Mau Konsisten Ngeblog? Baca Artikel Ini !

Cara agar konsisten ngeblog

Sumber gambar : Prazetyawan.com

Jika ada tips ngeblog terbaik, maka itu adalah konsisten lah ngeblog.

Sederhana. Namun tidak semua orang mampu melakukannya.

Strategi apapun yang Anda lakukan dalam mengelola blog, semua tidak ada artinya tanpa konsistensi. Jadi, sangat penting untuk mengetahui cara agar konsisten ngeblog.

Tidak peduli apakah Anda blogger baru atau blogger lama, setidaknya berikan kesempatan pada diri Anda untuk meluangkan membaca artikel ini. Saya sangat yakin dengan informasi yang ada sehingga siapapun yang mengaplikasikannya akan mampu tetap konsisten ngeblog di tahun-tahun mendatang.

Sebuah Ujian

Semua blogger memiliki pandangan yang berbeda tentang arti sukses. Ada yang mengukur kesuksesan dengan jumlah uang yang mereka dapatkan. Atau popularitas blog yang mereka kelola. Atau jumlah pengunjung dan komentar.

Apapun itu, ujian pertama untuk menjadi blogger sukses sesuai versi Anda adalah kekonsistenan.

“Apa susahnya konsisten? Semua orang bisa melakukannya”.

“Ngeblog adalah dunia saya, saya akan tetap melakukannya dengan konsisten meskipun tidak mendapatkan uang”.

“Saya suka menulis dan saya tidak berniat berhenti ngeblog dalam waktu dekat”.

Dan beberapa ucapan optimis lainnya.

Sayangnya mengucapkan lebih mudah dari menjalani. Saya telah melihat blogger-blogger yang optimis dengan masa depan blog mereka. Mereka mengatakannya di setiap postingan. Namun seiring berjalannya waktu, konsistensi mereka pun dipertanyakan.

Terkadang blog mereka terlalu lama tidak diupdate. Bahkan sebagian lainnya benar-benar berhenti ngeblog. Dan apa yang sering mereka katakan hanyalah omong kosong yang tidak bisa dibuktikan.

Kalau pun Anda bisa konsisten ngeblog, belum tentu Anda akan sukses. Masih banyak tantangan yang harus Anda tahklukkan. Jadi, kita semua berhadapan dengan ketidakpastian. Biarlah waktu yang membuktikan apakah kegiatan ngeblog cocok untuk kita atau tidak dan Apakah kita bisa melewati ujian pertama ini dan terus bertahan dalam persaingan menyajikan informasi.

Tips Agar Bisa Konsisten Ngeblog

Tidak peduli apakah Anda ngeblog untuk bersenang-senang atau ngeblog untuk bisnis  Anda harus tetap konsisten jika ingin berhasil. Walaupun jumlah pembaca Anda masih sedikit, walaupun tidak ada yang berkomentar, walaupun Anda sudah merasa bosan, Anda harus tetap menulis untuk mengupdate blog Anda.

Karena jika tidak, hampir bisa dipastikan kegiatan ngeblog yang Anda lakukan selama ini akan sia-sia. Kemudian blog Anda gagal total. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga konsistensi ngeblog dengan tips-tips berikut ini:

1. Jangan Terlalu Perfeksionis dalam Menulis

Konten adalah raja. Semua orang tahu akan hal itu. Jika bisa menghasilkan tulisan yang bagus, biasanya jumlah pengunjung akan meningkat. Namun, jangan terlalu perfeksionis ketika menulis atau Anda akan kehilangan banyak waktu.

Cukup menulis seperti biasa saja. Asalkan tulisannya jelas dan mudah dipahami, tidak ada alasan bagi pembaca untuk tidak membaca tulisan Anda. Dengan demikian Anda bisa lebih produktif dan lebih banyak artikel yang dipublikasikan (lebih konsisten).

Bukan berarti Anda harus berpuas diri dengan kemampuan menulis Anda saat ini. Anda juga perlu membaca ulang tulisan-tulisan yang sudah Anda publikasikan. Kemudian temukan kekurangan tulisan Anda dan pastikan Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama untuk artikel Anda selanjutnya.

2. Cobalah Menulis Visi Blog Anda

Visi adalah pandangan yang jauh ke depan. Jika boleh berandai-andai, apa yang Anda ingin capai dalam waktu 5 tahun atau 7 tahun ke depan dengan blog Anda.

Apakah ingin membuat blog Anda lebih terkenal?. Atau Apakah ingin mendapatkan ribuan pengunjung per hari?. Atau ingin menjadi blogger profesional yang mampu menghasilkan uang melalui blog yang Anda kelola?.

Tentukan visi ngeblog Anda dengan jelas.

Setelah Anda menentukan visi ngeblog Anda, tuliskan rencana Anda untuk mencapai target yang Anda tetapkan. Dengan demikian Anda pun punya motivasi bagus untuk terus melangkah. Saat rasa malas datang menyerang, Anda bisa dengan mudah mengatasinya karena punya alasan yang tepat untuk terus berkarya. Dan Anda pun bisa lebih konsisten.

3. Bertemanlah dengan Blogger yang Sudah Lama Eksis

Teman-Teman yang sukses bisa mengantarkan Anda pada kesuksesan juga. Teman-Teman yang konsisten bisa membantu Anda lebih bersemangat untuk mengikuti jejaknya. Itu rahasianya.

Teman memiliki pengaruh yang kuat. Jika Anda salah memilih teman, maka Anda mengalami kesulitan dalam mewujudkan impian Anda. Dalam ngeblog, hal semacam itu tetap berlaku. Anda akan menjadi pribadi sesuai dengan karakter teman-teman ngeblog Anda.

Oleh karena itu, dalam menjalin hubungan pertemanan, biasakan untuk mencari blogger yang sudah konsisten selama bertahun-tahun. Lihat bagaimana mereka melakukannya. Jika diperlukan, jangan malu untuk bertanya dan meminta nasihat dari mereka. Biasanya sih blogger-blogger yang sudah lama eksis akan merasa senang untuk membantu Anda.

Tidak ada lagi keluhan. Tidak ada lagi keraguan. Jika ada orang yang mampu konsisten ngeblog selama bertahun-tahun, maka saya pun bisa melakukannya. Tanamkan hal itu di dalam otak Anda. Dan Anda pun akan memiliki kekuatan untuk melakukan semua aktivitas ngeblog yang diperlukan.

4. Manajemen Waktu adalah Kunci Kesuksesan

Bagian tersulit adalah mengatur waktu untuk ngeblog. Banyak sekali blogger yang mengatakan bahwa mereka bermasalah dengan waktu seolah waktu 24 jam sehari tidaklah cukup. Padahal itu hanya alasan klise. Saya sendiri hanya membutuhkan waktu 2 -3 jam saja setiap 2 atau 3 hari sekali.

Menulis artikel baru membutuhkan waktu 2 jam. Kemudian membalas komentar dan blogwalking membutuhkan 1 jam saja. Di sela-sela waktu luang ketika berjualan di pasar, barulah saya mencari referensi tambahan untuk menulis artikel selanjutnya.

Biasanya blogger yang tidak bisa mengatur waktu dengan baik tidak akan pernah konsisten ngeblog. itu karena mereka mengalami dampak buruk ngeblog sehingga seolah-olah pilihannya hanya bertahan ngeblog dan mengalami hal-hal buruk atau meninggalkan kegiatan ngeblog. Dan anehnya, biasanya mereka berpikir bahwa ngeblog tidak ada gunanya. Kemudian mereka berhenti ngeblog.

Padahal itu benar. Ngeblog punya segudang manfaat. Itu hanya bisa terjadi jika Anda mampu mengatur waktu untuk semua kegiatan ngeblog yang diperlukan. Baca “Bagaimana mengatur waktu untuk kegiatan ngeblog” agar Anda memahami apa yang saya maksud.

5. Nikmati Aktivitas Ngeblog Anda

Semua blogger pasti pernah mengalami sindrom kesenangan. Itu terjadi ketika kita baru saja membuat blog. Entah mengapa perasaan kita senang dan mampu melakukan semua kegiatan yang dibutuhkan untuk mengembangkan blog tanpa merasa lelah.

Namun seiring berjalannya waktu, perasaan senang tersebut berubah menjadi beban. Kita merasa berat untuk menulis, berkomentar di blog lain, atau mempromosikan tulisan-tulisan kita.

Apakah Anda tahu mengapa hal tersebut terjadi? Karena kita mulai membandingkan dengan pencapaian blogger lain. Juga karena kita tidak lagi tulus. Kita mengharapkan sesuatu. Dan semakin lama, kita semakin terbebani dan melupakan esensi dari kegiatan ngeblog atau salah satu prinsip ngeblog, yaitu berbagi.

Belajarlah untuk memahami hal tersebut seperti saat pertama kali kita ngeblog. Menuliskan apapun hanya untuk berbagai. Perasaan kita bebas dan tidak berharap apapun. Kalaupun tulisan kita dibaca banyak orang dan mendapatkan banyak komentar, itu adalah bonus yang menyenangkan. Tapi jika tidak, biarlah kita nikmati sendiri tulisan tersebut.

Selama Anda masih menganggap kegiatan ngeblog sebagai beban, Anda tidak akan pernah menikmati kegiatan yang Anda lakukan. Dan pada akhirnya Anda tidak akan konsisten. Oleh karena itu, jagalah perasaan Anda untuk sekadar berbagi. Bukan berharap yang macam-macam.

6. Tangkap Ide Apapun yang Anda Pikirkan dan Realisasikan

Mau tidak mau, jika Anda menjadi blogger, maka Anda pun menjadi penulis. Dan harta karun bagi semua penulis adalah ide-ide yang bagus untuk menghasilkan tulisan yang bagus pula.

Walaupun Anda tidak punya gambaran apapun tentang ide yang melintas di pikiran Anda, catatlah ide tersebut dalam notepad. Saya biasa menganggap ini sebagai tantangan tersendiri. Prinsip saya adalah tidak ada ide yang tidak bisa direalisasikan.

Itu adalah rahasia mengapa saya bisa konsisten ngeblog sampai sekarang. Karena saya merasa menulis itu menyenangkan. Saya selalu suka mengubah ide-ide konyol menjadi bacaan yang bagus untuk pembaca setia blog ini. Semakin sulit ide tersebut, saya semakin tertantang untuk menuliskannya. Dan sampai tulisan ini diterbitkan, saya masih merasakan gairah yang sama ketika membaca harta karun saya di notepad smartphone saya.

7. Pelajari Tips-Tips Ngeblog

Kalau Anda ingin blog Anda berkembang dan mencapai visi ngeblog Anda, maka jangan malas untuk mempelajari tips-tips ngeblog dari blogger profesional. Anda hanya perlu melakukan sama persis seperti di tutorial. Itu bukanlah perkara yang sulit.

Bandingkan jika Anda harus bereksperimen sendiri, tentu membutuhkan banyak waktu dan banyak pengalaman. Sedangkan jika Anda meluangkan waktu untuk membaca tulisan-tulisan blogger lain, Anda bisa langsung mendapatkan ilmu ngeblog yang Anda butuhkan tanpa bersusah payah.

Namun perlu diperhatikan, pastikan Anda tidak memiliki mindset yang salah ketika mempelajari tips-tips ngeblog agar semua berjalan sesuai dengan rencana.

8.Menulis dengan Gaya Menulis yang Berbeda

Semua orang punya gaya menulis sendiri. Biasanya gaya menulis sendiri terbentuk secara alami sesuai dengan karakter penulis yang bersangkutan. Dan kebanyakan dari kita tidak pernah bermain-main dengan gaya menulis tersebut. Takut jika tulisan menjadi jelek.

Namun mempelajari berbagai macam gaya menulis bisa membantu Anda terlepas dari rasa bosan. Bagaimana pun juga, jika kita rutin menulis, maka bisa dipastikan kita akan diserang rasa bosan. Dan saat hal tersebut terjadi, mungkin mengubah gaya menulis akan membawa perubahan positif.

Selain memberikan pengalaman baru bagi pembaca, memiliki berbagai macam gaya menulis akan memudahkan kita menyampaikan informasi. Jadi, berlatihlah menulis lagi dan temukan berbagai macam gaya menulis. Dengan demikian Anda tidak akan pernah bosan dan mampu menjaga konsistensi Anda mempublikasikan artikel.

Kesimpulan

Biasanya blogger yang mampu konsisten lebih mudah mendapatkan pembaca setia. Akan ada masa dimana blog Anda akan terus mendapatkan pengunjung tanpa bersusah payah. Jika Anda konsisten tentu saja.

Namun semuanya kembali ke niat masing-masing. Siapa yang mampu menciptakan motivasi bagi diri sendiri untuk terus ngeblog, dialah yang akan memenangkan persaingan. Semoga Anda adalah salah satunya.

Apakah Anda punya tips lain agar bisa konsisten ngeblog? bagikan di kotak komentar yang disediakan

Iklan

48 tanggapan untuk “Mau Konsisten Ngeblog? Baca Artikel Ini !

  1. Saya sudah masuk blogger lama, tapi masih tetap angin-anginan alias kurang konsisten.
    Mungkin tambahan, jika ada ide tulisan, segera tuliskan, begitu bilang ‘ntar dulu’ dijamin ntar-ntar itu bakal berlanjut 😀

    Suka

  2. Aku menjadwalkan dua kali seminggu aja posting di blog. Tapi kalau mendadak ada yang harus ditulis ya bisa lebih. Menulis cerbung adalah salah satu Cara blogger fiksi agar konsisten update blognya.

    Suka

  3. Yup benar juga sih , blogging pas waktu luang disaat ada kesempatan , tapi kalau fokus bisa jadi penulis . . kebanyakan gitu ya blogger … dari blog jadi penulis..sukses ya semua para blogger

    Suka

      1. Beres mas. Tapi kayaknya masih lama deh. Rencananya buku itu buat hadiah klo saya bisa konsisten ngeblog. Tahun ke-4. Sekarang saya baru aktif ngeblog selama 18 bulan. Kurang 30 bulan lagi ha ha ha……..

        Suka

  4. Sejauh ini masih konsisten nulis di blog. Seminggu sekali pasti ada tulisan baru di blog, kalau lagi sempet ya bisa seminggu dua kali. Kecuali kami sedang liburan, nah ngeblognya berhenti dulu. Enaknya blog dikelola bareng suami, jadi bisa gantian nulisnya haha. Konsisten atau nggaknya ngeblog menurutku balik lagi dengan tujuan ngeblognya. Kalau hanya ingin cerita kehidupan sehari2, maka ngeblog biasanya tergantung mood, dimana itu juga sah2 saja.

    Suka

    1. Saya sih udah dari sananya suka nulis dan neliti gitu. Jadi biasanya nulis ulang artikel orang lain buat dikoleksi di blog.

      Tapi sama aja deh mbak deny. Pas lagi nggak mood nulis biasanya saya istirahat beberapa hari. Kan ngeblog cuma seneng2, bukan buat nyari uang. Jadi ngelolanya santai aja.

      Suka

  5. Konsistensi dalam menulis blog memang penting banget ya… Sekarang saya sedang berlatif untuk manajemen waktu nya… Saya kadang masih kurang bisa mengatur waktu dengan baik hahahahaha
    Kalau bisa sih kalau ada ide yang tiba tiba muncul, langsung di tuliskan entah di kertas atau di hp… Biar engga kelupaan.. jadi bisa lebih sering menulis juga 😃

    Suka

    1. Pokoknya jangan sampai gara2 ngeblog aktivitas kita di dunia nyata terganggu. Soalnya saya pernah gitu dan nyesel. Akhirnya sekarang ngeblognya santai aja. Pas sibuk ya nggak ngeblog sama sekali.

      Suka

  6. huwaaahhh, aku konsisten konsisten sih Shiq4 *halah* hihihihi. Kalo berhenti ngeblog sih kyknya nggak ya, krn aku emang suka nulis, tapi memag harus diperbarui manajemen waktunya *nyengir*

    Disukai oleh 1 orang

    1. Klo saya udah fix manajemen waktunya. Dulu pernah begadang dan akhirnya ketiduran dan bolos kerja. Cuma gara2 blog. Setelah itu nggak mau lagi terlalu serius mikirin blog. Dibawa santai aja.

      Suka

  7. Yup setuju banget sama isi tulisannya. Memang point point nya begitu sih. Menulislah terus. Secara umum saya mempublish beberapa tulisan setiap bulannya. Walaupun tidak bisa dibilang konsisten jumlahnya. Misalnya tidak 1 x per hari atau 3x seminggu. Karena itu tergantung dari ide yang melintas di kepala dan kesempatan menulis yang ada.
    Seringnya sih punya idenya banyak, tapi tidak sempat menulis. Jadi biasanya saya simpan dulu dalam bentuk kata-kata kunci atau foto foto yang kelak membangunkan inspirasi saya untuk menulis lagi jika ada waktu.
    Kemudian jika waktu ada, saya bisa nenulis 5-6 tulisan dalam sehari, tapi saya simpan dan publish terschedule satu per satu. Sehingga publikasinya tidak numpuk dalam satu hari yang sama.
    Begitu cara saya menyiasati waktu dan kesibukan di dunia nyata.

    Suka

    1. Wah nabung tulisan ya? Pernah denger ada yg begitu juga. Tapi beda sama saya. Saya paling nggak bisa begitu. Selain mood menulis saya gak bisa lama2 sehingga nggak mungkin kayaknya nulis banyak artikel dalam sehari, saya paling nggak suka yg namanya ketidakteraturan. Cukup disiplin sih sejauh ini nulis tiap 2-3 hari sekali. Tapi pas meliburkan diri paling lama 7 hari satu artikel. Biar menulis jadi kebiasaan dan bukan beban. Jadi diawal-awal musti disiplin terus.

      Suka

    1. Kata siapa ? Enaknya di wp itu kita ngak resiko kegagalan. Klo udah punya banyak pengunjung (misal 1000 per hari). Tinggal upgrade. Nanti bisa ikutan wordads. Klo udah tembus 10.000 tinggal upgrade lagi ke bisnis, terus bebas monetize dg cara apapun. Atau seperti saya, jadi penulis artikel. Tinggal share link contoh postingan/tulisan di grup dam forum2, pasti ada yg nyangkut asalkan tulisannya bagus.

      Disukai oleh 1 orang

  8. Saya udah berhenti ngurusin blog mas… Tadinya saya hanya bermain blog untuk kesenangan aja, tp gx lama saya jd tertarik dg blog org lain yg bs menghasilkan uang… Lalu saya jd gupek sendiri ingin brsaing tp apa yg terjadi, saya malah gx bs menikmati asyiknya blogging lg karena pusing dg adsense… Bersyukur sekali ternyata ada yg bs ngembalikan pemikiran saya bahwa blog itu untuk berbagi… Makasih ya mas shiq, saya mau meluruskan visi blog saya dulu… Kapan2 mampir ya mas…

    Suka

  9. Menjaga perasaan ngeblog hanya untuk berbagi, ini tips paling mengena bagi saya. Pikiran dan niatan ngeblog jika bisa tetap murni untuk berbagi dan tidak berharap macam-macam akan berdampak sangat besar pada masa depan blog itu sendiri. Dan justru itu akan membuat diri kita menjadi blogger besar, bukan blogger yang komersil. Ini yang tidak semua blogger miliki. Terima kasih telah membuat artikel ini…

    Suka

    1. Ya beda mas. Ini kan berdasarkan pengalaman pribadi saya. Klo blogger pro malah bisa konsisten karena menghasilkan uang. Lha mas angwie maunya jadi blogger amatiran seperti saya atau blogger pro? Jawabannya yg akan menentukan masa depan mad angwie.

      Suka

      1. Iya sih mas, pilihan itu juga butuh komitmen, kalo blogger pro dulunya tetep butuh kesabaran dan waktu sampai bisa jadi pro, alias ngasilin duit dr ngeblog. Tinggal pilihan kita sendiri. Nek saya pengennua pro, tp kan tetep butuh tambahan uang utk menghidupi diri sehari hari..hehe

        Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s