Peringatan :  7 Tanda Kalau Anda Bukan Blogger yang Cukup Baik Dalam Mengelola Blog

Membuat blog sangatlah mudah. Anda tinggal mengisi beberapa form pendaftaran, kemudian Anda akan mendapatkan sebuah blog yang siap mempublikasikan karya-karya Anda.

Tapi mengelola blog adalah perkara lain. Sangat sulit dilakukan. Anda membutuhkan kemampuan menulis yang mumpuni agar orang lain mampu memahami maksud Anda. Anda membutuhkan berbagai pengetahuan tentang ngeblog agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Anda juga butuh kemampuan berkomunikasi yang baik agar bisa membangun hubungan baik dengan blogger lain. Dan banyak hal lainnya.

Sayangnya, hanya sedikit orang yang benar-benar mampu telaten mengelola blognya sampai berhasil. Sisanya, hanya menjadi pengembira saja. Bahkan mungkin orang lain tidak pernah menganggap blog Anda pernah eksis, orang akan melupakan Anda. 

Saya masih ingat betapa sulitnya untuk mendapat  pengunjung . Entah mengapa saya kok merasa bingung karena semua pengetahuan tentang ngeblog telah saya aplikasikan dengan sebaik-baiknya. Namun hasilnya selalu mengecewakan. Saya tidak puas dengan angka-angka statistik blog saya.

Setelah melakukan cek dan ricek, ternyata kegagalan saya dikarenakan saya tidak mengelola blog dengan cara yang benar. Itu menyebabkan blog saya sepi pengunjung dan sepi komentar dalam waktu yang lama.

Jika Anda tidak ingin mengalami pengalaman buruk sebagaimana saya di masa lalu, setidaknya Anda harus memperhatikan 7 tanda kalau Anda tidak cukup baik dalam mengelola blog berikut ini dan segera merencanakan untuk berubah di masa depan :

1. Anda Tidak Mengupdate Blog Secara Teratur

Ini masalah yang paling mendasar. Kalau Anda tidak mengupdate blog Anda dalam jangka waktu yang lama, maka Anda segera ditinggalkan oleh pembaca setia Anda. Mereka tidak akan ragu untuk segera menutup browser karena tidak menemukan artikel-artikel baru di blog Anda.

Memang terlihat sepele, tapi percayalah, banyak blogger yang bermasalah dengan kegiatan yang satu ini. Awalnya Anda tidak akan merasa tertekan untuk menulis dan menerbitkan artikel karena Anda masih penasaran dan terlalu senang dengan kegiatan baru Anda sebagai blogger. Tapi setelah cukup lama ngeblog, Anda akan merasa bosan, malas menulis, menunda-nunda, dan bahkan mungkin Anda tidak lagi bersemangat seperti di awal-awal ngeblog.

Agar Anda mampu mempublikasikan artikel secara teratur, sebaiknya Anda mulai menyusun jadwal menulis dan disiplin menjalankannya. Jika Anda konsisten, maka Anda juga  mendapatkan berbagai manfaat dari kegiatan update artikel seperti peningkatan jumlah pengunjung, memiliki pembaca setia, nilai alexa rank yang menurun, dan blog Anda akan terlihat lebih hidup.

2. Anda Tidak Menjalin Hubungan Pertemanan dengan Blogger Lain

Setahun pertama adalah waktu paling sulit bagi saya. Saat itu saya belum mengenal banyak blogger. Saya merasa kesepian dan sering bingung mengapa blog orang lain kok penuh dengan komentar sementara blog saya kok sepi sekali. Usut punya usut, ternyata blog yang ramai komentar biasanya sering blogwalking ke blog teman-teman lainnya.

Saya pun memberanikan diri untuk mulai berkomentar di blog orang lain. Awalnya sih sempat kecewa karena tidak banyak orang yang memperhatikan saya. Sepertinya orang lain tidak mau berkomentar di blog saya meskipun saya sudah berkomentar di blog mereka. Paling-paling cuma dini febia, mbak adhya sahib, dan pak fakhrur roji saja yang rutin berkomentar di blog saya. Sisanya, mereka tidak menghiraukan saya.

Setelah lama merenung, saya berpikir “mungkin orang enggan berkomentar di blog saya karena belum mengenal saya dengan baik”. Saya pun terus berkomentar di blog orang lain. Lama kelamaan saya merasa kenal. Dan akhirnya blog saya pun selalu mendapat komentar setiap kali saya mempublikasikan artikel.

Memang jumlah komentarnya tidak banyak karena saya hanya mampu blogwalking ke sedikit blog saja. Tapi saya sudah cukup puas dengan keadaan seperti ini. Jadi, blogwalking adalah kewajiban jika Anda ingin sukses dengan blog Anda. 

Selain blogwalking, Anda juga bisa menjalin pertemanan dengan blogger lain dengan cara merekomendasikan tulisan blogger lain. Hampir dapat dipastikan blogger yang tulisannya Anda rekomendasikan akan mengecek sumber backlink yang mereka dapatkan. Kalau mereka suka dengan apa yang Anda tulis, maka mereka juga akan merekomendasikan tulisan Anda. Saya sering melakukan cara ini untuk mendapat perhatian dari blogger lain yang sudah terkenal. Beberapa blogger terkenal benar-benar pernah berkomentar di blog saya karena saya merekomendasikan blog mereka.

”Kalau Anda belum bisa menjalin hubungan dengan blogger lain, Anda bukanlah blogger sejati”

3. Anda Tidak Menghidupkan Postingan-Postingan Lama

Masalah yang sering dihadapi oleh blogger adalah kita memiliki postingan yang benar-benar bagus dan berkualitas tapi tenggelam begitu saja di arsip karena tertutup postingan-postingan baru. Tidak ada link postingan tersebut di halaman home, mustahil pengunjung baru menemukannya.

Kebanyakan blogger mungkin tidak terlalu peduli dengan masalah sederhana seperti ini. Mereka cenderung suka untuk menuliskan artikel-artikel baru dan melupakan postingan lama begitu saja. Padahal untuk bisa meningkatkan page view blog, Anda harus pintar-pintar membuat internal link di blog Anda.

Kreativitas Anda sebagai blogger di uji di bagian ini.

Memang tidak wajib sih… tapi kalau Anda ingin mengelola blog dengan benar, Anda harus melakukan internal linking.

Caranya sederhana. Sebelum membuat postingan baru, usahakan untuk menjelajahi postingan-postingan lama Anda. Baca postingan lama Anda. Kemudian cobalah menghubungkan artikel baru Anda dengan artikel lama. Seharusnya hal semacam ini mudah dilakukan. Tapi banyak blogger yang melupakannya ketika mengelola blog mereka. Apakah Anda juga lupa dengan hal sederhana semacam ini?

4. Anda Tidak Mempelajari SEO

Saya bukan fans fanatik SEO. Bahkan saya dulu ngeblog tanpa SEO sedikit pun. Tapi lama-kelamaan saya menyadari bahwa Google adalah sumber pengunjung yang paling menggiurkan. Hal itu terjadi karena salah satu artikel saya menempati halaman pertama Google tanpa sengaja. Bayangkan saja, artikel tersebut sudah dikunjungi lebih dari 3.000 kali.

Sejak saat itu, saya mulai mengaplikasikan SEO di blog ini. Memang tidak semuanya berhasil duduk di halaman pertama Google untuk kata kunci yang saya targetkan, tapi sejauh ini saya puas dengan hasilnya. Blog saya selalu dikunjungi ribuan orang setiap bulan. Bahkan ketika saya tidak sempat blogwalking, jumlah pengunjung tetap stabil.

Blogger yang ingin mengelola blognya dengan baik harus mengakui kenyataan semacam ini dan mulai mempelajari SEO. Tenang saja, tidak sulit kok. Anda bisa mulai dengan membaca pengertian SEO. Jika Anda merasa kesulitan atau ada pertanyaan, Anda bisa meninggalkan komentar dan saya akan membantu Anda dalam mempelajari ilmu SEO.

5. Anda Tidak Menceritakan Kehidupan Pribadi Anda

Untuk menjadi akrab dengan blogger lain atau pembaca setia, sesekali Anda harus menceritakan kehidupan pribadi Anda di blog yang Anda kelola.
Orang-orang ingin tahu buku apa yang Anda baca, film apa yang Anda tonton, atau bagaimana Anda menghabiskan malam minggu. Semua hal yang bersifat pribadi tersebut akan memberi gambaran kepada pembaca tulisan Anda tentang siapa Anda sebenarnya dan bagaimana Anda menjalani kehidupan.    

Jika Anda mampu memberi gambaran bahwa Anda orang yang baik, secara emosional hal tersebut akan membuat orang lain memiliki ikatan yang kuat dengan Anda. Mereka akan senang mengunjungi blog Anda, membaca tulisan Anda, bahkan membagikan artikel Anda di sosial media. 

6. Anda Tidak Punya Target Realistis

Masih ingat pelajaran pertama ngeblog? itu adalah membuat target yang realistis.

Blogger yang baik selalu memiliki rencana yang bagus untuk mengembangkan blognya menjadi lebih baik lagi. Mereka ngeblog dengan terarah dan mau belajar untuk mencapai target-target yang mereka inginkan.

Kalau boleh memberi saran, sebaiknya Anda memulai dengan menetapkan target yang mudah dulu. Misalnya:

• Mendapat 200 follower.
• Posting 2 kali dalam seminggu.
• Meninggalkan 10 komentar di blog orang lain
• Mendapatkan pengunjung 50 orang per hari.
• Dan lain-lain.

7. Anda Tidak Mengatur Waktu Ngeblog dengan Baik

Masalah yang paling sering muncul bagi kebanyakan blogger adalah tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Setiap kali Anda melakukan aktivitas ngeblog, waktu terasa cepat sekali berlalu. Rasanya baru sebentar Anda menhadap layar komputer, tapi setelah Anda melihat jam di pojok kanan komputer, alangkah terkejutnya karena Anda benar-benar menghabiskan waktu selama berjam-jam. Padahal tulisan Anda belum selesai, belum berkomentar di blog lainnya, belum membalas komentar yang masuk, atau belum membaca artikel-artikel yang Anda sukai. Tiba-tiba saja sudah tengah malam. Memuakkan.

Sebenarnya ngeblog tidak memerlukan waktu sebanyak itu jika Anda mampu mengatur waktu dengan baik. Saya hanya menghabiskan 2 sampai 3 jam setiap 3 hari untuk aktivitas menulis. Beberapa menit untuk blogwalking sebelum saya tidur. Lalu membaca artikel yang sukai di sela-sela kesibukan bekerja sebagai referensi menulis. Intinya, Anda harus efisien dalam menggunakan waktu yang Anda miliki.

Tanpa mengatur waktu ngeblog dengan baik, Anda akan lebih mudah mengalami dampak buruk ngeblog. Bahkan yang lebih parah lagi, kehidupan Anda akan terganggu hanya gara-gara aktivitas ngeblog yang tidak teratur. Jadi, bijaksanalah mengatur waktu agar Anda mendapatkan manfaat dari kegiatan ngeblog Anda. Bukan stres sendiri karena merasa memiliki sedikit waktu saja.

Ditulis dengan wordpress untuk android

Iklan

62 tanggapan untuk “Peringatan :  7 Tanda Kalau Anda Bukan Blogger yang Cukup Baik Dalam Mengelola Blog

  1. Duuh *pukpukmasShiqa* maaf yaa saya folbek nya telat, hihihi saya khilaf mas *sungkem*
    Mas, boleh opini pribadi gak? Saya suka sama blogger yang menulis dari hati, kesannya bisa nancep gitu.
    Oh ya, dari blogger yang mas sebutin, setujuuu mbak adhya memang ramaahh..suka bales balesin komen. Hihihi

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya mbak ira mungkin saya nya saja yg terlalu sensitif. Sekarang udah nggak terlalu mikirin banyaknya komentar yang penting statistik menunjukan kalo banyak yang mbaca tulisan saya 😀

      Suka

  2. Wahh informatif. Memang bener konsisten nulis blog tuh susah. Kadang rajin, kadang jenuh. Tp aku mulai belajar disiplin utk nulis seminggu sekali. Jadi weekdays bikin rough draft, wiken dibenerin cari foto2, senen publish deh (teorinya lohh). Doaiin lancar ya 👍

    Suka

      1. Aku nggak pernah mikirin seo atau berapa yang mampir di blogku per harinya. Masih mikirin nulis yang bener dulu sama membentuk jejaring. Ntar pasti tulisan2 itu akan ketemu pembacanya sendiri.
        Blogwalking? Gua banget dah. Apalagi pas main ke blog rame kayak di sini… Satu2 aku klik para komentator dan beberpa sudah kufollow atau follow blog aku… Mayaaan

        Suka

      2. Ha ha ha iya. Semangat mbak dyah. Meskipun tanpa seo kadang2 artikel saya muncul di hasil pencarian google.

        Sepertti untuk kata kunci “tips menulis”, blog saya masuk 3 besar padahal tulisan yang saya publikasikan termasuk tulisan terburuk yang saya buat ketika baru belajar menulis.

        Suka

  3. Semua poinnya sudah kulakukan, kecuali nomer 6 karena terus terang aku ga punya target yang muluk2. Karena prinsipku tetap sama seperti awal membuat blog bahwa blog atau buku akan bertemu dengan pembacanya sendiri. Maksudnya, balik lagi dengan tujuan awal ngeblog kita apa, dari sana kita sudah menetapkan target siapa yg akan jadi pembaca blog kita (targeting, segmentasi dan positioning). Sama kayak jualanlah istilahnya, kita mau “ngejual” blog ini ke pembaca yang demografinya seperti apa, contohnya begitu.

    Suka

  4. Dulu waktu awal ngeblog di tahun 2006 dan sampe pindah ke wordpress di tahun 2009 saya gak pernah jalan2 ke blog lain, karena waktu itu memang cuma pengen nulis aja di blog. Saya baru jalan2 ke blog laen setelah ada yang komen2 di blog saya 😀

    Btw, saya berarti bukan blogger yang baik ya, karena nomor 4 dan nomor 6 tidak saya lakukan..hehehe…

    Disukai oleh 1 orang

  5. Saya sadar banyak hal masih perlu saya benahi setelah membaca postingan ini. Manajemen waktu dan konsistensi salah satunya. Mudah-mudahan saya bisa melakukannya :hehe. Terima kasih sudah mengingatkan ya Mas. Terima kasih juga buat tipsnya, jadi tidak semua postingan harus kita blogwalk ya, yang penting berada dalam rentang waktu yang kita tetapkan :hehe.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Seo itu buat orang2 yg nyari informasi melalui google. Cerpen saya dengam kata kunci “pak polisi yang bijaksana” no satu dan dapat pengunjung yang lumayan. Ada juga cerpen berjudul “apakah kau mencintaiku” gagal sehingga nggak dapat pembaca. Mudah kok mbak grant belajar seo itu.

      Suka

  6. Tambah satu lagi. Selalu memantau blog traffic untuk mereview performance blog kita.

    Blog traffic ini bukan cuma dilihat dari berapa jumlah view dan visitor yang kita dapatkan.

    Contoh teknisnya begini :

    Dari view/ visitor saya mendapatkan fakta penurunan view/visitor. Artinya visitor tidak terlalu lama view blog saya. Dari sini saya harus melakukan upaya-upaya tambahan seperti menambah backlink.

    Dari jumlah like atau comment, kalau terjadi penurunan artinya blog anda menurun kualitas isinya, atau tidak sesuai dengan selera pembaca anda, atau bisa jadi anda jarang blogwalking.

    Suka

    1. Iya pak fakhrur roji. Sebenrrnya dalam mengelola blog saya cenderung seperti itu. Kadang saya juga mikir kenapa saya kok seneng saja melihat sedikit kemajuan. Rasanya tambah semangat untuk menulis artikel lainnya.

      Suka

  7. Aku juga dulu ngeblog nda ada yang berkunjung, soalnya aku males ngunjungin balik hahaha. Tapi ya ada tahapan nya sih, akhirnya mulai rutin ngunjungin dan kalau isinya menarik, aku bakal tetep mampir. Tapi kalau nyepam kadang gak mampir lagi hahaha.

    Disukai oleh 1 orang

  8. kalo dibaca semua syaratnya, wah bener saya bukan blogger yang telaten, lha mau rutin nulis juga susah, pas bahan ada waktunya nggak sempet, pas ada waktu pas nggak ada mood, dan sebagainya.. :mrgreen:

    cuma kalo postingan lama sih biasanya tetep hidup dari hasil pencarian sih.. alhamdulillah ada yang menemukan yang dicari di blog saya.. 😀

    Suka

  9. Permisi gan mw tanya, saya blogger pemula gan, baru 2 minggu ini buat blog, akan tetapi google sudah ngasih peringatannya gan buat blog ane, maksudnya apa ya gan trus klo solusinya gmana gan…? terima kasih sebelumnya gan

    Suka

  10. Misi gan mw pencerahan gan, ane blogger pemula gan, baru 2 minggu ini ngeblog gan, tapi udah dapat aja surat peringatan dari Google gan, itu maksudnya apa ya gan trus ada solusinya ga gan…?
    terima kasih sebelumnya Gan

    Suka

    1. ooo gtu ya gan, iya sih gan tmen ane yang nyaranin ane,untuk pemula copas aja dulu smpai pengunjungnya banyak, brarti blog ane akan dihapus ato gak tu gan…???

      satu lagi gan, blog ane kan tentang download2 film gtu gan, ada tips dan triknya ga gan, ane sebenarnya gak mw jga copas gan, tpi tmen ane yang ngajarin gan hehehe

      Terima kasih

      Suka

      1. Klo blog download liat download.com. blog yang bagus ya seperti itu.

        Klo ada yg nglaporin blog agan, biasanya sih akan dihapus (klo pake blogspot). Mending pake selfhosted aja klo mo kopas, banyak triknya. Coba cari aja di Google.

        Suka

  11. ok gan, thanks infonya gan…
    blog agan bnyak tips keren nih buat blogger pemula mngkin ane akan lebih sering berkunjung ke blog agan kayaknya hehehe…

    kunjungin juga blog ane yg masih dalam pengembangan gan gen90film.com
    boleh kasih saran juga gan…

    Suka

    1. Wah saya nggak tahu mas soal ngembangin blog. Tips2 ngeblog di blog ini kebanyakan nulis ulang dari blog luar. Buat koleksi saja biar memudahkan saya belajar ngeblog. Maaf ya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s