10 Hal yang Asyik Dilakukan Ketika Hujan

Musim hujan bisa menjadi saat-saat paling menyebalkan bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, hujan turun sesuka hatinya sehingga menganggu aktivitas manusia. Bagian lucunya adalah pertanyaa “sejak kapan manusia takut air?”. Lihat saja, Jika hujan tiba-tiba turun, maka manusia akan berlari mencari tempat berteduh. Padahal tidak pernah kutemui orang yang mati karena kehujanan. Bukankah demikian?

Aku sudah sering berurusan dengan hujan. Memang hujan pernah berhasil membuatku kecewa, tapi itu tidak membuatku berhenti berusaha untuk tetap menikmati hari walaupun hujan turun deras. Aku mulai bisa berdamai dengan hujan. Dan itu membuatku tersenyum. “Kau tidak akan bisa membuatku kecewa lagi”.

Hal itu bisa terjadi karena aku menemukan banyak kegiatan asyik yang bisa dilakukan ketika hujan. Jika kau ingin tahu, aku sudah menulis 10 hal yang paling sering ingin kulakukan saat hujan mulai turun. Berikut daftarnya :

1. Bermain Hujan-Hujanan

Mungkin bagimu terdengar konyol. Aku tidak peduli. Aku hanya mencoba bersahabat dengan alam. Bagaimana pun juga, hujan adalah salah satu kebenaran yang harus dimaklumi. Aku seperti itu karena ingin memahami kebijaksanaan. Sayangnya aku tidak akan membagikan ilmu ini kepadamu he he he….

Bukan hanya anak kecil saja yang bisa bersenang-senang dengan hujan. Aku pun melakukannya. Rasanya cukup nikmat ketika air dari langit membuat sekujur tubuhku basah. Untuk beberapa saat, kupejamkan mata dan merasakan bentuk kasih sayang Tuhan berupa tetes-tetes air. Bayangkan apa yang terjadi di dunia ini tanpa hujan?

Selain itu, air hujan pernah menolongku beberapa kali. Seperti kebanyakan lelaki pada umumnya, aku terlalu malu dilihat orang saat menangis. Di saat hujan, aku bisa menangis sepuas yang kumau. Orang tidak akan tahu kalau aku menangis. Dan itu berarti tidak akan pernah ada orang yang sibuk bertanya mengapa aku menangis.

2. Memakai Selimut Tebal, Tidur-tiduran, dan Mengkhayal

Saat hujan turun udara menjadi lebih dingin dari biasanya. Jika sedang ada dirumah, aku akan mencari selimut tebal sehingga tubuhku terasa hangat. Ini trik murahan yang sering kulakukan untuk menghadapi hujan yang deras. Kemudian aku tidur-tiduran dan mulai mengkhayal.

Aku memang diciptakan Tuhan dengan berbagai kekurangan. Yang paling menonjol adalah suka mengkhayal.

Rintik-rintik hujan tidak pernah menganggu khayalanku. Asal kau tahu, mengkhayal terasa lebih nikmat saat hujan. Kata orang pengkhayal terlihat menyedihkan. Aku tidak mau tahu soal itu. Yang kutahu aku senang mengkhayal sesuatu yang tidak mungkin terjadi dalam kehidupanku. Untuk sejenak aku akan berada di duniaku dan tidak ingin diganggu siapa pun.

Tubuh yang hangat karena berselimut tebal, posisi tidur, dan terbuai oleh khayalan yang indah. Apa yang lebih baik dari semua itu? Bagiku hal seperti ini hanya mampu dinikmati oleh orang-orang yang memiliki pemikiran seperti anak kecil. Aku termasuk salah satunya.

3. Membaca Buku yang Tebal

Jika kau jeli, maka kau akan melihat banyak keindahan di dunia ini. Hanya sedikit orang yang bisa mengerti indahnya tetesan air dari langit. Apalagi melihatnya sambil membaca buku. Kau harus mencobanya.

Sesekali suara halilintar akan mengagetkanmu dan membuatmu kehilangan konsentrasi saat membaca buku. Itu sesuatu yang lucu bagiku. Aku akan melakukannya berulang kali dan tetap menganggapnya lucu.

Jika mata lelah, maka aku akan berhenti sejenak. Aku akan melangkah untuk menyentuh hujan dari terasku. Merasakan dinginnya air membasahi tanganku. Kemudian aku akan membasuh mukaku dengan air hujan untuk menghilangkan rasa lelah karena membaca. Lalu aku tertawa dan melanjutkan kegiatan membacaku.

4. Menulis Artikel untuk Diterbitkan di Blog

Hujan bisa membuat orang bersedih. Lihat saja aku. Hujan membuat semua orang tidak mau keluar dari rumah. Akibatnya, tidak ada orang yang membeli barang daganganku.

Awalnya aku hanya bersedih dan tidak melakukan apa-apa. Hanya duduk, meminum kopi panas, dan merokok. Sesekali aku memperhatikan hujan. Hal yang paling menyebalkan adalah kenyataan bahwa aku terjebak dilapak yang kujaga. Tidak punya teman ngobrol sehingga rasa sepi menyerang. Dan itu membuatku bertambah sedih.

Tapi sekarang aku punya cara untuk menghadapi situasi kesepian ketika terjebak oleh hujan. Aku akan mengambil androidku dan mulai menulis.

Derasnya hujan membuat semangat menulisku menjadi lebih berkobar. Mungkin karena terlalu menikmati aktivitas menulisku sehingga waktu terasa begitu cepat berlalu. Tanpa kusadari, hujan telah berhenti. Orang-orang pun silih berganti mengunjungi lapak buah milikku. Aku pun menghentikan aktivitas menulis dan sibuk melayani pembeli.

Meskipun aku tidak pernah bisa menyelesaikan satu tulisan pun ketika hujan, aku sangat optimis dengan kebiasaan baruku. Kalau sudah terbiasa, pasti aku bisa menghasilkan tulisan berkualitas. Aku hanya perlu berusaha sedikit lebih keras lagi.

5. Mendengarkan Musik Dan Ikut Bernyanyi

Kuakui, aku memiliki selera musik yang buruk. Hanya ada dua orang yang benar-benar membuatku nyaman mendengarkan semua lagu yang mereka nyanyikan. Itu adalah audy dan D’cinnamons. Jadi, aku tidak pernah menyukai band atau artis diluar audy dan D’cinnamons.

Tapi itu juga bukan berarti aku anti musik. Aku masih bisa menikmati lagu-lagu populer yang sedang beredar. Hanya saja aku tidak ngefans.

Mendengarkan musik saat hujan bukanlah ide yang buruk. Jika kau bingung dan tidak tahu harus berbuat apa saat hujan turun, mendengarkan musik bisa jadi solusinya.

Jangan malu untuk ikut bernyanyi karena derasnya hujan membuat suaramu tidak akan terdengar oleh tetangga sebelah. Itu mengapa aku berani bernyanyi dengan keras. Kalau saja tidak ada hujan, mungkin aku tidak akan mau bernyanyi mengingat suaraku yang tidak karuan.

Hujan ternyata memiliki manfaat lain buat sebagian orang kha ha ha ha…..

6. Nonton Film

Ini belum pernah kulakukan. Aku hanya mengkhayal dan terbersit keinginan untuk menonton di waktu hujan.

Ide ini muncul karena aku mengingat suatu hal. Di film-film banyak sekali adegan yang menceritakan tokoh utama menonton film horor. Sepertinya ini merupakan kebiasaan orang-orang di amerika. Aku penasaran dan ingin mencobanya. Siapa tahu rasanya menyenangkan.

Jika nanti film horor tidak bisa membuatku senang, maka aku punya rencana lain. Nonton film yang romantis.

Kata sebagian orang, nonton film romantis bertepatan dengan hujan bisa menimbulkan suasana hangat. Dan itu layak dicoba.

Aku sudah memikirkannya dengan matang. Semoga saja rencanaku nonton film saat hujan tidak terganggu oleh adik-adikku. Maklum, aku tipe orang penyendiri. Tidak akan pernah merasa nyaman dengan keramaian. Sekali pun itu adalah keramaian yang diciptakan oleh orang-orang yang kusayangi.

7. Makan yang Panas-Panas

Makan makanan yang panas adalah pilihan lain yang bisa kulakukan agar tidak bersedih karena terjebak di dalam rumah saat hujan. Makan mie instan atau bakso.

Untuk mie instan, ibu memiliki banyak persediaan. Jadi aku tidak harus berjuang melintasi hujan untuk membelinya di warung-warung terdekat. Aku tinggal mengambilnya di tempat biasa dan memasaknya. Sepertinya mulut akan terasa cukup nyaman untuk langsung memakan mie instan panas-panas. Saranku untukmu yang ingin melakukan hal ini adalah buatlah dua mie instan sekaligus. Satu saja tidak akan cukup untuk memuaskan mulutmu.

Sedangkan bakso hanya bisa diperoleh dengan perjuangan. Aku harus menyiapkan payung, lalu berjalan hingga diterpa angin kencang. Dengan sedikit usaha aku akan sampai di tempat penjual bakso. Satu-Satunya yang harus kupastikan adalah kadar sambal dalam bakso. Semakin pedas, semakin nikmat.

Sejauh ini hanya dua makanan itu yang sering menemani. Punya ide lain tentang makanan panas yang nikmat disantap saat hujan?

8. Menghubungi Kekasih

Ini juga terlintas begitu saja dipikiranku. Mungkin akan menyenangkan ngobrol dengan pujaan hati saat hujan. Sesekali memberi rayuan akan memberi kenangan yang romantis. Aku tidak tahu denganmu, tapi aku hanya suka dengan ide ini.

Yang paling disayangkan adalah kenyataan bahwa aku tidak punya kekasih ha ha ha…. Tapi tidak apa-apa. Aku sudah punya calonnya. Siapa lagi kalau bukan wanita yang kuceritakan pada postingan sepertinya saya jatuh cinta dan merindukan seseorang yang tak kukenal.

Aku akan mengatakan kepadanya betapa aku merindukannya dan ingin bersamanya saat itu. Mungkin aku juga akan menceritakan semua impian-impian konyol yang kumiliki. Tanpa harus bertatap muka, aku bisa menjadi orang benar-benar pandai berbicara. Ah… Sudahlah… Hanya sedikit keinginanku.

Sekarang kau tahu kan bahwa aku suka mengkhayal? Setidaknya bisa dipakai untuk bahan menulis.

9.Menyelesaikan Pesanan Artikel

Menjadi penulis artikel lepas memang punya waktu yang fleksibel, tapi bisa memberi tekanan tersendiri.

Seperti sore ini. Aku tidak bisa melakukan hal lain selain mengerjakan pesanan artikel. Aku hanya punya waktu seminggu untuk menyelesaikan semua pesanan. Aku harus tepat waktu agar kredibelitasku tidak diragukan.

Jika Anda punya kerjaan sampingan sepertiku, maka dikala hujan kau bisa mengerjakannya. Buat saja permainan dengan hujan. Aturannya sederhana. Kau harus mampu menyelesaikan pekerjaan sampinganmu sebelum hujan berhenti. Itu akan membuatmu lebih bersemangat. Aku melakukannya dengan baik sore ini.

10. Tidur

Ada saat dimana hujan turun pada waktu yang tidak tepat. Misalnya saat aku pulang dari kerja.

Rasanya letih dan lelah. Paling-Paling akan mandi dan segera ke tempat tidur. Terkadang hujan bisa menghipnotis orang sehingga membuat tidur lebih nyenyak.

Aku tidak pernah melakukan penelitian akan hal tersebut. Tapi aku yakin dengan hal ini.

Pengalaman mengajarkanku bahwa tidur lebih nyenyak saat hujan turun. Mungkin itu alasan paling masuk akal bagi sebagian orang yang menganggap hujan itu anugegrah.

Nah… Aku telah menceritakan kegiatan yang biasa kulakukan atau hal apa saja yang ingin kukerjakan ketika hujan. Sekarang giliranmu untuk mengatakan kepadaku apa yang kau lakukan jika hujan turun.

Kotak komentar menantikan tanggapanmu.

Ditulis dengan wordpress untuk android

10 thoughts on “10 Hal yang Asyik Dilakukan Ketika Hujan

  1. Aku paling suka goler2an di kasur sambil cari ide tulisan. Kalau nggak ngayal2 nggak jelas atau… Nonton film favorit. Tapi ujung semua itu biasanya ide tulisan. Hujan emang sesuatu bingits…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s