Berikan Saya 4 Menit dan Saya akan Membuat Anda Jadi Bloger yang Lebih Baik

Cara Menjadi Blogger yang Lebih Baik

Sumber gambar : Devianart.com

Jika Anda sudah lama ngeblog, maka saya dapat memastikan bahwa apapun tujuan Anda menulis di blog, Anda ingin agar tulisan Anda dibaca.Benar?

Tapi ada banyak bloger hebat di luar sana. Kita bersaing satu sama lain untuk memenangkan hati pembaca. Tidak ada jalan lain. Satu-satunya jalan yang terbentang di depan kita adalah berusaha menjadi bloger yang lebih baik dari saat ini atau kita akan kalah bersaing dan blog kita tidak berkembang.

Pertanyaannya adalah bagaimana melakukannya? Banyak tutorial, tips dan trik bertebaran di dunia maya. Mana yang akan memberikan hasil memuaskan?

Jangan khawatir. Anda bisa mulai dari hal-hal sederhana yang tidak pernah Anda pikirkan. Bahkan Anda mungkin meremehkannya. Tapi saya bisa menjamin, jika Anda melakukannya, maka Anda akan menjadi bloger yang lebih baik lagi.

Berikut adalah 4 rahasia ngeblog saya yang pasti mampu mengubah Anda dan memberikan hasil nyata dibanding dengan cara lain yang lebih rumit dari rumus fisika :

1. Luangkan Lebih Banyak Waktu Untuk Proses Editing

Tidak ada tulisan sempurna tanpa proses mengedit. Sekalipun mengedit, masih saja ada kata yang salah ketik, tidak baku dan tidak tepat. Juga kalimat yang tidak singkron satu sama lain. Jadi, tulisan tanpa editing bukanlah karya terbaik yang cocok untuk Anda publikasikan di blog.

Karena konten adalah nyawa blog. Tulisan yang bagus memanen banyak komentar, menjadi rujukan bloger lain dan memberi pengalaman menyenangkan bagi pembaca. Masa depan blog Anda terletak pada sebaik Anda menyajikan informasi.

Jika Anda masih menulis tanpa mengedit, maka hilangkan kebiasaan buruk tersebut dan mulai mengedit. Karena persentase bloger yang melakukan editing dan mendapat hasil memuaskan lebih banyak dibanding dengan mereka yang tidak mengedit.

2. Gunakan Deadline

Perbedaan terbesar antara penulis profesional dan penulis amatir (bloger) adalah adanya deadline. Produktivitas penulis pro lebih bagus karena mereka bekerja sesuai deadline. Sedangkan penulis amatir, terkadang mereka tidak disiplin dan bermalas-malasan.

Kalau ada nasihat terbaik bagi bloger manapun, itu adalah mulailah menulis menggunakan deadline. Lebih banyak konten yang diterbitkan, lebih banyak pengunjung yang akan mampir. Awalnya akan sulit. Mungkin kualitas tulisan akan turun karena kita merasa terpaksa menulis. Tapi Anda akan segera terbiasa menulis konten berkualitas dalam jangka waktu tertentu.

Lagipula deadline akan membuat Anda mengerahkan semua energi yang ada (The power of kepepet). Dan yang terpenting, blog yang terupdate secara teratur lebih disukai pembaca.

Tanpa disiplin menulis, sebaik apapun konten Anda, pembaca akan meninggalkan Anda. Karena pembaca kelaparan informasi. Dan tentu saja, mereka tidak suka menunggu terlalu lama.

3. Hidupkan Ide dengan Riset

Takdir tulisan sudah ditentukan sejak Anda memilih tema. Tidak peduli apakah Anda menulis tutorial atau pengalaman pribadi, aturannya tetap sama. Jika tema yang Anda angkat tidak menarik, maka tidak akan ada yang membaca tulisan tersebut.

Sebelum Anda mulai menulis, brainstorm ide-ide menarik sesuai topik blog Anda. Tangkap ide sebanyak yang Anda bisa. Kemudian cari statistik atau fakta berdasarkan riset untuk menghidupkan ide Anda. Dan tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan.

Dua konten yang akan menolong Anda melakukannya :

4. Pahami Pembaca

Menulis itu sulit. Terutama untuk menyenangkan pembaca setia blog. Tapi saya menemukan nasihat terbaik dari copyblogger:

Pada tahun 1897, Nathanial Fowler menulis kata-kata berikut :

Tulislah Iklan Anda dari Sudut Pandang Para Pelanggan

.

Sekarang, ganti “iklan” dengan “blog” dan “Pelanggan” dengan “Pembaca”.

Itu yang akan membuat Anda menjadi bloger yang lebih baik. Karena tanpa pembaca, blog Anda hanya sampah. Perlakukan pembaca Anda dengan baik, maka mereka akan terus mengkonsumsi konten Anda dalam jangka waktu yang lama.

Bagaimana? Bahkan Anda tidak butuh 4 menit untuk mengetahui bagaimana saya menjalankan Shiq4 sejauh ini. Sekarang Anda sudah tahu sedikit rahasianya.

Hanya satu hal lagi yang perlu Anda lakukan. Pergi ke kotak komentar dan katakan apa yang Anda pikirkan tentang konten di atas agar saya bisa meningkatkan kualitas konten Shiq4 di masa depan. Pendapat Anda sangat berharga dan saya berterima kasih atas apa yang Anda lakukan.

Iklan

56 tanggapan untuk “Berikan Saya 4 Menit dan Saya akan Membuat Anda Jadi Bloger yang Lebih Baik

  1. kyknya ada 1 yg blm dsebutkan mas, jadilah trend center / trend-setter (Cinta bingung ni kata yg bnr mna, mkanya tulis aja kduanya heee 😅). Mnjd pusat prhtian, muncul dg ide2 segar yg baru yg akhirnya ditiru bloger lain, Cinta rsa sudah mas Shiq4 lakuin, cm blm ditulis saja 😊

    Disukai oleh 1 orang

    1. Wah ya jangan sampai dipikirkan mas ngeblognya. Yg ringan saja. Misalnya seminggu sekali saja postingnya. Tapi harus disiplin sepanjang tahun. Pokoknya jangan sampai dunia nyata terbengkalai cuma gara2 mengurus blog.

      Suka

  2. saya setuju sih, apapun tujuan ngeblog yang beragam itu tentunya paling pengen ya tulisan dinikmati oleh pmbaca. 🙂 tapi blog yang sepi pembaca menurut saya bukan sampah. hehe.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s