13 Tips SEO yang Mudah Diaplikasikan Oleh Blogger Pemula

Tips SEO Mudah Blogger Pemula

Sumber gambar : www.twmg.com.au

Hari ini kita akan belajar SEO lagi. Jangan khawatir, kalau Anda tidak tahu apapun tentang SEO, maka artikel ini sangat cocok untuk Anda. Bukan hanya sederhana dan mudah dipahami, tapi juga lengkap. Jadi, Anda tidak perlu mencari referensi lain.

Tujuan kita mempelajari SEO agar visibilitas blog meningkat sehingga orang lain yang mencari informasi yang berhubungan dengan konten blog kita bisa menemukan halaman-halaman tersebut melalui mesin pencari.

Dengan demikian, tulisan kita bisa bermanfaat bagi orang lain dan kita pun merasa senang karena jumlah pengunjung akan meningkat.

Berikut adalah 13 tips SEO yang mudah diaplikasikan siapa pun, bahkan blogger pemula sekalipun:

1. Gunakan Bahasa Indonesia yang Benar

Saya tidak menyuruh Anda menjadi robot bahasa seperti penulis profesional atau editor. Asalkan tulisan Anda jelas, itu sudah lebih dari cukup.

Mengapa? Karena mayoritas pencari informasi yang menggunakan mesin pencari selalu mengetik kata kunci dengan Bahasa Indonesia. Bahasa gaul akan sulit ditemukan. Begitu pula dengan bahasa daerah. Dan tentu saja, Bahasa Indonesia yang dicampur dengan bahasa inggris juga termasuk buruk.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai membiasakan diri menulis dengan Bahasa Indonesia yang benar. Lebih universal, enak dibaca, dan lebih nyaman bagi mata pencari informasi.

2. Buat Judul yang Bagus dan Sertakan Kata Kunci

Judul yang bagus adalah spesifik dan jelas. Ditambah dengan kata kunci yang Anda bidik. Misalnya artikel ini, kata kunci utamanya adalah “Tips SEO yang mudah untuk blogger pemula”. Jika saya beruntung, maka artikel ini bisa saja muncul ketika ada orang yang mengetik “Tips SEO”, “Tips SEO yang Mudah”, atau “Tips SEO untuk blogger pemula”.

Namun perlu digarisbawahi, ketika Anda membuat judul, pastikan itu tetap sesuai dengan tata bahasa. Tanpa hal tersebut, walaupun konten Anda berada di halaman pertama, orang-orang tidak akan tertarik untuk melakukan klik. Mereka mungkin lebih tertarik untuk mengklik judul dari blog lain yang memiliki tata bahasa yang bagus.

Luangkan lebih banyak waktu berlatih menulis judul yang menarik dan SEO friendly jika Anda tertarik mendatangkan lebih banyak pengunjung ke blog Anda.

3. Berhenti Memikirkan Kata Kunci dalam Artikel. Menulislah Sewajarnya

Jangan berpikir Anda bisa memanipulasi mesin pencari dengan mengulang-ulang kata kunci yang Anda bidik. Itu tidak akan bekerja. Seandainya bisa, itu hanyalah keberuntungan yang tidak bisa diulangi sesuka Anda.

Cukup sertakan kata kunci 2 sampai 3 kali saja dalam artikel. Itu sudah cukup.

Dalam bahasa sederhana : menulislah untuk manusia, bukan untuk mesin pencari. Dengan demikian, ketika konten Anda muncul di halaman hasil pencarian dan ada yang melakukan klik, mereka tidak akan kecewa dengan konten yang Anda sajikan.

Memang benar blogger punya tujuan mendapatkan pengunjung sebanyak mungkin, namun bukan untuk mengecewakannya. Melainkan membantu mereka,pencari informasi,mendapatkan informasi yang tepat.

4.Tingkatkan Kepuasan Pengunjung Blog Anda

Kepuasan pengunjung adalah faktor penentu peringkat yang nomor satu. Tidak seperti faktor lain, kepuasan pengunjung sulit diukur. Hanya Google yang mempunyai data lengkap tentang perilaku penggunanya. Tidak untuk dipublikasikan.

Ini merupakan teknik SEO tingkat Advance sehingga Anda harus berusaha lebih keras untuk memuaskan pengunjung Anda. Buat mereka lebih lama di blog Anda. Buat navigasi yang mudah dan desain yang menarik. Buat mereka berkomentar. Buat mereka berkunjung lagi. Dan bagaimana pun caranya, buat mereka membuka halaman-halaman lain dalam blog Anda.

Intinya, menulislah konten berkualitas sebanyak mungkin. Jangan pernah menulis konten berkualitas rendah karena itu sangat berbahaya. Adanya algoritma Google Panda membuat para penyedia informasi harus menyediakan informasi yang lebih lengkap dan berbobot jika ingin tampil di halaman pertama.

5. Buat Internal Link

Pada artikel ini, saya merekomendasikan agar penulis artikel berlatih menulis dengan menghubungkan antara artikel yang satu dengan artikel yang lain dalam satu blog. Tujuannya adalah meningkatkan SEO artikel-artikel Anda. Jadi, pastikan artikel Anda punya internal link.

Untuk memahami internal link lebih jauh, Anda bisa membaca artikel disini.

6. Kata Kunci Pada Permalink

Hampir semua CMS yang ada saat ini secara otomatis membuat permalink sesuai judul. Namun jika blog Anda masih menggunakan permalink dengan angka, sebaiknya Anda segera mengantinya.

Bukan hanya terlihat jelek. Tapi juga buruk untuk SEO blog Anda. Permalink buruk seperti : http://bloganda.com/?p=34. Sedangkan permalink yang baik akan terlihat seperti : http://bloganda.com/judul/.

Oh ya… saya mempercayai bahwa permalink yang baik terdiri dari 3 sampai 5 kata (tidak termasuk domain). Juga pastikan Anda hanya memasukkan kata kunci dalam permalink Anda jika judul artikel terlalu panjang.

7. Buat Konten Panjang dan Selengkap mungkin

Konten panjang dan lengkap lebih mudah menempati halaman pertama Google. Tapi perlu diingat, banyaknya kata yang Anda gunakan berbanding lurus dengan bobotnya. Bukan sekedar menulis sesuatu yang bertele-tele untuk memanjangkan artikel.

Jika Anda masih pemula dalam menulis, sebaiknya Anda membaca “Tips menulis efektif” untuk memahami maksud saya. Itu akan membantu Anda menulis dengan sedikit kata. Jika Anda sudah mahir, maka Anda tidak akan kesulitan menulis konten yang panjang dan berbobot.

8. Eksternal Link ke Situs Terpercaya

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa eksternal link berdampak positif terhadap SEO. Selain itu, dengan menyertakan eksternal link, Anda tidak perlu menjelaskan banyak hal. Cukup sertakan eksternal link dan pembaca yang haus informasi akan membacanya.

Satu-satunya yang harus Anda perhatikan adalah pastikan bahwa eksternal link tujuan Anda merupakan situs-situs terpercaya. Dengan demikian Google akan menaruh kepercayaan lebih kepada blog Anda karena menunjukkan relevansi dengan situs-situs yang sudah terpercaya.

Jika ada suatu kondisi dimana Anda ingin menyertakan eksternal link dari situs yang tidak terpercaya, maka sebaiknya Anda gunakan attribut “no follow”. Takutnya itu merupakan situs yang buruk. Attribut “no follow” akan menghindarkan Anda dicap buruk pula oleh mesin pencari.

9. H1, H2, dan H3

Jika Anda tidak banyak mengubah kode html theme Anda, maka secara default biasanya semua sudah disesuaikan untuk keperluan SEO. Namun agar lebih aman, pastikan H1 Anda gunakan untuk judul postingan. H2 untuk sub heading. Dan H3 untuk informasi penting dibawah sub Heading.

Catatan : H1 lebih efektif digunakan sekali saja dalam satu halaman. Sedangkan H2 dan H3 boleh Anda gunakan lebih dari sekali.

10. Optimalkan Gambar Anda

Apakah Anda menggunakan gambar dalam postingan Anda? Jika ya, tahukah Anda jika gambar bisa digunakan untuk keperluan SEO? Berikut tiga caranya:

Nama File – Nama file gambar sebaiknya jelas. Bukan IMG00004567.jpg. Misalnya pengusaha sukses.jpg. Teknik ini digunakan untuk mendapatkan kunjungan pencari gambar yang menggunakan mesin pencari. Pastikan saja nama gambar Anda relevan dan sesuai dengan gambar yang ada.
ALT Tags – Biasanya setelah upload, kita akan mengklik gambar untuk menambahkan beberapa attribute seperti judul dan caption (teks dibawah gambar). Namun yang terpenting adalah kolom ALT Tags. Pastikan ALT Tags gambar Anda adalah variasi kata kunci yang Anda bidik.
Ukuran File – Gambar yang terlalu besar membuat loading menjadi lambat. Gunakan gambar yang sudah dikompres sehingga tidak membuat hosting Anda cepat penuh dan loading menjadi lebih ringan.

11. Update Blog Anda Secara Teratur

Google lebih menyukai situs yang dinamis dibanding dengan situs statis. Itu mengapa kebanyakkan blog mampu mendapatkan peringkat yang tinggi. Oleh karena itu, sebisa mungkin updatelah blog Anda secara teratur.

Frekuensi update blog Anda adalah waktu yang dibutuhkan bot Google untuk mengunjungi blog Anda. Jika Anda update setiap hari, bot Google akan mengunjungi blog Anda setiap hari. Itu sangat bagus karena artikel Anda akan sangat cepat terindeks sehingga bisa bersaing dengan blog lain.

12. Dapatkan Backlink dari Blogger Lain

Setelah Anda melakukan semua tips diatas, yang paling akhir adalah mendapatkan backlink dari blogger lain. Anda bisa meminta kepada teman ngeblog Anda atau saling menggunakan artikel satu sama lain sebagai referensi. Dengan begitu rangking artikel Anda akan naik.

Namun jika Anda masih baru dan belum memiliki teman, maka cara terbaik dan tercepat mendapatkan backlink adalah menjadi blogger tamu. Cukup luangkan waktu untuk menulis bagi blog lain dan sisipkan link menuju artikel yang ingin Anda tingkatkan peringkatnya. Itu sudah cukup.

13. Umur Domain

Umur domain cukup berpengaruh terhadap SEO. Jadi, jangan bergonta-ganti domain karena bisa merugikan Anda.

Biasanya domain yang sudah tua lebih mudah tampil di halaman hasil pencarian. Maka konsistenlah ngeblog sampai domain Anda berumur. Ketika sudah dirasa cukup, mungkin sudah waktunya Anda menembak kata kunci dengan tingkat persaingan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Kesimpulan

Tips SEO diatas mudah dijalankan. Juga sudah terbukti membawa artikel-artikel di blog ini duduk di halaman pertama Google. Walaupun saya hanya menggunakannya untuk kata kunci dengan tingkat persaingan rendah.

Namun saya akan berusaha (tidak janji) membuat studi kasus untuk kata kunci yang sulit di masa yang akan datang. Maklum saja, saya tidak punya waktu untuk percobaan SEO. Jadi, untuk sementara, gunakan 13 tips SEO yang mudah diatas.

Apakah ada yang kurang jelas? Apakah Anda punya pertanyaan? Bagikan di kotak komentar yang telah disediakan.

Iklan

40 tanggapan untuk “13 Tips SEO yang Mudah Diaplikasikan Oleh Blogger Pemula

    1. Klo di wordpress.com masalahnya h1 biasanya 2 kali. Di header dan judul postingan. Klo serius ngeblog dan mau seo, hilangkan teks di header.

      Klo h2 dan h3 tinggal masuk mode html dan ubah sub judul. Gunakan kode dan untuk mengapit sub judul. Atau kode jika ada list dalam list.

      Suka

  1. Aku bersyukur banget pakai WP. Kadang iseng googling artikel sendiri dan ternyata WP cukup SEO friendly menurutku. Meski nggak selalu ada di paling atas artikel yang tak cari ada di halaman depan. Tapi meski semumet apapun baca artikel soal SEO baca di sini lebih enak dan lebih gampang dimengerti. Meski untuk menerapkannya ya mbuh kapan hehe…

    Suka

  2. Wah susah ya. Saya orangnya gak mau ngelink eksternal, katanya kalo link yang dituju udah gak ada websitenya blog jadi jelek SEO-nya.

    Baclink gak mikirin.

    Gambar yaudah mengikuti tips ini tapi saya taruh dulu di flickr baru diembed.

    H1 H2 H3 juga gak ada di postingan.

    Suka

    1. Diatas sebenarnya menulis ulang dari berbagai sumber mas. Teknik copywriting meskipun belum sempurna.

      Saya selalu nulis dengan berbagai gaya menulis dan sering melakukan percobaan. Kadang bagus dan kadang jelek ha ha ha….. Tapi nurut saya tulisan diatas merupakan salah satu yg terbaik. Terima kasih apresiasinya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s