Kekuatan Hyperlink dan Bagaimana Menggunakannya dengan Bijak

Penggunaan Hyperlink dalam copywriting
Sumber gambar :Pixabay.com

Menulis di internet berbeda dengan menulis buku. Jika menulis buku kita harus menulis semuanya dengan lengkap (bahkan ketika melakukan kutipan), maka di internet lebih mudah lagi, kita cukup menyertakan hyperlink untuk mempermudah semuanya.

Meminjam istilah dari Jeff Sexton, hyperlink adalah bentuk teleportasi. Dengan melakukan klik pada hyperlink, kita akan berpindah dari situs satu ke situs lainnya dengan cepat dan berharap mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang suatu hal.

Maka sudah sepantasnya kita memperhatikan 2 hal :

  1. Kita ingin agar pembaca mengetahui dengan jelas apa yang terdapat dalam hyperlink. Jadi, buat anchor text lebih detail yang menjelaskan informasi seperti apa yang didapatkan pembaca ketika melakukan klik.
  2. Memastikan pembaca diteleportasi ke situs-situs terpercaya agar pembaca mempercayai bahwa informasi yang ada merupakan informasi yang valid.

Terdengar mudah. Tapi dalam penerapannya, tidak semua orang mampu menggunakannya. Jadi, belajarlah menggunakan hyperlink dengan baik dan kepuasan pembaca Anda akan meningkat sehingga mereka akan terus mengkonsumsi informasi yang Anda sajikan.

Kekuatan Hyperlink

Setiap hari saya menjelajahi internet, membaca tulisan di banyak blog dan mendapatkan kenyataan bahwa sebagian besar bloger atau webmaster masih tidak menggunakan hyperlink dalam karyanya. Mereka belum menyadari kekuatan hyperlink. Dan itu cukup aneh mengingat mereka sudah berbulan-bulan mengelola sebuah blog atau situs.

Berikut adalah alasan mengapa Anda harus sesegera mungkin memakai hyperlink dalam tulisan yang Anda terbitkan di situs atau blog:

  • Meningkatkan Kredibelitas – Buat hyperlink menuju situs-situs otoritas, maka pembaca Anda akan mengetahui bahwa Anda telah mengerjakan PR. Mereka akan percaya dengan apa yang Anda sampaikan. Karena dalam copywriting, kepercayaan adalah dasar untuk bisa menyuruh pembaca melakukan sesuatu.
  • Menambah Pageview Blog Anda – Struktur situs Anda dibangun menggunakan hyperlink. Jika ada informasi yang masih berhubungan satu sama lain dalam sebuah situs, maka hyperlink adalah jembatan yang harus Anda gunakan. Itu berguna untuk menjaga pengunjung tetap dalam situs Anda dalam waktu yang lama.
  • Meningkatkan Visibilitas Situs – Baik internal link maupun eksternal link merupakan faktor positif yang mampu membantu performa situs Anda dalam persaingan SEO. Gunakan keduanya dan situs Anda akan tampil di halaman pertama Google.
  • Efisiensi – Anda tidak perlu menjelaskan semua informasi dalam postingan Anda. Cukup gunakan hyperlink menuju halaman penjelas dan semua akan baik-baik saja.

Sekarang Anda tahu kekuatan hyperlink. Dan akan sangat aneh jika Anda tidak mau masih tidak menggunakannya. Cobalah menulis konten, gunakan hyperlink, dan lihatlah keajaiban yang akan terjadi pada situs Anda.

Teknik Lama yang Terlupakan : Klik di Sini

Dunia informasi sudah berubah. Para bloger dan webmaster menggunakan hyperlink hanya untuk keperluan SEO. Kata Brian Clark, ”Google benar-benar membuat orang hilang akal”. Mereka tidak lagi melihat link sebagai navigasi ; link diciptakan hanya agar melewati “Juice” sesuai algortima yang berlaku. Dan itu benar-benar salah.

Dalam perspektif SEO, kata-kata yang digunakan sebagai anchor text mampu mempengaruhi peringkat dalam hasil pencarian Google. Dan ya… semua orang menjadi gila. Terkadang, ada beberapa situs yang terkena penalti karena optimasi berlebihan dalam link yang mereka gunakan. Jadi, teknik “Klik di Sini” mulai ditinggalkan dan tidak digunakan.

Di sisi lain, dalam perspektif copywriting, “Klik di Sini” merupakan kata-kata efektif dan sudah terbukti agar pembaca melakukan klik. Kita menciptakan hyperlink agar pembaca melakukan klik dan mendapatkan informasi yang lebih lengkap, bukan sekadar untuk SEO.

Salah satu pengguna “Klik di Sini” adalah Jon Morrow, pemilik smartblogger.com. Berikut adalah gambar penggunaan “Klik di Sini” dalam email marketing Jon Morrow :

Penggunaan klik di sini dalam copywriting
Atau Brian Dean, pemilik backlinko.com, akan tampak seperti ini :

Penggunaan klik disini ole brian dean

Jadi, Klik di Sini masih digunakan oleh orang-orang hebat. Dalam copywriting, jika Anda ingin seseorang melakukan sesuatu, Anda akan mendapatkan hasil maksimal jika Anda mengatakan apa yang harus dilakukan. Dan kata “Klik di Sini” masih bekerja dengan baik.

Rumus penggunaan yang benar adalah:

 “Klik di Sini” + Deskripsi mengapa pembaca harus melakukan klik/ apa yang akan pembaca dapatkan.

Gunakan rumus di atas, dan Anda bisa pembaca akan lebih banyak mengklik hyperlink Anda, apapun tujuan Anda menggunakan link tersebut.

Cara Menggunakan Hyperlink dengan Bijak

Sekarang, akan saya tunjukkan bagaimana menggunakan hyperlink secara bijak agar kita mendapatkan hasil maksimal. Berikut adalah apa yang harus Anda lakukan :

  • Pastikan Hyperlink Menuju Situs yang Bagus – Di internet banyak situs buruk. Jika Anda memberi rekomendasi pembaca Anda dan menteleportasi mereke ke situs yang salah, maka Anda akan kehilangan kredibelitas. Juga berpotensi terkena penalti unnatural uotbound link dari Google.
  • Jangan Membuat Hyperlink yang Tidak Masuk Akal – Biasanya dilakukan oleh pelaku SEO untuk memanipulasi halaman hasil pencarian Google. Mereka menggunaan anchor text berlebihan di mana pun. Dan hal semacam ini pun mampu membuat Anda terkena penalti optimisasi berlebihan.
  • Enak Dibaca – Perhatikan anchor text yang Anda gunakan. Bukan karen hyperlink memiliki kekuatan hebat sehingga Anda menggunakannya dengan membabi buta dan tidak memperhatikan bahwa tulisan Anda menjadi kacau. Belajarlah membuat hyperlink yang bagus tanpa kehilangan “keindahan” dan “keenakan dibaca” tulisan Anda.
  • Gunakan Internal Link dan Eksternal Link Bersamaan – Kedua jenis hyperlink tersebut ikut berpengaruh terhadap SEO. Akan sangat efektif jika digunakan secara bersamaan. Jadi, berlatihlah menggunakan keduanya secara beriringan secara alami dalam konten yang Anda ciptakan.
  • Jangan Berlebihan – Jika memang tulisan Anda tidak membutuhkan hyperlink, maka jangan membuatnya. Juga jangan berlebihan menciptakan link dalam konten Anda sehingga pembaca mengira Anda terlalu berlebihan menyebar hyperlink dalam seluruh konten Anda.

Dan selesai. Sekarang Anda tahu bagaimana hyperlink bekerja dan apa yang harus Anda lakukan pada konten Anda. gunakan denganbijaksana pengetahuan ini, dan Anda akan menjadi bloger yang lebih baik. Apakah Anda punya opini lain tentang hyperlink? Bagikan opini Anda di kotak komentar agar menjadi referensi tambahan bagi pembaca lainnya. Terima kasih atas partisipasinya dalam berdiskusi.

Iklan

31 tanggapan untuk “Kekuatan Hyperlink dan Bagaimana Menggunakannya dengan Bijak

  1. Absolutelly worked Bang. . . Saya udah membuktikan juga.

    Menyarankan artikel terpercaya dan relevan (dari luad) dapat membantu memberi kepuasan pada si pencari info (they will love us). Sedangkan menyarankan internal link membantu satu pembaca mengklik lebih dari satu artikel kita😁

    Suka

  2. hmmm, sebetulnya saya kurang begitu mengerti tentang hal ini, namun saya coba pahamin ulang kata-kata diatas dan alhamdulillah muali sedikit mengerti cara kerjanya dan bagaimana mengerjakananya, soo this is new lesson that i don’t know before, thanks a lot

    Suka

  3. Ini memang cukup ampuh untuk menggiring pembaca menuju artikel yg kita inginkan… Klik di sini sudah cukup membuat penasaran kok, apalagi ditambah dgn copywriting yg bagus sperti yg agan jelaskan

    Suka

  4. Aku suka pake “klik disini” atau “sumber disini” hehehe dan aku juga sebel sama blogger yang doyan nyomot2 foto/tulisan tanpa mencantumkan sumber. Padahal kan gampang tinggal hyperlink aja 😐

    Suka

    1. Sebenernya kalau ngasih link keluar ke situs terpercaya mengindikasika tulisan kita juga terpercaya di mata google. Jadi lebih sering lebih baik klo bisa.

      Suka

    1. Cara mengakalinya buat supaya ketik di klik langsung terbuks di tab baru. Sayang saya terlalu malas buat melakukannya karena opsi tersebut tidak bisa digunakan di aplikasi wordpresz hp. Bisanya di wordpress komputer.

      Suka

Komentar ditutup.