Tulisan Shiq4 di-Copy Paste Blogger Lain

tulisan dikopas blogger lain

Sumber gambar : copypress.com

Permasalahan yang sering terjadi di dunia informasi adalah pencurian konten. Sejak tahun 2015 lalu, konten-konten blog shiq4 telah diterbitkan di website-website lain tanpa seizing dari saya. Lucunya, tulisan saya yang dicuri mendapat pujian di kotak komentar dan yang lebih konyol lagi, blogger yang mencuri konten saya menjawab komentar-komentar yang masuk tanpa merasa bersalah seolah ia yang telah menulis artikel-artikel tersebut.

Seperti yang saya prediksikan, blog-blog yang mencuri konten saya sudah tidak aktif lagi. Karena blognya dibangun dengan menggunakan konten-konten curian, mungkin ada blogger yang melaporkan hal tersebut melalui DMCA sehingga blog tersebut tidak lagi diindeks oleh Google.

Menurut beberapa referensi yang saya baca, blog yang diduga mencuri konten, kemudian terbukti melanggar hak cipta, secara otomatis kontennya menjadi draft. Jika ia tidak menghiraukan peringatan Google dan tetap menerbitkan konten curian, maka blognya tidak akan lagi muncul di halaman hasil pencarian. Sebuah kerugian besar bagi pelaku pencurian konten.

Memasuki tahun 2016, keadaan tidak berubah. Masih ada saja blogger yang meng-copy paste tulisan-tulisan saya. Saya menanggapinya dengan tenang dan biasa saja. Cepat atau lambat akan ada orang yang melaporkan blog tersebut mengingat blogger yang suka mencuri konten pasti juga meng-copy paste dari sumber lain selain blog saya. Jadi, saya membiarkannya saja tanpa melakukan tindakan apapun.

Saya Tidak Punya Niat Membangun Blog yang Sukses

Beberapa blogger biasanya akan merasa kesal dan marah jika mengetahui karyanya dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Selain karena tidak sesuai dengan etika ngeblog, sebuah pencurian menyebabkan terjadinya duplikat konten. Sebagian blogger percaya bahwa hal semacam itu berpengaruh langsung terhadap posisi search engine result page (SERP). Kabarnya, posisi artikel blog yang di-copy paste bisa keluar dari posisi 10 besar halaman pertama Google. Dan yang lebih megesalkan lagi, pelaku copy paste malah bisa berada di halaman pertama sehingga mendapatkan lebih banyak kunjungan dibanding dengan sumber asli tulisan.

Tapi hal tersebut tidak berlaku buat saya. Tujuan ngeblog saya adalah mendokumentasikan semua pengetahuan yang saya miliki ke dalam blog ini. Saya ngeblog untuk kepuasan pribadi saja sehingga tidak terganggu dengan jumlah pengunjung yang sedikit. Sekalipun blog ini tidak lagi dikunjungi orang, saya akan terus menulis dan mengupdate blog ini.

Kalaupun Anda merasa tulisan saya bagus dan ingin mempublikasikannya di blog Anda, silahkan saja. Asalkan Anda siap dengan kerugian akibat copy paste artikel dari blog lain.

Tidak Ada Blog Copy Paste yang Sukses

Selama 17 bulan ngeblog, saya telah membaca berbagai informasi di internet. Saya juga mempelajari teori-teori tentang mengembangkan sebuah blog untuk menjadi sukses. Namun saya tidak pernah sekalipun menemukan ada blog yang terkenal atau sukses dengan cara copy paste tulisan blogger lain.

Sebagian besar pelaku copy paste adalah blogger baru. Mereka mungkin tidak tahu bahwa kebiasaan buruk mereka menyalin tulisan orang lain dan mengakuinya sebagai karya mereka bisa menyebabkan blogger lain membenci mereka. Jika ketahuan, maka tidak akan ada lagi orang yang membaca tulisan-tulisan yang diterbitkan di blog yang mereka kelola.
Menurut pengamatan saya, kejadian semacam ini terjadi karena mereka ingin mengesankan pengunjung blog yang mereka kelola dengan konten berkualitas. Namun keinginan tersebut tidak tercapai karena keterbatasan ilmu pengetahuan dan kemampuan menulis yang buruk. Akibatnya, mereka memilih jalan pintas dengan copy paste. Tanpa mereka sadari, inilah pembunuh kreativitas mereka. Dan jika dibiarkan, kemampuan menulis yang mereka miliki tidak akan pernah berkembang ke arah yang lebih baik.

Lagipula belum pernah saya dengar blog yang dibangun dengan mencuri konten bisa sukses dan menghasilkan uang. Kalau pun ada, segera setelah diketahui publik bahwa konten Anda adalah konten-konten copy paste, blog Anda akan segera ditinggalkan dan tidak lagi dihiraukan.

Pertanyaannya : mau sampai kapan copy paste? Apa tidak malu kalau ketahuan?

Lebih baik menerbitkan tulisan jelek milik sendiri daripada mengesankan pengunjung dengan meng-copy paste karya orang lain

    
  

32 thoughts on “Tulisan Shiq4 di-Copy Paste Blogger Lain

  1. Ini pernah terjadi sama saya . Dimana puisi puisi saya di post sama orang lain…
    Saya kesel siih…. soalnya ketika saya komentar pakek akun lain, saya tanya ini tulisan siapa? Dia jawab ~aku

    Duuh nyesekk

    Disukai oleh 2 orang

  2. Maling di mana-mana ya, Mas?
    Sy sbg blogger n sekaligus pembaca bisa membedakan tulisan asli n copas kl lg nyari sesuatu di google. Sy pernah baca ada aplikasi agar konten blog kita ga bisa dicopas. Ntr ada tulisan “don’t copy” di blog kita. Sy mau coba cari lg alamatnya, lupa soalnya.

    Suka

  3. Dulu ketika pertama kali ngeblog, saya begitu ingin blog saya terkenal dan dikunjungi banyak orang. Sekarang tidak lagi. Saya juga menulis untuk kepuasan diri saya sendiri dan mendokumentasikan pengalaman dan pikirkan serta berbagi pengetahuan.

    Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

    Disukai oleh 1 orang

  4. Tulisan mas bgus dan informatif sih, makanya ad yg copas. Nah, blog sy isiny curhatan, ya gk ad yg copas. Hehe…. Cma pernah sih ad yg ambil gambar di blog sy tp untungnya cantumin sumber aslinya

    Disukai oleh 1 orang

  5. Maju trus mas shiq, saya selalu menikmati konten2 yang mas bikin hehe.
    Btw kalau mas bikin tulisan itu, prosesnya gimana ya? Trus apa punya jadwal khusus untuk nerbitinnya? Fira nggak smpat stalking blog mas jd kalau sdh prnh ada ttulisannya ksh link aja mas nnti fira baca hehe

    Suka

    1. Saya termasuk orang kaku yg mengikuti aturan2 penulisan dari bahasa indonesia. Paling nyari ide, buat judul, trus nyari referensi dari blog2 bahasa inggris, tambahin sedikit opini. Gitu aja 🙂

      Disukai oleh 1 orang

  6. Tulisan kita di copas orang lain itu nyakitin. Tapi lebih sakit lagi kalau udah capek nulis dikira nyuri artikel orang hanya gara2 tema yang seragam. Udah gitu pakai dibikinin artikel pedes pula sampai dua kali. Itu lebih sangat sangat sangat menyakitkan.
    Apalagi giliran nyoba meluruskan aka membela diri malah dikeroyok dikatain ini itu. Yo wis lah.
    Tuhan tahu kok, sebodoh apapun saya saya nggak akan tayangin dengan sengaja tulisan curian.

    Suka

  7. Tulisan dicopas emang bikin nyesek banget. Dulu pas awal-awal masuk ke dunia blog, beberapa kali juga copas tulisan dan gambar tanpa mencantumkan sumber. Sebenarnya dulu bukannya berniat apa-apa, cuma ngerasa kalau postingannya keren dan perlu direpost. Istilahnya, disimpen jadi dokumen pribadi supaya ntar gampang bacanya. Tapi akhirnya nyadar juga bahwa itu tuh menyalahi etika per-blogger-an. Mungkin sebagian dari para tukang copas itu sebenarnya nggak tahu kalau itu salah

    Suka

  8. yang ngopas tuh karena pengen instan, pengen cepat ngisi blog spy bisa di monetasi kali ya.. pengen cepat terkenal. Saya pernah melaporkan blog yg ambil foto saya, langsung dihapus google.. ada juga yg ambil foto saya dan buang watermark yg saya buat, serba salah dg para tukang copas ini, biarin ajalah toh kita sendiri yg tahu mana yg aslinya 🙂 .

    Disukai oleh 1 orang

  9. Lebih baik dihubungi dulu penulisnya, kalo tidak ada kontak di blog mereka langsung ke google dcma, search sj caranya pngaduannya.
    Pnglmn sy blog news abal2 yg sering pakai autoblog karena lbih ekonomis tdk butuh pegawai.
    Saran saya kalau anda2 yg membaca komentar saya saat ini dan ingin menjadikan blog sbagai pnghasilan sebaiknya cepat2 daftarkan blog ke webmaster mesin pncari bing,gogl dll. Alasanya agar artikel lbih dulu ter indeks. Tp pihak googl/bing pasti tau mana artikel yng lebih dulu terbit walaupun wakti penerbitannya di set lebih lampau.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s