Khusus Pemula : Bagaimana Saya Mendapat Ribuan Pengunjung Setiap Bulan

Anda telah banyak menghabiskan waktu untuk mencari referensi menulis. Membaca kumpulan tulisan dengan sungguh-sungguh, menganalisanya, kemudian menuliskan semua pemahaman Anda untuk membuat konten berkualitas.

Tapi apa yang Anda harapkan tidak pernah terjadi. Ketika Anda melihat statistik, jumlah pengunjung tidak bertambah. Bahkan mungkin statistiknya lebih buruk dari bulan lalu.

Anda frustasi.

Anda bosan dengan keadaan seperti ini !.

Jika dibiarkan dan tidak segera ditangani, biasanya kebanyakan blogger pemula akan mulai berpikiran negatif. Pikiran mereka akan mengatakan “buat apa ngeblog kalau tidak ada pengunjung?”, atau semacam “apakah ngeblog adalah kegiatan yang sia-sia?”, dan yang lebih parah “saya tidak berbakat dan lebih baik berhenti ngeblog”.

Ini hari keberuntungan Anda. Saya akan memberitahu Anda bagaimana saya mengelola blog ini dan mendapat ribuan pengunjung setiap bulan. Memang cuma ribuan saja, lebih sedikit dibanding dengan jumlah pengunjung blogger-blogger profesional. Tapi saya tetap bangga menunjukkannya kepada Anda karena itu adalah pencapaian yang sulit bagi blogger pemula seperti saya. Itu mengapa di judul artikel ini saya menulis kata “khusus pemula”, agar tidak ada blogger profesional yang tersesat membaca tulisan ini ha ha ha……… .

Mentalitas yang Benar

Sebelum saya memberitahu Anda cara mendapat ribuan pengunjung, saya ingin Anda menjawab pertanyaan berikut:

“Pernahkah Anda merasa senang ketika ngeblog?”

Tentu saja pernah. Lalu sejak kapan perasaan senang tersebut hilang? Apakah Anda menyadarinya?

Kebanyakan orang terlalu serius memikirkan blognya. Bahkan mereka menetapkan target-target yang menurut saya tidak realistis. Ingin terkenal lha, ingin menghasilkan uang, ingin desainnya terlihat cantik, ingin artikelnya mendominasi mesin pencari, dan sebagiannya.

Masalahnya adalah mereka tidak memiliki kemampuan ngeblog yang memadai. Itu mengapa mereka sering merasa tertekan. Kegiatan menulis menjadi “terlalu berat” seolah tidak ada ide yang pantas ditulis. Kegiatan berkomentar pun menjadi membosankan karena memaksakan diri untuk berkomentar di banyak blog. Begitu pula dengan kegiatan promosi, tampak begitu melelahkan untuk dijalankan.

Mentalitas mereka menjadi terganggu karena mengejar target yang tidak sesuai dengan kemampuan. Itu akar masalahnya.

Saya akan berkata jujur kepada Anda. Sebenarnya saya adalah orang yang egois. Setiap kali saya menulis, saya tidak pernah memikirkan orang-orang yang berkunjung ke blog ini atau berapa banyak pengunjung yang membaca tulisan saya. Satu-satunya pertanyaan yang saya pikirkan adalah apakah saya menikmati aktivitas ngeblog yang saya lakukan?

Ketika saya merasa senang, saya lebih produktif dalam menulis. Selain itu, kualitas tulisan pun menjadi lebih baik. Bahkan saya juga menikmati saat-saat blogwalking. Saya membaca tulisan blogger lain dengan santai dan mencoba memberi komentar yang baik sehingga mereka tertarik untuk mengklik nama saya. Saya juga berpromosi dengan santai. Semua kegiatan ngeblog tersebut saya lakukan dengan rasa senang dan hasil yang saya dapatkan selalu memuaskan.

Jadi, cobalah menikmati setiap aktivitas ngeblog Anda, mental yang demikian akan membuat Anda mengeluarkan segala potensi yang ada di dalam diri Anda. Rasa senang adalah prioritas yang utama dan menentukan segalanya.

Bagaimana Saya Mengelola Blog Shiq4

Jika saya bisa melakukannya, saya kira semua orang juga bisa melakukannya. Saya akan berbagi cerita bagaimana saya mengolah blog shiq4 ini sehingga bisa mendapat ribuan pengunjung :

1. Saya Menulis Apa yang Saya Sukai

Perrtanyaan yang menjadi dilema kebanyakan blogger adalah mana yang lebih baik, menulis apa yang kita sukai atau menulis apa yang dicari oleh orang lain?

Saya meluangkan banyak waktu untuk menjawab pertanyaan tersebut. Setelah berpikir masak-masak, saya lebih memilih untuk menulis apa yang saya sukai meskipun nantinya hanya sedikit orang yang membaca tulisan saya.

Keputusan tersebut dilandasi oleh tujuan ngeblog yang saya tetapkan yaitu mengarsipkan segala macam kejadian dan pengetahuan yang saya miliki tanpa kehilangan kesederhanaan kata dan keindahan kata. Selain itu, menulis apa yang saya sukai bisa membuat perasaan saya senang dan proses pembuatannya lebih mudah daripada menulis apa yang dicari orang.

Lagipula pikiran saya juga terlalu aneh untuk dimengerti. Kadang saya juga bertanya pada diri sendiri “mengapa ada blogger yang menulis untuk orang lain padahal belum tentu mendapatkan uang?”.

2. Saya Rutin Mempublikasikan Artikel (Konsisten)

Bagian yang paling mudah dan paling sulit dilakukan adalah konsisten mempublikasikan artikel. Hampir di semua tips-tips ngeblog untuk pemula yang pernah Anda baca pasti selalu menulis hal ini. Namun, kebanyakan orang cenderung meremehkannya.

Anda boleh saja berkata “saya bisa konsisten menulis dan itu sangat mudah dilakukan”. Mungkin di masa-masa awal ngeblog Anda tidak akan mengalami kesulitan yang berarti karena semangat Anda sedang dalam kondisi terbaik. Juga karena otak Anda masih bisa menghasilkan ide-ide menulis. Tapi setelah beberapa bulan, setelah Anda mulai kehabisan ide, menulis bisa benar-benar membuat Anda berkata “sepertinya saya telah menuliskan semua hal tentang tema ini dan tidak ada yang tersisa”.

Seperti kebanyakan blogger pemula, saya juga pernah mengalami hal diatas. Kadang-Kadang saya bingung sendiri memilih topik dan berpikir keras “apa yang akan saya tulis minggu depan”. Untunglah sejak awal ngeblog saya telah membangun kebiasaan menulis sehingga saya bisa konsisten mempublikasikan artikel.

Untuk informasi saja, Hampir setiap hari saya menulis secara teratur. Saya telah membuat jadwal menulis dengan sungguh-sungguh dan disiplin menjalankannya. Jadi, bagi Anda yang ingin konsisten menerbitkan artikel, sebaiknya Anda segera menentukan jadwal menulis.        

3. Kadang-Kadang Saya Mengaplikasikan SEO

SEO merupakan misteri bagi saya. Meskipun begitu, saya selalu antusias untuk mempelajarinya. Alasannya bukan untuk dipakai agar postingan saya duduk manis di halaman pertama Google, tapi sekedar ingin tahu saja bagaimana algoritma Google bekerja memfilter banyak halaman dan menyusunnya sedemikian rupa. Itu sesuatu yang membuat saya terkesan dengan SEO.

Dalam mengelola blog shiq4, kebanyakan kasus saya tidak menggunakan SEO karena SEO bisa merusak keindahan kata artikel yang saya tulis. Bagi saya, kualitas tulisan yang pertama. Tidak apa-apa punya sedikit pengunjung asalkan mereka menikmati tulisan saya.

Saya hanya beberapa kali saja menulis artikel yang khusus untuk keperluan SEO. Itu pun menargetkan kata kunci yang tidak pernah di cari orang. Saya hanya menguji beberapa hipotesis para pakar SEO agar saya tahu mana yang benar dan mana yang salah. Dari uji coba tersebut, saya bisa menuliskan opini saya sendiri tentang SEO. Rasanya senang saja menulis seolah-olah saya adalah ahli SEO.

4. Saya Menulis Artikel yang Panjang

Saya suka menulis. Awalnya saya hanya menullis tidak lebih dari 200 kata. Tapi lama-kelamaan tiba-tiba saya punya kebiasaan baru yaitu menulis artikel yang panjang-panjang. Bahkan saya melakukan riset kecil-kecilan sebelum mulai menulis agar tulisan saya bisa lebih berbobot.

Menurut saya, artikel yang panjang cenderung disukai pembaca. Orang-orang menyukai artikel yang panjang dan lengkap karena mereka tidak perlu membuka halaman lain ketika mencari informasi. Jadi, kalau Anda ingin mendapat ribuan pengunjung, lebih baik segera menulis artikel-artikel panjang secara rutin agar segera memiliki pengunjung setia.

5. Saya Suka Bercerita

Semua orang punya pengalaman yang menarik. Dan itu sangat istimewa untuk dituliskan karena orang-orang suka membaca cerita.

Sebuah cerita yang bagus dan menarik bisa menginspirasi orang lain. Kadang juga bisa memotivasi. Dan mungkin bisa menjadi contoh tentang bagaimana cara melakukan sesuatu. Cerita adalah senjata yang powerfull untuk meningkatkan pengunjung blog Anda.

Sejak awal blog ini berdiri, postingan-postingan yang menceritakan kehidupan pribadi saya cenderung mendapat klik dalam jumlah banyak. Itu membuat saya mempelajari lebih jauh tentang bagaimana menyajikan cerita sederhana agar bisa menarik. Orang bule bilang “tell a story”.

6. Saya Berkomentar di Blog Orang Lain

Kegiatan yang rutin saya lakukan adalah berkomentar di blog orang lain. Hampir setiap hari saya meluangkan waktu untuk meninggalkan komentar. Selain untuk menjalin hubungan baik dengan blogger lain, berkomentar dapat melatih logika saya untuk beropini sesuai dengan apa yang dituliskan blogger lain.

Berkomentar di blog orang lain juga membuka peluang untuk mendapat kunjungan balik. Syaratnya hanya satu, berkomentarlah dengan baik, relevan, dan sopan. Itu saja.

Kesimpulan

Jika Anda melakukan apa yang saya lakukan, tentu saja semua akan berjalan seperti seharusnya. Tapi saya juga perlu memberi tahu anda satu hal: semua butuh waktu.

Tidak peduli sebanyak apapun tutorial yang Anda baca dan Anda aplikasikan, kalau Anda mengingkan hasil instan, maka itu tidak akan terjadi.

Setidaknya saya butuh waktu 6 bulan agar stabil mendapat ribuan pengunjung setiap bulan. Lakukan cara diatas dengan sungguh-sungguh dan teratur untuk mendapat hasil yang maksimal.

Ditulis dengan wordpress untuk android

Iklan

33 tanggapan untuk “Khusus Pemula : Bagaimana Saya Mendapat Ribuan Pengunjung Setiap Bulan

  1. No.5 itu aku bangeett haha. Karena suka bercerita itulah akhirnya salah satunya menyalurkan lewat blog, sekaligus bisa melatih kemampuan menulis dan memadupadankan kata. Aku juga sama, menulis sesuai kata hati, mudah2an nyampenya juga ke hati yg baca. Tapi minimal, menulis sesuai minat itu lebih nyaman, jadi kayak semacam curhat terselubung haha. Aku selalu suka blogmu ini, tulisannya bagus2. Keep on writing!

    Disukai oleh 1 orang

    1. Ha ha ha…. Sebenernya setiap kali selesai menekan tombol publish saya selalu meluangkan waktu untuk membaca apa yang saya tulis. Anehnya saya selalu merasa tulisan saya jelek. Syukurlah klo ada yang bilang tulisan saya bagus.

      Disukai oleh 1 orang

  2. Jujur, saya malah lebih suka baca tulisan mas yg tentang kepenulisan. Berilmu dan bahasanya mudah dicerna.
    Dan soal tulisan2 panjang yg berbobot itu, saya juga pernah baca di blog internet marketing gitu, katanya tulisan panjang dan berbobot itu emang lebih disukai banyak orang. Mendapat jumlah share yg lebih banyak juga dibanding artikel pendek. Saya lagi belajar nerapin itu, doain lancar ya. Hahaha..

    Suka

    1. Iya mas semoga bisa diterapin dengan baik dan hasilnya sesuai yang diharapkan. Klo tips2 menulis kebanyakan ngarang mas, jadi kalau dilihat dari sudut keilmuan tulisan saya masih jelek dan tidak terkonsep. Syukurlah kalo ada yang suka.

      Suka

  3. Mengenai panjang pendeknya tulisan dalam sebuah blog, ijinkan saya berbagi perspektif. Saya sendiri lebih memilih artikel pendek (300-400 kata) walaupun juga ada beberapa artikel saya yang gak terlalu pendek dan panjang, ya menengahlah (>400 – 700 kata), dan ada juga yang panjang (>700 kata).

    Manfaatnya lebih mudah ditulis dan bermanfaat bagi blogger yang mengejar target 30 hari, 60 hari atau 90 hari atau beberapapun lah. Saya pribadi malas baca tulisan yang kelewat panjang. Jika anda ingin menulis panjang, pastikan tulisan anda benar-benar berkualitas dan tidak membosankan untuk dibaca.

    Satu hal yang saya setuju, adalah seberapapun panjang dan pendeknya, sebuah tulisan harus berkualitas (jika cerita atau bersifat sharing pengalaman harus yang menarik, jika artikel motivasi harus yang menginspirasi, jika artikel teori harus tidak membosankan dan lain sebagainya).

    Disukai oleh 1 orang

    1. Sebenarnya saya mencoba meniru tulisannya john morrow pak (boostblogtraffic.com). Cuma karena saya masih pemula jadi kadang2 saya juga merasa tulisan saya masih jelek ha ha ha……. Tapi saya selalu belajar untuk memperbaikinya.

      Suka

  4. Sebenarnya saya adalah orang yang egois. Setiap kali saya menulis, saya tidak pernah memikirkan orang-orang yang berkunjung ke blog ini atau berapa banyak pengunjung yang membaca tulisan saya.
    —–
    Saya juga nggak peduli. Nulis mah nulis aja. Tulisan kita akan ketemu pembacanya sendiri

    Disukai oleh 1 orang

  5. Aku melakukan semuanyaaaa maseeee~ kecuali yang artikel panjang dan SEO yang masih ndak aku paham, sekarang cuma ngandelin tags aja dan itu mayan berpengaruh.

    Artikel panjang mah kayanya… gak artikel juga sih ya, cerita2 doang aku mah huahahaha 😛

    Suka

  6. Menulis panjang buat saya itu kaya siksaan banget. Nulis 200 kata aja udah cukup bersyukur. Tapi mulai beberapa tulisan terakhir saya mencoba untuk membuat tulisan yang minimal 500 kata, perlu riset sih. Tapi hasilnya bikin puas.

    Suka

  7. Wow, nice tips! Aku kadang tidak menerapkan apa-apa yang ditulis di sini, karena cenderung mengikuti yang aku suka sehingga hasilnya pun suka-suka. 😀

    Suka

  8. Pengalaman memang guru terbaik. Sy sendiri suka dengan tulisan ini. Mengalir dan mudah dipahami.
    Memang benar, kadang kalau, SEO ‘merusak’ keindahan tulisan. Tapi kalau bisa mengolahnya, bisa juga dibuat menjadi konten yang enak dibaca.. menurut saya… 🙂
    Saat ini, konten lah SEO itu. Algoritma Google sepertinya terus membaik. Dan sekarang ada lagi algoritma Fred. Tp ttp menurut saya, SEO itu ya konten yang berkualitas.

    Salam …

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s