FAQ : Bagaimana Cara Mengatur Waktu Untuk Ngeblog?

cara mengatur waktu untyk ngeblog

Sumber gambar : www.eightblogger.org

Ngeblog telah menjadi salah satu lifestyle orang jaman sekarang. Jika Anda ingin membagikan cerita yang menarik atau pesan yang mampu membuat orang hidup lebih baik (mengubah dunia), maka blog adalah jawaban terbaik yang bisa Anda lakukan sesegera mungkin.

Tapi ngeblog bukanlah kegiatan yang mudah. Tidak peduli apakah Anda blogger baru atau blogger berpengalaman, perjuangan terberat adalah mencari waktu luang untuk ngeblog.

Karena sebagian besar dampak negatif ngeblog terjadi disebabkan blogger yang tidak bisa mengatur waktu mereka. Jadi, jika Anda ingin ngeblog dan tidak terkena dampak negatif tersebut, sangat penting untuk bisa membagi waktu dengan bijaksana.

Pada postingan kali ini, saya akan berbagi beberapa tips bagi Anda yang sering bertanya : “Bagaimana cara mengatur waktu untuk ngeblog tanpa menganggu aktivitas lain di dunia nyata?

Arti Sebenarnya dari “Tidak Punya Waktu”

“Saya ingin membangun blog yang sukses. Tapi saya tidak punya waktu.”

“Saya ingin konsisten menulis dan mempublikasikannya di blog, namun saya terlalu lelah untuk melakukannya karena terlalu banyak kegiatan di dunia nyata yang tidak bisa saya tinggalkan.”

“Entah bagaimana hal ini terjadi, setiap kali saya ingin meluangkan sedikit waktu untuk ngeblog, saya selalu menundanya karena malas. Kemudian saya benar-benar lupa bahwa saya punya blog. Tidak punya waktu luang sebanyak blogger lain.”

Apakah Anda familiar dengan kalimat-kalimat diatas? Terutama bagi Anda yang baru membuat blog, tentu Anda sering bermasalah dengan waktu untuk ngeblog.

Itu karena Anda punya ketakutan. Tapi Anda tidak menyadarinya.

Anda takut karena berhadapan dengan ketidakpastian. Tidak ada jaminan dalam ngeblog. Sekalipun Anda menulis artikel yang luar biasa bagus, belum tentu akan ada banyak orang yang membaca postingan Anda. Bahkan mungkin tidak ada seorang pun yang berkomentar di tulisan yang Anda sebut luar biasa tersebut.

Itu mengapa Anda selalu bilang “Tidak punya waktu”. Akan lain ceritanya jika ada yang menjamin 100% bahwa postingan Anda akan dibaca banyak orang dan mendapatkan banyak komentar. Tidak peduli sesibuk apapun Anda di dunia nyata, saya yakin Anda pasti mampu menemukan waktu luang untuk ngeblog.
Mengapa? Tentu saja karena rasanya menyenangkan mengetahui statistik meningkat dan membaca feedback dari pengunjung blog. Tapi sekali lagi, kita berhadapan dengan ketidakpastian. Dan tidak semua orang mampu menghadapi ketidakpastian tersebut. Jadi, jika ada orang yang mengatakan ia ingin ngeblog tapi tidak punya waktu untuk ngeblog, bisa dipastikan ia kalah melawan ketidakpastian. Sederhana bukan?

Lalu bagaimana mengatasi ketakutan akan ketidakpastian tersebut? Tentu saja Anda harus belajar semua hal berkaitan dengan mengembangkan sebuah blog. Harus sangat sangat banyak membaca. Karena ilmu adalah kepastian. Jika Anda mampu memahami tips-tips ngeblog yang beredar di internet, Anda bisa membuat blog seperti yang Anda inginkan. Termasuk mendapatkan banyak pengunjung dan banyak komentar.

Kemudia secara ajaib Anda akan punya waktu ngeblog. Sesibuk apapun Anda.

Lumayan Penting : Artikel “6 Ketakutan blogger dan cara mengatasinya” akan sangat membantu jika Anda termasuk blogger baru. Dengan membaca artikel tersebut, Anda akan terhindar dari kesalahan yang tidak perlu.

Tidak Semua Orang Cocok Untuk Ngeblog

Sekitar dua tahun yang lalu, saya mulai ngeblog. Kemudian saya mengenal blogger-blogger baru di wordpress.com dan saling follow. Tapi tidak lama kemudian, tiba-tiba satu per satu blogger baru tersebut berhenti ngeblog. Saat itulah saya menyadari bahwa tidak semua orang cocok untuk ngeblog.

Sebelum mulai serius membangun blog, sebaiknya Anda membaca “Apakah hobi ngeblog cocok untuk Anda?”. Di artikel tersebut ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab. Dengan demikian Anda akan tahu apakah Anda cocok untuk ngeblog atau tidak.

Karena jika Anda tidak cocok, percuma saja Anda berusaha keras. Dalam waktu singkat Anda akan segera merasa bosan dan saya dapat memastikan Anda akan berhenti juga. Jadi, lebih baik Anda gunakan waktu tersebut untuk mengerjakan kegiatan lain yang bermanfaat daripada Anda membuat blog, kemudian Anda menghabiskan banyak waktu untuk mengelolanya, tapi pada akhirnya membuat blog Anda jadi sampah di internet, terbengkalai begitu saja.

Tips Mengatur Waktu Untuk Ngeblog

Anda mau melawan ketidakpastian dengan banyak membaca tips-tips ngeblog. Anda juga merasa bahwa Anda cocok dengan kegiatan ngeblog. Maka tips mengatur waktu untuk ngeblog ini akan sangat berguna bagi Anda agar tingkat efektivitas dan efisiensi Anda dalam ngeblog menjadi lebih baik.

Berikut adalah cara saya mengatur waktu dalam mengelola blog ini:

1. Pastikan Anda punya Ide Menulis Sebelum Duduk di Depan Komputer

Pernah bingung mau nulis apa? Anda duduk di depan komputer dan tidak tahu apa yang ingin ditulis. Anda mungkin mencoba beberapa ide dengan menulis bebas, tapi sepertinya artikel Anda tidak layak dipublikasikan. Dan Anda sering mengalami hal yang demikian. Ini cukup menguras waktu Anda.

Saya juga pernah merasakannya. Namun saya sudah mampu menyelesaikan permasalahan tersebut. Caranya, sebelum menulis, saya sudah punya daftar ide menulis. Saya juga sudah memikirkan pesan seperti apa yang akan saya sampaikan. Biasanya saya langsung membuat kerangka karangan sebelum menulis. Dengan demikian, waktu yang saya butuhkan untuk ngeblog adalah 2 jam setiap 2-7 hari karena saya mengupdate blog ini antara 2-7 hari sekali.

Sedikit sekali bukan waktu yang harus saya korbankan untuk hobi ngeblog saya?

Ide menulis sendiri merupakan catatan di notepad handphone saya. Kalau pun tidak saya catat, saya selalu mengingatnya. Pastikan saja Anda membawa catatan kemana pun Anda pergi karena ide menulis bisa hadir kapan pun dan dimana pun. Jadi, Anda tidak harus bingung mencari ide saat sudah duduk di depan komputer.

Jika Anda belum terbiasa melakukannya, maka Anda bisa membaca “Cara mendapatkan ide menulis yang brillian”. Itu akan membantu Anda menemukan banyak ide menulis yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

2. Tentukan Jadwal Menulis

Bagian terpenting dari kegiatan ngeblog adalah menulis. Bukan sekali atau dua kali menulis, tapi selamanya. Ketika Anda membuat blog, itu juga berarti Anda telah berkomitmen untuk terus menulis. Dan konsekuensinya, Anda harus serius memikirkan waktu yang tepat untuk menulis.

Menetapkan jadwal menulis adalah keharusan. Tanpa hal tersebut, bisa dipastikan kegiatan Anda di dunia nyata akan berantakan. Juga sebisa mungkin jangan menulis sambil melakukan aktivitas lain karena akan mempengaruhi kualitas tulisan yang Anda hasilkan.

Kapan waktu menulis terbaik? Tentu saja jawabannya bervariasi antara blogger yang satu dengan lainnya. Saya sendiri menentukan jadwal menulis pada pukul enam sore, setelah saya pulang dari pasar. Dan saya selalu melakukannya pada jam tersebut.

Tujuan dari menetapkan jadwal menulis adalah menciptakan kebiasaan menulis. Jika Anda disiplin dengan jadwal tersebut, kemudian Anda merasa terbiasa untuk menulis, maka kegiatan ngeblog pun akan lebih dari sebelumnya. Percayalah.

3. Disiplin

Tidak ada yang lebih baik dari kedisiplinan. Ketika Anda menyusun jadwal kegiatan sehari-hari dan memastikan bahwa ngeblog menjadi salah satu kegiatan, maka Anda harus disiplin menjalankan semua yang telah Anda rencanakan.

Disiplin akan membawa kita pada kesuksesan dan kebahagiaan. Sukses karena kita bisa melakukan semua kegiatan sesuai dengan porsinya. Bahagia karena kita mampu menyeimbangkan antara bekerja dan beristirahat. Tidak ada yang lebih baik dari hal semacam itu.

Seandainya kegiatan ngeblog membuat saya lupa waktu dan tidak mengerjakan hal-hal penting lainnya, maka saya tidak ragu untuk meninggalkan hobi ngeblog untuk sesaat. Karena blog bukanlah segalanya. Kita bisa tetap hidup tanpa blog. Blog hanya sekedar untuk bersenang-senang. Jadi, tidak perlu terlalu serius memikirkannya.

4. Tetapkan Skala Prioritas Kegiatan Ngeblog Anda

Kegiatan ngeblog bukan sekedar menulis dan mempublikasikannya. Ada banyak pekerjaan yang harus kita lakukan dengan sebaik untuk agar blog yang kita kelola berkembang seperti yang kita inginkan.

Kegiatan tersebut meliputi blogwalking, aktif di forum-forum untuk mempromosikan artikel, mengikuti give away, merencanakan konten selanjutnya, membagikan di sosial media, menjawab pertanyaan pembaca, membalas komentar, hingga SEO. Tentu saja masih banyak kegiatan lain yang tidak saya sebutkan.

Sayangnya, sebagai blogger baru, Anda tidak bisa melakukan  semuanya sendirian. Jika Anda memaksakan diri melakukan semua yang dikatakan blogger profesional, blog Anda akan hancur. Bukan karena nasihatnya salah, tapi Anda akan segera kelelahan sebelum mampu melakukan semuanya. Oleh karena itu, pilihlah kegiatan ngeblog yang paling memberikan efek positif segera setelah Anda mempublikasikan artikel.

Saya sendiri memberi skala prioritas lebih pada blogwalking dan SEO saja. Itu adalah kegiatan wajib yang pasti saya lakukan. Sedangkan untuk promosi, saya hanya sesekali saja melakukannya dengan membagikan di forum atau facebook pribadi saya. Saya tidak lagi menggunakan twitter, youtube, atau channel pemasaran lain.

Selain karena terkendala waktu, saya tidak pandai bersosialisasi. Jadi, saya lebih cenderung menjaring pengunjung dari blogwalking dan SEO saja. Dan hasilnya lebih efektif bagi saya. Di masa depan, jika blog ini sudah ramai, mungkin saya akan mempertimbangkan untuk menulis ebook, atau membuat video, atau membuat infografik. Tapi untuk sekarang saya lebih berfokus untuk memperkaya blog ini dengan artikel-artikel panjang saja agar SEO friendly.

5. Hati-Hati Terobsesi dengan Blogwalking

Sebagai blogger baru, saya pernah terobsesi dengan blogwalking. Rasanya menyenangkan saja membaca komentar-komentar yang masuk di blog ini. Tapi harganya cukup mahal. Untuk mendapatkan banyak komentar, maka saya harus membaca banyak artikel, juga harus meninggalkan komentar di banyak blog. Waktu saya habis untuk melakukannya.

Blogwalking adalah kegiatan yang paling banyak menyita waktu. Seandainya Anda terobsesi, maka Anda akan mengalami apa yang saya alami, kehabisa waktu. Padahal jika kita berpikir logis, waktu sebanyak itu bisa kita gunakan untuk menulis lebih banyak artikel atau melakukan riset tentang topik yang biasa kita tulis. Tapi terkadang blogger memang harus melakukan kesalahan untuk memahami cara terbaik mengelola blog. Dan saya tidak menyesalinya.

Saat ini saya tidak lagi terobsesi dengan banyaknya jumlah komentar. Asalkan jumlah pengunjung terus meningkat, saya rasa jumlah komentar tidak lagi penting. Tapi saya tetap blogwalking ke beberapa blog setiap hari dan menikmati aktivitas tersebut. Tidak berlebihan. Juga mulai memperhatikan waktu. Ketika sudah waktunya berhenti, saya tidak memaksakan diri untuk terus blogwalking.

6. Apapun yang Terjadi Jangan Pernah Begadang Untuk Blog

Blogger sangat identik dengan begadang. Saya pun pernah melakukannya. Tapi setelah lama memikirkannya, saya tidak lagi begadang. Selain membuat tubuh tidak bisa bekerja secara optimal keesokan harinya, begadang juga tidak baik bagi kesehatan. Saya tidak mau sakit hanya gara-gara nafsu sesaat untuk ngeblog.

Pertanyaannya adalah apakah layak kita mengurus blog siang dan malam? Sepanjang waktu? Iya jika blog yang kita kelola sudah bisa menghasilkan uang yang cukup untuk menghidupi kita, mungkin akan lain lagi ceritanya. Kita bisa fokus dan menjadi blogger profesional. Tapi jika belum menghasilkan dan Anda baru “bermimpi” menghasilkan uang, lebih baik Anda berhati-hati.

Saya pernah memiliki teman yang meluangkan banyak waktu untuk mengurus blog. Bahkan sampai ia jatuh sakit pun, ia terus ngeblog. Semangatnya luar biasa sekali. Tapi sayangnya ia gagal. Waktu sebanyak itu terbuang sia-sia.

Saya juga pernah mengenal seseorang yang begitu yakin bahwa blog bisa mengubah hidupnya. Ia sering begadang untuk mengembangkan blog ke level selanjutnya. Baginya blog adalah segalanya. Namun setelah bertahun-tahun mencoba, ia tahu bahwa ia akan gagal. Dan ia cukup menyesal dengan apa yang ia lakukan di masa lalu.

Pesan yang ingin saya sampaikan adalah jangan terlalu berharap pada blog. Percayalah, saya telah melihat begitu banyak blogger yang sangat optimis menceritakan impiannya menjadi blogger profesional dan mengalami kegagalan. Gunakan waktu Anda dengan bijaksana. Jangan pernah begadang untuk sekedar ngeblog. Karena begadang merupakan pertanda bahwa Anda gagal mengelola waktu. Jika ada sesuatu yang harus lakukan dengan blog Anda, maka atur waktu sebaik mungkin.

7.Membaca Tips-Tips Ngeblog Disela-sela Kesibukkan

Walaupun saya ngeblog hanya untuk bersenang-senang, bukan berarti saya tidak mempelajari ilmu ngeblog. Saya tetap membaca berita terbaru tentang blog di situs-situs terkenal tentang tips ngeblog. Hal tersebut saya lakukan untuk melawan ketidakpastian. Dengan ilmu, kegiatan ngeblog menjadi lebih terarah sehingga hasilnya lebih baik daripada sebelum menerapkan ilmu ngeblog.

Satu-satunya yang harus diperhatikan adalah bacalah sekedarnya saja. Buang mindset yang salah dan ubahlah menjadi mindset yang benar “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”. Itu moto saya ketika mempelajari hal-hal baru berkenaan dengan blog.

Saya membaca tips-tips ngeblog di siang hari, ketika saya berdagang di pasar. Saat pasar sudah sepi, maka saya baru membaca tutorial tentang blog. Ketika ada pembeli, saya berhenti membaca dan melayani pembeli terlebih dahulu. Begitu seterusnya.

Kalaupun ada trik khusus, itu adalah menyimpan halaman tutorial yang menurut saya bagus. Nanti, saat ada waktu luang seperti sebelum saya tidur, saya melanjutkan membaca tutorial tersebut. Begitulah cara saya mempelajari trik-trik ngeblog secara otodidak.

Kesimpulan

Sebenarnya ngeblog itu tidak membutuhkan waktu sebanyak yang Anda pikirkan. Setelah Anda menerapkan tips diatas, saya rasa semua kegiatan ngeblog Anda akan menjadi lebih efektif dari sebelumnya. Dan Anda tidak akan percaya, dengan sedikit waktu pun Anda sudah bisa mulai ngeblog.

Asalkan Anda disiplin dengan jadwal yang Anda buat, sesibuk apapun Anda di dunia nyata, pasti akan ada waktu yang bisa Anda luangkan untuk ngeblog.

Apakah Anda punya masalah atau tips ngeblog yang berhubungan dengan mengatur waktu untuk ngeblog? Saya akan dengan senang hati membaca komentar Anda.

Iklan

27 tanggapan untuk “FAQ : Bagaimana Cara Mengatur Waktu Untuk Ngeblog?

  1. Kalau 3 bulan belakangan ini statistik lagi anjlok2nya Shiq krn algoritma google, saya tetap ngeblog karena sdh beli domain ya sayang dong klo gak dimanfaatkan hehe 😀 termasuk juga karena sudah punya sekian ribu blog follower ya mereka kan bisa kecewa klo saya ga konsisten posting 😀 .. Justru waktu Jan-Maret tuh trafik lagi melesat tinggi saya nyantai aja, ga nulis pun tiap hari sdh dapat ribuan pageviews hehe 😀 .

    No.5 hati-hati blogwalking benar banget tuh 😀 . Saya sebisa mungkin kunjung balik yg komentar di tulisan saya, sayangnya krn saya terobsesi mau balas berkomentar balik sebanyak-banyaknya malah tulisan saya berikutnya tertunda melulu, krn saya merasa gak enak hati pada blogger yg sdh komen di blog saya. Namun belakangan saya lebih suka komen sedikit jd saya bisa posting lebih banyak, toh saya juga tetap komen di blog lain sekalipun mereka tidak komen di blog saya.

    Suka

  2. Kalau nulis sih tiap hari ya. Sama kayak Rissaid aku juga pakai WPS office for Android. Tapi kalau posting ntar dulu. Soalnya posting itu nggak bisa buru2 . Postingan kan harus cantik, dan untuk cantik itu perlu waktu

    Suka

  3. Dulu aku males banget ngeblog krn mesti nyalain komputer atau notebook, klo skrg pake aplikasi WP android jd lebih sering ngeblognya di hp, baca komen juga bs cpet balesnya. Walaupun ngeblog cuma seminggu sekali doang sih, sengaja biar mirip kayak majalah terbit 😆😆

    Suka

  4. Adduuuh… bener bangeet ituuu…

    Sering melenakan blogwalking…eh ga jadi nulis… trus kalau udah ngeblog suka ‘mabok’ tiba2 udah jam 12 malam…

    saya juga pernah nulis diblog kalau ngeblog adalah hal yang yang suka sekaligus yang sangat saya benci, hahaha…

    hebat dirimu udah bisa mengontrol waktu ngeblognya

    Suka

        1. Buah naga sekarang kosong mbak. Jadi langka. Kabarnya sekilo sampai 30 ribu. Berarti satu buah naga yg besar harganya 15 ribu. Tapi pas musimnya biasanya sekilo bisa cuma 10 ribu aja.

          Suka

  5. Makasih nih Mas tipsnya. Sebagian disitu adalah masalah yang saya punya hahaha… Tapi saya ngeblog buat hepi-hepi aja sih, bukan berarti saya harus jadi bloger. Soalnya biasa nulis yang singkat-singkat hehe…
    Nice share, Mas…

    Disukai oleh 1 orang

    1. Ya gak papa. Dulu waktu mulai ngeblog saya hanya nulis 200kata saja. Lama kelamaan terbiasa nulis dan sudah biasa nulis lebih dari 2000 kata. Padahal saya gak niat loh…..

      Suka

  6. Kalo saya sih ngeblog itu cm hoby saja dan juga sebagai bahan materi saya dalam mengajar siswa2 saya, kayanya ga ada wkt khusus buat ngeblog..gmn enjoynya aja hehe, btw trims ya mas buat tulisannya keren banget

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s