7 Tips agar Semangat Ngeblog Lebih Stabil

tips agar semangat ngebloh

Sumber gambar : agansufyan.com

Apakah Anda seseorang yang baru menekuni hobi ngeblog?

Pasti ada banyak hal yang ingin Anda lakukan. Bahkan terlalu banyak seh Blog ingga Anda bingung mau mulai dari mana.

Masalahnya adalah terkadang semangat Anda hilang begitu saja saat melakukan to do list yang telah Anda susun. Dan rasanya pasti cukup menyebalkan. Memiliki banyak rencana hebat, namun tidak bisa merealisasikannya.

Semua menjadi berantakan.

Entah bagaimana, setiap kali Anda mencoba bangkit dan merencanakan untuk melakukan semuanya dengan semangat seperti saat Anda membuat blog pertama kalinya, Anda merasa semakin mal

Blog Anda terbengkalai.

Anda hanya menunggu keajaiban. Berharap semangat ngeblog Anda akan tumbuh tanpa melakukan apapun.

Tapi itu tidak akan pernah terjadi!

Jika Anda ingin memiliki semangat yang stabil, tidak peduli sedikit apapun jumlah pengunjung Anda atau jumlah komentar yang masuk, maka Anda harus melakukan “sesuatu”.

Hari ini adalah hari keberuntungan Anda karena “sesuatu” tersebut akan saya bahas di postingan kali ini.

Setelah Anda membaca tips-tips yang membuat semangat ngeblog Anda stabil, Anda bisa ngeblog dengan perasaan senang seolah terlahir kembali.

Tidak ada lagi rasa malas.

Tidak ada lagi rasa bosan.

Semangat Ngeblog Naik dan Turun adalah Hal Wajar Tapi…..

Semua blogger mengalaminya. Kadang semangat ngeblog membara, kadang semangat ngeblog menurun. Itu hal yang wajar.

Jika sedang membara, maka Anda bisa mempublikasikan empat atau lima artikel dalam seminggu, berkomentar di lebih banyak blog, atau mungkin masih sempat menanam backlink di beberapa situs.

Namun jika semangat sedang menurun, maka Anda mungkin hanya menghasilkan satu artikel saja dalam seminggu dan malas melakukan kegiatan ngeblog lainnya.

Tapi jika Anda tidak berhati-hati, mungkin Anda akan kebablasan. Bagaimana pun juga, menurut saya, penyebab terbesar orang-orang berhenti ngeblog adalah karena tidak memiliki semangat yang stabil.

Sekarang perhatikan diri sendiri. Seberapa sering Anda mengalami penurunan semangat dalam sebulan?

Jika terlalu sering, postingan kali ini akan membantu Anda. Jika tidak terlalu sering, Anda bisa menghabiskan waktu untuk membaca artikel lainnya.

Ubah Mindset Anda

Saya telah banyak melihat blogger yang gagal. Dan mungkin kegagalan tersebut dikarenakan penurunan semangat yang tidak segera ditangani.

Rasa malas menjadi semakin besar setiap hari. Sekali saja Anda membiarkan rasa malas menguasai Anda, maka selama beberapa hari berikutnya Anda akan bertambah malas saja. Saat Anda menyadarinya, semua telah terlambat.

Karena terlalu lama tidak mengupdate blog, Anda kehilangan pembaca setia. Ketika Anda melihat statistik yang menurun, Anda menjadi semakin malas saja. itu skenario yang biasa terjadi.

Saya akan memberitahu Anda sebuah rahasia kecil sebelum rasa malas menyerang. Dilihat dari manapun, mencegah lebih baik dari mengobati. Jadi, apa rahasianya?

Jangan menganggap kegiatan ngeblog sebagai beban, bersenang-senanglah dengan blog Anda.

Saya tidak sedang bercanda, kebanyakan orang tidak pernah bersenang-senang dengan blog yang mereka kelola. Mereka tidak bebas. Dan pikiran mereka selalu merasa terbebani.

Cobalah lebih santai dalam ngeblog. Yang terpenting konsisten. Tulis apapun yang Anda sukai. Tulisan jelek yang Anda tulis sepenuh hati lebih baik dari “artikel berkualitas” menurut orang lain.

Cobalah luangkan waktu untuk membaca artikel-artikel lama Anda. Apakah Anda merasa puas dengan apa yang Anda tulis? Apakah Anda merasa senang dengan tulisan Anda meskipun itu tulisan yang jelek?

Jika ya, selamat. Anda sudah memiliki modal untuk menjadi blogger sukses. Jika tidak, maka Anda harus berubah. Tanpa sebuah perubahan, Anda tidak akan pernah memiliki semangat yang stabil.

Karena semangat terbentuk dari rasa puas ketika kita melakukan aktivitas tersebut.

Anda juga bisa membaca “Mindset salah yang membuat blog Anda tidak berkembang” agar tahu mindset seperti apa yang mengancam blog yang Anda kelola. 

Tips Agar Semangat Ngeblog Anda Stabil

Setelah Anda memiliki mindset yang benar, itu tidak menjamin bahwa Anda semangat Anda akan terus membara sepanjang waktu. Masih ada banyak hal yang harus Anda lakukan.

Berikut adalah hal-hal kecil yang bisa membuat semangat Anda tetap stabil:

1. Milikilah Blogger Idola

Saya punya idola. Blogger favorit saya adalah darrent rows dan jon morrow. Kedua blogger tersebut adalah inspirasi saya dalam mengelola blog ini.

Jadi, apa hubungannya antara idola dan semangat ngeblog?

Dalam banyak hal, saya ingin seperti mereka berdua. Saya bahkan pernah menulis ulang beberapa tulisan darrent rows. Dan saya mempelajari gaya menulis dari jon morrow. Meskipun tulisan saya tidak sebagus mereka, saya tetap optimis bahwa saya bisa seperti mereka di kemudian hari.

Saya tidak tahu dengan Anda, tapi menurut saya, memiliki idola sebagai panutan akan membuat kita tetap bersemangat ketika mengalami hal-hal buruk. Idola saya membuat saya mengerti apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Pernah juga saya seperti anak kecil, membayangkan diri seperti tokoh idola saya ketika menulis. Itu membuat saya lebih antusias dan selalu bersemangat. Walaupun saya tidak bisa seterkenal mereka berdua, saya tetap merasa senang berimajinasi seolah-olah menjadi mereka.

Itu yang terpenting.  Tetap semangat dan punya sosok yang ditiru.

2. Buat Target Ngeblog yang Realistis

Ngeblog itu sebuah permainan.

Awalnya kita mungkin cukup puas dengan 20 orang pengunjung dan satu atau dua komentar. Tapi setelah Anda terus mengalaminya, rasa senang mulai berkurang. Kita mengingkan hasil yang lebih baik.

Karena itu, mulai sekarang Anda harus punya tujuan atau target kecil yang jelas, sesuatu yang bisa diukur. Misalnya, mendapat pengunjung harian sebanyak 50 orang, mendapatkan 10 komentar, menerbitkan 3 artikel per minggu, dan lain-lain.

Setiap kali Anda melakukan sebuah pencapaian, Anda akan bersemangat untuk melebihi pencapaian sebelumnya. Hal-hal kecil seperti ini bisa membuat Anda lebih bersemangat.

Tapi perlu diingat, target yang Anda tetapkan harus realistis. Karena jika Anda terlalu berangan-angan dan menetapkan target yang tidak masuk akal, semangat Anda bisa turun drastis karena gagal mencapai apa yang Anda inginkan.

3. Belajar Menjadi Penulis yang Lebih Baik

Saat masih kuliah saya paling bersemangat dan antusias dengan mata kuliah manajemen pemasaran. Bukan karena materinya mudah. Juga bukan karena dosennya ramah. Tapi karena saya menguasai pelajaran tersebut.

Dalam ngeblog, hal semacam itu tetap berlaku. Anda akan lebih bersemangat jika menguasai inti dari kegiatan ngeblog, yaitu kegiatan menulis.

Menjadi blogger sama artinya dengan menjadi penulis. Jika Anda tidak konsisten menulis, maka blog Anda pun akan sepi pengunjung. Itu aturan yang selalu berlaku bagi semua orang.

Sayangnya, banyak blogger yang tidak memperhatikan hal ini. Mereka tidak pernah belajar menjadi penulis. Dan mereka selalu mengeluh dan tidak bersemangat saat harus menulis sesuatu.

Jadi, penting bagi Anda terus mengasah kemampuan menulis. Semakin mahir Anda menulis, semakin bersemangat Anda menjalani aktivitas ngeblog.

Beberapa artikel yang bisa membantu Anda menjadi penulis yang lebih baik:

10 Prinsip menulis – Dasar-Dasar menulis yang bisa membuat Anda menjadi penulis yang lebih baik dari saat ini.

7 Tips menulis efektif – Tulisan yang bagus bukan dilihat dari jumla katanya, tetapi dari efektivitasnya. Artikel ini akan membantu Anda menemukan gaya menulis yang efektif untuk menyampaikan ide-ide Anda.

15 Tips menulis untuk pemula – Saya menerbitkan artikel ini beberapa bulan yang lalu. Meskipun tulisannya jelek, saya rasa Anda akan terbantu dengan isi artikel tersebut. 

5 Tips menulis artikel di blog – Menulis di blog tidak sama dengan menulis buku. Ada beberapa trik untuk membuat artikel Anda lebih menarik bagi orang lain.

4. Temukan Short Cut

Anda bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu mempercantik blog Anda, menulis konten berkualitas, atau menanam backlink di banyak situs.

Tapi hasilnya tidak akan memuaskan. Sepertinya hal itu membuat semangat Anda menurun karena kerja keras Anda sia-sia belaka.

Saya akan menyadarkan Anda, ngeblog tidaklah semudah yang Anda kira. Banyak ilmu yang harus Anda pelajari agar blog Anda dibanjiri orang-orang yang haus informasi (sesuatu yang Anda tulis).

Blogger baru mungkin tercengang ketika membaca postingan blogger lainnya tentang berapa banyak pengunjung yang mereka dapatkan. Atau mungkin Anda heran mengapa blogger lain bisa memiliki alexa rank yang ramping.

Bahkan Anda mungkin bingung bagaimana cara membuat konten Anda muncul di halaman pencarian.

Semua itu bisa terjadi jika Anda kerja cerdas, bukan kerja keras.

Ada banyak shortcut yang tidak Anda ketahui. Jadi, mulai luangkan waktu membaca tips-tips ngeblog atau hal-hal yang berhubungan dengan ngeblog.

Segera setalah Anda mengetahuinya, Anda akan tersenyum sendiri. Ternyata beberapa saat setelah Anda mempublikasikan artikel, robot Google akan mengindeks konten Anda. Dengan sedikit trik, konten Anda bisa duduk di halaman pertama Google.

Ada juga shortcut yang bisa menurunkan alexa rank dengan cepat.

Bahkan Anda tidak perlu bekerja lebih keras lagi untuk membuat blog Anda mendapat ribuan pengunjung.

Temukan shortcut-shortcut dalam mengelola blog dan semangat Anda akan menjadi lebih stabil karena Anda tahu bahwa semuanya berjalan sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Tidak ada lagi kerja keras yang sia-sia.

5. Berteman dengan Blogger Lain

Manusia itu makluk sosial. Selalu membutuhkan orang lain dalam kehidupannya.

Dalam ngeblog, Anda juga membutuhkan orang lain. Tanpa hal tersebut, Anda akan kesepian dan tidak bahagia sekalipun blog Anda diakses oleh ratusan orang tiap hari.

Adalah penting untuk berinteraksi dengan blogger lain karena berkomunikasi dengan orang-orang yang sama antusiasnya dengan kegiatan yang kita lakukan bisa memberi semangat secara tidak langsung.

Selain itu, saat Anda melakukan tradisi blogwalking, Anda akan mendengarkan bagaimana blogger lain menanggapi tulisan yang Anda buat. Apakah sudah enak dibaca? Apakah ada kritik yang masuk? Atau ada yang berterima kasih kepada Anda melalui kotak komentar dan email?

Membaca komentar yang masuk selalu membuat perasaan saya senang. Saya merasa dihargai. Dan itu membuat semangat ngeblog yang turun menjadi naik lagi.

Ada perasaan menjadi orang penting. Ada orang yang menunggu untuk membaca tulisan-tulisan kita. Ada banyak ilmu yang ingin saya bagikan.

Semua terjalin indah menjadi sebuah sistem. Dan karena alasan tersebut, saya tidak boleh malas atau bosan. Karena akan ada yang kecewa jika saya memutuskan untuk berhenti ngeblog.

Anda tidak akan betapa banyaknya manfaat yang Anda peroleh ketika berkomentar di blog orang lain. Yang pasti, itu akan membuat blog Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya.

6. Just Become Your Self

Perasaan Anda salah.

Tidak ada orang yang marah jika Anda curhat tentang masalah pribadi.

Tidak ada orang yang sakit hati karena membaca tulisan Anda yang jelek.

Dan tidak ada orang yang kecewa seandainya Anda menulis hal-hal yang aneh atau pemikiran Anda tentang suatu hal.

Percaya atau tidak, sejauh ini lingkungan ngeblog saya adalah sesuatu yang baik.

Saya pernah mempublikasikan tulisan tentang memberi kepada pengemis. Disaat semua orang mulai bingung membedakan pengemis jadi-jadian atau bukan, saat mereka mulai tidak iklas memberi pengemis, saya memiliki pemikiran yang lain.

Ternyata ada beberapa blogger yang menyetujui opini dan tindakan saya.

Saya juga merasa nyaman ketika menulis penyakit skizofrenia yang saya derita. Begitu banyak komentar positif yang membuat saya lebih bersemangat dan berjuang melawan penyakit ini. Meskipun saya tidak pernah kenal kebanyakan dari mereka, kata-kata positif mereka begitu berarti bagi saya.

Perlu Anda ketahui, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Jadi, jangan merasa malu untuk menceritakan pemikiran Anda atau tindakan-tindakan konyol Anda.

Jadilah diri sendiri. Dan Anda tidak akan lagi terbebani karena memikirkan semuanya sendirian.

Saat Anda menyadari bahwa orang lain menerima Anda apa adanya, Anda akan lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas ngeblog Anda. Percayalah.

7. Baca Artikel-Artikel Motivasi

Saya pernah merasa sedih karena cuma sedikit blogger yang berkomentar di blog saya. Kadang saya juga merasa malas menulis karena terlalu lelah. Saat itu terjadi, saya mencari artikel-artikel motivasi.

Karena yang kita bicarakan adalah semangat ngeblog, maka yang paling tepat adalah membaca cerita-cerita sukses yang dialami oleh orang lain saat mereka ngeblog.

Ternyata di dunia ini begitu banyak cerita inspiratif yang berkaitan dengan blog. Ada orang yang memiliki hutang menumpuk dan sukses melalui blog.

Ada mantan tukang angon bebek yang bisa menghasilkan ratusan juta rupiah melalui blog.

Ada blog yang berisi cerita-cerita kehidupan sehari-hari yang begitu inspiratif. Dan masih banyak lagi cerita lainnya.

Saat saya sedang merasa sedih dan malas menulis, saya juga biasa membaca blog teman-teman yang menulis tentang keseharian mereka.

Kadang lucu, kadang sedih, kadang iri, kadang antara percaya dan tidak percaya, kadang ikut senang, dan banyak emosi lainnya.

Bagi saya, tulisan teman-teman ngeblog adalah motivasi terbaik. Jika mereka bisa terus menulis dan bersemangat selama bertahun-tahun, maka seharusnya pun saya bisa melakukannya.

Itu menurut saya. Anda bisa mencari motivasi yang cocok bagi Anda lewat Google karena cerita yang sama mungkin tidak akan bekerja sama baiknya.

Jangan khawatir, cerita sukses sangat banyak. Anda bisa memilih cerita yang benaar-benar membuat semangat Anda membara ketika membacanya.

Anda hanya perlu sedikit bermain dengan Google untuk mendapatkan cerita yang bagus.  

Waktunya Untuk Berubah

Sekarang saatnya Anda memutuskan.

Apakah Anda serius dengan kegiatan ngeblog Anda? Paling tidak Anda tidak punya rencana untuk mengakhiri petualangan ngeblog Anda dalam beberapa bulan ke depan.

Jika Anda benar-benar menggunakan semua tips agar semangat ngeblog Anda stabil di atas, maka Anda akan lebih bergairah dalam menulis, lebih antusias untuk blogwalking, dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tapi perlu diingat, sebesar apapun semangat Anda, jangan lupakan kegiatan Anda di dunia nyata karena ngeblog juga bisa memberikan dampak buruk jika Anda tidak bijaksana dalam menjalani segala aktivitas ngeblog. Semoga hal semacam itu tidak pernah menimpa Anda.

Punya pertanyaan? Punya pengalaman yang berbeda? Jangan disimpan untuk diri sendiri. Berbagilah melalui kotak komentar yang disediakan. Saya akan senang membaca pendapat Anda.

12 thoughts on “7 Tips agar Semangat Ngeblog Lebih Stabil

  1. Bermanfaat! Makasih buat sharing dan inspirasinya!

    Males buat nulis itu kadang gamggu konsistensi buat senantiasa blogging ya.. Kalo udah gini, biasanya saya baca. Baca majalah, artikel online, blog orang lain, apa pun yang senafas sama blog saya. Niscaya, langsung kepancing buat nulis! 😀

    Suka

    1. Terima kasih atas apresiasinya mas iyoskusuma. Kalau ingin serius memperbaiki kemampuan menulis, saran saya mulai menulis hal2 sederhana yg kita kuasai temanya. Setelah mahir, baru kita menulis lebih serius dg memakai tulisan orang lain sebagai referensi.

      Suka

  2. Artikelnya enak dibaca n memotivasi. Memang malas itu gak boleh dikasih hati n kesempatan lbh bnyak, maka akan lebih malas dan malas lalu berhenti melakukan, mau gak mau, sedikit banyaknya yang namanya paksaan selalu ada

    Suka

  3. Cocok dengan kondisi saya saat ini yang sedang berada di titik terendah menjalani keseharian sebagai seorang blogger… Semoga tulisan ini bisa memotivasi saya, thanks untuk tulisannya!! Sukses selalu

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s