12 Alasan yang Menyebabkan Orang Tidak Membaca Tulisan Anda!

Ada banyak situs yang memiliki traffik begitu gila. Orang benar-benar menyukai apa yang disajikan oleh situs-situs tersebut. Mereka kemudian mulai membagikan tulisan tersebut ke berbagai sosial media sehingga lebih banyak orang yang membaca tulisan di situs tersebut. Hanya satu kata untuk menggambarkan keadaan ini. Luar biasa.

Sementara itu, blog Anda hanya memiliki sedikit pengunjung. Tidak banyak orang yang meninggalkan komentar. Apapun yang Anda lakukan, semua tampak sama. Blog yang Anda kelola tetap sepi pengunjung. Hal itu kadang-kadang menjadi pemicu bagi Anda untuk mulai malas menulis.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Mengapa orang-orang tidak mau membaca tulisan saya?

Bagaimana pun juga, mungkin ngeblog lebih menyenangkan jika kita mendapatkan banyak pengunjung. Membuat kita lebih semangat menulis. Atau membuat hati lebih tenang karena merasa dihargai orang lain sebagaimana yang kita harapkan.

Jangan khawatir. Saya akan mencoba mengidentifikasikan masalah ini. Saya tahu. Anda atau blogger lain pasti memiliki konsep ngeblog yang jelas tentang cara mendatangkan pengunjung, membangun komunitas kecil di blog Anda, atau konsep membangun blog yang sukses. Tapi terkadang Anda harus terbuka menerima masukan dari orang lain. Dan berhubungan dengan mengapa orang tidak mau membaca tulisan Anda, mungkin saya bisa memberikan jawabannya.

Setelah Anda membaca tulisan ini, mungkin Anda bisa segera mengambil strategi yang masuk akal untuk memperbaiki kondisi Anda. Berikut adalah 12 alasan yang menjadi penyebab orang tidak mau membaca tulisan Anda:

1. Tulisan Anda Jelek

Saya tidak berbohong. Sebagian orang tidak mau membaca tulisan Anda karena memang tulisan Anda jelek.

Blogger-blogger baru di zaman sekarang begitu terobsesi dengan uang. Mereka memiliki semangat yang besar, cepat belajar tentang bagaimana membuat blog sukses, atau hal-hal yang berkaitan dengan SEO. Sayangnya, mereka tidak pernah menyadari bahwa hal mendasar yang harus mereka kuasai sebelum melakukan itu semua adalah kemampuan menulis yang baik.

Saya sering menjelajah internet dan menemukan blogger yang tulisannya jelek sekali. Mata saya sakit karena membacanya. Tanpa pikir panjang, saya langsung menutup browser. Dalam pikiran saya bertanya “mengapa ada blogger seperti ini?”. Bukannya meremehkan, tapi dengan kemampuan menulis seperti itu, informasi sepenting apapun tidak akan membuat orang mau membaca tulisannya. Benar-benar buruk.

Agar Anda tidak bingung, saya akan memberikan setidaknya 4 kriteria sederhana untuk menilai tulisan Anda. Berikut kriterianya :

Sederhana – Tulisan yang baik itu sederhana. Tidak terlalu banyak menggunakan kalimat kompleks. Tapi jika Anda seorang penulis yang handal, sepertinya poin ini tidak terlalu penting.

Alur yang Jelas – Ini berkaitan dengan hubungan antar paragraf. Memang masalah sepele. Tapi saya sering melihat blogger yang tulisannya memiliki alur yang tidak jelas. Antara paragraf yang satu dan paragraf lainnya tidak nyambung. Biasanya hal ini terjadi karena kurangnya konsentrasi yang menurun saat menulis. Oleh karena itu, sebelum Anda menerbitkan artikel, baca lagi tulisan Anda agar tidak terjadi hal yang seperti ini.

Mudah Dipahami – Jangan coba untuk membuat kesan bahwa Anda adalah penulis yang hebat sehingga menggunakan banyak istilah yang tidak mengerti kebanyakkan orang. bukannya terlihat keren, Anda akan terlihat konyol.

•   Sopan – Ini hanya masalah kepribadian. Saya mengenal beberapa penulis hebat yang sering menggunakan kata-kata kotor di dalam tulisannya. Mereka keren. Tapi jangan mencoba menirunya karena orang tidak akan menyukainya. Hanya jika Anda mahir mengolah kata, gunakan seperlunya.

2. Anda Hanya Mengulang Apa yang Ditulis Orang Lain

Pernah dengar istilah “baca tulisan blogger lain, kemudian tulis dengan bahasa Anda sendiri?”. Itu tidak akan bekerja seperti yang Anda harapkan.

Saya sering mengetikkan kata kunci tertentu pada mesin pencari untuk mencari informasi. Saya membuka sepuluh artikel yang menempati halaman pertama mesin pencari untuk kata kunci yang saya ketikkan. Dan saya kecewa.

Hampir semua orang menuliskan informasi yang sama. Hanya menggunakan “kata yang berbeda”. Intinya sama saja. Tidak ada yang berbeda.

Ini juga kesalahan yang pernah saya lakukan di awal saya memulai aktivitas ngeblog. Sepertinya menulis dengan menggunakan metode “Baca tulisan blogger lain, kemudian tulis dengan bahasa sendiri” tidak bisa memenuhi ekspektasi saya. Metode ini hanya cocok bagi mereka yang menguasai SEO atau mau bersusah payah mencari backlink agar mendapatkan pengunjung seperti yang diharapkan. Saya tidak jago SEO. Itu mengapa saya meninggalkan metode ini.

Kekuatan tulisan saya adalah perspektif yang berbeda. Dalam banyak hal, saya senang mencoba menulis menggunakan perspektif yang berbeda dengan kebanyakan orang. Sejak pertama kali saya mengaplikasikan cara ini, traffik mulai naik. Saya berniat tetap mempertahankannya dan menjadikannya sebagai ciri menulis saya.

Aneh?

Tidak juga. Cara seperti ini akan membuat Anda terlihat berbeda dari kebanyakan orang. Bagian terbaiknya adalah orang-orang lebih mudah menjadi pembaca setia Anda. Disini kreativitas Anda sebagai penulis akan diuji. Ingin mencoba membuat pertaruhan sebesar apa kreativitas Anda? gunakan cara ini.

3. Anda Terlalu Banyak Promosi di Tulisan Anda

Orang tidak terlalu suka dengan promosi. Sudah sifat kebanyakan orang, egois dan mementingkan diri sendiri. Begitu pula ketika membaca tulisan Anda. Mereka hanya ingin tahu “apa yang akan saya dapatkan setelah membaca tulisan ini?”. Tidak ada yang lain.

Saya mengelola usaha kecil sebagai penulis artikel freelance. Jadi saya sudah cukup berpengalaman untuk promosi dalam tulisan. Dalam banyak hal, tulisan promosi bisa menjadi boomerang. Terlalu aggresif promosi akan menyebabkan Anda kehilangan pengunjung setia. Orang hanya ingin tulisan yang bermanfaat. Kebanyakan promosi akan membuat mereka berpikir “untuk apa membaca. Paling-paling akhirnya akan promosi dan promosi”. Hal yang tidak baik bukan?. Itu berlaku bagi berbagai jenis tulisan promosi, seperti job review, promosi produk atau jasa, atau program affiliasi yang Anda ikuti.

Usahakan untuk membuat blog Anda memiliki lebih banyak tulisan yang bermanfaat daripada berpromosi. Meskipun saya tahu bahwa sebagian blogger memang bertujuan untuk menghasilkan uang, tapi bukan berarti Anda harus terus menulis dan berpromosi secara membabi buta. Jika Anda tetap keras kepala dan terus berpromosi, maka tinggal menunggu waktu saja sampai pembaca setia Anda meninggalkan blog yang Anda kelola.

Orang-Orang terlalu letih dengan promosi ini dan itu. Mereka tidak tertarik dengan berbagai bentuk promosi sebaik apapun Anda menuliskannya.

4. Anda Tidak Mengupdate Blog Secara Teratur

Alasannya sederhana. Orang-Orang menyukai tulisan Anda sehingga mereka rela mengunjungi blog Anda dan berharap “ada yang baru” setiap harinya.

Sejujurnya saja, saya juga memiliki sedikit masalah berkaitan dengan jadwal update. Dalam artikel “Seberapa sering sebaiknya update postingan blog?” telah saya jelaskan dimana posisi saya. Saya sedikit merasa bersalah kepada pengunjung blog ini karena ketidakmampuan saya teratur mengupdate postingan di blog ini.

Meskipun begitu, saya rasa hal ini masih bisa dimaklumi karena molornya update artikel hanya sekitar seminggu. Lebih dari itu mungkin adalah posisi yang berbahaya.

Di era persaingan informasi yang begitu ketat, Anda diwajibkan terus memproduksi konten yang diinginkan oleh pembaca. Tanpa itu semua, Anda akan gagal menjadi blogger sukses. Jika Anda ingin tulisan Anda terus dibaca oleh orang, maka satu-satunya jalan adalah terus update, kemudian berpromosi sehingga Anda mampu menjaring pembaca setia.

Saat pembaca setia blog Anda sudah banyak, saya rasa Anda tidak perlu lagi melakukan kerja keras. Yang perlu Anda pikirkan hanyalah terus menulis dan menulis. itu saja. Pertanyaan terbesarnya adalah apakah saat ini Anda memiliki cukup banyak pembaca setia? Apakah Anda sudah puas? Atau Anda ingin lebih banyak pembaca setia?

Kalau saya masih belum puas dengan keadaan yang sekarang. Saya masih mencoba beberapa cara untuk meningkatkan pengunjung. Satu-satunya yang saya syukuri adalah kenyataan bahwa ada saja orang yang membaca tulisan saya. Untuk saat ini hal itu sudah cukup.

5. Judul Postingan Anda Tidak Terlalu Menarik

Menulis judul yang bagus sama sulitnya dengan menulis artikel secara utuh. Kenyataannya orang membaca tulisan Anda karena tertarik dengan judul yang Anda gunakan. Mungkin mereka melihat judul tulisan Anda di wordpress reader atau hasil pencarian. Atau bisa pula melalui link yand ada di sosial media. Judul yang sempurna akan membuat semuanya lebih mudah. Sesimple itu.

Untuk membuat judul yang bagus, setidaknya Anda harus menjawab 3 pertanyaan berikut:

1. Apakah dari judul yang Anda buat orang akan tahu apa isi dari tulisan Anda?

2. Manfaat apa yang ingin Anda berikan? Hiburan? Informasi? Atau tutorial?

3. Mengapa orang ingin mengetahui isi artikel ketika membaca judul yang Anda buat?

Setelah itu, Anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut:

Judul  Sesuai dengan Isi – jangan pernah membuat konten hoax. Itu bisa merusak brand yang Anda bangun. Kesalahan terbesar pemasar internet adalah mengecewakan pengunjung dengan judul yang tidak sesuai dengan isi artikel.

Judul yang baik menyelesaikan masalah orang – Ketika orang membaca judul Anda, pastikan mereka memiliki gambaran yang jelas tentang isi artikel. Judul yang baik adalah judul yang memberi harapan untuk menyelesaikan masalah orang lain.

Sederhana lebih Menarik – Semua orang mulai pandai ketika memutuskan klik. Jika Anda sering menjelajah internet, pasti Anda menyadari bahwa judul yang bombastis hanya akal-akalan saja. Menurut saya, sederhana dan apa adanya lebih baik.

Mengagumkan bukan? Agar tulisan Anda dibaca orang lain, bukan hanya isinya saja yang penting, judul Anda juga harus kelihatan menarik. Itu adalah pintu yang akan membawa pengunjung bagi blog Anda. Saran saya, buat judul yang alami saja. Lebih baik terlihat sederhana tapi memiliki isi yang fantastis daripada judul yang super keren tapi memiliki isi yang tidak jelas,

6. Terlalu Banyak Iklan di Blog Anda

Iklan cukup berpengaruh bagi mood membaca seseorang. Apalagi jika blog Anda memasang script dari pihak ketiga yang terkadang menampilkan iklan-iklan dewasa. Orang tidak akan pernah membaca tulisan di blog Anda jika seperti itu.

Saya mengerti bahwa blog Anda dibiayai oleh iklan yang terpasang. Tapi bukan berarti Anda bebas memasang iklan sebanyak apapun yang Anda inginkan. Pengalaman saya mengajarkan, agar semuanya berjalan lebih efektif, Anda hanya boleh memasang iklan yang sesuai dengan tema blog Anda. Tidak hanya tepat sasaran karena pengunjung blog Anda pasti tertarik dengan iklan yang Anda pasang, tapi juga akan mengguatkan kredibelitas Anda sebagai blogger sejati. Orang akan menyadari bahwa Anda bukan menulis karena uang semata karena menolak iklan-iklan yang tidak relevan. Sesuatu yang layak bukan?

Coba lihat di portal-portal berita terkenal. Dimana mereka menempatkan iklan? Berapa banyak iklan yang mereka pasang? Iklan seperti apa saja? Itu akan memberi gambaran yang jelas kepada Anda cara bersikap profesional berkaitan dengan iklan.

Yang banyak tidak disadari oleh kebanyakan blogger adalah sebagian besar orang sebenarnya tidak suka dengan iklan tertentu. Misalnya iklan-iklan dewasa (kecuali jika blog Anda berisi konten-konten dewasa). Mereka tidak banyak berpikir dan segera menutup browser jika menemukan blog yang menampilkan iklan-iklan yang di cap buruk meskipun mereka membutuhkan informasi pada blog tersebut. Mungkin Anda harus sering memperhatikan perilaku pengunjung blog Anda agar lebih memahami hal ini.

7.Desain Blog Anda Ketinggalan Jaman

Saya tahu bagaimana jargon “konten adalah raja” bekerja. Tapi bukan berarti Anda harus melupakan desain blog Anda.

Sebenarnya desain memiliki peranan yang cukup besar untuk mempengaruhi pikiran orang. Lihat temanya, apakah sesuai dengan konten Anda? Lihat fontnya, apakah mudah dibaca? Lihat warnanya, apakah membuat orang senang atau membuat mata mereka sakit?

Tanpa desain yang baik, orang tidak akan memberi kesempatan bagi Anda. Mereka akan segera menutup browsernya jika mata mereka sakit dengan tampilan yang ada. Orang-Orang di jaman sekarang begitu sensitif ya..? ha ha ha…..

Dan yang lebih penting, pastikan desain blog Anda bisa diakses oleh tablet atau handphone atau android. Perkembangan teknologi memungkinkan orang mengakses segala bentuk informasi melalui tangan mereka. Jika Anda tidak up to date dan ketinggalan jaman, Anda akan kehilangan potensi besar, yaitu pengunjung dari mobile phone.

Carilah theme yang sudah mobile friendly dan gunakan untuk blog Anda. Atau jika Anda terlalu menyukai desain blog yang lama, carilah programmer yang bisa membuat desain serupa khusus untuk pengunna smart phone. Sedikit investasi akan sangat mempengaruhi perkembangan blog Anda. Kalau saja semua blogger menyadari bahwa saat ini pengunjung mereka lebih suka mengakses memlalui smart phone, pasti mereka akan segera mengganti theme yang lebih mobile friendly.

Tidak lucu jika orang tidak mau membaca tulisan Anda karena desain blog Anda masih ketinggalan jaman mengingat banyaknya theme gratis yang sudah mobile friendly. tiga kata. Periksa Theme Anda.

8. Anda Tidak Percaya Diri dengan Apa yang Anda Tulis

Menyampaikan pendapat yang berbeda dengan kebanyakan orang bisa menjadi tekanan tersendiri bagi seseorang. Bagaimana pun juga, jika Anda ingin bertahan di dunia ngeblog, maka Anda harus bisa mengatasinya.

Berpedapat dan kemudian salah itu hal yang wajar. Saya pernah mengalaminya. Tapi itu tidak membuat saya kehilangan kepercayaan diri. Malah, saya semakin bersemangat untuk terus menulis dan melupakan kesalahan yang saya buat. Itu mengapa Anda tidak perlu takut dan harus tetap percaya diri dengan apa yang Anda tulis.

Orang tidak mau membaca pendapat orang lain yang tidak percaya diri. Itu kenyataannya.

Tapi bukan berarti Anda bisa menyampaikan pendapat semaunya. Ada beberapa hal dalam menyampaikan pendapat agar diterima orang lain. Berikut diantaranya :

Sampaikan dengan kata yang sopan – Kata-Kata yang kasar tidak membuat orang akan mengikuti Anda. Bahkan mereka akan berpendapat berlainan dengan Anda.

Sertakan alasan Anda – Tentu saja alasan yang Anda sampaikan bisa diterima oleh akal sehat. Kalau alasannya mengada-ada, orang juga tidak akan menghiraukan Anda. lebih tepatnya, segera menutup browsernya karena tidak bisa menerima alasan yang Anda utarakan.

Jangan berlebihan – Berpendapat memang bebas. Tapi jangan terlalu kebablasan seolah Anda adalah bagian dari garis keras.  

Kepercayaan diri Anda dalam menulis akan menular pada pembaca Anda. Hasil yang paling baik adalah mereka mempercayai Anda dan mungkin akan ikut merekomendasikan tulisan Anda kepada teman, sahabat, pacar, atau keluarga mereka. Dan yang paling buruk adalah mereka mengacuhkannya. Dilihat dari manapun Anda tidak akan rugi jika menulis dengan percaya diri. Jadi, jangan minder dan meremehkan apa yang bisa Anda tulis. Suatu hari nanti Anda pasti memiliki orang-orang yang menunggu Anda menerbitkan artikel. Hanya jika Anda menjaga rasa percaya diri Anda dalam menulis.

9. Loading Blog Anda Lama

Saya bukan ahli dibidang ini. satu-satunya yang bisa saya katakan adalah orang jaman sekarang tidak suka dengan sesuatu yang disebut menunggu. Mereka akan segera menutup browsernya jika loading blog Anda terlalu lama.

10. SEO Anda tidak Bagus

Seperti yang sudah saya katakan, saya tidak jago SEO. Tapi itu tidak membuat saya patah semangat. Saya tetap melakukan beberapa trik SEO agar bisa bersaing dengan blogger lain.

Bagaimana orang mau membaca tulisan Anda jika artikel Anda sulit ditemukan?

Anda mungkin akan mulai menyadari bahwa banyak halaman blog ini yang muncul di SERP untuk kata kunci tertentu. Tapi sekali lagi ini bukan masalah Anda ahli atau tidak. Ini hanya masalah apakah Anda benar-benar ingin tampil di halaman pertama Google?

Pengetahuan SEO saya sederhana. Hanya mengetahui beberapa dasarnya saja. Tapi saya memiliki keberuntungan sehingga banyak halaman di blog saya menempati halaman satu Google.

Hilangkan dari pikiran Anda bahwa SEO itu sulit. Mulai terapkan SEO pada artikel-artikel yang Anda tulis. Semakin banyak Anda mencoba dan praktik, Semakin mudah Anda memahami SEO. Itu berarti semakin mudah tulisan Anda ditemukan. Dan orang-orang akan mulai membaca tulisan Anda. Seandainya mereka menyukai apa yang Anda sajikan, hal terbaiknya adalah kemungkinan mereka akan terus mengunjungi blog Anda. itu yang saya maksudkan.

11. Anda Tidak Mempromosikannya

Apa yang Anda lakukan setelah Anda mempublikasikan konten Anda? diam saja dan menunggu keajaiban akan datang sehingga Anda mendapat ledakan pengunjung? Sayangnya hal itu tidak akan pernah terjadi.

Segera setelah Anda menerbitkan postingan Anda, lakukan promosi seperlunya. Hubungi teman Anda dan katakan bahwa Anda telah menulis konten yang menarik. Bagikan di sosial media Anda agar orang lain bisa membaca tulisan Anda. Dan bagian terpenting yang tidak boleh terlewat, blogwalkinglah agar blogger lain mengunjungi blog Anda.

Pendapat orang mungkin akan berbeda-beda dengan apa yang Anda tuliskan. Sebagian mungkin setuju. Sebagian mungkin tidak setuju. Sebagian mungkin ragu-ragu. Atau sebagian lainnya bisa menambahkan bagian yang kurang dalam postingan Anda. Semuannya hanya akan terjadi jika mereka membaca tulisan Anda.

Jangan malas dan jangan malu. Ketika Anda menulis sesuatu, akan menyenangkan jika kita mendapat penilaian dari orang lain. Saya mengert, ada saja komentar yang tidak baik dan memojokkan Anda. Tapi itu bukan alasan yang tepat untuk tidak mempromosikan konten Anda. Segera setelah Anda mempromosikan artikel Anda, Anda akan mendapatkan ledakan pengunjung. Dan rasanya menyenangkan. Anda akan ketagihan setelah merasakannya.

Dalam waktu dekat, Anda akan mulai terbiasa. Itu kabar baiknya.

12. Anda Tidak Punya Gaya Menulis yang Baik

Lihat apa yang sudah Anda tulis. Apakah Anda memiliki ciri khas tertentu? Apa yang membuat tulisan Anda berbeda dengan tulisan blogger lain? Mengapa orang harus membaca tulisan Anda?

Dalam dunia informasi seperti sekarang ini, orang bosan dengan gaya menulis yang kaku. Lihatlah bagaimana para jurnalis profesional menuliskan informasi. Mereka punya gaya menulis yang sederhana dan mudah di mengerti. Tahukah Anda apa alasan mereka melakukan itu?

Sebenarnya bisa saja para jurnalis menulis menggunakan banyak kosa kata yang mereka miliki. Tapi mereka tidak melakukannya karena akan membuat pikiran cepat lelah. Ujung-ujungnya tulisan mereka tidak akan dibaca. Itulah alasannya.

Kembangkan gaya menulis yang tidak terlalu banyak menggunakan kalimat panjang dan kompleks. Itu yang terbaik. Setidaknya sampai saat inii saya mempercayai hal tersebut. Semakin mudah dipahami, semakin tertarik orang membaca tulisan Anda. sederhana dan tidak sulit.

Kesimpulan

Ada banyak alasan mengapa orang tidak mau membaca tulisan kita. Sejauh ini saya hanya menemukan 12 diantaranya.

Yang terpenting dari semuanya adalah menemukan jati diri Anda sebagai penulis.

Saat Anda bisa konsisten menulis, seburuk apapun tulisan Anda, pasti ada beberapa yang akan menjadi pembaca setia Anda. Saat hal itu terjadi, semuanya akan tampak indah. Anda hanya perlu melakukan sedikit penelitian dan berpikir sejenak “apa yang benar-benar diinginkan orang dari saya?”.
Saat pertanyaan itu terjawab, tidak akan ada lagi alasan yang menyebabkan orang tidak mau membaca tulisan kita. Semoga demikian.

Ditulis dengan wordpress untuk android

15 thoughts on “12 Alasan yang Menyebabkan Orang Tidak Membaca Tulisan Anda!

  1. Alhamdulillah… Pembaca blog saya meski nggak sampai jutaan tapi masihlah di atas seratus. Dan rerata mereka pembaca setia yang tersebar di seantero dunia mulai Indonesia sampai Rusia. Tiap hari ada saja yang baca apalagi kalau saya lagi rajin. Bahkan berdasarkan laporan tahunan WordPress ada satu tulisan yang dibaca 1200 orang di hari yang sama. Saya aja nggak nyangka.

    Meski begitu saya tetep berusaha untuk menaikkan angka atau jumlah pengunjung. Caranya? Ya belajar nulis yang keren dan mempercantik tampilannya blog saya.

    Btw tulisan ini kok nggak kebaca ya di reader WP saya? Padahal biasanya tiap ada tulisan baru selalu otomatis muncul

    Suka

    1. Saya juga nggak tahu kenapa nggak muncul di wp reader. Masalahnya juga saya alami. Mungkin bug wp reader klo kita terlalu banyak follow blog lain. Solusinya pake feedly atau news+ aja.

      Suka

  2. Mbak, ini artikel bagus banget! Seneng saya bacanya. Berasa daging semua. 🙂

    Poin-poinnya tepat, saya setuju. Cuma beberapa poin mulai saya tinggalkan karena berkaitan dengan tujuan ngeblog itu sendiri (khusus blog personal). Contohnya sekarang saya udah gak terlalu peduli soal SEO. Saya lebih suka menulis apa yang saya ingin sampaikan namun terserah mau dibaca atau enggak. Jadi tambah ribet kalo setting SEO lagi. Hahaha…

    Btw, salam kenal mbak! 🙂

    Suka

  3. Shiq4 klo saya pikir bloger itu mirip penulis buku deh. Kan ada penulis buku best seller ada juga penulis yg buku terbitannya ga laku. Nah saya kadang amati bloger yg nulis dg kata2 sederhana walau cuma cerita tentang keseharian atau tentang tips ngeblog dg bahasa sederhana buat dibaca manusia bukan robot ko malah saya spt terhipnotis baca lagi dan lagi lalu follow blognya. Di sisi lain ada blog yg isi tulisannya panjang banget baru baca 1 paragraf langsung saya tutup krn bosan 😀 .

    Suka

    1. Ada mbak nella ilmu psikologisnya. Saya dulu pernah baca. Cuman level saya belum sampai kesana untuk bisa memahami yg seperti itu. Nanti klo ada waktu dan tidak lupa akan saya tuliskan di postingan selanjutnya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s