Cara Mendapatkan Ide Menulis yang Brilian

Cara mendapatkan ide menulis

Sumber gambar : www.johnbarretblog.com

Hal terburuk yang bisa terjadi pada kita sebagai blogger adalah kehabisan ide menulis. Entah mengapa kok rasanya sulit sekali mendapatkan satu ide saja untuk dijadikan suatu tulisan. Itu hal yang wajar. Semua blogger pernah mengalaminya. Saya pun demikian.

Pikiran saya terlalu lelah. Frustasi. Tapi itu bukan berarti saya harus diam saja tanpa berbuat sesuatu. Seperti kata pepatah, dimana ada kemauan, disitu akan ada jalan. Setelah berkali-kali mengalami sesuatu yang disebut kehabisan ide, saya mulai terbiasa dengan keadaan ini. Saya berkembang dan menemukan banyak cara kreatif untuk mendapatkan ide menulis. Satu-satunya yang saya tahu, jika Anda mau berusaha sedikit lebih keras dari kebanyakan orang, maka Anda akan benar-benar mampu mengatasi semua permasalahan yang ada. Termasuk dalam mencari ide menulis.

Hal yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Berpikir untuk Mendapatkan Ide Menulis

Dalam banyak aspek, saya selalu berpedoman menggunakan istilah “perencanaan yang matang”. Begitu pula ketika saya ingin mencari ide menulis. Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar semua berjalan sebagaimana mestinya. Berikut adalah daftar yang harus dilakukan sebelum menjelajahi pikiran untuk mendapatkan ide menulis yang brilian :

1. Pastikan Pikiran Anda Tenang

Sebelum melangkah lebih jauh, saya ingin Anda memastikan bahwa Anda dalam keadaan yang memungkinkan untuk berpikir dengan jernih. Pada kenyataannya, pikiran yang jernih bisa benar-benar membantu kita untuk lebih mudah mendapatkan ide menulis.

Dengarkan musik, atau pejamkan mata dan hembuskan nafas melalui mulut, atau sedikit tidur-tiduran. Bebaskan pikiran Anda.

Saat pikiran Anda sudah dalam keadaan tenang, itu merupakan langkah awal yang bagus. Setidaknya Anda siap untuk berkonsentrasi dan berfokus untuk menjawab pertanyaan “Apa yang benar-benar ingin saya tulis?”. 

2. Selesaikan Semua Pekerjaan Anda Terlebih Dahulu

Satu kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah berpikir ketika keadaan benar-benar kacau. Mereka memiliki prioritas lain selain menulis. Misalnya, seorang ibu rumah tangga. Kegiatan menulisnya akan terganggu jika ia menulis sambil menunggu mesin cuci berhenti. Begitu pula bagi pelajar. Selesaikan semua tugas sekolah Anda dulu. Kemudian baru berpikir untuk menulis.

Jangan pernah berpikir Anda akan terlihat hebat ketika melakukan multi tasking. Itu tidak efektif. Menulis membutuhkan waktu khusus. Itu adalah syarat mutlak bagi Anda yang ingin menghasilkan tulisan yang fantastik.

Oleh karena itu, selesaikan semua pekerjaan Anda terlebih dahulu agar Anda bisa tenang dan tidak tergesa-gesa saat mengeksekusi ide menulis yang muncul di kepala Anda. Semakin nyaman Anda menulis karena tidak memikirkan hal lain, semakin mudah bagi otak Anda untuk menyusun kata-kata menjadi sebuah tulisan yang menarik.
 

3. Cari Tempat yang Nyaman

Ada sebagian orang yang menyukai tempat sepi ketika menulis. Seperti di dalam kamar atau perpustakaan. Sebagian lainnya lebih menyukai tempat yang ramai untuk menulis. Seperti di cafe atau taman kota. Ini berkaitan dengan perasaan saja.

Cobalah untuk mengenali diri Anda lebih baik lagi. Suasana seperti apa yang bisa membuat pikiran Anda bekerja secara optimal?

Tentu saja hal ini membutuhkan beberapa kali percobaan. jika Anda tidak mengetahui tempat seperti apa yang bisa membuat Anda mengeluarkan segala potensi yang Anda miliki, maka Anda tidak akan optimal. Saat Anda sudah yakin tentang suasana yang Anda sukai, maka pastikan Anda menulis dalam keadaan yang baik untuk Anda. bagaimana pun juga, suasana yang Anda sukai akan membantu Anda untuk lebih mudah menuangkan segala macam isi pikiran.  

Cara Terbaik Untuk Mendapatkan Ide Menulis yang Brilian

Setelah pikiran Anda tenang, dan tidak ada lagi pekerjaan lain yang akan menganggu kegiatan menulis Anda, dan tentu saja dalam suasana yang nyaman, maka kini saatnya mulai mencari ide menulis.

Saya memiliki berbagai alternatif untuk Anda. Seandainya satu cara bukanlah cara yang Anda sukai, maka Anda bisa berlanjut ke cara berikutnya. Ini adalah daftar cara yang biasa saya lakukan untuk mendapatkan ide menulis:

1. Banyak Membaca

Kegiatan ini adalah yang paling umum dilakukan blogger ketika mereka ingin mendapatkan ide menulis. Yaitu membaca. Dalam dunia ngeblog biasa disebut blogwalking. Selain bisa merangsang pikiran untuk mendapatkan ide menulis, kegiatan blogwalking juga akan membantu Anda untuk meninggalkan link. Dua tiga pulau terlampaui dengan sekali mendayung ha ha ha…..

Tapi cara ini hanya efektif bagi orang-orang yang mempunyai hobi membaca saja. Mereka bisa membaca puluhan artikel dalam beberapa menit saja. Ini berkaitan dengan kecepatan membaca seseorang. Jika Anda ingin mencoba dan menguasai cara yang satu ini, maka Anda harus mulai membiasakan diri membaca secara cepat.

Dengan membaca banyak artikel, Anda bisa menentukan topik apa yang kira-kira sesuai dengan brand blog Anda. Pilih salah satu topik yang Anda minati dari sekian banyak bacaan. Saya rasa semua orang mempunyai opini yang berbeda berkenaan dengan suatu topik.

Saya akan memberi contoh. Saya menggunkan teknik ini ketika artikel “pilih mana, membahas satu topik atau banyak topik?” setelah membaca tulisan mas sugeng. Meskipun judulnya hampir sama, isinya benar-benar berbeda. Teknik ini hanya cocok dipakai jika Anda memiliki opini lain berkaitan dengan topik yang ditulis oleh blogger lain.

Sebenarnya masih banyak teknik yang bisa Anda peroleh dari membaca. Saya akan membagikannya di kesempatan lainnya.

2.Mengingat Masa Lalu

Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Asal Anda tahu, pengalaman baik atau buruk Anda di masa lalu bisa membantu orang di masa sekarang. Kalau itu pengalaman buruk, orang akan menjadikannya sebagai pelajaran. Sedangkan jika itu adalah pengalaman yang baik, mungkin saja orang akan meniru Anda agar bisa mendapatkan pengalaman yang baik pula.

Cobalah mengeksplorasi masa lalu Anda. Temukan pengalaman menarik yang bisa Anda bagikan dan sekirannya bisa berguna bagi orang lain.

Agar Anda tidak bingung, cobalah membaca dua pengalaman masa lalu saya berikut ini:

Kasih sayang seorang ibu – Menceritakan beberapa kejadian yang mencerminkan kasih sayang seorang ibu. Ini adalah postingan yang cukup berkesan di hati saya karena banyak menguras energi ketika menuliskannya.

Cara mendapatkan rangking satu di kelas – Postingan iseng. Siapa tahu ada pengunjung blog saya yang ingin mendapatkan rangking satu di kelas. Semoga saja orang-orang yang membacanya benar-benar mendapatkan rangking satu di akhir semester.

Cara ini sebenarnya cukup sulit dilakukan oleh pemula karena berkaitan dengan menceritakan pengalaman pribadi yang menarik. Jika Anda berniat menulis berdasarkan pengalaman masa lalu Anda, maka Anda harus memastikan alur yang Anda pakai mudah dipahami dan sederhana sehingga orang lain tidak membutuhkan banyak energi saat membaca tulisan Anda.

Ada saat dimana menggali masa lalu untuk dijadikan tulisan menjadi terasa menyenangkan. Tak peduli itu pengalaman baik atau buruk. Segera coba cara ini, mungkin Anda terlahir sebagai story teller yang baik.

3. Bergabung di Forum dan Cari Pertanyaan Apa yang Sering Ditanyakan

Anda tidak membutuhkan ide-ide yang aneh dalam menulis untuk mendapatkan pengunjung. Cobalah cari forum yang Anda minati. Kemudian bergabunglah dengan forum tersebut dan aktif di dalamnya.

Saya baru menyadari hal ini beberapa hari lalu. Banyak anggota forum yang bertanya tentang hal-hal yang paling mendasar. Dan pertanyaan mereka selalu sama. Sepertinya orang-orang lebih memilih bertanya daripada googling karena takut jika informasi yang didapat dari googling adalah informasi yang salah. Itu kabar baik Anda dan saya.

Dari banyaknya pertanyaan yang ada di forum, carilah pertanyaan yang bisa Anda jawab. Buat satu artikel yang khusus menjawab pertanyaan tersebut dan publikasikan di blog Anda. Ketika Anda telah menerbikan tulisan itu di blog, Anda hanya perlu menulis link yang mengarah ke blog Anda jika ada pertanyaan yang sama dari orang lain.

4. Perhatikan Komentar-Komentar di Blog

Jika Anda memiliki sedikit kreativitas, maka Anda akan sangat berterima kasih kepada pembaca blog Anda karena Anda bisa membuat artikel berdasarkan komentar-komentar yang masuk. Setiap kali ada pertanyaan atau email yang bertanya tentang suatu hal, tidak ada salahnya membuat postingan khusus untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Meskipun saya jarang menggunakan teknik ini, tapi efektivitasnya cukup bisa mendongkrak traffik blog. Kadang-kadang menjawab pertanyaan di komentar blog membuatuhkan lebih banyak kata sehingga Anda memang perlu untuk membuat postingan khusus. Itu hanya jika Anda ingin pembaca setia Anda tidak lari ke pesaing. Walaupun terkesan sederhana, menjawab komentar dengan kalimat “ Saya akan menjawab pertanyaan Anda pada postingan khusus” adalah tindakan terbaik untuk meningkatkan loyalitas pengunjung kita.

Lalu bagaimana jika saya tidak cukup banyak mendapatkan pertanyaan di kotak komentar? Anda perlu blogwalking ke blog-blog populer. Pada kenyataannya blogger popular tidak punya cukup banyak waktu untuk menjawab semua pertanyaan di blog mereka. Itu adalah peluang yang bagus bagi Anda yang baru mulai ngeblog.

5. Buat Artikel Tentang Kesalahan

Setiap kesalahan yang pernah Anda buat adalah pembelajaran bagi orang lain. Terkadang orang lebih menyukai postingan yang berkaitan dengan kesalahan karena akan membuat mereka terhindar dari kesalahan-kesalahan tersebut.

Beberapa contoh artikel yang membahas tentang kesalahan yang pernah saya tulis :

18 Kesalahan SEO yang mungkin Anda lakukan – pada artikel ini Anda akan melihat betapa seringnya orang melakukan kesalahan berkaitan dengan SEO. Idealnya, seorang pemula yang baru belajar SEO akan dengan senang hati membaca postingan tersebut. Itu mengapa saya membuat artikel tersebut.

10 Kesalahan Blogger Pemula – Sebagian besar adalah kesalahan saya ketika menjalankan blog ini. Hanya saja pada saat itu saya belum pandai menulis sehingga tulisannya tampak buruk. Tapi itu cukup baik bagi Anda yang ingin mengetahui beberapa kesalahan blogger pemula yang sering dilakukan.

10 Jangan Untuk Blogger Pemula – Menceritakan sisi lain dari perjalanan ngeblog saya. Jangan melakukan hal tersebut jika Anda ingin sukses dalam hal ngeblog.

Setiap orang pasti punya kesalahan. Dan itu adalah ide terbaik yang seharusnya di tulis oleh setiap orang agar orang lain tidak jatuh pada lubang yang sama dengan Anda. Ceritakan pada saya tentang kesalahan yang pernah Anda lakukan. Saya rasa hal tersebut pasti cukup menarik untuk dibaca.

6.Perhatikan Media Sosial

Kehabisan ide? Saatnya Anda melihat ke berbagai media sosial topik apa yang sedang trending.

Saya banyak mendapatkan ide menulis dari twitter dan facebook. Meskipun tidak semua bisa saya tuliskan, setidaknya saya mempunyai ide yang pasti. Tinggal memolesnya dengan berbagai referensi yang ada di internet, jadilah artikel yang menarik.

Satu-satunya kerugian menulis artikel berdasarkan media sosial adalah efektivitas dari artikel tersebut. Setelah topik tersebut tidak lagi populer, secara otomatis pengunjung blog pun mengalami penurunan. Akan sangat melelahkan jika harus menulis berdasarkan topik yang trending dalam jangka waktu yang lama.

Tenang. Itu hanya berlaku bagi blog pribadi saja. Jika Anda mengelola blog niche, maka Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan penunjung karena tulisan apapun itu, pengunjung blog niche pasti akan membacanya. Juga bagi blog berita. Mungkin ini sudah menjadi makanan sehari-hari sehingga Anda dengan mudah menuliskannya.

Tapi bagi saya, itu adalah hal yang sulit. Saya hanya menulis topik-topik populer jika sedang ada waktu luang. Begitulah kehidupan saya sebagai blogger. Makannya, jangan heran kalau Anda mendapati blog saya tidak kunjung terkenal ha ha ha…..

7. Subscirbe ke Blog Terkenal

Ini salah satu cara licik yang banyak digunakan blogger. Mereka menjadi subsciber di beberapa blog yang menjadi saingan mereka. Setiap kali ada pemberitahuan postingan terbaru, mereka akan membuat hal yang serupa. Persaingannya mirip dengan portal-portal berita.

Karena saya membahas banyak topik pada blog ini, saya tidak seratus persen menerbitkan artikel yang mirip dengan blog lain. Hanya untuk bersenang-senang dan berjaga-jaga saat saya benar-benar kehabisan ide. Ketika saya stuck dan tidak memiliki bahan postingan, cara ini bisa dilakukan.

Dengan menjadi subscriber pada blog lain, Anda tidak perlu lagi melakukan research keyword. Tinggal meniru kata kunci apa yang digunakan dengan perspektif lain yang sedikit berbeda. Bagi orang yang pandai menulis, ini adalah tantangan tersendiri.

8. Menulis Ulang Artikel Orang Lain

Cara ini cukup berisiko. Hanya orang-orang tertentu yang bisa leluasa menggunakan cara ini. Anda tidak perlu susah payah mencari ide. Anda hanya perlu mencari artikel yang cocok di hati Anda dan kemudian menulis ulang artikel tersebut.

Memang apa yang Anda harapkan? Menulis artikel yang benar-benar belum di tulis oleh orang lain? Itu pasti sangat sulit. Pastikan saja tulisan Anda lolos dari copyscape agar blog Anda tidak dilaporkan oleh orang lain. Hati-hati, bedakan antara menulis ulang dan copy paste.

Ada pula trik jitu untuk menulis ulang. Misalkan saja pada artikel “16 Tips Menulis artikel yang enak dibaca”. Cara kerjanya sederha, yaitu mengumpulkan semua informasi di internet menjadi satu. Saya hanya mengutip apa yang sudah disampaikan orang lain dan menggabunggkannya menjadi satu artikel utuh. Ini adalah pengalaman pertama saya.

Dulu saya tidak pandai menulis sehingga sering melakuknanya. Saya tidak menulis ulang. Hanya kopas. Tapi saya selalu menyertakan link sumbernya.

Setelah beberapa kali berlatih, akhirnya saya pun mahir menulis ulang banyak artikel. Saya tidak pernah kehabisan ide. Saya hanya perlu menggunakan mesin pencari, membaca artikel yang menurut saya baik, kemudian menuliskannya dengan bahasa saya sendiri. Mudah bukan?

9. Menerjemahkan Artikel Bahasa Inggris

Sampai sekarang hal ini tetap saya lakukan. Kadang-kadang saat saya menemukan artikel bahasa inggris yang menurut saya bagus, saya akan menerjemahkannya ke dalam bahasa indonesia. Sekalian buat latihan belajar bahasa inggris.

Bukan ide buruk bukan? Saya menggunakan blog ini untuk mengarsipkan informasi-informasi penting saya temui. Rasanya menyenagkan saja untuk menerjemahkan artikel. Daripada pusing-pusing cari ide? Iya kan?

Sebenarnya masih banyak cara lagi untuk mendapatkan ide menulis. mungkin akan saya tuliskan dalam artikel lainnya. Untuk

Ditulis dengan wordpress untuk android

24 tanggapan untuk “Cara Mendapatkan Ide Menulis yang Brilian

  1. Saya justru sering mengalami keadaan yang saya beri nama ‘too much idea will kill me’ dimana ide numpuk2 tapi minim eksekusi. Sekarang aja saya punya pe-er tiga cerbung dan satu mini seri. Penyebabnya ya waktu nulis yang kurang pakai banget. Kesibukan sebagai emak2 kadang sangat menguras tenaga dan emosi sehingga pas udah ada waktu pengennya tidur atau ngegame.
    Maka jadilah makin banyak tumpukan PRnya. Mau bantuin ngerjain? 😛

    Suka

    1. Waha ha… Mungkin harus ditulis satu persatu mbak. Klo saya kebanyakan ide biasanya langsung membuat draft. Meskipun nggak jadi tulisan utuh, ntar klo pas punya waktu luang baru ngelanjutin idenya.

      Disukai oleh 1 orang

  2. Saya kadang malah kebalikan. Ada banyak hal di otak yang mau dituliskan tapi gak sempet nulisnya plus kadang males nyusun pikiran2 yg masih random jd satu postingan utuh..hehe

    Membaca juga tak harus membaca buku. Bisa membaca lingkungan sekitar. Mengamati dan membuat kesimpulan ato bisa juga cuma mendeskripsikan apa yang dilihat. Ini biasanya klo pas g ada waktu baca buku krn kebanyakan keluar..hehe

    Suka

  3. tips dan trikmu kece mbak..iya betul terutama tentang menyelesaikan pekerjaan dan pas hati lagi tenang dan gak ada kesibukan baru bisa nulis n ngeblog dengan asik..palagi sambil minum yang anget2 🙂

    Suka

  4. Sangat Bermanfaat Sekali Tulisan Anda ini. Terimakasih. Saya terus belajar menulis. Memang kadang ide menulis sepertinya buntu, tapi dengan membaca artikel Anda ini, saya semakin dicerahkan dan merasa terbantu sekali. Semoga kedepan saya semakin lebih baik. Terimakasih sekali lagi.

    Disukai oleh 1 orang

Komentar ditutup.