Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Mulai Menulis

Belajar Untuk Mulai Menulis
Sumber gambar:​ Telegraph.co.uk

Dunia internet sudah penuh informasi. Tidak ada ruang tersisa, terutama bagi penulis pemula. Semua topik sudah ada pemimpinnya. Mustahil bersaing dengan penulis-penulis blog yang sudah lama eksis. Apakah benar-benar sudah terlambat untuk mulai belajar menulis dan mempublikasikannya di blog pribadi seperti orang lainnya?

Saya ingat saat pertama memulai blog ini. Tidak ada pengunjung. Tidak ada komentar. Saya pun tidak punya pengalaman menulis sama sekali sehingga kualitas tulisan yang saya publikasikan tidak mampu bersaing di mesin pencari.

Tapi saya tetap menulis secara rutin seolah menulis adalah panggilan jiwa saya. Dan keajaiban kecil pun terjadi. Perlahan tapi pasti, pengunjung mulai datang dan meninggalkan satu atau dua komentar. Rasanya menyenangkan. Dan saya ketagihan dengan perasaan tersebut.

Kemudian saya mulai tertarik untuk mempelajari dunia tulis menulis lebih jauh lagi. Saya membaca tips-tips menulis yang saya temukan di internet dan mulai mempraktikkannya. 2 tahun berselang dan sekarang saya mempunyai pengunjung sebanyak lebih dari 100 orang/hari dan terus bertambah setiap hari.

Seandainya waktu itu saya terus pesimis dan tidak pernah memulai, mungkin saya tidak akan pernah berada di keadaan saya sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk mulai menulis. Jika Anda merasa menulis itu menyenangkan, maka seharusnya tidak ada yang mampu menghentikan Anda. Anda hanya perlu satu langkah kecil : Mulailah menulis saat ini juga.

Kuncinya Adalah Disiplin

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan cerita bagaimana seseorang yang mulai menulis di blog dan kemudian menjadi penulis buku. Itu benar-benar nyata. Jadi, menulis di blog adalah latihan menulis terbaik untuk mendisiplinkan diri berkawan dengan kata-kata.

Terdengar mudah. Hanya perlu menulis secara rutin di blog, semua orang bisa melakukannya, benar?

Tapi tahukah Anda bahwa mayoritas blogger frustasi dengan keadaan di mana tidak ada orang yang mengapresiasi karyanya? Lalu berhenti ngeblog begitu saja.  Kejadian seperti sering terjadi dan saya sudah terlalu familiar.

Biasanya blogger baru akan sangat bersemangat. Mereka terus menulis seperti orang gila sepanjang waktu. Dan tulisannya dipenuhi dengan rasa optimis. Mereka ingin menjadi penulis buku, mereka ingin blognya terkenal, mereka ingin tulisannya dimuat di media massa. Dan impian-impian lainnya.

Namun bermimpi lebih mudah daripada merealisasikannya. Tidak peduli apapun mimpi Anda, jika Anda tidak mau mengorbankan waktu dan pikiran, ditambah dengan bekerja lebih keras dari orang lain, Anda akan gagal.

Blogger yang baik bukan mereka yang banyak menghasilkan tulisan. Blogger yang baik adalah penulis yang disiplin. Mereka teratur menulis sepanjang tahun. Dan mereka layak mendapatkan rasa bangga atas segala usaha mereka.

Arti Tulisan yang Berkualitas

Di dunia internet, hukum yang berlaku adalah konten adalah raja. Informasi yang berguna, disajikan dengan baik, dan dioptimasi sesuai SEO yang akan memenangkan persaingan. Artinya, jika tulisan Anda memenuhi 3 kriteria tersebut, maka tulisan Anda bisa disebut berkualitas.

Terlihat sederhana sekali. Namun tidak semua blogger mampu melakukannya. Tidak perlu khawatir, biar pengalaman yang menuntun Anda untuk melakukannya. Setidaknya Anda harus bertahan ketika pengunjung belum signifikan meningkat atau tidak ada yang berkomentar di blog Anda.

Mental Anda akan diuji. Jika Anda bisa melewati tahap ini, maka Anda akan mendapat pengetahuan untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik dari sebelumnya. Setidaknya Anda bisa menikmati tulisan Anda sendiri sebelum orang lain mengapresiasi semua karya Anda.

Membangun Komunitas Kecil

Komunitas Kecil Penulis

Sumber gambar : ewomennetwork.com

Blog merupakan media terbaik untuk berlatih menulis. Mengapa? Karena Anda berpotensi membangun komunitas kecil yang terdiri dari orang-orang yang menikmati karya Anda.

Anggota komunitas menunggu konten-konten terbaru. Mereka adalah pembaca setia. Selama Anda mampu konsisten menulis dan menjaga kualitas tulisan, maka tidak ada alasan bagi pembaca setia untuk berpaling ke blog lainnya.

Pertanyaan terbesar nya adalah “Apakah Anda mampu menjaga loyalitas komunitas yang sudah terbentuk?

Kuncinya ada pada bagaimana Anda memahami komunitas yang terbentuk. Anda tidak lagi menulis secara bebas seperti sebelumnya, tapi menulis sesuatu yang diinginkan oleh pengunjung setia. Ketika Anda mampu memberikan “karya berharga” dan setimpal dengan waktu berharga para pengunjung, komunitas Anda akan semakin besar.

Andalah bintangnya. Suara Anda didengar. Dan tidak ada yang lebih menyenangkan bagi penulis selain diapresiasi banyak orang. Itu tujuan akhir dari semua penulis, berbagi pemikiran dan ide yang mampu mengugah orang lain untuk menjadi lebih baik.

Dunia Membutuhkan Suara Anda

Memang benar bahwa hampir semua jenis informasi telah ada di internet. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa membagikan suara Anda kepada dunia. Selalu ada kesempatan dalam kesempitan. Kesempatan itu disebut kreativitas.

Informasi biasa yang ditulis dengan kreativitas akan mampu menarik perhatian. Lagipula tidak ada yang benar-benar orisinil di dunia ini. Jadi, peluang masih terbuka lebar bagi penulis manapun.

Lalu apa yang membuat Anda tertahan? Buka laptop Anda. Buatlah sebuah blog dan mulai menulis sekarang juga. Biarkan dunia mendengar suara unik Anda dan nikmati sensasinya.

Apakah Anda sudah siap berbagi pemikiran dan mengubah dunia? Atau Anda hanya akan menjadi pemimpi yang tidak pernah mencoba? Tentukan pilihan

Iklan

21 tanggapan untuk “Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Mulai Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s