Apa Topik Menulis Favoritmu?

topik menulis favorit

Sumber gambar : www.selectword.com

Semua penulis pasti punya topik menulis favorit – sesuatu yang menjadi passion, yang membuat mereka tidak terbebani ketika menulis, bahkan mereka selalu bergairah dan rela menghabiskan waktu untuk menyempurnakan karyanya.

Tapi itu bukanlah sesuatu yang mudah untuk menemukan passion. Dibutuhkan banyak menulis, sangat banyak, agar kita tahu bahwa kita benar-benar mencintai topik tersebut dibandingkan dengan topik lain.

Saat seseorang berhasil menemukan passionnya, produktivitas mereka meningkat. Perasaan pun menjadi lebih bahagia. Dan biasanya, tulisannya pun lebih berkualitas dibanding dengan penulis lainnya.

Topik menulis favorit yang sesuai dengan passion adalah jati diri penulis. Jika Anda belum menemukannya, segera temukan topik favorit Anda. Karena jika tidak, apapun yang Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis, semua akan sia-sia. Menulis tidak sesuai passion akan lebih berpeluang menjadi kegagalan. Dan terlalu banyak kegagalan akan membuat kita frustasi. Kemudian berhenti menulis. Dan tentu saja, berhenti ngeblog.

Topik yang Banyak Dicari Orang VS Topik Sesuai Passion

Berhubungan dengan menulis untuk blog, semua blogger pasti dihadapkan pada posisi sulit. Topik yang banyak dicari orang bisa mendatangkan banyak pengunjung dan feedback. Tapi bisa menguras energi penulis. Apalagi jika penulis tersebut tidak mempunyai pengetahuan yang mumpuni berkenaan dengan topik yang diangkat. Dalam waktu singkat pasti menimbulkan kebosanan. Tandanya bisa dilihat ketika penulis tidak mampu lagi menulis dengan topik tersebut secara konsisten.

Sedangkan menulis topik yang kita sukai, kita punya banyak ide untuk dibagikan. Produktivitas kita meningkat. Jumlah artikel kita bisa sangat banyak. Itu bagus bagi perkembangan blog yang kita kelola. Sayangnya, kita juga punya masalah serius: “Tidak ada banyak pengunjung. Juga tidak banyak komentar”. Jika dibiarkan, kita pun bisa frustasi. Bagaimana pun juga, sebagai penulis, kita ingin tulisan kita dibaca khayalak ramai. Rasanya menyakitkan jika kita menerbitkan tulisan baru dan statistik menunjukkan tidak banyak yang membaca tulisan kita.

Kabar buruknya lagi, kita tidak bisa mendapatkan jawaban bijaksana seperti : Menulis apa yang kita sukai dan banyak dicari orang. Sekarang Anda harus menentukan pilihan. Dan apapun pilihan Anda, saya berharap itu yang terbaik bagi karir kepenulisan Anda. Karena jika Anda belum menentukan pilihan, Anda tidak akan pernah tahu bagaimana menghilangkan sisi negatif keduanya. 

Anda Tidak Perlu Menjadi Ahli Untuk Menulis Sesuatu

Masalah terbesar yang saya hadapi ketika memulai sebuah blog adalah tidak percaya diri. Hampir semua tutorial yang saya tuliskan selalu memakai referensi dari blogger profesional. Takut salah menulis informasi. Bahkan beberapa kali saya hanya menerjemahkan saja.

Seiring berjalannya waktu, saya mulai memahami bahwa kita tidak harus menjadi ahli untuk menulis. Dan tidak seharusnya saya merasa tidak percaya. Saya memang tidak bisa menulis tutorial wow seperti cara mendapatkan 200.000 pengunjung per bulan atau cara menghasilkan $ 100.000,- per bulan. Tapi saya bisa menuliskan cara mendapatkan ribuan pengunjung per bulan dan 7 pelajaran ngeblog yang saya pelajari dari mendapatkan 30.000 pengunjung.

Terlihat aneh bukan? Siapa yang mau membaca artikel yang saya tulis? Artikelnya sederhana. Semua orang juga bisa melakukannya. Tidak berharga.

Jujur saja, saya belum banyak pengalaman. Hal yang sederhana bagi Anda atau orang lain adalah pencapaian besar bagi saya. 30.000 pengunjung merupakan angka yang fantastis bagi saya. Begitu pula dengan jumlah ribuan pengunjung per bulan.

Asal Anda tahu saja, saya tidak sedang menulis tutorial untuk orang lain. Namun menulis untuk diri sendiri. Saya hanya suka menulis sesuatu yang sudah saya lakukan dan telah terjadi, bukan sekedar teori kosong tanpa bukti. Kemudian saya membaca sendiri tulisan-tulisan yang pernah saya publikasikan. Dan saya selalu senang melakukannya.

Intinya, jika Anda suka menulis, lakukan saja seperti apa yang Anda inginkan. Berlagak seperti profesional bukanlah hal yang memalukan. Buktinya, selalu ada orang yang mengunjungi blog ini. Itu berarti ada orang yang menganggap tulisan saya berharga dan berguna. Benar bukan?

Menulis itu tentang kebebasan. Tidak perlu menjadi ahli untuk menghasilkan tulisan bermutu. Asalkan apa yang Anda tuliskan bukanlah omong kosong, itu sudah cukup. Karena kita, sebagai penulis, hanya perlu menulis dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan kepuasan pribadi. Sedangkan jika ada orang yang memuji apa yang kita sajikan, itu adalah bonus yang menyenangkan.
   

Apa Topik Favorit Anda?

Seperti yang sudah saya katakan diawal, topik menulis favorit adalah jati diri kita. Anda ingin dikenal orang lain seperti apa? Kalau saya sendiri, saya ingin dikenal sebagai orang yang mengetahui banyak informasi tentang tips ngeblog. Itu brand yang saya usung.

Tips ngeblog juga merupakan salah satu passion saya. Saya bisa menghabiskan berjam-jam melakukan riset disana sini agar tulisan saya bagus. Walaupun saya bukanlah ahli dibidang ngeblog, bukan berarti saya benar-benar boleh menulis informasi yang salah. Tulisan-tulisan sederhana yang dipublikasikan di blog ini merupakan hasil riset berjam-jam. Bukan asal menulis saja. Dan tentu saja, kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan.

Lha, sekarang apa topik favorit Anda? Topik yang bisa membuat Anda rela menghabiskan waktu untuk melakukan riset, topik yang membuat Anda selalu bersemangat ketika mempelajarinya, topik yang bisa membuat Anda tidak bisa tidur sebelum menuliskannya.

Jika Anda sudah tahu apa topik favorit Anda, saya rasa hanya masalah waktu sampai pembaca Anda mengakui bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk bertanya mengenai topik yang sering Anda tulis. Jangan heran kalau orang lain mengira Anda adalah ahli dibidang tersebut. Anda hanya perlu konsisten menulis dan menghilangkan rasa malas. Dan Anda akan menikmati momen semacam itu.
Jadi, kalau boleh tahu apa topik menulis favorit Anda?

Iklan

29 tanggapan untuk “Apa Topik Menulis Favoritmu?

  1. topik favorit dan juga passion selalu menjadi hal utama untuk menulis, tapi melihat sisi negatif itu memang kadang menjadikan tulisan sendiri diabaikan dan melirik rumput tetangga yang lebih orange untuk dijadikan referensi. bahkan lebih negatif lagi di copas. hehehe
    kalo aku sih untuk di blog lebih seneng nulis feature ataupun bahasan sejarah ringan, dan tulisan mengenai journalism sedikit terabaikan nih. sekarang ditambahin juga ngupload puisi-puisi kedalam blog ini. siapa tau aja ada yang lagi pdkt terus ngeliat puisi-puisiku di blog ini, bisa jadi besoknya gagal jadian kan. hehehe

    Suka

  2. Sebelum blog milik bersama suami ini, aku punya blog lainnya di blogspot. Disana isinya semua puisi dan cerpen. Karena memang sukanya menulis puisi dan cerpen. Ada beberapa yg dibukukan bersama penulis2 lainnya dalam antologi. Kalau yg blog sekarang aku dan suami sukanya menulis cerita sehari2, opini pribadi, informasi tentang kehidupan di Belanda, tentang perjalanan, apapun itu yg penting suka dalam proses menulisnya. Kalau suami lebih cenderung ke bahasan sejarah. Makanya blog kami isinya gado2😁

    Suka

    1. Saya juga blog gado2 mbak deny. Pokoknya nulis yg saya suka. Kadang juga keseharian pas jualan di pasar. Kadang juga cerpen. Tapi saya fokus mempelajari tips ngeblog dan riset buat nulis artikel tersebut. Semoga saja bisa konsisten.

      Suka

  3. Klo blog aku ceritanya tentang kehidupan pribadi aja dari jaman perawan sampe ga perawan hehehe., nulis blog udah kayak nulis diary, cuma bedanya klo blog kita mesti pinter cari kata2 biar ga monoton dan pas kita pas baca ulang bisa senyum2 baca postingan

    Suka

  4. Topik tulisan favorit saya lebih banyak ke pengalaman pribadi sih hahahaha.. karena seneng aja bisa menuliskan beberapa pengalaman… sekalian mengabadikan beberapa kenangan kedalam tulisan 🙂

    Suka

  5. Yeayyyy ayo terus nulis, terus blogging!! Semangat Mas!

    Topik favorit saya nulis tentang keseharian, tapi makin ke sini makin risih dan kayaknya riskan aja kalo terlalu banyak curhat di blog, apalagi sekarang lagi pengen memperluas jaringan blog, kan harus makin membatasi privasi. Paling, di samping itu, suka nulis resensi buku atau karya desain

    Suka

    1. Saya sebenernya puingin nulis resensi. Kan lumayan. Di koran2 kan menerima resensi. Sayangnya saya gak fokus pas pelajaran BI, jadi untuk ngakalinnya bikin review buku saja ha ha ha…..

      Suka

  6. Awalnya pengen bikin blog fiksi. Tapi akhirnya nyadar lebih nyaman yang gado2. Terlalu banyak yang pengen dibagi. Tapi sebenarnya sih nggak jauh2 dari fiksi juga hehe…

    Suka

    1. Sebenernya klo blog itu bagusan yg mbahas satu tema saja lo. Sayangnya saya paling gak bisa konsisten nulis. Bosenan. Jadi akhirnya jadi gado2 juga ha ha ha…..

      Suka

  7. Saya paling senang menuliskan intisari pelajaran-pelajaran hidup yang saya petik dari kejadian, situasi dan orang -orang sekeliling saya, saat menjalani kehidupan sehari-hari.
    Sisanya saya hanya menuliskan kegiatan-kegiatan kecil saya sehari-hari di luar urusan pekerjaan – (hobby, masakan, tanaman dsb)

    Suka

      1. Ha ha… ya bahagia, karena kan yang diingat dan ditulis hal hal yang bahagia -jadi otomatis level kebahagiaannya meningkat. Coba kalau kita tulis hal hal yang membuat hati kita sedih , kesal atau marah… jadinya yg kita ingat dan hayati itu hal hal yg menyedihkan. Kaya bergaung gitu kan rasanya di telinga dan di kepala kita

        Disukai oleh 1 orang

  8. Wah, iyanih. Lha kalau bisanya menulis random tentang apa saja. Gak ada niche di blognya dong. Mending randomnya penting. Lha kalau randomnya kebanyakan catatan harian macam saya? mana ada yang menarik. 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s