2 Tahun Ngeblog : 11 Pelajaran Tentang Blog yang Telah Saya Pelajari

Pelajaran tentang ngeblog

Beberapa hari yang lalu saya mendapat notifikasi ucapan selamat dari pengembang wordpress karena telah ngeblog selama 2 tahun. Meskipun masih terbilang “Tahun-Tahun awal” dalam mengembangkan blog, saya cukup puas dengan segala pencapaian shiq4 saat ini.

Ingatan saya menyelam semakin dalam ke masa lalu. Semua bermula dari ketidaksengajaan. Saya memang membuat blog, tapi saya tidak tahu apa yang ingin saya tuliskan. Saya mengisi blog dengan konten-konten singkat (lihat arsip dan scroll ke bagian paling bawah) dan waktu begitu cepat berlalu.

Blog saya berkembang dan punya beberapa pembaca setia. Bahkan saya mulai menghasilkan uang dengan menjadi penulis artikel freelance. Lalu secara perlahan blog shiq4 tidak hanya menceritakan tentang kehidupan saya, namun juga sebagai portofolio saya. Benar-Benar pengalaman menakjubkan.

Jika boleh berbagi, maka saya ingin bercerita tentang pelajaran tentang mengembangkan blog agar siapa pun bisa menjadi bloger yang lebih baik di masa depan. Berikut adalah pelajaran yang telah saya pelajari selama 2 tahun terakhir sebagai bloger amatir:

1. Judul Konten Memegang Peranan Penting bagi Kesuksesan Blog

Saya tidak punya basic apapun dengan dunia tulis menulis. Pekerjaan saya sebagai bloger hanya sekadar menulis dan menulis, kemudian mempublikasikannya. Dan itu adalah kesalahan paling mendasar yang pernah saya lakukan; saya melupakan judul konten.

Kemudian saya menyadari bahwa judul begitu penting bagi kesuksesan konten yang kita publikasikan. Judul yang bagus dan menarik mendapat banyak klik. Itu faktanya. Dan jika saya ingin mendapatkan lebih banyak pembaca, maka saya harus mulai berpikir seperti jurnalis profesional, yaitu menciptakan judul yang mampu menimbulkan rasa ingin tahu orang.

Setelah beberapa kali mengaplikasikannya, jumlah pembaca konten saya meningkat drastis. Hanya dengan mengubah judul saja.

Walaupun terdengar sepele, menciptakan judul menarik bukan pekerjaan mudah. Namun itu juga bukan keniscayaan. Cobalah perhatikan blog-blog terkenal dan Anda akan tahu judul seperti apa yang harus Anda buat untuk mendapatkan lebih banyak pembaca.

2. Tips Sejuta Umat : Ciptakan Konten Berkualitas

Pelajaran ini bukan rahasia lagi. Semua bloger pasti sudah mengetahui aturan di dunia maya : Konten adalah raja. Tapi apakah semua bloger benar-benar melakukannya? Saya tidak yakin.

Kalau kita mengambil sisi positifnya, itu berarti kabar baik. Jika Anda menulis konten dengan tema tertentu dan menemukan keadaan di mana masih jarang bloger yang menciptakan konten berkualitas pada tema tersebut, maka bukan mustahil Anda menjadi pemimpin pasar seandainya Anda punya daya juang untuk terus mempublikasikan konten berkualitas.

Konten berkualitas itu seperti apa? Jawabannya adalah konten yang mampu memuaskan keingintahuan pembaca Anda. Tidak peduli apakah konten tersebut panjang atau pendek, jika Anda menuliskan dengan tata bahasa yang baik dan pembaca menyukai apa yang Anda sampaikan, maka kesuksesan hanya menunggu waktu saja.

Saya sudah melakukannya di dunia topik di blog shiq4, yakni tips menulis dan tips ngeblog. Kedua topik tersebut merupakan penyumbang pengunjung terbesar blog ini, bahkan beberapa konten saya berhasil duduk di halaman pertama Google untuk kata kunci yang sulit.

Ambisi saya adalah menguasai kedua topik tersebut sehingga dua topik tersebut menjadi topik yang paling sering saya tulis. Apakah Shiq4 akan menjadi pemimpin pasar di masa depan? Itu harapan saya dan sepertinya saya harus terus berjuang untuk menjadi salah satu situs otoritas di kedua topik tersebut.

3. Anda Harus Mempelajari SEO

Belajar seo itu sulit

Sumber gambar : seopressor.com

Bloger amatir tidak terlalu pusing dengan SEO. Bukan karena mereka tidak tahu, tapi lebih dikarenakan kemalasan dan berpikir bahwa mengembangkan blog hanya membutuhkan kemampuan menulis yang baik. Sayangnya itu salah.

Di tahun 2015 saya masih tidak menggunakan SEO. Saya mengetahui beberapa trik SEO dan mengaplikasikannya. Namun karena banyak mengalami kegagalan dan kurangnya pengetahuan tentang mengoptimalkan konten untuk tujuan SEO, saya kemudian menulis sewajarnya dan menganggap SEO hanya omong kosong.

Baru di tahun 2016 saya benar-benar mencoba lagi. Hasilnya? Pengunjung meningkat 300% dari tahun 2015. Dan saya benar-benar puas dengan hasil yang demikian.

Bayangkan saja, Anda telah menulis konten yang luar biasa bagus. Bahkan lebih bagus dibanding dengan tulisan-tulisan yang tampil di halaman pertama Google. Bagian menyedihkannya adalah fakta bahwa tulisan Anda tidak akan ditemukan orang lain jika Anda tidak mengaplikasikan SEO, benar?

Itu mengapa saya merekomendasikan Anda untuk sedikit demi sedikit mempelajari SEO. Agar tulisan Anda dibaca lebih banyak orang. Agar Anda bisa membantu lebih banyak orang. Agar Anda mendapatkan komentar berupa saran maupun kritik yang membangun sehingga Anda menjadi penulis yang lebih baik dari sekarang.

Jika Anda masih buta terhadap SEO, saya punya tulisan yang bisa membantu Anda memulainya : “Cara mudah belajar SEO”. Atau Anda bisa mengetikkan kata SEO di kotak pencarian blog ini untuk menemukan tips-tips SEO yang saya gunakan.

4. Tidak Semua Orang Cocok Untuk Ngeblog

Saya telah memiliki beberapa teman ngeblog sejak blog ini berdiri. Kami biasa saling berkomentar, saling memberi link dan saling memotivasi. Namun itu tidak berlangsung lama. Banyak sekali teman ngeblog yang tiba-tiba berhenti ngeblog. Dan itu pernah membuat saya sedih.

Awalnya saya kita itu sesuatu yang wajar. Tapi jumlah bloger yang berhenti ngeblog begitu banyak. Sejak saat itu saya menyadari bahwa tidak semua orang cocok ngeblog (jawab pertanyaan di link ini untuk mengetahui apakah Anda cocok ngeblog atau tidak).

Lalu apa yang membuat saya tetap bertahan menulis secara rutin selama 2 tahun terakhir? Itu adalah kebahagiaan. Bukan hal lainnya.

Saya tidak tahu tentang perasaan bloger lain, namun saya bisa memastikan bahwa saya bahagia dengan kegiatan ngeblog yang saya lakukan. Dan itu mendorong saya untuk terus menulis sepanjang tahun tanpa saya sadari.

Jika Anda merasa tidak bahagia atau merasa tertekan dengan kegiatan ngeblog Anda, sebaiknya Anda membaca “Siapa lagi yang mau ngeblog dengan bahagia?”. Itu rahasia saya untuk tetap bahagia dalam mengelola blog Shiq4.

5. Ngeblog Butuh Sedikit Keberuntungan

Pandangan umum tentang bloger sukses adalah kerja keras dan disiplin menulis. Juga kecerdasan dalam menguasai ilmu-ilmu berkaitan dengan ngeblog. Tapi itu tidak sepenuhnya benar. Terkadang, kita akan memiliki keberuntungan sehingga blog kita berkembang lebih baik diluar rencana kita.

Keberuntungan pertama saya adalah kenyataan bahwa banyak sekali konten dari Shiq4 yang duduk di halaman pertama Google. Padahal saya bukan ahli SEO. Bahkan jika boleh membandingkan, maka blog gratisan di wordpress.com sangat tidak mungkin bersaing dengan blog berbayar memperebutkan posisi tinggi di mesin pencari untuk kata kunci populer.

Tapi saya benar-benar beruntung. Dan saya tinggal memoles keberuntungan tersebut dengan terus menulis konten-konten yang masih relevan dengan konten yang duduk di halaman pertama sehingga pengunjung organik membuka halaman lain di blog ini. Dan itu berjalan dengan sangat baik.

Keberuntungan lainnya adalah fakta bahwa blog saya memiliki ratusan pengikut. Tanpa bersusah payah, setiap kali saya mempublikasikan konten baru, pengikut saya hampir pasti membaca apa yang sajikan. Jumlah komentar pun semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Dan masih banyak sekali keberuntungan lainnya. Pada dasarnya, keberuntungan mungkin saja juga menghingapi Anda. Hanya saja Anda tidak mampu memeliharanya untuk mendapatkan rentetan keberuntungan lainnya. Jadi, perhatikan dengan seksama perkembangan blog Anda dan jangan lewatkan keberuntungan sekecil apapun.

Ketika Anda mampu memaksimalkan keberuntungan yang Anda peroleh, saat itulah Anda akan tahu cara mendapatkan keberuntungan lainnya. Hanya jika Anda benar-benar memperhatikan apa yang terjadi di blog Anda dengan teliti dan tidak tergesa-gesa.

6. Kejarlah Efisiensi dan Efektivitas

Ingin tahu sedikit tentang manajemen? Itu adalah mengejar efisiensi dan efektivitas. Dengan kata lain, sedikit berusaha, namun mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam mengelola blog ini saya pun menggunakan prinsip manajemen. Saya menghabiskan tidak lebih dari 2 jam ketika menulis konten setiap dua atau tiga hari. Saya menggunakan waktu luang ketika berdagang (saat tidak ada pembeli) dengan blogwalking ke blog lainnya. Dan saya mengerjakan semuanya dengan santai saja.

Saya bahkan sudah terbiasa dengan rutinitas saya sebagai bloger. Ketika kita melakukan sesuatu berulang kali dan disiplin, itulah saat dimana kita memperoleh efektivitas dan efisiensi. Tentu saja sesekali perlu melakukan evaluasi mana kegiatan yang tidak terlalu penting dan mana kegiatan yang terlalu banyak memakan waktu.

Kemudian kita bisa mencari alternatif lainnya sehingga kita akan mendapatkan hasil maksimal dengan sedikit usaha saja.

Saya memang masih belum ahli melakukannya. Tapi pencapaian blog ini sudah membuat saya senang dan saya tidak punya alasan untuk berhenti mengevaluasi agar mendapatkan lebih banyak efektivitas dan efisinsi.

Catatan : Jika Anda punya masalah dengan waktu ngeblog, sebaiknya Anda membaca “Tips mengatur waktu ngeblog”.

7. Jadilah Berbeda

Jadi bloger yang berbeda

Sumber gambar : combiboilersleeds.com

Saya tidak pernah menyukai persaingan. Tapi itu adalah hal yang tidak mungkin. Mau tidak mau, walaupun terdengar konyol, sebenarnya kita sebagai bloger bersaing satu sama lain untuk mendapatkan perhatian pengunjung.

Jika kita hanya menyajikan konten-konten yang sudah banyak dibahas bloger lain, sebagus apapun Anda menyajikannya, saya rasa pengunjung tidak akan menyelesaikan bacaan karena apa yang kita sajikan sudah di luar kepala mereka. Jadi, kreatiflah dan jadilah berbeda.

Tunjukkan ciri khas Anda. Bisa gaya menulis yang berbeda, bisa pemilihan diksi yang menarik, bisa topik yang kontroversial, bisa desain yang attraktif atau apapun. Agar Anda menjadi menonjol diantara ratusan bloger yang ada.

Saya sendiri berfokus pada gaya menulis suatu konten. Saya mempelajari beberapa gaya menulis sehingga konten-konten saya memiliki gaya menulis yang berbeda dengan tujuan agar pembaca tidak bosan dengan tulisan-tulisan saya.

Walaupun tidak bisa diukur tingkat keberhasilannya, setidaknya memiliki banyak gaya menulis memudahkan saya memenuhi permintaan pembuatan artikel.

Lalu, jika boleh bertanya, apa yang membedakan Anda dengan bloger lain diluar sana? Saat Anda sudah menjawab pertanyaan tersebut, saya rasa Anda sudah menjadi lebih baik dibandingkan dengan bloger pada umumnya.

8. Jika Anda Disiplin Menulis, Maka Tulisan Anda akan Semakin Bagus

Anda tahu apa yang saya lakukan untuk menjadi penulis yang baik? Itu adalah disiplin menulis.

Sejak saya membangun blog ini, paling tidak saya menulis satu artikel setiap minggu. Bahkan tahun ini saya terus menulis dalam rentang waktu 2 atau 3 hari sekali. Dan tanpa saya sadari, tulisan saya menjadi lebih bagus dibandingkan dengan tahun-tahun awal ketika memulai blog ini.

Tidak ada rahasia spesial. Hanya saja sebagian bloger terlalu tergesa-gesa. Mereka mencari tips-tips menulis yang bisa membuat mereka menjadi penulis hebat dalam waktu semalam. Tentu saja itu tidak akan pernah terjadi.

Dalam meningkatkaan kualitas tulisan, Anda hanya perlu menulis sesering mungkin. Segera setelah Anda membaca tips menulis, Anda harus terus membiasakan diri menggunakan ilmu yang Anda baca atau kegiatan membaca Anda akan sia-sia karena Anda terlau malas untuk berlatih mengaplikasikan apa yang telah Anda baca.

Sekarang coba pikirkan baik-baik, apakah Anda telah siap mengorbankan waktu dan pikiran dan berlatih secara rutin sebelum mencari tips untuk menjadi penulis yang lebih baik? jika tidak, mungkin sebaiknya Anda mencari kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan tulis menulis. Itu yang terbaik.

9. Kuncinya Adalah Membangun Hubungan Baik dengan Bloger Lain

Berharap sukses dengan mengandalkan diri sendiri? Itu sangat mustahil. Kecuali jika Anda termasuk orang jenius. Tapi saya menebak Anda bukan jenius. Jadi, mari kita bicarakan mengapa berhubungan dengan bloger lain bisa membantu Anda meraih kesuksesan.

Siapa yang membaca blog Anda? Hampir pasti itu adalah bloger juga. Sangat jarang orang awam mencari informasi dari blog karena orang awam biasanya sudah tahu portal-portal berita yang terpercaya untuk mencari informasi.

Siapa yang berkomentar di blog? Itu juga adalah bloger lain. Orang awam yang mencari informasi di internet, segera setelah ia mendapatkan apa yang ia cari, biasanya ia akan menutup blog tanpa memberikan komentar. Karena mereka tidak terbiasa berkomentar, benar? Cobalah lihat komentar-komentar yang masuk di blog Anda jika tidak percaya.

Siapa yang memberi link untuk mempopulerkan blog Anda? Tentu jawabannya juga bloger lain. Orang awam tidak mungkin bisa memberi link. Kalaupun ada, itu jarang terjadi. Jadi, jika Anda ingin blog Anda cepat populer, maka jalinlah hubungan baik dengan bloger lain.

Dan masih banyak lagi. Intinya, kita butuh bloger lain. Memang terdengar aneh, tapi bloger lain merupakan kumpulan batu-bata yang bisa membangun rumah impian Anda. Jika kita berhubungan baik dengan bloger lain, perkembangan blog akan semakin cepat.

Lebih banyak backlink. Lebih banyak komentar. Lebih banyak pembaca. Dan tentu saja, lebih banyak uang yang dihasilkan.

10. Semakin Banyak Konten, Semakin Banyak Pengunjung

Tidak banyak bloger yang menyadari bahwa jumlah konten yang Anda terbitkan akan berbanding lurus dengan jumlah pengunjung harian Anda. Lagipula Google lebih menyukai blog yang terupdate secara teratur. Jadi, jangan malas untuk menulis dan menerbitkan konten.

Lebih jauh lagi, semakin banyak konten, maka peluang konten Anda tampil di halaman pertama Google menjadi lebih besar. Satu konten saja yang bisa rangking tinggi di mesin pencari untuk kata kunci populer, sudah pasti ribuan pengunjung akan datang. Bagaimana jika Anda punya puluhan konten yang tampil di halaman pertama Google untuk kata kunci populer?

Dan bagian terpenting adalah semakin banyak konten dalam suatu blog, pengunjung akan memiliki banyak pilihan dalam mengkonsumsi konten-konten blog Anda. Mereka akan meluangkan waktu lebih banyak untuk mendapatkan informasi apapun yang Anda sajikan. Dan itu sangat bagus bagi perkembangan blog Anda di masa depan.

Itulah mengapa saya selalu rutin menulis konten. Agar blog saya cepat kaya konten sehingga mendapatkan lebih banyak pengunjung.

11. Tidak Ada Aturan dalam Ngeblog

Saya selalu rutin membaca tips ngeblog dari bloger-bloger kelas atas. Namun pemahaman saya begitu dangkal sehingga hampir mayoritas tips ngeblog yang saya baca tidak mendapatkan hasil yang maksimal ketika saya terapkan. Anda tahu mengapa? Karena saya kurang pengalaman.

Setelah 2 tahun ngeblog, akhirnya sedikit demi sedikit saya memahami apa yang dibicarakan bloger-bloger terkenal. Saya benar-benar memahami karena memiliki pengalaman langsung dalam mengelola blog. Belajar dari kesalahan, saya pun menjadi bloger yang lebih baik setiap harinya.

Pada akhirnya saya mengetahui bahwa tidak ada aturan dalam ngeblog. Setiap blog itu unik. Tidak semua nasihat dan tips bisa langsung diaplikasikan dan langsung mendapatkan hasil yang saya inginkan. Diperlukan sedikit penyesuain, trial dan error, dan eksperimen untuk mengetahui mana yang bisa bekerja dengan baik di blog yang kita kelola.

Bagi Anda bloger baru, sebaiknya Anda mulai mencatat semua kegiatan ngeblog Anda dan jangan takut membuat kesalahan. Itu adalah proses yang Anda butuhkan untuk menemukan satu-satunya cara terbaik mengembangkan blog Anda.

Karena meskipun Anda melakukan dengan teliti persis seperti tutorial dari bloger terkenal, Anda tidak akan mendapat hasil nyata karena perbedaan pemahaman tentang mengelola blog itu sendiri.

Kesimpulan

Terkadang Anda tidak perlu mengalami rasa sakit untuk mendapatkan pengetahuan dan ilmu pengetahuan. Anda hanya perlu lebih banyak membaca dan belajar dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh orang lain.

Saya tidak menjamin jika Anda melakukan apa yang saya lakukan, maka Anda pun mendapatkan hasil seperti halnya saya. Jadi, gunakan kebijaksanaan Anda untuk memilah mana yang sekiranya cocok Anda gunakan dalam pengembangan blog yang Anda kelola.

Bagaimana dengan Anda? Berapa lama Anda ngeblog? Pelajaran apa yang Anda peroleh? Bagikan di kotak kometar yang telah disediakan.

70 tanggapan untuk “2 Tahun Ngeblog : 11 Pelajaran Tentang Blog yang Telah Saya Pelajari

  1. kl Cinta udah 7 bulan ngeblog mas, dulu ngeblog pertama tgl 31 Mei 2015. Tp mrsa blm bnyak kemajuan di blog Cinta, msh biasa2 sja 😅.

    Pelajaran apa yg didapat? Banyak tentunya.
    Sprti, dpt ilmu menulis, copywriting, dan tips ngeblog dr mas Shiq4.
    Dpt bnyak tmn blog, yg trsebar di seluruh Indonesia, jd ga prlu tkut jk suatu saat nyasar di kota orang, just call them, insya Allah mereka siap mnjadi pemandu kita 😊.
    Dapat hadiah novel dari temen blog, hehe, alhamdulillah.
    Jadi semangat ikut lomba yg diadain tmn blog, yah mskipun jrg sekali menangnya, heeee 😁.
    Jd kenal mantan, kl Cinta ga ngrblog, ga mgkn Cinta kenal sm mantan.
    Jd suka iseng menangtang diri-sendiri, mski hasilnya kurang memuaskan. Ada tantangan menulis buat diri-sendiri yg berhasil terlewati, ada jg yg msh setengah2, dan nggak sdkit jg yg gagal.
    Belajar disiplin waktu, sekarang Cinta udah biasain ini, kalo ga disiplin, makin sepi…mkin sdkit pngunjung dan teman.
    Terakhir…utk tulisan English Cinta yg msh acak2an, srg Cinta comot utk tugas Writing, dan itu menyenangkan krn ga usah mkir lg. 😊
    Smua pelajaran di atas itu adalah wujud dr bahagia mas…bahagia skali bisa ngeblog, bahagia smpe terharu. 😢 *eh, maaf jd baper

    Suka

      1. hihi, iya mas Shiq4, pgnnya sih bgtu…tp mantan malah mnghindari Cinta, katanya Cinta susah dilupain, makanya prlu semedi dulu katanya 😅😁😂.

        Smoga smdinya ga kelar2, itu artinya fia ga bs lupain Cinta, horeeeee haha 😂😁😅

        Disukai oleh 1 orang

  2. “Tidak Semua Orang Cocok Untuk Ngeblog”, mungkin bukannya tidak cocok untuk ngeblog, tapi belum menemukan niche blogging yang cocok buat dirinya. Pernah sih nulis di blog, kalau ngeblog itu tidak harus menulis. Cek aja di blog saya *modus* hahaha…

    Suka

    1. Klo sudah masuk niche ngeblog sih udah masuk ranah profesional. Karena motivasinya adalah uang, seharusnya niche apapun tidak jadi masalah karena blog merupakan pekerjaan.

      Sedangkan yg dimaksud tidak cocok ngeblog adalah tidak punya passion dalam dunia tulis menulis.

      Suka

  3. Wah udah dua tahun ya , beda jauh ama saya yang baru dua minggu -_- , anyway artikelnya sangat membantu sekali untuk blogger pemula khususnya saya , thanks ya

    Suka

  4. Wah, Anda memang selalu in action, mas Shiq4. Salut saya. Saya selama 2 bln lebih ini masih jauh pencapaiannya.

    Saya justru belajar banyak dari tulisan-tulisan Anda yang inspiratif. Terima kasih juga sudah mau jadi teman di dunia maya. Semoga ada kesempatan, kita bisa kopdar langsung, hehe …. Selamat atas pencapaiannya ya.

    Suka

    1. Mas destorfin mending nulis filsafat. Saya suka tulisannya tentang Tuhan. Oh ya saya punya pertanyaan pribadi mas. Klo boleh minta emailnya dong.

      Suka

      1. Nulis filsafat? Wah, saya gak ada apa-apanya mas dalam bidang filsafat. Saya kira mas Shiq4 lebih paham tentang filsafat dan psikologi. Saya cuma berusaha menyampaikan sejauh yang saya tahu aja, mas.

        Oke, nanti saya share emailnya, atau akun fb saya juga gpp, ketik aja dengan nama Desfortin, pasti ketemu, biar kita temanan juga di sana. Jujur, mas shiq4 alias M. Liudin, saya ngefans banget dengan tulisan-tulisan Anda. Saya kagum, walaupun Anda katakan hanya seorang yang berusaha di lapak buah, tapi gaya Anda menulis sangat piawai. Saya sering menyarankan teman-teman saya untuk membaca tulisan-tulisan inspiratif Anda di blog-blog Anda.

        Kalau ada umur panjang, semoga bisa ketemu di dunia nyata, hehe …
        Salam hangat. Selamat Tahun Baru 2017 juga ya.

        Disukai oleh 1 orang

  5. Selamatt yaa sudah dua tahun di wordpress 🙂 kalau saya pindah ke wordpress dari blogger baru dari lima bulan yang lalu, menggunakan wordpress terasa lebih menyenangkan dan teratur . Yang paling menyenangkan dari blogging adalah mendapat banyak teman baru 😀

    Suka

    1. Iya klo banyak teman biasanya lebih bersemangat menulis. Apalagi klo teman2 kita aktif menerbitkan artikel, tentu dapat membuat kita ikut semangat menulis juga.

      Suka

  6. Selamat dua tahun ya Shiq4. Tetap jaga semangatnya, jangan seperti saya yg hanya rajin di dua tahun pertama, setelah itu hiatus, semangat lagi, hilang timbul lagi.
    Menuliskan apa yg ingin ditulis, bisa berbagi ilmu seperti tulisan ini, keren sekali.

    Suka

  7. Wah, saya juga baru saja dapat dari wordpress.

    Ternyata sudah lebih dari 5 tahun mengenal dunia blog, tapi baru 2 tahun menggunakan domain dan hosting berbayar.

    Bagi yang introvert seperti saya, blog menjadi sarana yang menyenangkan untuk mencari teman baru.

    Saya bisa menunjukkan karya baik tulisan, video maupun grafis dan mendapat umpan balik dari kegiatan ngeblog.

    Bagi saya, membangun silaturahmi dengan blogger lain adalah yang utama.

    Terima kasih Shiq4

    Suka

    1. Sama 2 mas. Wah udah 5 tahun ngeblog, berarti udah banyak sekali pengalamannya. Semoga saya bisa seperti mas ivan amiiin. Masih butuh 3 tahun lagi untuk menyamai mas ivan.

      Suka

    1. Terima kasih apresiasinya. Klo mo nyari teman ngeblog gabung aja dikomunitas blogger indonesia di facebook. Yg anggotanya lebih 170 ribuan. Saya aktif di grup tersebut.

      Suka

  8. shiq4, saya mau tanya. kemampuan apa saja yang harus dimiliki seseorang sampai dia bisa dikatakan sebagi blogger? bikin akun, blog, bikin posting, edit posting, edit tampilan, lalu apa lagi ya?
    terima kasih atas jawabannya.

    Suka

    1. Nggak ada sih. Klo nurut bahasa blogger berarti orang yang ngeblog. Selama bisa nulis dan mempublikasikannya di blog sudah bisa disebut bloger.

      Mungkin bisa tanya ke bloger-bloger ahli karena mendefinisikan sesuatu itu pekerjaan orang-orang berpendidikan dan ahli dibidangnya.

      Suka

Komentar ditutup.