Pepaya Thailand VS Pepaya California

pepaya-california
Pepaya California

Sumber gambar : Jitunews.com

Di pasaran saat ini beredar dua jenis pepaya, yaitu Thailand dan California. Di daerah Mojosari sendiri pepaya Thailand sudah lama eksis dan sudah memiliki penggemar sendiri. Namun 2 tahun terakhir, pepaya California mulai menjadi pesaing nyata.

Sebenarnya dulu kami mampu menjual kedua pepaya tersebut secara beriringan. Ketika ada stok pepaya Thailand, maka kami tidak memasok memasok pepaya California. Dan ketika kami memasok pepaya California, maka sudah jelas kami tidak memasok pepaya Thailand. Yang jelas kedua jenis pepaya tersebut mampu memberikan keuntungan. Jadi, tidak masalah bagi kami untuk menjual pepaya Thailand atau pepaya California.

Namun belakangan stok kedua pepaya tersebut ada pada waktu yang sama. Mau tidak mau, kami harus memilih salah satunya. Persaingan keduanya telah sampai pada puncaknya selama beberapa bulan terakhir. Dan sepertinya pepaya California lebih unggul dibanding dengan pepaya Thailand.

Menurut data dari kompasiana, pepaya Thailand memiliki tingkat kemanisan sebesar brix 10-11, sedangkan pepaya California lebih unggul dengan brix 13. Jadi, jika Anda menginginkan rasa manis, maka pepaya California merupakan pilihan terbaik.

Sayangnya, untuk mendapatkan pepaya California, Anda harus merogoh uang sekitar Rp 5.000 – 7000/Kg. Itu merupakan harga yang lebih mahal dibanding harga pepaya Thailand yang hanya berikisar Rp 4.000 – 5000 saja.

Faktor harga tersebutlah yang menjadikan pepaya Thailand tetap laku terjual dan bertahan di pasaran. Beberapa pengunjung hanya berfokus pada harga murah saja dan tidak terlalu memikirkan rasa manis.

Kemudian faktor lain yang mempengaruhi pembeli dalam memilih pepaya adalah ukuran pepaya. Bagi mereka yang hanya memakan pepaya untuk diri sendiri, biasanya mereka lebih memilih pepaya California karena ukurannya yang kecil sehingga bisa habis dalam sekali makan oleh satu orang saja. Sedangkan jika untuk dinikmati bersama keluarga, pembeli jenis ini lebih memilih pepaya Thailand karena ukurannya lebih besar mencapai 3- 4 Kg.

Namun akhir-akhir ini pepaya California dengan ukuran besar mulai tersedia sehingga semakin memojokkan pepaya Thailand. Beberapa kali kami memasok pepaya Thailand dan sering tidak habis. Sebaliknya, penjualan pepaya California tidak mengalami kendala apapun. Itulah mengapa saya sendiri sebagai pedagang cenderung memilih pepaya California dibanding dengan pepaya Thailand.

Jika semua pedagang berpikir seperti halnya saya, maka sudah dipastikan bahwa pepaya Thailand tidak akan bertahan lama. Mungkin beberapa bulan ke depan akan hilang di pasaran. Kecuali jika petani pepaya Thailand mampu mengatur strategi pemasaran dengan menyediakan pepaya di sela-sela “Kekosongan produk” pepaya California.

Iklan

13 tanggapan untuk “Pepaya Thailand VS Pepaya California

  1. Ngobrolin soal pepaya. Ini buah fav Bapak saya. Setiap habis makan pasti harus makan pepaya. Beliau suka beli pepaya Thailand krn ukurannya besar dan manis. Kalau saya kadang-kadang aja makan pepaya, soalnya gak pinter milih pepaya yg manis. Paling sebel udah milih eh taunya rasanya gak enak

    Suka

  2. baru tiga hari lalu ke dokter ngomongin pepaya. sekarang muncul tulisan tentang pepaya. aku pilih yg manis, tapi kalo beli nggak pernah tanya ‘ini pepaya apa?’. yg ditanya ‘manis nggak?’. hehehe

    Suka

  3. Mau ukuran pepaya besar atau manisnya gak ketulungan tetep gak saya makan, hehe, soalnya engga doyan. Tapi kalo ada, pengennya beliin buat orang-orang di rumah mas 🙂 Kalo di sini lebih hits yg california mas.

    Suka

  4. aku suka pepaya kalina, karya bangsa sendiri he,,he,, manis dan segar
    3 hari sekali belinya, selang seling dengan buah2an lain karena sarapannya dengan buah
    oh ya pernah menulis tentang pepaya calina ini, hasil karya profesor wanita yang orangnya baik banget

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s