6 Tips untuk Penulis Artikel Freelance Pemula

Tips Untuk Penulis Freelance Baru
Sumber gambar : deviantart.com

Bagi Anda yang ingin mendapatkan uang tambahan, pekerjaan paruh waktu yang paling mudah dan saya rekomendasikan adalah penulis artikel freelance.

Bisa dikerjakan dari rumah, hanya membutuhkan sedikit investasi waktu, dan tidak membutuhkan modal apapun selain kemampuan menulis yang baik. Benar-Benar pekerjaan impian yang bisa dilakukan siapa pun, benar?.

Tapi sama seperti halnya pekerjaan lainnya, menjadi penulis artikel freelance pun penuh tantangan. Persaingan cukup berat karena pekerjaan paruh seperti penulis freelance sangat diminati oleh pengguna internet lainnya seperti mahasiswa dani ibu rumah tangga.

Oleh karena itu, Anda pun perlu mengembangkan diri sehingga Anda menjadi penulis freelance yang lebih baik dari pesaing. Jika Anda masih baru dalam dunia kepenulisan dan tidak tahu apa yang harus Anda lakukan untuk mengembangkan diri, atau masih belum punya pengalaman sama sekali, maka Anda bisa membaca 6 tips bagi penulis artikel freelance pemula berikut ini:

1. Jangan Terlalu Percaya Diri dengan Kemampuan Menulis Anda

Saya sudah terbiasa menulis dalam mengelola blog shiq4. Jadi, mengerjakan artikel pesanan yang menggunakan 500 kata bukanlah masalah besar bagi saya.

Tapi saya salah. Pertama kali saya menerima sebuah pekerjaan, tiba-tiba kemampuan menulis hilang begitu saja (mengalami writer’s block). Padahal tema artikel sangat saya kuasai dan saya pun telah membaca berbagai konten mengenai tema pesanan. Saya mengalami paralisis sejenak dan mulai takut.

Hari itu saya hanya mampu menyelesaikan 3 artikel saja. Dan untuk menyelesaikan pesanan sebanyak 9 artikel, saya membutuhkan 3 hari. Untunglah saat itu saya minta waktu seminggu untuk menyelesaikan pesanan sehingga tidak mendapatkan masalah serius meskipun saya sangat kesulitan dalam pengerjaan pesanan tersebut.

Bagi Anda penulis artikel freelance baru, sangat saya rekomendasikan untuk meminta deadline sesuai dengan kemampuan menulis Anda. Karena jika Anda tidak menepati waktu dalam menyelesaikan pesanan, nama Anda akan dimasukan dalam black list oleh pelanggan dan mereka tidak akan menggunakan jasa Anda di masa depan.

2. Belajarlah Menulis dengan Cepat

Pengguna jasa penulis artikel biasanya memesan sejumlah artikel, bukan hanya satu saja. Apalagi jika Anda sedang kebanjiran order dari client lainnya, tentu Anda akan mengalami kesusahan dalam menyelesaikan pesanan yang Anda terima.

Dan jawaban dari semua permasalahan tersebut adalah kemampuan menulis dengan cepat. Semakin baik kecepatan menulis Anda, semakin cepat Anda menyelesaikan pesanan dari client sehingga Anda pun bisa mengerjakan permintaan lainnya.

Anda bisa membaca “Cara Menulis dengan Cepat dan Lancar” untuk mengetahui rahasia meningkatkan kecepatan menulis artikel sehingga produktivitas Anda akan bertambah beberapa kali lipat dibandingkan dengan penulis artikel lainnya.

3. Buat Sebuah Blog dan Update Secara Teratur

Di zaman teknologi seperti saat ini, banyak perusahaan yang mulai membangun blog. Selain mampu menarik lebih banyak klien, blog berfungsi untuk mempromosikan jasa atau produk sehingga brand perusahaan menjadi lebih baik di mata masyarakat.

Penulis artikle pun tidak terkecuali. Anda membutuhkan blog karena 3 alasan berikut :

  • Sebagai Portofolio – Banyak sekali lowongan penulis artikel di berbagai situs, komunitas, dan forum. Setiap kali Anda melamar, biasanya mereka menginginkan contoh artikel Anda. Tapi Anda tidak perlu lagi membuat artikel setiap kali Anda melamar sebuah pekerjaan. Cukup jadikan blog Anda sebagai portofolio dan cantumkan link blog Anda pada surat lamaran pekerjaan Anda.
  • Sebagai Tempat Latihan – Blog adalah tempat berlatih menulis yang paling baik. Jika Anda tidak disiplin menulis dan tidak mengupdate blog secara teratur, maka blog Anda akan mati. Mau tidak mau harus terus menulis dan itu sangat baik guna menjaga ketajaman tulisan Anda.
  • Mendapatkan Klien – Saya pernah mendapatkan tawaran pekerjaan dari pembaca blog shiq4. Jika Anda mampu menghasilkan konten-konten berkualitas dan menggunakannya untuk membangun blog, bukan mustahil salah satu pembaca Anda yang terkesan dengan konten Anda tertarik menggunakan jasa Anda.

4. Tawarkan Jasa Anda Ke Bloger Lain

Berhubungan dengan pemasaran, maka biasakan membuang rasa malu. Mulailah bergerilya mengirimkan penawaran jasa Anda ke blog-blog yang topiknya Anda kuasai. Saya biasa mencari halaman kontak pada suatu blog, kemudian saya mengirimkan penawaran jasa penulisan ke email pemilik blog tersebut.

Juga bergabunglah pada komunitas bloger atau forum-forum. Biasanya ada saja thread lowongan pekerjaan untuk penulis artikel freelance. Dan Anda bisa dengan mudah melamar pekerjaan pada lowongan yang memberi harga tinggi untuk artikel ciptaan Anda.

Atau Anda bisa menggunakan berbagai media pemasaran lain seperti membuat thread sendiri tentang jasa menulis Anda atau menjadi penulis tamu. Yang jelas, di masa-masa awal, Anda harus terus mempromosikan jasa menulis Anda.

5. Tentukan Niche Menulis Anda

Untuk menjadi penulis freelance yang hebat, sejak awal memulai karier, sangat penting untuk menentukan topik favorit Anda. Tujuannya adalah menjadi ahli di bidang tersebut sehingga tulisan Anda benar-benar berbobot.

Bagian terbaiknya adalah ketika Anda sangat menguasai suatu tema dan Anda mampu menulis dengan insight yang dalam, tentu brand Anda sebagai penulis artikel di bidang tersebut akan naik dan dengan sendiri Anda telah menjadi spesialis di topik favorit Anda.

Oleh karena itu, di waktu luang Anda, sangat penting untuk terus membaca informasi terbaru berkaitan dengan topik favorit Anda agar Anda mempunyai wawasan yang luas dan tidak ketinggalan informasi terbaru.

Jika tulisan Anda selalu sesuai dengan perkembangan informasi, para klien akan puas dan mereka akan menghubungi Anda lagi di masa depan ketika membutuhkan konten-konten terbaik untuk mengisi blog mereka.

6. Berikan Garansi Revisi

Klien-klien Anda punya ketakutan. Sekalipun Anda telah menunjukkan portofilio Anda, mereka masih takut jika pesanan mereka tidak sesuai dengan keinginan mereka.
Untuk menghilangkan keraguan seperti itu, saat Anda melakukan negosiasi, katakan kepada klien Anda bahwa jika ada konten yang tidak sesuai standar mereka, maka Anda bisa melakukan revisi.

Dengan demikian ketakutan mereka sedikit berkurang dan tugas Anda selanjutnya adalah pembuktian bahwa tulisan Anda memang berkualitas.

Tapi Anda juga harus pandai dalam bernegosiasi. Sebelum menulis pesanan, tanyakan kepada klien tentang pesanan mereka seperti gaya menulis menggunakan orang pertama, kedua, atau ketiga. Dan detail lainnya agar Anda tidak terlalu banyak revisi.

Seandainya Anda merasa sudah memenuhi standar klien, kemudian mereka meminta revisi yang tidak jelas, maka Anda bisa menolaknya. Dalam bisnis kepenulisan, kita pun harus tegas agar tidak diremehkan atau dipermainkan oleh sistem revisi.

Kesimpulan

Di atas hanyalah tips ringan saja. Masih banyak sekali pengetahuan yang tidak akan pernah dipahami kecuali dari pengalaman sendiri. Jadi, dapatkan klien pertama Anda dan arsipkan pengalaman Anda untuk menganalisisnya agar Anda memahami seluk beluk bisnis penulis online.

Dan terakhir, saya sangat merekomendasikan Anda membaca “5 Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Penulis Konten Sukses” sehingga Anda mempunyai skill-skill penunjang untuk menyempurnakan karya Anda.

Apakah Anda punya tips lain atau pemikiran terkait penulis artikel freelance? Bagikan di kotak komentar yang telah disediakan.

Iklan

31 tanggapan untuk “6 Tips untuk Penulis Artikel Freelance Pemula

  1. Jadi penulis penulis freelance memang banyak tantangannya ya, yang paling saya rasakan adalah writters block. Padahal udah punya bahan materi untuk dituliskan, tapi selalu bingung untuk menerjemahkan semua hal tersebut kedalam tulisan. Tips nya sangat membantu sekali 🙂

    Suka

  2. Cinta tertarik mas.Segala yg freelance emang menyenangkan! Prnah nyoba freelance accounting dan pjak dulu, dan sangat2 mnyenangkan!

    Tapi kemampuan Cinta blm blm blm dan blm apa2, ini PR jangka panjang buat Cinta 😁

    Suka

  3. Wuiih kedengerannya keren ya jd penulis artikel freelance, tapi klo dibayar gitu topiknya tentang apa sih biasanya? Kalo ada topik yg diminta tapi kita sendiri kurang paham itu gmn? Apa mesti googling dan baca2 artikel org lain dlu biar kitanya dapet ide?

    Suka

    1. Saya sendiri cuma mau ngerjain topik yg bertema blogging dan internet marketing. Klo ada yg minta topik lain ya saya tolak. Malas buat mempelajarinya.

      Suka

  4. memang benar seperti yang agan katakan diatas, tapi sebenernya kesuiltan utama adalah menemukan tempat kita menjadi penulis, misalnya saja freelancer .co .id yang katanya mudah, eh pas saya ndaftar malah ini itu ini itu doang akhirnya ga bisa deh nulis disitu, apa agan punya info website yang khusus untuk penulis pemula tapi mudah gitu gan?persaratannya gak ribet gan jgn kaya freelancer .co

    Suka

    1. Klo di website 2 besar itu memang lowongannya buat penulis freelancw yg sudah profesional. Klo masih pemula mending nyari di komunitas2 blogger (biasanya mereka nyari penulis). Atau bisa nyoba hubungi lewat email untuk menawarkan kerjaan. Klo udah punya banyak pengalaman baru daftar di disitus2 besar.

      Suka

  5. Menentukan niche itu, buat saya masih membingungkan. Mau fokus sama satu hal, malah lebih suka nulis hal lain.
    Belum lagi writer’s block sering menyerang.
    Really need much more training memang ya 😦

    Suka

    1. Ya topik yg kita suka aja. Klo saya sukanya tips ngeblog dan bisnis online soalnya sering nulis di blog ini. Jadi bukan masalah pas nrima orderan dgn topik tersebut.

      Disukai oleh 1 orang

      1. gitu ya mas? lebih pada saat kita nerima orderan gitu kan ya?
        tapi kalo pas ga terima orderan kan kita juga perlu mengasah kemampuan kita di topik yang mirip, jadi otomatis bakal lebih sering nulis di niche itu..

        Suka

        1. Ya klo masih related sih mestinya gitu. Misal yg hubungan sama tips ngeblog ya seo, copywriting, dan content marketing. Dan sebagiannya. Jadi tulisan kita bisa lebih bagus.

          Disukai oleh 1 orang

  6. Trims atas sarannya. kalau menuis cepat juga butuh edit yang lama kalau menurut pengalaman saya. Sekalian saja saya promosi pada blogger lain jika ada yang mau menulis di bidang keuangan, unggas, ataupun sejarah boleh hubungi saya ( mohon sekalian promosi yah pak admin Shiq4)

    Disukai oleh 1 orang

  7. Jempol Mas, saya menikmati selama membacanya, juga hyperlink untuk panduan artikel yang berkaitan, mantap

    Untung bisa ikut nyasar kesini, malah dapet pencerahan + panduan 😀

    Sukses Mas

    Suka

  8. Tambahan Mas Shiq : Menulislah sejak dini, karena blog butuh waktu untuk berkembang. Jadi saat kuliah atau masuk usia produktif, blog sudah bisa jadi sumber “uang jajan” hehe… Selain itu kemampuan menulis kita sudah terlatih sejak dini.

    Suka

Komentar ditutup.