Jose Mourinho, Tradisi Juara, dan Manchester United

mourinho dan manchester united

Sumber gambar : mirror.co.uk

Berbicara tentang sepak bola, mourinho merupakan salah satu legenda hidup. Ia telah dua kali memenangi liga champions bersama porto dan inter Milan. Ia juga pernah menjuarai liga inggris bersama Chelsea, memenangi liga Portugal bersama porto, juara liga spanyol bersama real Madrid, dan meraih scudetto bersama inter Milan.

Dengan segudang prestasi di atas, musim ini klub sebesar Manchester united pun mendatangkan the special one untuk menukangi Rooney dkk. Maklum saja, setelah sir alex ferguson pensiun, Manchester united seperti kehilangan taringnya. David moyes dan Louis van gaal tidak bisa meneruskan tradisi juara yang dibangun sir alex ferguson.

Tiga musim tanpa gelar merupakan sebuah aib bagi Manchester united. Bahkan menembus zona liga champions pun gagal. Di musim ini, publik old Trafford berharap pada tangan dingin mourinho untuk mengembalikan kejayaan Manchester united yang semakin memudar.

Mourinho dan Tradisi Juara

Sudah sejak tahun 2004 saya mengidolakan jose mourinho. Kemanapun jose mourinho pergi, saya akan mendukung klub yang dilatihnya. Seingat saya semua klub yang ditukangi mourinho selalu berhasil menjadi juara di akhir musim.

Walaupun demikian, mourinho dikenal sebagai sosok pelatih yang mengagungkan kemenangan. Ia tidak segan untuk bermain bertahan ketika sedang unggul. Terakhir, ketika ia membawa Chelsea juara pada musim 2014-2015, semua orang menjuluki strategi yang diterapkan mourinho sebagai “parkir bus”.

Sebagai fans mourinho, saya tidak pernah menghiraukan hinaan yang ditujukkan pada pelatih berkharismatik tersebut. Ini sepak bola. Semua strategi boleh dilakukan selama tidak melanggar aturan yang ditetapkan FIFA.

Fans Barcelona boleh bangga dengan sepak bola menyerangnya. Fans Arsenal boleh bangga dengan permainan indahnya. Dan fans mourinho selalu bangga dengan strategi bertahan yang sulit ditembus tim-tim lawan.

Pada akhirnya diakhir kompetisi klub-klub yang diasuh mourinho selalu keluar sebagai juara. Catatan tersebut juga mungkin menjadi pertimbangan petinggi Manchester united untuk menunjuk mourinho sebagai pelatih di awal musim 2016/2017. Apakah the special one bisa mempertahankan tradisi juara dan membawa Manchester united kembali ke “tempat yang seharusnya”? Semoga saja demikian.

Fans Karbitan yang Ingin Menjadi Fans Sejati Sebuah Klub

Sepanjang hidup saya, saya telah mendukung Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid. Orang-orang di sekitar saya mungkin menganggap bahwa saya adalah fans karbitan, bukan fans sejati.

Itu tidak salah. Karena saya memang tidak memiliki ikatan emosional apapun dengan klub-klub sepak bola. Satu-satunya kesalahan dari orang-orang yang menganggap saya fans karbitan adalah mereka mengira bahwa saya mendukung klub sebagaimana mereka. Padahal tidak. Saya hanya mendukung klub yang dilatih mourinho.

Intinya saya tidak pernah ngefans terhadap klub sepak bola manapun. Tetapi saya merupakan fans sejati dari jose mourinho.

Sebagai fans sejati mourinho, saya benar-benar berharap mourinho tidak lagi berpindah-pindah melatih klub. Saya ingin mourinho seperti sir alex ferguson atau arsene wenger yang melatih sebuah klub dalam waktu yang lama sehingga nantinya saya pun bisa menjadi fans sejati dari klub yang dilatihnya.

Dan Manchester united sepertinya merupakan klub yang tepat bagi mourinho untuk menambatkan hatinya. Baik Manchester united dan mourinho memiliki kesamaan, yakni sama-sama memiliki tradisi juara. Akan sangat menyenangkan jika melihat mourinho bisa melatih Manchester united selama 20 tahun seperti sir alex ferguson.

Itu merupakan impian besar saya sebagai fans sejati jose mourinho.

Prediksi Saya Tentang Mourinho dan Manchester United Musim 2016/2017

Mourinho menyukai formasi 4-5-1 dimana biasanya dalam pertandingan formasinya bisa berubah menjadi 4-3-3. Dengan demikian, sepertinya akan terjadi perombakkan besar dalam skuad Manchester united musim ini.

Selain terbukti tidak mampu berkontribusi besar di musim lalu, pemain-pemain Manchester united saat ini tidak cocok dengan karakter yang diinginkan mourinho. Biasanya pemain yang sering dipakai oleh mourinho merupakan pemain yang memiliki determinasi tinggi dan mempunyai skill individu yang mumpuni karena mourinho sering mengandalkan serangan balik yang mematikkan. Kebanyakkan pemain Manchester united saat ini tidak memiliki hal tersebut.

Maka sudah bisa dipastikan Manchester united akan belanja besar-besaran lagi, menjual pemain yang tidak dibutuhkan, dan kembali ke jalur yang benar.

Mungkin Manchester united belum bisa juara premier league untuk musim ini, tetapi saya yakin Manchester united mampu mengamankan satu tiket ke liga champions untuk musim depan.

Sedangkan cerita berbeda mungkin bisa terjadi di piala liga dan piala FA.
Saya hanya merasa yakin bahwa di musim pertamanya di Manchester united, maurinho akan menghadirkan gelar-gelar kelas dua seperti piala liga atau piala FA. Dan jika semuanya berjalan sesuai rencana, mungkin Manchester united bisa berbicara banyak di kasta kedua yang diikutinya, liga eropa.

Tinggalkan Balasan

