7 Tips Agar Konten Berperingkat Tinggi di Mesin Pencari Google

Cara Mendapatkan peringkat tinggi di google

Sumber gambar :​ digitalmarketingpro.net
Algoritma Google terus berevolusi. Tujuan akhirnya adalah memperbaiki program penyusunan daftar website/blog agar hanya menampilkan konten yang paling relevan dengan kata kunci, berbobot, dan mampu memuaskan pengguna mesin pencari Google.

Sedangkan para bloger dan webmaster berusaha untuk memproduksi konten berkualitas, unik, dan bermanfaat sehingga sesuai dengan standart kualitas yang ditetapkan Google agar bisa berperingkat tinggi dan menjaring pengunjung. Masalahnya adalah kita tidak sendirian. Logika sederhanaya : jika Anda biasa mempublikasikan konten dengan nilai 8, tapi pesaing Anda memiliki konten dengan nilai 9, maka konten Anda pun akan kalah bersaing. Jadi, kita berlomba mencuri hati Google dengan berusaha menghasilkan konten terbaik.

Tapi algoritma Google tidak sesederhana konsep di atas. Dalam praktiknya, walaupun konten kita hanya bernilai 7 dilihat dari kualitas, sementara konten pesaing bernilai 9, ada peluang konten kita mengalahkan konten pesaing jika memenuhi kondisi tertentu. Dan itulah yang akan kita bahas pada postingan kali : Cara mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari!

Semua Dimulai dengan Konten Unik

Dunia internet merupakan dunia persaingan informasi. Konten yang mengandung informasi murahan dan mudah ditemukan akan sulit mendapatkan pengunjung walaupun sudah berperingkat tinggi. Mengapa? Karena semua orang sudah tahu informasi tersebut dan tidak lagi mencarinya.

Lain lagi ceritanya jika kita mampu menulis konten yang manfaatnya bernilai tinggi dan menjadi yang pertama mempublikasikannya. Blog kita bisa dibanjiri pengunjung. Begitu pula ketika kita mampu menuliskan konten unik dan banyak dicari, blog kita juga akan dibanjiri pengunjung.

Masalahnya banyak bloger yang beranggapan bahwa konten unik adalah konten yang sekadar lolos tools plagiat. Tentu itu konsep yang salah. Jika kita hanya menulis ulang konten dari blog lain, maka itu tidak termasuk konten unik. Konten unik adalah konten yang benar-benar baru, belum banyak dibahas, dan kalaupun sudah banyak dibahas, setidaknya harus mampu menunjukkan perspektif yang berbeda dari konten yang sudah ada.

Itu syarat mutlak untuk berperingkat tinggi di mesin pencari Google. Sebagian bloger akan terus gagal bersinar karena tidak pernah sadar bahwa mereka hanya menuliskan sesuatu yang sudah umum. Sekeras apapun mereka berusaha mempelajari SEO, jika mereka tidak mampu memproduksi konten unik secara konsisten, strategi SEO mereka akan gagal. Itu mengapa saya selalu mencari konten seperti apa yang sudah ada sebelum benar-benar mulai menulis konten. Untuk memastikan bahwa ada peluang untuk tampil unik dan memenangkan persaingan dengan blog lain.

7 Tips Agar Konten Berperingkat Tinggi di Mesin Pencari Google

Setelah Anda memastikan konten Anda unik, maka Anda bisa mengaplikasikan tips-tips berikut agar konten Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik dari pesaing Anda dan mulai memanen pengunjung organik dari mesin pencari :

1. Fokus Pada Long Tail Keyword

Membuat konten berperingkat tinggi

Sumber Gambar : 
alltop9.com

Long tail keyword adalah kata kunci panjang, biasanya lebih dari 4 suku kata. Selain lebih spesifik sesuai user intent,persaingan long tail keyword juga biasanya rendah sehingga peluang kita berperingkat tinggi menjadi lebih besar.

Untuk menjalankan strategi ini, kita dituntut untuk memproduksi banyak konten. Mengapa? Karena jumlah pengunjung yang terjaring pun tidak sebanyak short keyword. Katakanlah kata kunci yang Anda bidik mampu mendapatkan 20 pengunjung unik setiap hari, maka Anda membutuhkan 50 konten dan semuanya memenangkan persaingan dan tampil di halaman pertama Google untuk mendapatkan pencapaian 1000 pengunjung per hari.

Berapa lama mencapai target Anda? Hitung sendiri dengan kalkulasi di atas dan kemampuan Anda menghasilkan konten unik. Namun menurut pengalaman saya, terkadang konten dengan long tail keyword yang tidak populer mampu menghasilkan hingga lebih dari 40 pengunjung unik per hari. Jadi, jumlah yang lumayan bagi bloger baru.

Peringatan : Jangan pernah mencoba menargetkan short keyword jika blog Anda masih baru dan belum populer karena hanya akan menimbulkan rasa frustasi yang menyakitkan.

2. Gunakan Judul yang Mengundang Klik

Apa hubungannya judul dengan peringkat tinggi di halaman hasil pencarian? Lebih dari yang Anda bayangkan. Jika konten Anda berada di peringkat 5, kemudian karena judul Anda menarik sehingga mendapatkan lebih banyak klik daripada konten lainnya, maka peringkat Anda akan terkatrol dengan sendirinya ke posisi yang lebih baik. Itulah mengapa judul memegang peranan penting dalam usaha Anda berperingkat tinggi.

Berikut adalah tips singkat memberi judul yang baik:

  • Tempatkan Kata Kunci di bagian awal – Letak kata kunci di bagian awal lebih efektif dibandingkan dengan kata kunci yang berada di tengah judul atau di akhir judul dilihat dari perspektif SEO.
  • Jangan Gunakan Judul yang Sama dengan Konten Lain – Judul yang unik lebih menimbulkan rasa penasaran seandainya pengunjung melakukan klik pada judul lainnya terlebih dahulu. Secara insting, manusia akan mengklik judul yang berbeda untuk mendapatkan informasi yang berbeda sehingga ia mampu mendapatkan informasi lengkap dari berbagai situs.
  • Spesifik – Judul yang spesifik memberi gambaran kepada pengunjung tentang isi konten Anda sehingga ia akan mendapatkan informasi sesuai ekspektasi. Dengan catatan konten Anda bukanlah konten hoax yang mengejar sensasi.

3. Cobalah untuk Mendapatkan Lebih Banyak Komentar

Konten panjang dan berbobot memiliki peluang lebih baik dibandingkan dengan konten yang kurus. Semua bloger tahu dengan konsep tersebut. Biasanya saya akan menulis lebih dari 2000 kata jika benar-benar serius untuk menempatkan konten saya di posisi tinggi. Tapi terkadang saya hanya menulis 1500 kata saja jika merasa konten saya akan mendapatkan banyak komentar.

Tahu apa alasannya? Karena bot Google akan mengikutsertakan semua teks pada sebuah halaman ketika menilai kualitas suatu konten. Termasuk di header, di sidebar, dan tentu saja di komentar-komentar yang masuk.

Selain itu, komentar-komentar yang masuk biasanya akan memberikan variasi kata kunci alami sehingga konten kita bisa berperingkat tinggi untuk kata kunci yang berbeda. Jadi, pastikan Anda menjalin hubungan baik dengan bloger lain dan saling berkomentar untuk membuat blog Anda berpeluang mendapat peringkat tinggi sesuai kata kunci yang Anda targetkan.

4. Pastikan Anda Mengulang Kata Kunci Secukupnya

Bagaimanapun juga, Google membutuhkan Anda untuk mengulang kata kunci beberapa kali di konten Anda agar mampu mengidentifikasi konten Anda relevan sesuai dengan kata kunci yang diketik oleh penggunanya.

Berapa kali sebaiknya? Sayangnya saya belum pernah membaca konten SEO yang membahas hal ini. Hanya saja nasihat webmaster adalah tidak perlu menghiraukan keyword density dan menulislah secara alami. Selama Anda tidak mengulang kata kunci secara membabi buta, saya rasa semua akan baik-baik.

FYI, kata kunci pada judul konten, pada url, dan pada sub heading juga dihitung. Jadi, berhati-hatilah dan jangan sampai dicap optimasi berlebihan atau Anda bisa melupakan berperingkat tinggi di halaman hasil pencarian.

5. Dapatkan Backlink dari Bloger Lain

Sebenarnya saya belum pernah sekalipun bersaing ketat dengan blog lain sehingga tidak pernah mencari backlink. Maklum saja, blog saya masih baru dan lebih berfokus untuk menghasilkan konten dulu. Dan sebagian konten saya dengan mudah bisa berperingkat tinggi untuk kata kunci yang volume pencariannya tidak lebih dari 300 sebulan.

Tapi ada beberapa konten yang menjadi rujukan dari bloger lain dan benar-benar berperingkat tinggi. Misalnya saja konten berjudul “8 Cara membangun kebiasaan membaca” dan “Etika Berkomentar” yang hanya mendapatkan masing-masing satu backlink saja namun bisa duduk manis di peringkat satu dan dua.

Di masa depan saya ingin memenangkan persaingan untuk kata kunci dengan volume pencarian yang lebih tinggi. Dan tentu saja, untuk bisa sukses melakukannya diperlukan backlink dari bloger lainnya.

Jadi, untuk kali ini saya belum bisa berbagi tips mendapatkan backlink. Tapi saya punya artikel yang bagus dari bloger profesional :

  1. How to get high quality backlink (without guest posting)
  2. How to build high quality backlink in a scalable way
  3. 10 No-nonsense way to build backlink
  4. 10 Smart way to earn or build backlink to your website

6. Buat Blog Anda Mobile Friendly

Ini sudah menjadi pengetahuan umum bagi mereka yang mengeluti SEO. Tapi jika Anda belum pernah mendengarnya, maka mulai saat ini pastikan Anda menggunakan theme baru yang sudah mendukung untuk tampil di berbagai smartphone.

Kalau tidak salah algoritma yang mengatur adalah mobilegeddon (Silakan cari di Google untuk informasi lebih lanjut). Blog yang mampu tampil dengan baik di berbagai device lebih diutamakan dari blog yang masih belum mendukung tampil di smartphone. Jadi, tugas mudah Anda adalah memastikan blog Anda mobile Friendly.

7. Pengalaman Pengguna yang Menyenangkan

Peringkat tinggi dan pengalaman pengguna
Sumber gambar : snyderonlinemarketing.com

Saya kurang memahami tentang ini, tapi saya selalu beranggapan bahwa blog yang bagus adalah blog yang mampu memberi kepuasan terhadap pembacanya.

Ketika pengunjung blog Anda puas dengan informasi yang ada di blog, mudah menjelahi seluruh isi blog, dan meluangkan lebih banyak waktu di blog Anda, sebenarnya itu adalah faktor yang paling mempengaruhi jumlah pengunjung Anda di masa depan.

Karena jika pengunjung puas, mereka tidak perlu mencari informasi dengan mengetik kata kunci di mesin pencari. Pengunjung yang loyal akan langsung mengetik alamat blog Anda di browser dan langsung mendarat di blog Anda. Tanpa usaha apapun.

Dengan demikian jumlah pengunjung akan meningkat, jumlah share lebih banyak, dan jumlah like lebih banyak. Artinya banyak orang mengakses konten Anda. Dan secara tidak langsung, halaman yang memiliki jumlah klik terbanyak biasanya akan dengan mudah mendapat peringkat tinggi karena Google menganggapnya sebagai sesuatu yang bernilai dibanding dengan informasi sejenis dari blog lainnya.

Sedikit Tambahan

Setelah Anda melakukan semua tips di atas, pastikan Anda juga melakukan optimasi sederhana lainnya sehingga peluang Anda berperingkat tinggi di mesin pencari Google menjadi lebih besar.

Juga pastikan tulisan Anda enak dibaca dan disukai pengunjung, maka tidak ada lagi yang bisa Anda lakukan selain berdo’a untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Apakah Anda punya tips lainnya? Atau Anda punya pertanyaan? Bagikan di kotak komentar di bawah dan saya akan dengan senang hati membaca dan merespons komentar Anda.

Iklan

23 tanggapan untuk “7 Tips Agar Konten Berperingkat Tinggi di Mesin Pencari Google

    1. Di wordpress.com boleh menawarkan jasa atau jualan barang. Dulu saya jual jasa penulisan artikel di blog ini. Sekarang cuman promosi via email dan grup2. Sedangkan blog ini dipakai sbg contoh karya tulis saya.

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s