Semua Tentang SEO pada WordPress.com

Anda telah menghabiskan banyak waktu untuk menulis berbagai pengalaman di blog yang Anda buat. Tujuannya tentu saja untuk berbagi sehingga banyak orang yang belajar dari pengalaman Anda. Tapi apa jadinya jika tulisan Anda yang bagus tidak bisa ditemukan oleh orang?

Pasti sedih. Dan mungkin beberapa dari Anda mulai malas menulis karena hanya sedikit sekali yang membaca tulisan Anda.

Idealnya, Anda ingin tulisan Anda mudah ditemukan ketika orang mengetikan kata kunci yang berhubungan dengan topik yang Anda tulis. Misalkan, Anda menulis berbagai pengalaman Anda tentang berkebun. Saat ada orang yang mencari informasi tentang berkebun dan mengetik kata kunci “Tips Berkebun”, apakah link halaman Anda muncul di SERP (Search Engine Result Page)?

Untuk itu dibutuhkan SEO, segala usaha yang dilakukan untuk membuat halaman Anda muncul di hasil pencarian. Semakin mahir Anda menggunakan ilmu SEO, semakin banyak orang yang terbantu oleh tulisan Anda. Saya ingin membahas beberapa hal tentang SEO khusus bagi pengguna wordpress.com. lets check it out!

Mitos Umum Tentang SEO dan WordPress

SEO begitu misterius bagi saya. Di dunia internet terlalu banyak sumber informasi yang kebenaran masih diragukan. Hampir setahun saya ngeblog dan kebingungan tentang informasi SEO. Sampai akhirnya saya menemukan artikel all about SEO on WordPress.com. Berikut isi dengan berbagai perubahan seperlunya dari artikel tersebut :

Mitos : Saya butuh plugins untuk SEO.

Fakta : wordpress sudah sangat SEO friendly. Anda tidak memerlukan banyak hal ekstra. Kenyataannya, 80 – 90 % mekanisme SEO telah dipenuhi oleh wordpress, menurut matt cutts, kepala team webspam di Google. Semua themes kami sudah dioptimisasi untuk mesin pencari, itu berarti theme tersebut telah di desain agar mudah dijelajahi oleh Googlebot (dan mesin pencari lainnya).

Menurut Shiq4 : Beberapa artikel yang saya buat benar-benar mampu berada di halaman pertama google untuk waktu yang lama. Plungins memang membantu seseorang untuk bisa mendapatkan rangking yang baik di SERP, tapi itu tidak membuktikan bahwa situs tanpa plugins tidak bisa mendapatkan tempat yang baik di SERP.

Mitos : Saya perlu secara teratur mendaftarkan sitemap ke Google agar Google tahu bahwa saya ngeblog teratur.

Fakta : Setiap blog di wordpress.com memiliki XML sitemap. Untuk melihat sitemap Anda, ketik namablogAnda.wordpress.com/sitemap.xml pada address bar browser Anda. Apa yang Anda lihat adalah kode, jadi itu tidak mudah dibaca dan dipahami oleh kita. Bagi Googlebot, itu adalah “Apa yang baru” panduan untuk mengetahui artikel terbaru dan terbaik pada situs Anda. wordpress.com juga secara otomatis mengirim pemberitahuan ke Google setiap kali Anda mempublikasikan atau mengupdate postingan atau halaman. Ini seperti ketika subscriber Anda mendapat email pemberitahuan jika blog yang Anda kelola update. “Hey! Check this out”.

Menurut Shiq4 : Banyak blogger wordpress.com yang tidak tahu tentang yang satu ini dan selalu mendaftarkan alamat postingan baru pada Google Add Url. Sekarang Anda tahu, wordpress.com telah melakukannya untuk Anda. Anda tidak perlu repot-repot lagi membuat sitemap secara manual.

Mitos : Semakin banyak tags dan kategori yang saya gunakan untuk sebuah postingan, semakin baik postingan tersebut untuk Google.

Fakta : Menggunakan banyak tags dan kategori pada postingan Anda tidak akan meningkatkan visibilitas situs Anda. Sebenarnya, Google tidak terlalu menaruh perhatian pada tags dan kategori – Google mengetahui tentang apa postingan Anda dari isinya, seperti yang dijelaskan matt cutts. Ditambah lagi, setiap postingan pada wordpress.com yang memiliki terlalu banyak tags dan ketegori akan dikeluarkan dari Reader Topics Pages. Yang terbaik adalah gunakan beberapa saja, berhati-hatilah untuk memilih tags dan kategori untuk setiap postingan – pilih kategori dan tags yang paling relevan dengan isi postingan.

Menurut Shiq4 : Artikel yang baik adalah artikel yang memiliki tags dan kategori yang sesuai. Dengan menambahkan banyak tags dan kategori tidak akan membuat situs Anda lebih baik, malah sebaliknya, akan merusak SEO pada situs Anda.

Mitos : Menciptakan beberapa situs tentang berkebun dan secara teratur menggunakan kata kunci berkebun pada postingan akan membantu mendapatkan banyak traffik.

Fakta : Google sangat sensitif dengan duplikat konten. Jika Anda membuat beberapa situs sejenis, rangking pencarian Anda akan turun . juga, meskipun menambahkan beberapa kata kunci kata-kunci yang akurat pada postingan dan title tags adalah ide yang baik, tapi perlu diingat, terlalu banyak kata kunci atau yang biasa disebut “keyword stuffing” akan menurunkan rangking pada SERP.

Menurut Shiq4 : Menulis sewajarnya saja. Terlalu memaksakan diri mengulang banyak kata kunci pada setiap postingan tidak akan membuat artikel Anda muncul di SERP. Kuncinya, menulislah untuk manusia. Seiring dengan banyaknya pengunjung, blog Anda akan lebih mudah menempati SERP.

Mitos : Salah satu cara efektif untuk memperbaiki rangking SERP blog saya adalah membeli atau bertukar link dengan sebanyak mungkin blogger lain sehingga blog saya akan mendapatkan banyak traffik.

Fakta : Jika Anda ngeblog tentang berkebun, semakin banyak situs tentang berkebun yang secara alami memberi backlink, maka semakin baik hasilnya dan itu merupakan sumber link yang fantastik. Tetapi Google tidak akan terkesan seandainya blog Anda mendapatkan link dari blog yang bertema pemasaran, lipstick, electronik, atau tips ngeblog.

Berpikir seperti ini : Goolge menginginkan orang-orang menggunakan mesin pencari Google sebagaimana Anda menginginkan orang-orang mengunjungi situs Anda. Jadi, tujuan dari Google adalah memberi hasil yang paling relevan sesuai dengan query yang diketik. Semakin banyak trik curang yang Anda pakai untuk membodohi Google untuk tampil di hasil pencarian, semakin canggih Google menciptakan algoritma untuk mengatasi berbagai kecurangan tersebut.
Pada april 2012 Google memperkenalkan algoritma kontroversial Penguin untuk mengatasi berbagai kecurangan tentang backlink. Banyak blogger yang terkena dampaknya dan tiba-tiba situs yang mereka kelola keluar dari hasil pencarian. Pelajaran dari cerita ini adalah, mungkin Anda memiliki cara curang untuk membodohi Google dan bisa tampil di halaman pertama, tapi dalam jangka panjang itu tidak akan bekerja dengan baik.

Menurut Shiq4 : Tujuan dari membuat blog sejenis adalah untuk mendapatkan backlink. Orang menyebutnya sebagai blog dummy. Sebenarnya ini termasuk cara curang dalam mendapatkan backlink, tapi sebagian blogger benar-benar melakukannya. Lebih baik pikirkan cara membuat konten berkualitas daripada bersusah payah membuat banyak blog dummy. Selain melelahkan, link dari blog dummy tidak akan dianggap sebagai link berkualitas kecuali Anda membuat konten-konten orisinil di blog dummy Anda. itu sesuatu yang sulit untuk direalisasikan.

Mitos : SEO membutuhkan strategi dan mungkin seorang ahli.

Fakta : SEO adalah hal umum. Organisasi besar mungkin membutuhkan spesialis untuk membantu mereka mencapai target yang spesifik, tetapi blogger dan pemilik bisnis kecil juga bisa mempraktikkan apa yang disebut SEO yang baik. Lagipula Google secara transparan menjelaskan tentang hal ini. Lihat Panduan praktik SEO terbaik.

Menurut Shiq4 : SEO terbaik adalah terus menulis konten-konten yang original. Lebih mudah menjadi authority blog jika Anda membahas topik-topik yang belum dibahas oleh blogger lain.

Cara Cerdas Untuk Meningkatkan Ranking SERP Anda Menurur WordPress.com

• Gunakan Slug yang Singkat, mudah dibaca dan menjelaskan tentang isi postingan Anda. Slug postigan adalah  bagian terakhir pada akhir url. Anda bisa mengeditnya sesuka hati. Untuk contoh, slug “/merawat-mawar” lebih baik daripada “/bagaimana-merawat-bunga-mawar-yang-baik-dan-benar” atau “/325”. Untuk info lebih lengkap Anda bisa mengunjungi halaman ini.

• Buat Tagline yang menggambarkan tentang situs Anda. Misalnya, sebuah tagline yang kuat untuk blog yang membahas tentang berkebun. “Berbagai Pengalaman Berkebun yang Menakjubkan”.

• Gunakan kata kunci yang spesifik. Ini akan mempermudah orang lain menemukan situs Anda. Jika Anda mencari informasi tentang berkebun, kira-kira kata kunci apa yang akan Anda pakai? Berpikirlah sebagai pengguna mesin pencari. Pastikan Anda menulis kata kunci pada postingan Anda. Gunakan sekali atau dua kali. Jangan gunakan lima puluh kali.

• Pastikan Anda mempublikasikan artikel secara teratur.

• Fokus membangun traffik Anda dengan cara yang baik. Jangan pernah berbuat curang untuk membodohi Google.

Kesimpulan Sederhana

Lakukan untuk SEO

• Publikasikan original konten secara teratur.
• Gunakan tag dan kategori seperlunya.
• Menulislah untuk manusia, bukan untuk mesin.
• Bangun traffik Anda dengan cara yang cerdas dan alami.
• Buat Url yang sederhana dan berarti.
• Buat Tagline
• Masukkan kata kunci secukupnya.

Jangan lakukan untuk SEO

• Membuat duplikat situs.
• Memenuhi situs Anda dengan kategori dan tags yang tidak relevan.
• Menulis dengan memikirkan mesin pencari.
• Membeli atau bertukar link secara sembarangan.
• Terlalu banyak khawatir tentang SEO daripada menulis konten yang berkualitas.

Jika ada pertanyaan atau tambahan tentang SEO, Anda bisa mengisi kotak komentar dan berdiskusi lebih banyak tentang SEO. Terima kasih telah membaca tulisan ini.

Ditulis dengan wordpress untuk android

Iklan

22 tanggapan untuk “Semua Tentang SEO pada WordPress.com

  1. Wah, keren banget tulisannya Mas. Aku belajar banyak nih. Thanks ya sudah berbagi ilmu. Bener2 bermanfaat banget ini. Mau nanya : backlink itu yg seperti apa ya? Trus tentang url, kalo kita sudah publish tulisan, berarti sudah kebaca sama Google kan, nah kalo mau ganti nama url, kira2 yg terbaca google apakah url yg pertama atau url terbaru? Kalo url yg pertama berarti broken link donk jadinya. Terima kasih sebelumnya buat jawabannya. Oh iya, ini komentar perdana. Salam kenal.
    -deny-

    Suka

    1. Backlick itu tulisan yg klo diklik menuju ke situs kita. Misalnya nama klo kita komentar. Itu namanya backlink.

      Klo di wordpress.com satu2nya cara ya dihapus postingannya. Trus publish lagi dengan url yang diinginkan. Klo self hosting atau wordpress.org bisa melalui plugins redirect. Jadi url pertama diarahkan menuju url yang baru. Bisa juga lewat robot txt untuk memblokir url yang lama agar tidak diindeks google. Lewat htaccess juga bisa redirect url lama ke url yang baru.

      Terima kasih mbak buat kunjungannya.

      Suka

      1. Ahhh i see. Aku coba ah ambil satu link tulisan lamaku (yang ga terlalu populer haha), trus aku ganti url, masih kebaca gimana sama google. Thanks Mas penjelasannya. Tulisan yg ttg url langsung mengusikku hehe.

        Suka

  2. Saya masih harus belajar banyak soal SEO dan bagaimana menulis konten berkualitas nih Mas :hehe. Terima kasih ya untuk tips-tips menulisnya. Yang saya coba sekarang sih menyisipkan satu atau dua keyword yang relevan terus optimasi penggunaan socmed sebagai media publikasi supaya banyak yang baca artikelnya :haha. Sisanya ya menulis apa yang saya mau, karena yang penting bagi saya adalah menulisnya, SEO bisa sambil jalan :haha.

    Suka

  3. Info yang bahis Mas Siq4. Heheheh, selama ini aku malah suka buat tag and kategori nggak jelas — sebenarnya bukan maksud utk ningkati traffic pengunjung sih, soalnya nggak mikir itu. Lebih karena keren aja terlihat.
    Lewat article ini jadi tahu soal Tag dan kategori. … 🙂

    Suka

  4. Kalau nulis tips atau nulis tema tertentu mungkin lebih gampang kasih tag yang nendang. Apalagi kalau tipsnya emang dicari orang atau temanya lagi booming seperti kasus politik misalnya. Cukup kasih tag nama tokohnya maka akan muncul dengan mudah di halaman depan Google. Tapi yang rempong kalau nulis fiksi. Suka susah cari tag yang aduhai… Gimana nih…?

    Disukai oleh 2 orang

  5. makasih share-nya. Iya sihh kalo mikirin SEO terus jadi gak enjoy nulisnya, kayak maksa gitu mau masukin keyword banyak-banyak di postingan 😦 Oiya kalo tag, gak perlu banyak ya? tag itu ternyata gak ngaruh ya? aku biasanya bikin tag banyak, tapi tetep yang relevan sih

    Suka

    1. *baru nyimak*
      Setuju sama sist Dita,mending bikin artikel biasa aja, yang natural, ga melulu kejar keyword, kalo tag sih ga apa2 dipake meskipun ga ada pengaruh besar buat SEOnya, toh ada manfaat relevansi di internal blog kita

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s