Laporan Tahunan Blog Shiq4 2015

Tak terasa waktu begitu cepat berlalu. Tiba-tiba saja sudah satu tahun lagi yang saya lewati. Sudah banyak suka dan duka yang saya alami saat menjalankan hobi ngeblog ini. Dan sampailah saya untuk menengok kembali apa yang sudah saya lewati selama satu tahun terakhir.

Sebelumnya, mungkin Anda atau blogger lain tidak mau atau belum membuat laporan tahunan. Sebaiknya cepat Anda lakukan karena laporan tahunan blog akan membuat Anda memiliki sedikit keistimewaan berikut:

Dapat membuat Anda lebih bersemangat lagi untuk menjalani aktivitas ngeblog – Melihat pencapaian apa saja yang sudah Anda dapatkan akan membuat mental Anda menjadi lebih positif. Segala kerja keras Anda selama satu tahun terbayar lunas. Dan itu terasa sangat menyenangkan.

Sebagai  sampel data untuk merencanakan blog yang lebih baik lagi – Data-data yang ada akan menunjukan seberapa hebat Anda mengembangkan blog. Sampel data yang Anda peroleh bisa menjadi rujukan dasar untuk membuat keputusan dalam rangka mengembangkan blog satu tahun ke depan. Coba lihat dari data, postingan seperti apa yang disukai pengunjung. Jika Anda telah menerbitkan artikel-artikel yang disukai banyak orang, maka tambahlah artikel tentang hal itu. Dan seandainya ada artikel yang jarang sekali mendapat kunjungan, Anda boleh mengurangi frekuensi artikel yang tidak memiliki pembaca.

Sebagai  ucapan terima kasih kepada pengunjung blog Anda –  Data keberhasilan blog Anda merupakan pintu pertama bagi blogger lain yang ingin mendapatkan apa yang telah Anda dapatkan. Jika mereka terkesan dengan data statistik blog Anda selama setahun, mungkin blogger lain bisa meniru cara Anda mengembangkan blog.

Melatih untuk bekerja sebagai blogger profesional – Poin yang ini sih Cuma dipakai buat bersenang-senang. Anggaplah diri Anda sebagai blogger profesional dan mulai membuat laporan tahunan. Sejelek apapun laporan yang Anda buat, saya rasa semua orang akan setuju kalau Anda benar-benar terlihat profesional.

Berapa Banyak Pengunjung Blog Shiq4?

Enam bulan pertama sejak saya memulai aktivitas ngeblog sangat jarang mendapat pengunjung. Rata-rata perhari hanya ada 10-20 orang pengunjung saja. Maklum saja, waktu itu saya belum kenal sama yang namanya blogwalking sehingga pengunjungnya pun sedikit sekali. Tapi yang mengherankan bagi saya adalah kenyataan bahwa saya merasa cukup puas dengan hal itu. Mungkin ini yang disebut sindrom newbie; perasaan senang dengan hal-hal kecil tentang ngeblog.

Baru  sekitar  bulan ketujuh pengunjung mulai ramai. Saya bahkan sempat selama beberapa minggu mendapat statistik 70 kunjungan/hari. Angka yang menakjubkan (ini juga sindrom newbie ha ha ha….).

Angka tersebut tidak bertahan lama. Alasannya sederhana, saya tidak punya cukup banyak waktu untuk blogwalking ke banyak blog. Itulah mengapa statistik blog ini turun lagi. Kemudian saya mengenal sesuatu yang disebut dengan SEO. Dengan belajar SEO tulisan saya bisa muncul menjadi rangking satu di hasil pencarian mesin pencari. Traffik pun naik kembali. Sampai saat laporan ini dibuat, pengunjunng harian antara 30 – 50 orang. Lumayan ada peningkatan. Setidaknya beberapa artikel terus mendapat pengujung karena memiliki nilai manfaat yang tinggi. Itu adalah hal terindah bagi seorang blogger pemula. Oh iya… hampir lupa. Total pengunjung blog shiq4 dalam setahun adalah 9 ribuan. Agar lebih mudah dibaca saya menggenapkannya menjadi 10 ribu orang.

Target Pengunjung Tahun Depan

Dengan sedikit ilmu SEO dan sedikit blogwalking, saya kira target 70-100 per hari adalah angka yang realistis untuk dicapai. Dilema yang saya hadapi adalah fakta bahwa pengunjung blog saya lebih menyukai artikel-artikel yang mengupas kehidupan pribadi saya. Indikasinya adalah jumlah pageview artikel-artikel tersebut. Masalahnya adalah artikel yang bersifat personal hanya mendatangkan pengunjung dalam beberapa hari saja. Setelah itu artikel tersebut jarang dikunjungi lagi. Sedangkan artikel yang banyak mendapat kunjungan adalah artikel-artikel yang bermanfaat yang diawali dengan dua kata, yaitu: cara dan tips.

Kalau Anda jadi saya, strategi apa yang akan Anda pakai? Berfokus pada pembaca yang ada? Atau berfokus untuk mendatangkan pengunjung melalui mesin pencari? Jika keduanya dijalankan, maka bisa jadi sayanya yang tidak kuat (he he he….)

Untuk mengambil keputusan yang tepat, saya butuh waktu tiga bulan ke depan. Sepertinya saya harus berpikir dengan jernih untuk menyelesaikan dilema yang satu ini.

Berapa Banyak Pageview yang Saya DApat

Pageview bukan jumlah pengunjung. Pageview bisa diartikan sebagai banyaknya orang yang melihat halaman kita. Misalkan ada satu orang yang mengunjungi sebuah blog dan menjelajahi halaman di blog kita. Seberapa banyak pageviewnya adalah berapa sering si pengunjung membuka halaman lain di blog kita. Kalau orang tersebut membuka tiga halaman, itu berarti kita mendapatkan 3 pageview dari satu orang. Begitu seterusnya.

Sampai sejauh ini, blog ini telah mendapat pageview di angka 17 ribuan. Hasil yang lumayan untuk pemula. Jika kita mengambil data berapa rata-rata pageview?, maka kita bisa mendapatkan data dari hasil total kunjungan dibagi dengan total pageview. Maka didapat hasil rata-rata setiap orang membuka 1,7 halaman sekali berkunjung. Lagi-lagi angka yang lumayan bagus.

Target Page View Tahun Depan

Sebenarnya saya sudah banyak membaca tutorial cara meningkatkan jumlah page view. Sayangnya sampai hari ini saya tidak tahu mana yang paling efektif. Saya perlu mengadakan beberapa percobaan agar bisa mendapatkan jumlah pageview yang paling maksimal.

Untuk tahun depan, saya rasa pageview 20 ribuan adalah angka yang paling masuk akal. Jika tidak ada halangan atau hambatan yang berarti, maka beberapa percobaan saya pasti berhasil menambah jumlah pageview. Sampai laporan tahunan ini dibuat, saya cukup optimis bisa bekerja lebih keras lagi agar semua target bisa saya capai.

Terkadang membuat target yang realistis sama sulitnya dengan seorang ibu yang melahirkan. Anda harus benar-benar tahu seberapa besar tekad Anda untuk mencapai suatu tujuan. Semoga bisa terlaksana semua rencana ini.

Berapa Banyak Komentar yang Masuk?

Sebenarnya komentar bukanlah ukuran keberhasilan suatu blog. Bahkan blogger profesional tidak pernah terganggu dengan banyaknya jumlah komentar. Bahkan blogger profesional malah menghapus beberapa komentar karena dianggap tidak layak untuk ditampilkan.

Lain lagi dengan prinsip saya. Saya ngeblog untuk bersenang-senang. Oleh karena itu, jumlah komentar yang masuk merupakan motivasi yang sangat baik bagi mental saya. Apa asyiknya kalau ngeblog tanpa komentar?  Bukankah demikian?

Komentar yang masuk pun memiliki beberapa fungsi seperti berikut ini:

Sebagai  sumber ide atau inspirasi – Beberapa ide bisa lahir dari komentar para pengunjung. Pertanyaan-pertanyaan dari komentator biasanya saya jawab dengan membuat artikel khusus. Itu adalah salah satu kelebihan yang saya miliki. Apalagi pas menghadapai writer’s block, komentar Anda bisa menjadi sumber inspirasi saya.

Konsultan Gratis – Setiap komentar bisa sangat membantu untuk menjadi lebih baik di kemudian hari. Orang-orang rela meninggalkan beberapa hal buruk yang kita miliki sehingga kita bisa mengetahui kekurangan apa yang ada dalam diri kita ketika mengelola blog. Mereka adalah konsultan gratis bagi saya.

Membuat kita tetap berpikir positif – Menurut saya lingkungan positif akan membuat kita lebih mudah mencapai target-target dalam hidup kita. Saat saya sedang down dan butuh motivasi, teman-teman ngeblog sangat membantu saya untuk tetap berpikir positif. Kadang rasanya senang juga jika tulisan kita dihargai oleh orang lain. Tandanya, mereka memuji tulisan kita dengan tulus. Itu yang sangat saya sukai, orang yang berpikir positif tentang segala hal.

Sejauh ini komentar yang masuk adalah sekitar 1000 an komentar. Angka yang kecil jika dibandingkan dengan blogger lain. Tapi saya cukup senang dengan hal ini. Saya sih tetap bersyukur saja karena mungkin diluar sana banyak orang yang tidak mendapat komentar sebanyak yang saya miliki. Kata pepatah “jangan terlalu sering melihat ke atas, tapi sesekali lihatlah kebawah”. Anda akan bersyukur dalam keadaan apapun jika mengikuti pepatah diatas (ha ha ha sok bijak).

Target Jumlah Komentar Tahun Depan

Menentukan target komentar sangat sulit dilakukan. Ini berkaitan dengan kebiasaan pengunjung blog ini saja. Saya sering bertanya mengapa orang-orang tidak mau meninggalkan komentar di blog ini? Padahal jumlah pengunjung stabil diantara 30-50 orang. Salah satu misteri bagi saya.

Pernah saya mencari referensi bagaimana cara agar komentar bisa banyak? Tapi setelah saya aplikasikan kok hasilnya tidak memuaskan. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya ilmu ngeblog, saya menargetkan akan mendapat komentar di angka seribu lima ratusan tahun depan. Saya hanya perlu bekerja sedikit lebih keras dari biasanya (sedang semangat dan optimis).

Berapa Banyak Like yang Saya Dapatkan

Ini juga bagian yang tidak penting untuk dibahas. Tapi bagi saya angka like adalah tolak ukur seberapa baik tulisan saya di mata orang lain. Kalau boleh berpendapat, jumlah like merupakan angka statistik untuk pengunjung setia yang sedang malas untuk berkomentar. Tanpa berkomentar, pembaca setia blog cukup menekan tombol like saja sebagai tanda telah membaca tulisan kita.

Jumlah like yang saya terima adalah sebesar seribu seratus (dibulatkan). Ini sudah cukup baik. Setidaknya saya bisa merasa sedikit bangga dengan pencapaian ini.         
       

Target Like Tahun Depan

Saya menganggap jumlah like sebagai sedikit acuan keberhasilan saya dalam mengembangkan blog. Bagaimana pun juga, di dalam statistik wordpress.com terdapat catatan like dari orang-orang. Itu artinya Anda bisa mendapatkan data untuk diolah.

Saya sendiri tidak mengerti fungsi data-data like. Mungkin hanya dipakai sebagai hiburan saja bagi blogger. Itu mengapa saya tidak terlalu pusing memikirkan jumlah like yang saya dapatkan. Tapi ini juga tantangan yang harus saya pecahkan. Saya ingin lebih banyak lagi like di hari-hari berikutnya. Dan hari ini saya menargetkan like untuk tahun depan sebesar seribu lima ratusan.

Alexa Rank, PA, dan DA tahun ini

Sebenarnya, untuk blogger yang bertujuan untuk bersenang-senang saja, rangking alexa dan PA dan DA bukanlah hal penting. Sejauh ini saya tidak mempermasalahkan mereka semua dan tidak pernah serius untuk menaikkan angka statistiknya. Mereka hanya tolak ukur apakah website kita benar-benar bagus bagi mesin pencari.

Pernah alexa saya beradaa di angka satu juta tujuh ratusan. Berhubung saya kurang produktif menerbitkan artikel, alexa rank saya pun membengkak lagi jadi dua juta tujuh ratusan. Kalau ada waktu saya pasti akan memperbaiki hal ini dengan membaca dan mencoba berbagai cara untuk menurunkan nilai alexa.

Bagaimana dengan DA? Secara default seluruh sub-domain wordpress.com pasti angka Danya sudah baik. Sekitar 96. Tidak ada lagi yang bisa saya perbuat karena begitulah situasinya.

Berbeda dengan DA dan alexa rank, saya menaruh perhatian lebih pada nilai PA blog saya. Sejauh ini angka PA berada di kisaran 33. Lumayan bagus kan? Sayangnya hanya ada beberapa sumber yang dengan jelas menerangkan bagaimana meningkatkan nilai PA di internet. Itu pun belum tentu benar. Sejauh yang saya ketahui dari bacaan, nilai PA sangat dipengaruhi oleh dua hal, yaitu: backlink dan jumlah artikel yang diterbitkan. Semakin banyak backling, angka PA kan semakin meningkat. Begitu juga dengan kuantitas artikel. Semakin banyak artikel yang diterbitkan, semakin cepat nilai PA beranjak dari tempatnya.

Target Alexa Rank dan PA Tahun Depan

Untuk alexa rank, angka satu juta lima ratusan adalah target yang paling ideal. Sejauh ini satu-satunya cara menaikan alexa rank yang saya ketahui adalah harus sering update artikel. Entah mengapa alexa rank cenderung memberi nilai yang baik pada blog atau website-website yang konsisten update artikel setiap hari. Sebenarnya cukup banyak cara untuk menaikan alexa rank. Hanya saja saya terlalu malas untuk melakukannya.

Lalu tentang PA. Istilah PA baru saya dengar beberapa bulan yang lalu. Setelah saya baca-baca PA merupakan singkatan dari Page Authority, seberapa besar kemungkinan halaman kita bisa tampil di halaman pertama google. Saya fokus mengerjakan ini tahun depan. Mengingat betapa susahnya meningkatkan nilai PA, saya Cuma menargetkan bisa mencapa angka 36 di akhir tahun nanti. Semoga saja bisa menjadi kenyataan. Tak sabar rasanya agar tahun-tahun cepat berlalu dan melihat lagi apa yang sudah saya usahakan.

Jumlah Follower

Follower bisa menjadi sumber traffik yang mengagumkan. Semakin banyak follower, semakin terbuka lebar kesempatan orang lain membuka dan membaca tulisan kita. Dulu saya sempat menargetkan untuk mendapat follower sebesar 100 pengunjung sebelum akhir tahun (lihat blogging 201). Dan sekarang sudah tercapai. Bahkan hasilnya lebih dari apa yang saya bayangkan. Sampai laporan tahunan blog ini dibuat, jumlah follower mencapai 137 orang. Luar biasa.

Mungkin tahun depan jumlah follower saya akan terus bertambah mengingat banyaknya blogger baru yang menggunakan wordpress sebagai platform ngeblog. Saya sudah cukup siap untuk menjadi orang terkenal he he he….

Target Follower Tahun Depan

Enaknya berapa ya? Mungkin angka 200 follower saja. Cukup sedikit. Tapi sulit untuk direalisasikan. Berhubung saya memiliki penyakit malas yang tak kunjung sembuh, angka tersebut cukup realistik. Itu berarti dari sekarang saya harus mengumpulkan follower sebanyak 63 lagi. Jika dibagi 12 bulan maka setiap bulan harus dapat 5 orang follower.

Terkadang lebih baik memberi target-target kecil yang bisa tercapai daripada target besar yang tidak pernah jadi kenyataan. Saya tidak akan membebani diri dengan beban yang berat agar tidak lupa bahwa tujuan saya ngeblog adalah bersenang-senang. Bukan jadi stres karena memikirkan hal-hal yang tidak penting.

Brand Blog Tahun Ini

Saya ingin blog ini menjadi terkenal. ini adalah yang paling sulit. Berurusan dengan brand, saya bukanlah ahlinya. Sampai sejauh ini saya memberi nilai 4 dari maksimal angka 100. Itu artinya brand blog ini masih sangat berantakan. Belum punya konsep dan rencana.

Tapi ini adalah tantangan yang mengairahkan bagi saya. Banyak materi tentang brand yang saya baca. Tapi belum bisa saya pahami sepenuhnya. Sepertinya saya harus banyak membuat percobaan agar blog saya memiliki brand yang baik. Setidaknya bagi teman-teman blogger lain.

Target Brand Tahun Depan

Ada tiga target utama dalam membangun brand. Yaitu: membuat logo, menciptakan tagline yang bagus, dan terakhir menjadi penulis tamu di beberapa blog terkenal. Saya rasa Cuma itu brand yang ingin saya bangun di tahun depan. Sekalian mencari backlink agar blog ini semakin dikenal oleh khalayak ramai sebagai sumber informasi terpercaya. Visi saya.

Itulah beberapa pencapaian yang saya dapat dan beberapa harapan di masa yang akan datang. Bagaimana dengan blogmu? Sudah punya target yang realistis atau belum?

Cepat buat satu karena perencanaan yang baik akan membuat semua tampak sempurna.
                           

Ditulis dengan wordpress untuk android

20 thoughts on “Laporan Tahunan Blog Shiq4 2015

  1. Ada laporan tahunan yang dibuat sama WP harusnya bisa dipublish tapi belum aku publish. Soalnya blognya biyasah2 sajah…

    Congrats… Semoga semua mimpi tercapai….

    Suka

  2. Mantap. Lanjutkan Shiq4.

    Btw baru ngeh kalo shiq4 ngeblog belum ada setahun. Pencapaian setahun shiq4 jauh lebih besar daripada saya di tahun pertama. Saya butuh 2 tahun untuk mencapai apa yang shiq4 capai.

    Sekedar saran :
    Page view dan page visit shiqa 17 ribu berbanding 10 ribu itu artinya rata2 1 pengunjung blig shiq4 membaca 1,7 artikel.

    Tahun ini shiq4 menargetkan maks 100 pengunjung tiap hari. Itu artinya 36.500 pengunjung. Shiq4 juga menargetkan jumlah view mencapai 20.000 kali. Target ini malah membuat rata pengunjung baca artikel jadi menurun ke 0,5 kali. Padahal sebelumnya rata-rata di 1,7. Kalau shiq4 konsisten dengan target pengunjung di 100 setiap hari atau 36.500 target page view shiq4 dikisaran 62.000.

    Ini target yang realistis. Karena idealnya target itu kan harus lebih tinggi bukan?

    Saya yakin shiq4 bisa. Keep writing. Keep blogging. Lanjutkan!

    Suka

  3. Beneran ini ditulis pakai wordpress for android? Panjang bener.. Keren.
    Semoga tahun ini lebih banyak pengunjung. Hihihi. Keep writing. Semangat. 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s