Mengapa Banyak Blogger Pemula yang Gagal Menjadi Blogger Sukses?

Saya sangat senang melihat perkembangan dunia blog saat ini. Banyak blogger baru yang memiliki potensi untuk menjadi blogger sukses.

Mereka sangat antusias untuk membaca berbagai tips ngeblog seperti cara mendapatkan pengunjung, cara mendapatkan sitelink, atau tips menulis artikel berkualitas. Untuk beberapa saat, mereka sangat menikmati aktivitas ngeblog.

Namun kenyataan yang terjadi di lapangan tidak seperti yang saya harapkan. Entah mengapa hanya sebagian kecil saja yang bertahan dan terus menekuni aktivitas ngeblog. Sisanya hanya akan menambah daftar panjang catatan blogger gagal.

Kemana semangat yang dulunya menyala-nyala? Apakah mereka terlalu sibuk dengan kehidupan nyatanya sehingga tidak sempat ngeblog lagi? Atau mereka sudah menyerah untuk menggapai impian mereka menjadi blogger sukses?

Setelah lama merenung, saya bertanya kepada diri sendiri :

Mengapa banyak blogger pemula yang gagal menjadi blogger sukses?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya berpikir cukup lama. Pada akhirnya saya menyimpulkan bahwa blogger-blogger gagal disebabkan oleh faktor-faktor berikut:

1. Tidak Pandai Menulis

Sebenarnya kegiatan ngeblog hanya dilakukan oleh orang-orang yang mencintai dunia tulis menulis. Tapi untuk beberapa alasan yang tidak saya ketahui, banyak orang yang tidak pandai menulis ikut membuat blog.

Ini adalah bencana. Mereka hanya bermodalkan nekat. Tulisan mereka sangat jelek dan sulit dipahami. Bahkan saya banyak menemukan tulisan yang membuat mata saya sakit ketika membacanya.

Oleh karena itu, hal pertama yang harus Anda pelajari untuk menjadi blogger sukses adalah cara menulis artikel yang baik.

Tidak perlu sebagus wartawan. Yang penting jelas dan mudah dipahami oleh orang lain. Itu saja lebih dari cukup untuk membuat orang-orang tertarik mengunjungi blog Anda.

Jika Anda tidak ingin menjadi blogger gagal karena tulisan Anda jelek, maka saya merekomendasikan Anda membaca artikel berikut:

* 7 Tips menulis artikel yang efektif – Artikel ini akan membantu Anda memahami dasar-dasar menulis yang baik.

* 12 Cara meningkatkan kemampuan menulis – Artikel ini berguna bagi Anda yang ingin benar-benar pandai merangkai kata.

* Tips menulis artikel yang disukai google – Bagus saja tidaklah cukup. Ada beberapa teknik menulis untuk membuat tulisan Anda disukai google.

2. Terlalu Mengandalkan Blogwalking

Saya melihat fenomena yang cukup memprihatinkan. Banyak blogger yang melakukan blogwalking agar blog mereka banyak dikunjungi dan mendapat banyak komentar sehingga tampak ramai.

Tidak ada yang salah dengan blogwalking. Hanya saja itu membuat Anda kehilangan banyak waktu. Tidak efektif.

Untuk mempertahankan traffik yang tinggi, Anda harus terus blogwalking?. Pertanyaannya mau sampai kapan?

Saya pernah melihat blogger pemula yang memiliki traffik wow dan selalu mendapat banyak komentar. Beberapa bulan berlalu. Mungkin ia terlalu lelah dan sudah bosan blogwalking. Pengunjung pun turun drastis. Blognya tidak lagi mendapat komentar.

Ia mulai menyadari bahwa orang-orang tidak mau berkomentar di blog miliknya jika ia tidak berkomentar di blog mereka. Ternyata di dunia ini tidak ada yang benar-benar gratis. Ia pun memutuskan untuk berhenti ngeblog.

Bukan berarti blogwalking itu salah. Tapi tidak seharusnya Anda menggantungkan traffik Anda dari blogwalking saja.

Jangan isi blog Anda dengan curhatan saja. Cobalah menulis hal-hal yang banyak dicari orang sehingga ketika Anda sibuk dan tidak sempat blogwalking, blog Anda tetap ramai pengunjung.

3. Terlalu Terobsesi dengan Uang

Anda tahu apa yang paling saya benci? Blogger-blogger yang terlalu terobsesi dengan uang.

Menurut saya mereka tidak memiliki pikiran yang logis. Mereka terlalu berharap mendapat jutaan rupiah dari blog.

Mereka selalu suka membaca motivasi-motivasi tentang mudahnya mendapat uang dari blog.

Dan ketika mereka mencoba mengaplikasikan apa yang mereka ketahui, mereka mulai ragu-ragu. Dalam beberapa bulan mereka akan sadar bahwa menghasilkan uang dari blog tidaklah semudah yang dibicarakan orang. Sayangnya, mereka sudah terlalu lelah untuk mencoba dan memilih menyerah, menjadi blogger gagal.

4. Terobsesi dengan SEO

Ini masalah yang paling sering saya temui. Blogger pemula terlalu terobsesi dengan SEO. Ada anggapan bahwa jika blog mereka selalu muncul di halaman pertama google, mereka akan kebanjiran pengunjung sehingga mereka terlalu over dalam melakukan SEO.

Bagi saya SEO itu hanyalah permainan blogger-blogger tingkat atas. Blogger pemula seperti saya lebih baik belajar memperbaiki kualitas tulisan saja. Saya ngeblog tanpa SEO.

Belajarlah SEO secukupnya saja dan jangan berpikir terlalu serius jika Anda tidak muncul di halaman pertama google. Ada banyak cara selain SEO untuk mendapatkan pengunjung.

Jangan buang banyak waktu Anda untuk mempelajari SEO karena tugas blogger pemula hanya menulis.

5. Anda Tidak Punya Minat Terhadap Apa yang Anda Tulis

Jika Anda tidak pernah benar-benar memiliki minat terhadap apa yang Anda tulis, maka tulisan Anda akan terlihat membosankan dan tidak berbobot.

Blogger yang sukses hanya menulis sesuai dengan minatnya sehingga ketika ada orang yang membacanya, orang tersebut benar-benar terkesan.

Untuk blogger pemula lebih baik jangan ikuti tutorial-tutorial tingkat tinggi. Belum waktunya. Bisa-bisa Anda menjadi bingung. Cukup berfokus untuk menulis hal-hal yang Anda sukai.

“Lha nanti blog saya jadi blog gado-gado dong?”

Untuk menjawabnya Anda bisa membaca banyak topik atau satu topik?

Lebih baik blog gado-gado yang ditulis dengan segenap hati daripada mengelola blog niche tetapi merasa tersiksa.

6. Promosi yang Salah

Promosi yang salah itu seperti apa?

* Meninggalkan link aktif ketika blogwalking.

* Nyepam di facebook seperti orang tolol.

* Email marketing yang tidak efektif.

* dan lain-lain

Banyak cara kreatif untuk mempromosikan blog kita. Tidak perlu terlalu agresif karena orang-orang membenci hal tersebut.

Menurut saya, cara promosi terbaik adalah blogwalking. Tapi Anda harus meninggalkan komentar yang benar-benar berkualitas agar orang lain melakukan klik untuk mengunjungi blog Anda.

Silahkan bereksperimen.  Carilah cara terbaik untuk mempromosikan blog Anda.

Jika Anda tidak berpromosi, maka tidak akan ada orang yang membaca tulisan Anda sekalipun tulisan Anda benar-benar berkualitas.

7. Tidak Bisa Mengatur Waktu

Ngeblog itu aktivitas yang menguras banyak waktu. Anda butuh banyak waktu untuk mencari referensi, menuliskannya, kemudian mengeditnya.

Belum lagi harus blogwalking. Butuh waktu untuk membaca tulisan blogger lain agar bisa memberi komentar berkualitas.

Tak hanya itu. Anda juga harus berpromosi di berbagai sosial media, masuk dari forum yang satu menuju forum lainnya.

Semua itu butuh banyak waktu. Jika Anda tidak mampu mengatur waktu secara bijak untuk melakukan segala aktivitas tersebut, maka bisa dipastikan Anda akan menjadi blogger gagal.

Gunakan waktu Anda dengan bijaksana agar aktivitas ngeblog Anda tidak akan menganggu kehidupan nyata Anda.

8. Tidak Konsisten

Kebanyakan blogger pemula gagal di poin ini. Saya juga tidak tahu mengapa mereka mulai tidak konsisten menerbitkan artikel.

Sebab utama atau paling umum adalah :

1. Punya hobi baru yang lebih menarik dan tidak ingin melanjutkan kegiatan ngeblog.

2. Malas menulis.

3. Tidak punya motivasi yang baik.

4. Cuma berpikir tapi malas untuk melakukan Action.

Tidak konsisten adalah masala

h terbesar bagi sebagian besar blogger gagal. Mau bermimpi tapi tidak mau bekerja keras.

9. Tidak Mau Belajar Hal-Hal Baru tentang Blog

Siapa bilang teori tidak penting? Jika Anda ngeblog tanpa mengerti sedikit pun tentang ngeblog, maka Anda benar-benar dalam masalah besar.

Anda akan sering melakukan kesalahan yang tidak perlu.

Dengan membaca tips-tips ngeblog secara teratur, Anda akan memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana cara ngeblog yang baik dan Anda akan terhindar dari kesalahan yang tidak perlu.

Anda tidak perlu melakukan semua yang Anda baca tentang blog, pilihlah yang termudah untuk diaplikasikan.

Kesimpulan

Saya melihat jumlah blogger sukses di indonesia sangat sedikit sekali. Jika saya dan Anda mau belajar dan menghindari semua hal buruk diatas, maka saya yakin kita akan menjadi blogger sukses dikemudian hari.

Tulisan diatas sangat sensitif sehingga saya minta maaf jika Anda tersindir.

Silahkan ambil baiknya saja. Kalau ada yang salah dan tidak setuju dengan pendapat saya diatas, Anda boleh tidak membacanya.

Ditulis dengan wordpress untuk android

23 tanggapan untuk “Mengapa Banyak Blogger Pemula yang Gagal Menjadi Blogger Sukses?

    1. Ha ha ha iya pak alris. Saya menulis untuk mengingatkan diri sendiri soalnya takut jadi blogger gagal.

      Sejauh ini saya kan cuma ngeblog buat senang-senang eh tulisan saya laku juga jadi mikir yang engak-engak

      Suka

  1. Saya kurang setuju yang masalah tidak pandai menulis, mungkin lebih tepat kalau dibilang “Tidak mau belajar menulis yang baik”, karena menurut saya banyak sekali orang yang terlahir tidak pandai menulis tapi dia ingin bisa menulis sebuah karya yang baik, and “practice makes perfect”

    Suka

      1. Ikut nimbrung aaah…

        Iya nih sensitis banget apalagi kalo lagi dapet hahaha.

        Bagus mas tulisannya reminder juga buat saya yg muncul tenggelem nulis di blog. Sya setuju sama mas afandi, bukannya blogger ga pandai nulis tapi emang butuh practice untuk menjadi penulis yang pandai.

        Suka

  2. Hebat banget Mas bisa menulis sepanjang ini via android *pertamanya salah fokus dulu* :haha.
    Nah membaca ini membuat saya merasa tertohok sih, soalnya saya adalag tipe orang yang terlalu mengandalkan blogwalking :hehe :peace. Yah, mungkin memang harus belajar buat menulis sesuatu yang banyak dicari orang. Tapi saya agak jarang menulis sesuatu yang sering dicari orang, jadi yah… untuk sekarang ya menulis saja deh, kembali ke niat awal saya blogging: untuk menyimpan apa yang sudah saya kumpulkan :hehe.

    Suka

    1. Nulis sambil tiduran mas hehe he.

      Memang menulis itu yang penting dari hati. Saya juga tahu bahwa tulisan curhat itu bisa merusak SEO, tapi mau gimana lagi, banyak yang mbaca sih.

      Oh ya blognya mas gara yang baru kok nggak bisa dikomentarin dari wp reader di android? Kasusnya kayak blognya mas ryan. Jadi bisanya ngelike doang. Kalau blognya mas dani bisa dikomentarin..

      Biasanya kalau blog yg gak bisa dikomentarin di wp reader saya komentarin pake opera mini dan berhasil. Tapi blognya mas gara pas saya udah nulis komentar di opera mini gak nemu tombol publishnya. Jadi gak bisa blogwalking donk

      Disukai oleh 1 orang

      1. Masa ya Mas? :haha. Saya tanyakan ke Mas Dani coba ya, bagaimana caranya supaya tetap bisa dikomen via WP reader :hehe. Terima kasih atas masukannya :hehe, maklum baru migrasi jadi masih banyak bolong di blognya :)).

        Suka

    1. Kalau serius ngeblog ya lebih baik sedikit tulisan tapi berkualitas. Alasanya:

      1. Lebih mudah dioptimasi untuk SEO.

      2. Punya Brandnya yang lebih kuat.

      3. Pembaca lebih suka ama tulisan berkualitas.

      Saya kan juga pemula mas setahu saya ya cuma itu.

      Suka

  3. Alhamdulilah pertama kali ngeblog saya juga belajar sama seorang teman yang baik hati ngajarin saya SEO, cara blogging yang baik, bikin artikel berkualitas, dll.

    Memang butuh proses sampai akhirnya saya bisa kolaborasi sama beberapa brand untuk terlibat dalam campaign-nya đŸ˜€

    Suka

  4. Bagus untuk masukannya, aku saat tulisan ini langsung intropeksi sendiri, terkadang aku masih kurang juga utk blogwalking Dan lupa kasih sumbernya, tpi lebih kerenya lagi mas nya nulis di wordpres dii android ..sblm salam kenal mas ~

    Suka

  5. SEO? seriusan, gue gak paham sama teknik untuk menaikkan traffic yang satu ini. Banyak orang ngomongin SEO untuk optimasi blog, lah gue ya cuma nulis doang.

    Dari semuanya, gue paling sering tidak konsisten. Kadang seminggu dua kali, kadang juga sekali seminggu. Gak menentu, tapi tetap akan diusahakan ada postingan kalo lagi ada laptop. Gak bisa nulis lewat touchscreen.

    Suka

Tinggalkan Balasan

