Mengapa Tidak Ada yang Berkomentar di Blog Anda dan Apa yang Harus Anda lakukan?

penyebab blog sepi komentar

Sumber gambar : seopressor.com

Anda telah meluangkan waktu untuk menulis konten yang bagus. Kemudian Anda mempromosikannya. Dan Anda mendapatkan pengunjung seperti yang Anda inginkan. Semua tampak berjalan seperti yang Anda rencanakan.

Tapi setelah menunggu cukup lama, Anda menyadari bahwa tidak ada seorang pun yang meninggalkan komentar di setiap artikel Anda. Dan hal ini berlangsung secara terus menerus.

Apakah Anda bosan dengan keadaan semacam itu?

Apakah Anda ingin agar orang-orang mulai berkomentar di blog Anda?

Pasti rasanya sangat menjengkelkan mendapati blog sepi komentar sementara blogger lainnya terlihat sangat mudah mendapatkan ratusan komentar di setiap postingannya.

Jadi, mari kita periksa penyebab blog Anda sepi komentar dan mulai memperbaikinya. Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Dan saat ini adalah kesempatan terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Mengapa Saya Harus Peduli Pada Komentar di Blog Saya?

Pertanyaan bagus. Blog bisa tetap berkembang tanpa komentar. Tapi Anda tidak akan pernah mendapatkan hal-hal berikut jika Anda tidak berusaha merangsang pengunjung Anda untuk meninggalkan komentar :

Mendapatkan Perspektif Baru – Salah satu perbedaan blog dengan web statis adalah ketersediaan kotak komentar. Bagaimana pun juga, Anda bisa mendapatkan perspektif lain tentang topik yang Anda angkat dari pengunjung. Itu akan membantu Anda memahami lebih dalam tentang topik tersebut. Dan jangan lupa, pembaca tulisan Anda mungkin menyukai apa yang ditulis oleh orang lain di kotak komentar.

Memahami Ekspektasi Pengunjung – Jika Anda mampu membuat pengunjung Anda berkomentar, Anda akan tahu bagaimana mereka menilai tulisan Anda. Apakah mereka memuji? Berterima kasih? Atau menginginkan bahasan yang lebih dalam? Dengan demikian Anda bisa merencanakan tulisan seperti apa di masa depan yang kira-kira bisa memuaskan keinginan pengunjung blog Anda dari membaca komentar-komentar yang masuk.

Puas Karena Merasa Dihargai dengan Baik – Perasaan saya selalu terbang setinggi langit setiap kali artikel saya dipenuhi komentar. Saya merasa menjadi penulis yang lebih baik. Juga sangat efektif untuk menjaga semangat ngeblog menjadi stabil jika membaca komentar-komentar positif dari pengunjung blog.

Jadi, komentar memegang peranan penting bagi karir ngeblog Anda. Kecuali jika Anda sudah puas dengan keadaan tanpa komentar, Anda tidak perlu melanjutkan membaca artikel ini.

Jenis Komentar yang Masuk

Ada dua jenis komentar. Komentar yang bagus dan komentar yang buruk. Komentar buruk bersifat destruktif, negatif,atau dipakai untuk promosi produk yang tidak relevan dengan blog Anda. Sedangkan komentar yang bagus adalah komentar yang sopan, positif sehingga Anda bersemangat ketika membacanya, atau komentar yang berisi pujian kepada Anda.

Anda mungkin tidak bermasalah dengan komentar yang bagus, tapi terkadang komentar yang buruk bisa benar-benar merusak suasana bahagia. Walaupun begitu, Anda juga harus bijaksana. Apakah komentar yang buruk itu merupakan hasil dari tulisan Anda yang buruk? Ada saatnya Anda harus memperhatikan komentar yang buruk untuk mengevaluasi kinerja Anda sebagai blogger dan belajar lebih banyak lagi agar komentar serupa tidak muncul lagi di kemudian hari.

Di blog ini saya membiarkan komentar jenis apapun. Satu-satunya yang tidak saya tolerir adalah komentar promosi. Itu cukup menganggu dan tidak ada gunanya dan lebih baik dihapus saja.

Tujuan kita adalah mendapatkan komentar yang bagus sebanyak mungkin dan meminimalisir jumlah komentar yang buruk. Tenang saja. Jika saat ini blog Anda belum banyak komentar, Anda akan segera mendapatkan komentar dan mendapatkan pengalaman menarik tentang komentar-komentar yang masuk.

Anda hanya perlu : 

Menghilangkan Penyebab Blog Sepi Komentar. Ini yang Harus Anda Lakukan!

Saya sudah mencari banyak referensi tentang cara meningkatkan jumlah komentar di blog. Tapi sebelum saya membahasnya di postingan selanjutnya, efeknya akan lebih efektif dan menjanjikan jika Anda menghilangkan beberapa penyebab blog sepi komentar berikut ini:

1. Sistem Komentar yang Buruk

Penyebab yang paling umum mengapa pengunjung blog Anda tidak mau meninggalkan komentar adalah karena Anda membuat semuanya tampak sulit.

Anda mengharuskan pengunjung untuk login ke akun tertentu. Atau Anda memiliki sistem komentar yang hanya memperbolehkan orang-orang berkomentar setelah mendaftar di situs atau blog Anda. Atau kotak komentar Anda tidak terlihat menarik (terlalu kecil). Atau Anda menggunakan captcha yang sulit. Itu semua adalah pembunuh komentar nomer satu.

Pengujung Anda bukannya tidak mau meninggalkan komentar. Tapi mereka terlalu malas dengan sistem komentar yang Anda gunakan. Jadi, sebisa mungkin buatlah sistem komentar yang sesederhana mungkin. Jika boleh memberi saran, gunakan saja sistem komentar yang standart dan Anda akan mendapatkan komentar pertama Anda.

2. Apakah Tulisan Anda Bersifat Scannable?

Jujur saja, kebanyakan pengguna internet tidak pernah membaca suatu artikel kata per kata. Mereka melakukan scanning sampai mereka menemukan bagian yang menarik di konten Anda.

Jika tulisan Anda tidak bersifat scannable, mereka akan segera menutup browsernya dan mencari referensi lainnya. Dan tentu saja mereka tidak akan meninggalkan komentar di blog Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membaca “Menulis di blog – buat scannable” untuk mempelajari bagaimana menulis konten yang cocok untuk blog.

3. Design Blog Anda Jelek

Setiap blog memiliki topik yang berbeda-beda. Dan setiap topik perlu dukungan dari desain yang mampu mencerminkan topik tersebut.

Setiap kali saya menjelajah internet untuk mencari informasi dan terdampar di suatu blog atau website, hal pertama yang terlihat oleh mata saya adalah desain website tersebut. Biasanya saya akan langsung menutup browser jika desainnya menyakiti mata dan membuat saya tidak nyaman untuk membaca.

Kecuali Anda seseorang yang benar-benar ahli seperti seth godin, Anda bisa melupakan tentang desain blog. Orang-orang akan tetap membaca konten Anda walaupun desain Anda membuat mata sakit karena Anda adalah orang terkenal dan jenius.

Tapi Anda bukan seth godin. Anda bukan siapa-siapa. Jadi lebih baik luangkan waktu beberapa saat untuk mencari desain yang sesuai dengan topik blog Anda.

4. Anda Tidak Membalas Komentar yang Masuk

Saat Anda menulis sebuah postingan, Anda memulai sebuah percakapan. Dan jika Anda memulai sebuah percakapan, maka jangan membiarkan komentar-komentar yang masuk tidak mendapatkan jawaban.

Dalam mengelola blog ini, saya selalu berusaha menjawab komentar yang masuk. Saat saya menjawab komentar yang ada, hal seperti itu seolah mengatakan kepada pengujung yang meluangkan waktu untuk berkomentar : “ Saya peduli dengan komentar Anda”.

Kesulitan yang mungkin Anda alami adalah adanya komentar yang nyelip. Apalagi jika blog Anda telah memiliki banyak konten. Terkadang ada komentar-komentar baru di beberapa postingan lama yang tidak muncul di notifikasi. Belum lagi jumlah komentar yang masuk di postigan terbaru. Untuk menjawab semuanya dibutuhkan kesabaran dan waktu yang lumayan. Tapi Anda harus melakukannya agar pengunjung Anda merasa diperhatikan.

Jika pengunjung kembali ke blog Anda dan mendapati komentarnya dibalas, mereka akan kembali meninggalkan komentar di postingan-postingan Anda selanjutnya.

5.Anda Punya Gaya Menulis yang Membosankan

Konten yang bagus selalu mendapatkan komentar. Sedangkan konten yang membosankan akan dibiarkan begitu saja.

Jika Anda bingung mengapa jumlah komentar yang masuk sedikit, mungkin Anda perlu mencoba beberapa gaya menulis yang baru. Eksplorasi kemampuan menulis Anda sejauh yang Anda bisa. Kalau perlu gunakan gaya menulis yang berbeda-beda sehingga pengujung tidak bosan dengan tulisan Anda.

Ketika mereka tidak bosan, mungkin mereka akan antusias meninggalakan komentar setelah membaca. Paling tidak mereka akan mengucapkan terima kasih di kotak komentar karena merasa terbantu atau terhibur dengan apa yang Anda sampaikan.

6.Apakah Tulisan Anda Unik dan Original?

Ada begitu banyak informasi tersedia di internet. Sebelum orang tersebut terdampar di blog Anda, mungkin ia telah membaca artikel dengan topik yang serupa dengan apa yang Anda sajikan. Jika Anda menulis artikel standart yang tidak memiliki nilai lebih dari artikel yang beredar di internet, maka Anda tidak akan mendapatkan komentar.

Orang rela menghabiskan waktu membaca konten Anda karena mereka menginginkan perspektif lain berkenaan dengan topik yang Anda angkat. Jika konten Anda tidak unik dan original, maka orang-orang tidak akan meninggalkan komentar.

Mengapa?

Karena mereka sudah membaca di tempat lain. Dan mereka sudah berkomentar di blog lain. Akan sangat malas berkomentar di blog Anda karena mereka sudah melakukannya. Oleh karena itu, saat Anda menulis konten, pastikan Anda memiliki paradigma yang berbeda setiap kali menulis. Juga lakukan riset untuk mengetahui bagaimana orang lain menyajika informasi yang masih berhubungan dengan topik Anda. 

7. Anda Tidak Meminta Komentar Di Akhir Tulisan Anda

Tidak ada yang salah jika Anda meminta komentar dari pengujung di akhir setiap artikel yang Anda tulis. Jangan malu. Jangan ragu. Mintalah komentar.

Beberapa contoh penutup yang baik:

• “Saya penasaran dengan apa yang dipikirkan tentang komentar. Beritahu kepada saya apa yang Anda pikirkan di kotak komentar.”

• “Apakah saya melewatkan sesuatu? Tips seperti apa lagi mungkin bisa bekerja dengan baik? Saya menunggu komentar Anda di kotak yang telah disediakan.”



• “Apakah Anda punya pengalaman yang berbeda? Bagikan di kotak komentar di bawah ini”

Anda Layak Mendapatkan Lebih Banyak Komentar

Sekarang Anda tahu penyebab blog Anda sepi komentar. Setelah Anda menyadarinya, sudah saatnya untuk segera mengaplikasikan apa yang baru saja Anda baca.

Jangan kaget karena Anda akan segera mendapatkan komentar lebih banyak lagi. Anda hanya perlu melakukan apa yang tertulis diatas dengan teliti agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pada akhirnya, jagalah kepercayaan pengujung dengan terus menulis konten-konten berkualitas sehingga Anda akan terus mendapatkan komentar dari pengunjung blog Anda. Dijamin. Anda tidak akan pernah menyesal. Selamat menikmati komentar-komentar yang masuk.

Kira-kira apalagi yang menyebabkan blog sepi komentar? Jangan ragu untuk berbagi di kotak komentar di bawah.

Iklan

17 tanggapan untuk “Mengapa Tidak Ada yang Berkomentar di Blog Anda dan Apa yang Harus Anda lakukan?

    1. Saya setuju sama Pak Saifan. Blog walking dan tentu saja senang berkomentar itu salah satu Cara kita dapet pengunjung sekaligus komen. Percuma artikelnya keren kalau pemiliknya nggak mau gaul.

      Disukai oleh 1 orang

  1. saya salah satu yang mengalami blog sepi komentar. meski pengunjung blog saya sudah agak banyak. belum tahu apa penyebab orang yg berkunjung ke blog saya jarang meninggalkan komentar, kritik, saran apalagi pujian.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s