11 Tips Menjadi Blogger Sukses

Tips menjadi blogger sukses

Menjadi blogger cukup mudah. Anda tinggal memulai sebuah blog, kemudian mengisinya dengan artikel-artikel yang sekiranya mampu mendatangkan pengunjung.
Tapi mengapa sebagian  blogger gagal? Tidak ada pengunjung. Tidak ada penjualan. Dan mungkin beberapa blogger akan menganggap blognya gagal total. Kemudian mencoba merencanakan blog lainnya dengan topik yang berbeda dan strategi yang berbeda. Tapi tetap saja mengalami kegagalan.

Sementara itu ada orang yang menjadi blogger sukses. Dengan mudahnya ia menarik perhatian. Blognya ramai. Juga penuh komentar. Dan yang terpenting, ia mampu menghasilkan uang dari blog yang ia kelola.

Jika Anda bermimpi menjadi blogger sukses dan tidak tahu bagaimana mengapainya, mungkin Anda perlu membaca tips-tips agar menjadi blogger sukses berikut ini dan langsung mengaplikasikannya sehingga blog Anda akan berkembang seperti yang Anda inginkan:

1. Belajar Menulis dengan Baik

Apa bagian terpenting dari konsep mengembangkan blog?

Sayangnya itu bukan SEO. Bukan konten marketing. Juga bukan hal-hal teknis lainnya. Itu adalah kemampuan menghasilkan konten-konten berkualitas.

Sebagian dari kita bukanlah penulis. Kita bahkan tidak tahu apapun tentang trik-trik menulis. Anehnya, kita terkadang meremehkan bagian yang satu ini. Kita menjadi penulis buruk dan merasa bahwa tulisan kita sudah bagus. Padahal untuk menghasilkan konten yang bagus butuh banyak pengalaman menulis. Butuh banyak latihan. Dan tentu saja, Anda harus meluangkan banyak waktu untuk mempelajari tips-tips menulis.

Oleh karena itu, sebelum Anda mempelajari skill-skill yang tidak terlalu penting seperti email marketing, HTML, atau CSS, pastikan Anda terus mengupgrade kemampuan menulis Anda. Ini adalah hal paling dasar yang harus Anda kuasai atau Anda tidak akan pernah menjadi blogger sukses.

2. Jadilah yang Pertama

Dunia informasi terus berubah dengan cepat. Siapa yang cepat, maka ia yang akan menjadi pemenang. Dalam dunia ngeblog, hal semacam itu tetap berlaku.

Untuk mendapatkan pengunjung, Anda harus menjadi salah satu yang pertama kali menerbitkan konten-konten tentang isu terbaru di industri yang Anda geluti. Jika tidak bisa, maka selamanya Anda tidak akan menjadi blogger sukses.

Misalnya Anda ingin membangun blog tentang SEO. Konsekuensinya adalah Anda harus terus mengikuti perkembangan tentang SEO. Situs terbaik mungkin adalah Search Engine Land dan Seacrh Engine Journal. Anda harus terus membaca konten-konten di situs tersebut, kemudian menulis perspektif Anda sendiri tentang isu yang sedang hangat. Begitu seterusnya.

Sekarang pikirkan baik-baik, situs apa yang menjadi pemimpin di industri Anda? Setidaknya Anda harus punya 5 situs yang Anda jadikan rujukan informasi. Kemudian Anda harus mulai menulis opini Anda sendiri. Jika memungkinkan, maka gunakan situs otoritas sebagai referensi Anda.

Situs pertama yang menerbitkan konten berisi isu-isu terbaru tentang industri mereka akan segera menjadi pemimpin. Tinggal masalah waktu saja

3. Berpikirlah dengan Kreatif

Satu pertanyaan yang akan selalu ditanyakan calon pembaca Anda adalah “Mengapa saya harus memilih blog Anda sebagai referensi dibandingkan dengan blog lain?

Jika Anda tidak bisa menjawab pertanyaan diatas, maka blog Anda akan sulit berkembang.

Ada begitu banyak informasi di internet. Kalau Anda tidak kreatif dalam menyajikan informasi atau hanya menulis sesuatu yang sudah diulas blogger lain tanpa perbedaan sedikit pun, mustahil Anda akan sukses.

Cara menguji kreativitas Anda sangat mudah. Cobalah baca ulang tulisan-tulisan Anda sebelumnya. Apakah Anda sering mengulang-ulang poin yang sama dalam artikel yang berbeda? Jika ya, itu merupakan pertanda buruk. Artinya otak Anda masih terkungkung dalam batasan-batasan tersebut.

Hanya ada satu cara untuk berpikir kreatif dan tampil beda. Itu adalah membaca sebanyak apapun yang Anda mampu berkenaan dengan topik yang Anda angkat. Juga ada satu aturan yang harus Anda terapkan:

Jika Anda tidak bisa menyajikan sesuatu yang berbeda, maka lebih baik Anda tidak menulis sama sekali.

4. Bekerja Keras Adalah Keharusan

Impian semua orang adalah menjadi blogger sukses. Pekerjaannya hanya menulis artikel dan uang akan mengalir dengan sendirinya. Saya memimpikan hal yang sama. Dan jika Anda juga memimpikan hal yang sama, itu sesuatu yang wajar.

Namun impian akan tetap menjadi impian tanpa diiringi dengan kerja keras. Ini berlaku hampir pada semua jenis pekerjaan. Siapa yang mampu bekerja lebih keras dari orang lain, maka ia yang pertama kali merasakan sukses. Tidak ada cara lain.

Sekarang lihatlah diri sendiri, berapa banyak waktu yang Anda investasikan untuk mengelola blog Anda? Berapa banyak konten yang mampu Anda terbitkan dalam setahun?

Semakin banyak waktu yang Anda investasikan, semakin cepat blog Anda berkembang. Tentu akan sangat menjanjikan seandainya Anda juga mampu mencapai efektivitas dan efisiensi tinggi tentang segala kegiatan ngeblog yang Anda lakukan. Karena tanpa manajemen yang baik, semua kegiatan hanya menjadi kesia-siaan.

Jangan bermimpi menjadi blogger sukses jika Anda malas atau tidak mampu bekerja lebih keras daripada orang lain.

5. Perbanyak Evergreen Konten

Evergreen konten adalah konten yang tidak mudah basi. Seandainya konten tersebut dibaca orang lain dalam 2 atau 3 tahun ke depan, konten tersebut harus menunjukan relevansi yang tinggi dengan keadaan di masa tersebut.

Konten jenis ini biasanya merupakan pengalaman pribadi, artikel “how to”, maupun artikel tips-tips melakukan sesuatu. Artikel ini merupakan contoh yang pas bagi Anda dalam menciptakan evergreen konten. Sederhana dan to the point.

Apalagi jika koleksi evergreen konten Anda mampu duduk di halaman pertama Google, tentu akan menjadi sumber trafik yang baik. Kalaupun tidak mampu berada di Page One, Anda tinggal membuat link di artikel-artikel Anda di masa depan menuju konten evergreen Anda. Tidak ada resiko besar dalam penggunaan evergreen konten. Anda harus mencobanya.

6. Tidak Perlu Melakukan Kesalahan yang Tidak Perlu

Orang cerdas selalu berhati-hati. Mereka memiliki ilmu terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan. Sayangnya tidak semua orang dianugrahi pikiran yang cerdas oleh Tuhan yang Maha Esa. Saya salah satunya.

Orang seperti saya cenderung suka coba-coba tanpa memiliki ilmu. Akibatnya, sering melakukan kesalahan yang tidak perlu sehingga blog ini berkembang dengan lambat.

Namun jika Anda bukan orang cerdas, Anda bisa menjadi orang bijaksana. Orang bijaksana tidak perlu memiliki ilmu sebelum bertindak. Mereka mau belajar dari pengalaman orang lain dan melakukan apa yang dikatakan orang-orang cerdas. Tidak perlu banyak berpikir.

Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan blogger. Jika Anda cukup bijaksana, maka meluangkan waktu untuk membaca artikel dibawah ini akan menyelamatkan Anda dari kemungkinan berbuat kesalahan di masa depan:

Terkadang kebijaksanaan mampu membawa Anda pada kesuksesan. Sekalipun Anda tidak memiliki kecerdasaan yang memadai untuk melakukan suatu tindakan.

7. Jika Memungkinkan, Dapatkan Mentor

Anda mungkin bisa menjadi blogger sukses dengan mengikuti tips-tips ngeblog atau semua tutorial ngeblog yang ada di internet dari blogger-blogger kelas dunia. Anda tinggal membaca dan viola… semua akan berjalan sesuai rencana.

Tapi tidak semudah itu. Mengembangkan blog lebih rumit dari apa yang Anda bayangkan. Misalnya saja, blog bertema pengembangan diri atau motivasi lebih mudah dikembangkan jika dipasarkan lewat facebook. Seandainya Anda mencari pengunjung lewat SEO, Anda akan gagal.

Diatas merupakan contoh sederhana. Dalam pengaplikasiannya lebih rumit lagi. Namun Anda tidak perlu bingung. Carilah mentor dan Anda bisa bertanya apapun tentang blog Anda.

Sangat banyak blogger yang mampu menjaring ribuan pengunjung perhari atau menghasilkan jutaan rupiah di internet. Jika Anda mampu membayar mereka untuk menjadi mentor, maka jalan Anda akan lebih mudah. Lagipula sekarang banyak blogger sukses yang membuka kelas-kelas online untuk mempelajari teknik-teknik ngeblog.

Jangan ragu untuk bergabung. Itu lebih baik daripada mengumpulkan sendiri informasi dari internet. Lebih hemat waktu. Dan yang lebih baik adalah Anda bisa bertanya apapun yang tampak membingungkan bagi Anda.

8. Kuncinya Adalah Konsistensi

Beberapa orang memiliki kecerdasan yang luar biasa. Mereka bisa menjadi influencer dalam waktu singkat sesuai dengan industri yang mereka geluti. Dan mereka tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain sebagai blogger sukses.

Tapi sepertinya Anda dan saya bukan tipe orang yang memiliki kecerdasan tingkat tinggi. Dan kita tidak mungkin meraih sukses dalam waktu dekat. Jadi, hentikan pemikiran untuk bisa sukses dalam waktu dekat. Setidaknya orang biasa seperti kita butuh waktu bertahun-tahun sebelum menikmati kesuksesan.

Kuncinya adalah konsistensi. Cobalah cari referensi apapun di internet tentang membangun blog yang sukses, maka konsistensi pasti ada di dalamnya.

Sayangnya hampir mayoritas orang tidak mampu mempertahankan konsistensi. Ketika blog memiliki masalah, mereka memilih menyerah. Kemudian mencoba membangun blog lainnya. Dan hampir dipastikan bagaimana pun mereka mencoba, mereka akan tetap gagal.

Orang yang tidak konsisten dan tidak sabar, yang maunya mendapatkan kesuksesan instan, pasti akan gagal. Kecuali jika Anda termasuk orang jenius seperti Neil Patel dan Seth Godin, Anda boleh menghina apa yang saya tuliskan ini.

9.Pahami Keinginan Pembaca Setia Anda

Sebagai blogger, seringnya kita terlalu fokus untuk mencari pengunjung sebanyak-banyaknya. Yang jadi masalah adalah kita tidak memperhatikan pengunjung yang sudah ada. Bukannya pengunjung bertambah banyak, jumlah pengunjung semakin menurun.

Sebelum Anda mencoba memasarkan konten Anda dan mencari lebih banyak pengunjung, cobalah memahami pengunjung setia yang ada, walaupun jumlahnya masih sedikit. Konten seperti apa yang mereka harapkan? Konten seperti apa yang paling banyak mendapatkan komentar? Dan konten seperti apa yang mendapatkan banyak klik?

Jika Anda mampu menjaga pengunjung setia yang ada, walaupun perkembanganya lambat, saya yakin jumlah pengunjung Anda akan semakin meningkat. Pahami pengunjung Anda dan tidak ada yang bisa menghentikan Anda menjadi blogger sukses.

10. Fokus Pada Satu Channel Pemasaran

Anda tahu mengapa blogger profesional maupun blog-blog otoritas memasarkan konten hampir pada semua channel pemasaran yang ada? Karena mereka mampu membayar tim yang terdiri dari orang-orang yang ahli dibidangnya masing-masing. Hasilnya pun selalu memuaskan.

Namun hasil sebaliknya yang akan Anda peroleh jika Anda meniru bagaimana blog terkenal memasarkan kontennya. Anda seorang diri. Anda akan segera kelelahan sebelum semua usaha Anda menunjukan hasil yang memuaskan. Jadi, pilih salah satu channel pemasaran dan jadilah Ahli dalam pemasaran melalui channel yang Anda pilih.

Apakah SEO? FB Ads? Email Marketing? Konten Marketing? Google Adwords? Sosial Shares? Tentukan pilihan Anda sejak hari pertama Anda ngeblog. dan pelajari bagaimana seorang ahli mengerjakan pemasaran pada channel yang Anda pilih.

11. Berinvestasilah, Gunakan Uang Anda

Apa yang selalu dikatakan oleh blogger bermental gratisan? Linda Ikeji mampu menghasilkan jutaan rupiah perbulan hanya bermodal blog gratisan. Dan Anda berusaha menirunya.

Sayangnya itu tidak akan terjadi. Linda Ikeji merupakan publik figur. Ia sudah terkenal jauh sebelum ia memiliki blog. Jika Anda tidak memiliki fans dan meniru apa yang dilakukan Linda Ikeji, Anda akan gagal.

Untuk mencapai kesuksesan, Anda membutuhkan modal. Belilah domain dan hosting. Belilah ebook yang mampu menambah wawasan Anda berkenaan dengan topik yang Anda tulis. Gunakan plungins-plungins premium. Sewalah jasa profesional untuk mengembangkan blog Anda seperti penulis konten atau jasa SEO.

Dengan menginvestasikan uang Anda pada pilihan yang tepat, blog Anda akan lebih cepat berkembang. Tenang saja, semua akan kembali pada Anda. Tinggal seberapa besar keyakinan Anda pada visi dan misi blog yang Anda kelola atau kemampuan Anda mengorganisir tim yang Anda bangun.

Jika Anda pelit, maka jangan heran jika blogger-blogger baru yang mau berinvestasi akan mengalahkan Anda. Bagaimana pun juga, uang harus dikeluarkan untuk mendapatkan lebih banyak uang. Itulah kinerja keuangan yang harus Anda pahami dan terapkan. Berpikirlah seperti pebisnis.

37 thoughts on “11 Tips Menjadi Blogger Sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s