Cara Menghindari Penalti Outbound Link dari Google

Cara menghadapi penalti unnatural link dari Google

Sumber gambar: Searchengineland.com

Mayoritas bloger pasti sudah tahu bahwa link yang berasal dari website atau blog lain bisa menimbulkan penalti Google, terutama jenis backlink dari situs berkualitas rendah atau situs spam (untuk lebih jelasnya baca tentang Google penguin). Tapi tahukah Anda jika link yang ada di dalam situs Anda juga juga berpotensi menimbulkan penalti yang disebut Unnatural Outbound Link Penalty.

Unnatural outbound link penalty diberikan kepada situs yang melanggar kebijakan Google tentang penggunaan link keluar secara tidak benar. Jika Google mendeteksi Anda memberi link menuju situs spam atau terindikasi mempraktikkan skema tautan, maka Anda akan terkena penalti.

Penalti ini bisa diperlakukan hanya untuk halaman tertentu saja. Artinya jika Anda memperbaiki halaman tersebut, Anda akan terbebas dari penalti setelah mengajukan pertimbangan kembali. Namun penalti juga bisa diberikan untuk seluruh halaman. Jika demikian, Anda harus mengeluarkan banyak usaha untuk memperbaiki link-link mencurigakan yang ada dalam seluruh situs agar situs Anda terbebas dari penalti.

Website yang terkena penalti tidak akan mendapat peringkat tinggi di halaman hasil pencarian Google. Jadi, pastikan Anda berhati-hati dalam menciptakan link dalam blog Anda.

Praktik Terbaik Memberi Link Keluar

Penggunaan link keluar bertujuan untuk mengarahkan pengunjung menuju konten-konten dari website lain yang relevan dengan konten yang kita sajikan. Tujuannya hanya satu, yakni memberikan pengalaman menyenangkan bagi pengunjung karena link keluar memudahkan pengunjung mengakses informasi yang lebih banyak dari sumber lain.

Sedangkan bagi kalangan bloger atau webmaster, mendapatkan link dari situs lain merupakan penghargaan atas kerja keras menciptakan konten berkualitas. Semakin banyak orang yang menjadikan konten di situs mereka sebagai rujukan, semakin populer situs mereka di mata Google.

Jadi, link keluar merupakan bagian yang tak terpisahkan di kehidupan dunia maya. Bagi Anda yang takut terkena unnatural outbound link penalty, Anda bisa menghindarinya dengan tips berikut :

1. Jangan Bertukar Link

Bertukar link dengan bloger lain merupakan praktik yang sering dilakukan di masa lalu. Namun saat ini hal tersebut dikategorikan sebagai upaya memanipulasi rangking dan dilarang oleh Google.

Jangan mau jika ada bloger yang menawarkan “Link ke situs saya dan saya akan melink ke situs Anda”. Itu bisa menjadi bencana bagi Anda di masa depan. Juga jangan mendaftarkan blog Anda ke direktori yang mengharuskan Anda menempatkan script tertentu sehingga tercipta link keluar menuju ke direktori tersebut.

2.Hindari Memberi Link Keluar ke Situs Berkualitas Rendah atau Situs Spam

Sebelum Anda menciptakan link keluar pada konten blog Anda, pastikan website yang menjadi tujuan link tersebut bukan termasuk situs berkualitas rendah. Adapun ciri situs berkualitas rendah antara lain :

  • Didominasi Konten Berkualitas Rendah – Jika isi dari website tersebut termasuk konten berkualitas rendah, konten yang terlalu singkat atau konten copy paste, maka tidak dianjurkan untuk memberi link.
  • Bukan Situs Otoritas – Contoh yang paling banyak ditemui adalah situs kesehatan yang ditulis oleh orang yang bukan ahli di bidang tersebut seperti dokter.
  • Situs dengan Reputasi Buruk – Beberapa situs yang diduga melakukan penipuan atau memiliki pelayanan yang tidak memuaskan juga termasuk situs berkualitas rendah.
  • Situs yang Tidak Teratur Update – Jika ada website yang sudah lama tidak terupdate, maka itu juga bisa digolongkan sebagai situs berkualitas rendah.

3.Hati-Hati Jika Anda Menerima Penulis Tamu

Beberapa tahun belakangan terjadi pro dan kontra dikalangan bloger dan webmaster mengenai penulis tamu. Google menganggap bahwa penulis tamu merupakan salah satu usaha memanipulasi peringkat dan hanya bertujuan mendapatkan backlink. Sementara kalangan bloger berargumentasi bahwa mereka bertujuan untuk merampok trafik dari website besar, bukan mencari backlink.

Namun akhirnya ada situs penulis tamu dihukum oleh Google, yakni kasus myguestblog.com. Jika Anda juga menerima penulis tamu di blog Anda, sebaiknya Anda tidak sembarangan memperbolehkan link keluar yang menggunakan anchor text tertentu. Lebih baik tulis nama situs tersebut dengan jelas seperti shiq4.wordpress.com.

4. Sponsor Post atau Review

Cara mengatasi Penalti outbound link Google

Gambar diatas merupakan email yang didapat dari blog yang terkena penalti (Kasus sammythebeautybuff.com). Penyebabnya adalah banyak link keluar yang menuju produk-produk tertentu di internet.

Bagi Anda yang menerima produk gratis atau mendapatkan bayaran, dan diharuskan memberi link keluar tertentu, maka pastikan Anda mengikuti panduan dari Google berikut ini :

  • No follow link keluar yang menuju situs perusahaan, akun media sosial perusahaan, halaman yang menjual produk,halaman review produk, dan apps mobile perusahaan di app store. Google beralasan bahwa link tersebut tidak akan ada jika perusahaan tidak memberikan produk gratis atau jasa. Itu termasuk link tidak alami yang menyalahi kebijakan Google.
  • Ada pemberitahuan bahwa Anda menulis konten tersebut karena perusahaan memberi produk gratis. Google berkata “Users ingin tahu saat mereka membaca konten bersponsor”.
  • Tulis konten yang menarik dan unik. Google berkata “Sediakan konten ekslusif yang hanya Anda saja yang mampu menciptakannya sesuai keahlian unik Anda”.

Lebih Baik No Follow Semua Link Keluar?

Ada juga beberapa orang yang langsung membuat semua link keluar menjadi no follow. Haruskan saya juga melakukannya agar tidak terkena penalti dari Google?

Kalau menurut saya itu bukan tindakan bijaksana. Jika Anda membuat semua link keluar menjadi no follow, maka Anda akan kehilangan kesempatan menambah nilai kualitas blog Anda. Link keluar yang no follow tidak akan memberi kontribusi apapun pada SEO Anda. Sebaliknya, link keluar do follow akan sangat baik untuk meningkatkan SEO halaman tersebut (lebih lengkapnya baca “ Outbound Link Berdampak Positif Terhadap SEO”) .

Jadi, apakah Anda ada pertanyaan tentang unnatural outbound link penalty? Atau taktik apa yang Anda gunakan untuk menghidari penalti tersebut? Bagikan di kotak komentar yang telah disediakan.

Iklan

59 tanggapan untuk “Cara Menghindari Penalti Outbound Link dari Google

  1. Cinta pernah lho mas mau posting tulisan trs sertain link keluar, tp udah dicoba 3x ga mau, yg keluar malah judul postingan doank tanpa teks, pdhal udah diketik…apa ini semacam kasus penalti outbound link jg mas?

    Suka

    1. Bukan cinta. Itu aplikasinya yg error kayaknya. Klo terkena penalti itu halaman kita nggak bakalan keluar di google klo ngetik nama domain kita. Misal blognya cinta kan namanya cinta1668, klo ngetik kata “cinta1668” dan nggak muncul, baru itu terkena penalti. Nah penalti google kan banyak, ntar dianalisa yg mana yg buat kena penalti. Diatas cuma salah satu penalti saja, yakni membuat link keluar yg tidak sesuai dengan petunjuk google.

      Disukai oleh 1 orang

  2. Dulu banget banyak blogger yg tukeran link tuh, sampai halaman sahabat blogger saya tutup krn males di minta tuker2 an link.. Belum lama ini ada pengunjung baru ke blogku minta di masukin link tulisan dia ke postingan saya. Lah baru komen pertama sdh minta2, trus saya bilang biaya nya sekian. Ybs komen ko bayar sih kan sama2 menguntung. Okelah klo sama2 menguntungkan, PR blogku sekian, PR blogmu brp?, masih nol kata ybs.. ketawa aja saya itu sih namanya saya dong yg akan menguntungkan dia hahaha.

    Suka

    1. Sekarang baru dimulai mbak nella algoritma baru buat ndeteksi bertukar link. Dulu sih petunjuknya sederhana, klo ada blogroll panjang, biasanya bakal dicurigai tukar link. Tapi untuk sementara belum sempurna. Soalnya masih penalti manual dilakukan tim Google, belum dimasukin algoritma terbaru.

      Tapi klo sudah sempurna bakalan banyak yg kena penalti soalnya masih banyak yg masukin script dari blog directory (ini konsepnya sama aja kayak tukar link).

      Klo ada yg mau tukar link jangan mau. Ntar klo udah kena penalti ribet benerinnya lagi.

      Suka

  3. Wah…. Sepertinya info nya benar sih… Tapi sy sempet bingung yang kasus itu myguestblog .com , itu dihukum apaan ? Disitu tdk tertera ya ? Hem… Masalah backlink nofollow, begitu kah ? Jadi, saya hanya boleh do follow ? Wah…. Jadinya pembaca repot 2 kali dong, klo bolak-balik buat kembali ke konten asal. Salam admin SURGA BLOGGING. 🙂

    Suka

    1. Myguestblog dihukum karena menyediakan penulis tamu. Klo jaringan semacam itu biasanya dipake nyari backlink doang. Jadi kena hukum deh.

      Ya ada yg nofollow dan do follow. Keduanya kan berarti tidak vote atau vote. Jadi bijaksananya kita ngasih rekomendasi menggunakan do follow atau no follow.

      Suka

  4. Kak, aku masih belum paham yang bagian ini,
    Namun akhirnya ada situs penulis tamu dihukum oleh Google, yakni kasus myguestblog.com. Jika Anda juga menerima penulis tamu di blog Anda, sebaiknya Anda tidak sembarangan memperbolehkan link keluar yang menggunakan anchor text tertentu. Lebih baik tulis nama situs tersebut dengan jelas seperti shiq4.wordpress.com.?

    Suka

    1. Itu bagian berbeda. Maaf ambigu. Kasus myguestblog adalah jaringan penulis tamu yg dianggap google sebagai ladang backlink yg bertujuan manipulasi rangking.

      Sedangkan bagian anchor text merupakan opini pribadi saya berdasarkan kasus myguestblog. Dianggap melanggar kebijakan karena biasanya penulis tamu menggunakan rich anchor text untuk memanipulasi rangking. Saya rasa akan lebih aman jika langsung menyebut nama domain sebagai anchor text agar backlink tersebut tidal dianggap sebagai usaha memanipulasi rangking mengingat backlink tersebut kita ciptakan sendiri.

      Disukai oleh 1 orang

  5. Mas Shiq4, link buat credit foto termasuk pada link yang dibicarakan Mas Shiq4 nggak?

    Aku sih kalo link referensi yang istilah atau pengertian atau gimana biasanya aku ambil dari website bagus sih, tapi foto ya random dari google search..🤔

    Suka

    1. Wah kurang tahu saya klo kredit gambar. Tapi di beberapa negara aturannya jelas tentang hak intelektual. Jadi, lebih baik kasih link ke sumber gambar soalnya saya baca ada blogger yg di denda $700 dolar atas hak cipta.

      Nah klo kasus penalty link berkaitan link sumber sih belum pernah dengar. Tapi saya biasanya ngasih atrribut no follow.

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s