10 Alasan Mengapa Membaca Adalah Hobi Terbaik

Hobi membaca adalah hobi terbaik

Sumber gambar : yululate.com

Setiap hari kita menjalani kesibukan masing-masing. Terkadang pasti terasa membosankan, terkadang kita merasa terlalu lelah, dan terkadang kita butuh waktu sejenak untuk melarikan diri dari kenyataan hidup. Kita ingin melakukan apa yang kita sukai atau biasa disebut hobi. Kegiatan yang mampu membuat mental kita siap menghadapi kekacauan dunia ini.

Dan ada cukup banyak kegiatan yang bisa kita jadikan sebagai hobi. Artinya kita akan terus melakukannya dan mungkin akan mengetahui segala rahasia dan seluk beluk kegiatan tersebut.

Beberapa kegiatan populer yang bisa dijadikan hobi antara lain : yoga, traveling, berenang, bernyanyi, bermain alat musik, nonton film, mendaki gunung, bermain game, atau mencari pacar baru. Tapi menurut saya, membaca merupakan hobi terbaik yang bisa Anda pilih. Berikut adalah alasan mengapa saya menempatkan membaca sebagai rekomendasi teratas bagi Anda :

1. Murah

Membaca tidak membutuhkan peralatan khusus. Yang Anda butuhkan hanya sebuah buku yang menarik dan Anda bisa mulai membaca. Harga buku juga termasuk murah. Anda bisa mendapatkan sebuah buku bagus dengan uang Rp 50.000,00.

Jika Anda merasa itu terlalu mahal, maka Anda bisa mendapatkan puluhan buku digital yang bagus. Anda hanya perlu menjelajahi internet dan tentukan buku yang ingin Anda download. Beberapa buku digital terbaik yang pernah saya baca adalah Musashi, Harry Potter, dan buku-buku pemasaran dari Hermawan Kertajaya.

2. Bisa Dilakukan Kapan pun dan Dimana pun

Bagian terbaiknya adalah membaca bisa Anda lakukan dimana pun dan kapan pun. Anda hanya perlu menyiapkan secangkir kopi dan makanan ringan, dan Anda bisa mulai membaca.

Pastikan juga membawa buku kemana pun Anda pergi. Jika Anda sedang menunggu atau duduk di dalam bus dan terkena macet, maka Anda bisa membaca.

Bayangkan, Anda bisa melakukannya dengan bebas. Tidak ada hobi yang sefleksibel membaca. Jadi, kalau Anda memutuskan untuk menjadikan membaca sebagai hobi, Anda bisa melakukannya sesering mungkin dan sesuka hati. Apa yang lebih baik dari hal semacam itu? Saya rasa tidak ada.

3. Anda Tidak Akan Pernah Kehabisan Buku

Membaca itu seperti candu. Setelah Anda melakukannya, mungkin Anda akan merasa puas, tapi tidak dalam waktu lama. Anda akan menginginkan buku lainnya. Cerita lain dan penulis lain. Rasa penasaran Anda semakin besar seiring dengan jumlah buku yang Anda habiskan.

Kabar baiknya, Anda tidak akan pernah kehabisan buku. Ada begitu banyak buku dari berbagai negara yang sudah tersedia. Pilhan Anda sangat beragam. Anda bisa memilih genre tertentu atau penulis favorit Anda. Walaupun Anda menghabiskan sepanjang hidup Anda untuk membaca, mustahil Anda akan kehabisan. Menarik, bukan?

4. Mendapat Banyak Pengetahuan dan Pengalaman Orang Lain

Semua pengetahuan di dunia ada di dalam buku. Jika Anda ingin menjadi blogger sukses, maka Anda bisa membaca 31 days build better blog. Atau jika Anda ingin tahu tempat-tempat menarik di dunia ini, Anda bisa mencari traveler yang berbagi pengalaman melalui buku.

Anda hanya perlu menggunakan Google untuk mencari buku yang tepat, pengetahuan dan pengalaman seperti apa yang Anda inginkan. Dan bingo, Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan.

5. Pergi Ke Dimensi Lain

Imajinasi penulis sangat bervariasi. Mereka menciptakan tempat-tempat yang menakjubkan dan negeri-negeri dongeng, makhluk-makhluk yang tidak ada di dunia nyata tapi menyenangkan untuk diketahui, atau karakter-karakter yang luar biasa dan aneh. Ketika membaca buku semacam ini, Anda akan merasa menembus ruang dan waktu menuju dimensi lain.

Terkadang, karena terlalu asyik, Anda akan lupa waktu. Yang Anda inginkan hanya segera menyelesaikan bacaan. Rasa penasaran itu tidak akan hilang sampai Anda membaca seluruh isi buku. Dan itu sangat menyenangkan. Silakan dicoba jika Anda tidak percaya.

6. Membuat Anda Menjadi Lebih Bijaksana

Kutu buku yang telah menghabiskan banyak buku biasanya mempunyai sifat bijaksana. Ini merupakan hasil dari banyaknya pengetahuan dan pengalaman yang ia dapatkan dari segala bacaan.

Dari membaca, kita akan tahu mana yang baik dan benar. Sikap seperti apa yang mampu membawa kesuksesan atau bagaimana menyikapi masalah-masalah hidup. Kutu buku seolah telah melalui banyak kehidupan. Dan saya meyakini bahwa kebijaksanaan adalah salah satu hadiah bagi mereka yang gemar membaca.

7. Anda Bisa Menjadi Penulis Hebat

Membaca membuat Anda kaya kosa kata. Imajinasi Anda juga tidak terbendung seiring dengan banyaknya jumlah buku yang Anda selesaikan. Dan yang terpenting, Anda tahu bagaimana menyajikan informasi dengan menarik berdasarkan pengalaman membaca Anda. Itu berarti Anda bisa menjadi penulis hebat.

Jika tidak percaya, maka buatlah blog. Cobalah menuliskan segala informasi yang Anda ketahui. Dan saya rasa Anda tidak akan pernah kesulitan melakukannya. Hanya jika Anda telah menyelesaikan bacaan-bacaan Anda.

8. Anda Akan Bangga dengan Koleksi Anda

Rasa bangga muncul setiap kali kita selesai membaca. Itu merupakan hal wajar yang dialami oleh pecinta buku. Semakin banyak buku yang mampu dibaca, semakin besar rasa bangga yang ada di hati. Apalagi jika kita membaca buku kelas dunia, itu sangat menyenangkan untuk diceritakan kepada semua orang yang kita kenal.

Jika Anda punya blog, maka Anda bisa mereview buku bacaan Anda. Tunjukan koleksi buku Anda pada dunia. Siapa tahu Anda bertemu dengan pecinta buku lainnya dan bisa saling bertukar buku langka yang sudah tidak ada di pasaran.

9. Menjadi Orang yang Menyenangkan

Siapa bilang pengetahuan tidak penting? Sekecil apapun pengetahuan yang Anda dapatkan dari membaca, itu akan sangat membantu Anda ketika berbicara dengan orang lain.

Misalkan ketika Anda berkenalan dengan psikolog, Anda bisa menjadi orang yang menyenangkan jika bertanya tentang skizofrenia atau cabang ilmu psikologi lainnya. Semua orang suka ditanyai tentang pengetahuannya. Dan tidak ada pembicaraan yang lebih menyenangkan bagi orang lain selain membicarakan pengetahuan yang ia miliki. Itulah rahasia kecil menjadi orang yang menyenangkan. Tahukah Anda?

Oleh karena itu, teruslah membaca dan miliki beragam informasi. Itu akan membantu Anda dalam berhubungan dengan orang lain.

10.Tidak Ada Risiko Apapun

Hobi berenang bisa berisiko tenggelam jika Anda mengalami kram. Traveling bisa berisiko nyasar jika kurang teliti menyiapkan data-data perjalanan. Memasak berisiko gagal jika masakan tidak enak karena salah memasukan bumbu. Tapi Anda tidak akan menemukan risiko apapun ketika membaca buku.

Anda bisa menghabiskan waktu di sepanjang hari minggu dengan membaca buku dan tidak akan terjadi sesuatu yang buruk. Bahkan jika Anda tidak merencakan kegiatan membaca Anda.

Iklan

23 tanggapan untuk “10 Alasan Mengapa Membaca Adalah Hobi Terbaik

  1. Baca buku memang asyik ya, bisa menghilangkan stress dan ngisi waktu luang saat lagi nunggu.
    Kalo beli buku menurutku enakan beli online karena suka ada promo diskon dan harganya lebih murah.

    Suka

  2. Karena sukanya dengan buku, setiap traveling selalu beli buku di negara yg didatangi. Buku bahasa Inggris maksudnya. Dan kalau sempat mengunjungi perpustakaannya juga. Aku suka banget sama aroma kertas buku.

    Suka

    1. Wah enak mbak denald hidup di eropa. Lifestylenya udah biasa traveling ke negara2 terdekat. Tapi klo saya sendiri gak bisa memahami bahasa inggris. Jadi prefer ke buku bahasa indonesia saja.

      Suka

  3. Keren postingannya gan..
    Saya setuju sekali bahwa membaca adalah hobi terbaik. Sejak masa awal kuliah saya udah suka banget membaca buku, lebih menantang lagi ketika menargetkan waktu tertentu untuk menyelesaikan buku tersebut. Dan lebih bahagianya lagi ketika masuk toko buku dan melihat banyak buku baru yang best seller, astagaa, rasanya pengeen banget baca dan menghabisi semua buku itu! hahaha
    Aku gak tau hal lain apa yang bisa membuatku bergairah jika aku tidak mengenal hobi membaca. Bisa-bisa duniaku tak sebahagia ini..hmmm
    Salam membaca!

    Suka

      1. Kalo mas memang bener2 suka dan rajin membaca setiap hari, maka akan lebih mudah membuat tulisan, kosakata semakin berkembang, lama kelamaan akan menonjol di bidang literasi/kepenulisan.. saya jamin πŸ˜€

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s