TM 02 : Menulis 1000 Kata

Cara menulis 1000 kata lebihSumber gambar : Wordcounter.net
Selamat datang di tantangan menulis nomor 2 untuk menjadi penulis yang lebih baik. Tantangan kali ini masih terbilang mudah, hanya menulis sebuah artikel dengan minimal menggunakan 1000 kata. Anda boleh menulis dengan tema apapun sesuai blog Anda. Tidak ada persyaratan khusus dan saya yakin Anda bisa menaklukkan tantangan ini.

Mengapa kita melakukan tantangan ini? Berikut alasan saya :

1. Tentang SEO

Banyak bloger yang masih berpendapat bahwa Anda hanya perlu menulis konten dengan 300 – 500 kata saja. Tapi itu terlalu sedikit. Anda tidak akan pernah mendapatkan rangking tinggi sekalipun
Anda terus mencoba.

Update Google Panda mengisyaratkan kita agar memperbaiki kualitas konten. Hanya konten yang berbobot, panjang, dan lengkap yang akan memenangkan persaingan. Maka, membiasakan diri teratur menulis konten dengan 1000 kata atau lebih adalah langkah terbaik.

Tidak perlu khawatir, kita hanya perlu melakukan satu langkah awal saja. Cukup satu artikel 1000 kata setiap minggu, maka peluang konten Anda tampil di halaman pertama akan semakin besar. Dan kita akan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

2. Waktu Pengunjung

Sebenarnya ukuran situs berkualitas bukan berapa banyak pengunjung yang datang ke blog kita. Melainkan berapa lama rata-rata waktu pengunjung berada di blog kita untuk menikmati konten-konten yang ada.

Dengan 1000 kata, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 4 menit bagi pengunjung untuk menyelesaikan bacaan. Dan itu sudah cukub bagus untuk bloger pemula.

Tantangan terbesarnya adalah membuat pembaca nyaman dan menyelesaikan bacaannya. Seandainya tidak ada peningkatan pada statistik time on site blog Anda, itu berarti tulisan Anda belum sempurna dan pembaca meninggalkan blog Anda sebelum selesai membaca.

3. 1000 Kata Lebih dari Cukup Untuk Menjelaskan Sesuatu

Saat Anda sudah menentukan tema menulis dan judul, maka tugas selanjutnya adalah menyampaikan pesan kepada pembaca menggunakan kalimat-kalimat yang efektif. Dan saya rasa 1000 kata adalah jumlah yang ideal untuk menjelaskan sesuatu hal.

Perlu diingat, dalam menulis saya sangat menekankan pada efektivitas. Artinya, menggunakan kalimat sesedikit mungkin. Semakin sedikit kata, itu berarti semakin efektif. Anda bisa membaca “7 Tips Menulis Efektif” untuk menyempurnakan tantangan menulis kali ini.

Seandainya Anda telah selesai menulis artikel yang menurut Anda sudah efektif, namun belum memenuhi 1000 kata, maka gunakan kreativitas Anda untuk menemukan ide-ide yang masih berhubungan dengan konten Anda dan masukkan juga sebagai materi dalam tulisan.

4. Menu Latihan Ini Lakukan dengan Rutin

Menurut saya, 1000 kata merupakan kata yang ideal untuk digunakan sebagai menu latihan menulis sehari-hari. Meskipun saya menganjurkan hanya menulis 1000 kata setiap minggu saja, jika Anda merasa bisa melakukannya lebih sering, maka lakukanlah. Katakanlah Anda merasa mampu menulis 1000 kata setiap 3 hari sekali, maka tidak ada yang melarang Anda.

Semakin sering blog Anda menerbitkan konten panjang (setidaknya 1000 kata termasuk di dalamnya), maka kualitas blog Anda akan semakin bagus. Namun perlu diingat, bagian terpenting dalam latihan ini adalah kedisiplinan dalam menulis. 1000 kata setiap minggu dan rutin dilakukan selama setahun lebih baik daripada menulis 1000 kata setiap 3 hari sekali namun kemudian bolos dan tidak lagi menulis.

Cara Menulis 1000 Kata Bagi Pemula

Saya akan memberitahu Anda bagaimana melakukan latihan ini sehingga Anda tidak kesulitan menjalankannya. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Tentukan Topik dan Pilih Judul Sebelum Menulis

Latihan menulis kali ini bukan seperti menulis bebas dimana Anda bisa menulis apapun dan kemudian melupakannya. Karya 1000 kata Anda harus dipublikasikan di blog untuk mengetahui bagaimana pembaca menilai kualitas tulisan Anda. Jadi, tetapkan topik dan pilih judul sehingga Anda bisa fokus menulis sesuai pesan yang ingin Anda sampaikan.

2. Lakukan Kutipan

Setelah Anda memutuskan tema menulis dan judul yang menarik, sebelum Anda benar-benar menulis, akan sangat bagus seandainya Anda mencari referensi lain dari penulis-penulis terkenal untuk dipakai sebagai kutipan (menyertakan link).

Hal ini bertujuan agar pembaca percaya dengan infomasi yang Anda tuliskan. Selain itu, mengutip tulisan penulis lain membutuhkan kreativitas dalam mengolah data sehingga karya Anda menjadi semakin bernilai. Jadi, berselancar di internet dan temukan kutipan yang bisa Anda gunakan untuk menyempurnakan tulisan 1000 kata Anda.

3. Sertakan Opini Pribadi Anda

Dalam banyak kasus, penulis profesional (bisa dilihat di portal berita) biasanya tidak pernah mencantumkan opini pribadi jika mereka menulis topik tertentu seperti kesehatan, keuangan, atau lifestye. Mereka hanya membeberkan fakta dengan mengutip hasil riset atau perkataan para ahli.

Di sisi lain, tulisan bloger lebih diminati karena opini pribadinya. Bukan sekadar mengutip. Jadi, sebisa mungkin Anda harus menambahkan opini pribadi dalam tulisan Anda. itu yang membuat tulisan bloger tampak lebih menyenangkan dan tidak membosankan di mata pembaca. Jadi, jangan pernah menghilangkannya.

2 Jenis Tulisan

Untuk memenuhi tantangan menulis kali ini, ada persyaratan tambahan : Anda hanya boleh menulis dalam 2 jenis tulisan seperti di bawah ini:

  •  Listicle – Listicle sudah sangat populer keefektifannya dalam menjaring pengunjung. Plus lebih mudah dikerjakan. Jadi, tulisan 1000 kata Anda bisa menggunakan listicle seperti yang telah kita pelajari beberapa minggu yang lalu.
  • Gunakan Sub-Heading – Jika Anda tidak ingin menulis listicle, maka pilihan selanjutnya adalah menulis menggunakan sub-heading. Anda bisa memecah tulisan Anda menjadi minimal menggunakan 3 sub-heading. Itu agar membuat tulisan Anda bersifat scannable. Karena pembaca di internet sering menilai kualitas konten hanya dengan skimming. Seandainya tulisan kita bagus, barulah mereka mau membacanya. Jadi, kesempatan tulisan 1000 kata dibaca sampai tuntas bisa lebih baik dengan memecahnya menjadi beberapa bagian.

Waktunya Bekerja

Sekarang tulislah artikel 1000 kata Anda dan lakukan setidaknya setiap minggu. Dengan rutin menulis 1000 kata teratur, ketrampilan menulis Anda akan terasah. Dan yang paling penting, pembaca pasti akan menyukai tulisan-tulisan 1000 kata Anda. selama Anda mematuhi aturan-aturan yang saya jelaskan di atas.

Jika Anda telah selesai menulis, publikasikan di blog Anda, kemudian berkomentarlah dengan menyertakan link tulisan Anda. saya akan sangat membaca karya 1000 kata pertama Anda. Selamat bersenang-senang.

Iklan

52 tanggapan untuk “TM 02 : Menulis 1000 Kata

  1. sepertinya sulit sob kalau harus seribu kata, apalagi seperti blog saya yang isinya tentang tutorial, 500 kata aja udah bagus, tapi saya mau coba juga ah, membuat artikel dengan 1000 kata mudah2an efektif 🙂 thx sob tuk artikelnya sangat membantu sekali 🙂

    Suka

  2. Wah, 95% tulisan di blog kami pasti diatas 1000 kata. Apalagi kalau aku yg nulis, 1200 kata lah minimal. Kalau ga nyetop diri sendiri, pernah kebablasan sampai 2000 kata, tapi trus kuedit2 lagi. Aku ini terlalu doyan kalau disuruh nulis. Niatnya yg nulis cuma basa basi, kebablasan jadi kebanyakan. Justru aku lagi belajar akhir2 ini untuk menulis efektif dibawah 1000 kata.

    Suka

    1. Wah sama kayak saya mbak deny.Dulu saya hampir selalu nulis diatas 2000 kata. Baru akhir2 ini aja insyaf dan mulai menulis sekitar 1000 kata biar dapat lebih banyak komentar.

      Suka

    1. Itu buat narik pengunjung dari mesin pencari. Klo nulis di web biasakan menggunakan paragraf singkat biar pembaca nggak bosan. Masih banyak sih triknya biar pembaca nggak bosan. Coba googling.

      Disukai oleh 1 orang

  3. Wah, Kalo 1000 kata modar aku. Bisa mabuk kata kata aku.500 kata aja pening lah kepalaku. Apalagi sampai 1000, wow banget lah. Kalo mau masuk Google search yang 10 besar, tetap aja konten is the king. Menurutku sih, Google itu mesin. Jadi,mana tau dia itu berkualitas atau tidak. Yang tau ya, kita manusia yang bisa menilai. Google cuma punya patokan (menurutku sih) berapa minimanlnya dsb, dll. Baca deh postingan aku yang tentang syarat masuk Google search (10besar).#taelah,promo

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s