yang disediakan.

Iklan

69 tanggapan untuk “Daftar Keinginan Di tahun 2017

  1. Di Google Play Book ada novel Haruki Murakami yang berjudul “Dunia Kafka”. Harganya kalau tidak salah sekitar 56 ribu. Lumayan kan daripada nyari buku fisik-nya susah.

    Suka

  2. Ini berkaitan dengan materi semua ya, Mas Shiq4. Hemmm menginspirasi sangat. Urusan begini tak pernah terpikirkan olehku. Urusan barang sama sekali tidak pernah melintas… Oh, pengen punya apa ya tahun 2017 ini hemmmm *mikir keras

    Suka

    1. Iya mas. Klo tujuan besar belum berani. Ini pertama kalinya membuat daftar keinginan. Tapi di atas itu keinginan yg sulit buat direalisasikan. Kecuali beberapa yg sudah punya rencana buat beli sejak tahun lalu.

      Suka

    1. Lampit rotan apaan ya mbak? Nabung dulu mbak kayak saya biar terwujud. Cuman ya itu klo tabungan udah benar2 cukup biasanya jadi terlalu sayang untuk dibelanjakan wkwkw….

      Suka

  3. Syukurlah untuk urusan SIM C, saya sudah punya tgl 14 Des 2016 lalu. Saya tidak membuat SIM C baru, cuma perpanjangan. Jadi, cuma Rp 75.000. Dan tidak perlu ikut test. Sesuai aturan terbaru, kalau telat satu hari saja ngurusnya, maka dianggap bikin baru dan dikenakan biaya Rp 100.000,-

    Untuk wishlist di 2017, saya sendiri tak punya target istimewa. Jadi, kayaknya ngalir aja kayak air. Kalau gak kecapai, ya gpp. Cuma beberapa hal berikut bisa juga saya pertimbangkan:
    1. Tetap semangat kerja di sekolah; cepat naik pangkat
    2. Tetap semangat ngeblog ala Desfortin
    3. Punya kebun sayur di samping rumah
    4. Terus menabung
    5. Menghabiskan membaca semua blog Anda (shiq4)

    Kayaknya poin 5 terlalu muluk-muluk, hehe .. Soalnya content Anda banyak banget.

    Suka

    1. Ini saya cuma ikut2 mas destorfin. Klo benar2 terwujud bakal saya jadikan kebiasaan di akhir tahun. :).

      Konten saya banyak, cuman setahun pertama kualitas tulisannya buruk. Biasanya gak lebih dari 300 kata saja.

      Suka

  4. Kalau buat novel haruki murakami kalai ga salah ada ebooknya online kalau misalnya masih sulit menemukan novelnyaa,tp kebanyakan pakai bahasa inggris sih ebooknya…
    Semogaa wishlistnya bisa tercapai semua yaaa aminn, terutama sim c nya, penting banget biar kalau jalan2 bisa lebih tenang 😊

    Suka

    1. Klo ebook saya suka malas bacanya sekarang. Mending nyari buku fisik. Soalnya saya biasanya baca sambil jualan di pasar he he he……

      Amiiin terima kasih do’anya.

      Suka

  5. prtma, ikut mndoakan sja smoga smua wish list-nya tercapai, aamiin 😇

    Mmm kl Cinta sih yg prtma, kudu dan hrs bs move-on di th ini, rsanya mengganggu org lain sja dg kisah sdihnya Cinta. Kedua, pgn backpacker-an lg bareng genks pgnnya sih ke Lombok (pilihannya 2 : naik gunung Rinjani atau snorkeling di Gili air) aamiin smoga. Ketiga, pgn giat membaca lg, trs terang ptah hati kmrin jd males bca buku 😅. Keempat, konsisten nulis dunk. Kelima, keinginan yg sulit bngt ni, bangun pagi jam 03.30 dan ga tdur lagi, krn katanya kunci org sukses itu ya bgni, Cinta msh blm bisa, msih suka males2an, smoga malesnya hilang, aamiin. 😇

    Suka

    1. Oh ini cinta masih ada. Cuma nyelip belum sempat ke bales.

      Klo nurut saya mending hidup normal tidur 7-8 jam sehari. Risiko pola hidup tidak sehat nantu malah sakit. Saya aja harus minum obat tidur buat menjaga pola hidup agar bisa tidur secara teratur.

      Disukai oleh 1 orang

      1. tp koq ga kelihatan ya mas, kl dilihat dr aplikasi wp nya Cinta? trmasuk komen mas Shiq4 yg ini, aneh 😅.

        Gitu ya mas? Mmmm brrt hrs majuin jam tdurnya dunk, Cinta kl blm jam 12mlm blm bs tdur mas, udah kebiasaan tdurnya ngacak dan ga teratur 😁

        Suka

        1. Itu kayak saya. Makanya saya minum obat tidur. Masih percobaan sih untuk bisa tidur normal dan teratur. Udah baca artikel2 kedokteran, cuma gagal maning-gagal maning terus ha ha ha……

          Disukai oleh 1 orang

        2. wuah sama dunk! tos dulu lah mas 👋👋👋

          iya mas, kl udah lewat jam malam (jam 12 lewat), ngantuknya pun udah lewat, nanti bisa tdur baru jam 3 atau jam 4 pagi, siang harinya jd lemas dan ga konsentrasi kerja 😁.
          Tp Cinta ga berani mnum obat tdur mas…takut kebablasan tdur.

          Haha, mungkin mas Shiq4 cari artikelnya kurang konsentrasi kaliiiii, he he he 😁

          Disukai oleh 1 orang

    1. Ha ha ha…. Klo hp saya merasa butuh soalnya nggak ada sinyal dalam rumah. Pernah saking pinginnya internetan jadi nongkrong di depan rumah jam 12 malam lebih ha ha ha……

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s