7 Tips Menulis Efektif

Suatu hari saya berandai-andai menjadi seorang profesional. Khayalan saya berlanjut selama beberapa jam dan saya berkhayal ada seseorang yang bertanya:

Bagaimana cara menulis yang paling efektif?

Masih dalam keadaan setengah sadar, saya mencoba menyusun 7 tips menulis efektif berikut ini:

1. Menulislah Dari Hati

Kebanyakan penulis pemula merasa sulit untuk menyampaikan pesan mereka melalui tulisan. Itu karena mereka masih mempedulikan bagaimana mereka terlihat di depan pembaca. Mereka ingin tampil berbeda dan mengesankan.

Bukannya mendapat apa yang diinginkan, mereka malah membuang-buang kata. Tulisan mereka kacau dan sulit dimengerti. Itu karena mereka tidak menulis sesuai dengan hati mereka.

Cobalah berhenti menulis sejenak. Tarik nafas dalam-dalam. Apa yang ingin ditulis hati kecil Anda? Meskipun terlihat jelek, menulis dari hati bisa membuat Anda bahagia. Jangan mencoba untuk mengesankan pembaca Anda dengan kata-kata yang tidak perlu. Tulis apa yang dikatakan hati kecil Anda dan Anda akan melihat keajaiban.

2. Kejujuran

Anda akan terlihat bodoh jika Anda tidak menulis dengan jujur. Kesalahan penulis pemula yang sering saya jumpai adalah ketidakjujuran agar penulis terlihat hebat dan mengesankan di mata pembacanya.

Penulis yang mengusung nilai-nilai kejujuran lebih dihargai dan oleh sebab itu, sebisa mungkin buatlah tulisan yang jujur apa adanya.

Sekali Anda berbohong dalam menulis, semakin mudah Anda untuk terus melakukannya. Dan tentu saja itu akan menghambat Anda untuk menulis dengan kreatif.

3. Ringkas

Dalam hal ini Anda harus mencontoh situs-situs berita. Mereka terlihat baik karena mampu menulis suatu kejadian dengan ringkas.

Apa yang saya ketahui adalah kebanyakan blogger atau penulis pemula terlalu banyak menulis kata-kata yang tidak perlu hanya untuk memenuhi artikel yang mereka tulis dengan banyak kata.

4. Jelas

Tulisan yang baik tidak hanya ringkas, tetapi juga harus jelas. Jangan sampai tulisan Anda mengandung kata-kata yang meragukan sehingga bisa menimbulkan tanda tanya bagi pembaca.

Tulis dengan jelas maksud Anda agar pembaca mudah memahami apa yang Anda tuliskan.

5. Jadi Diri Sendiri

Jangan meniru gaya menulis orang lain. Jika Anda melakukannya, pastikan Anda hanya meniru teknik menulisnya saja. Bukan gaya menulis secara keseluruhan.

Menjadi diri sendiri tidaklah mudah. Anda harus mengenal kepribadian Anda dengan baik untuk bisa menulis sesuatu yang baik pula.

Apakah tulisan saya sudah mencerminkan kepribadian saya? Itu adalah pertanyaan yang harus dijawab dengan menggali lebih jauh tentang diri kita sendiri.

Apa kelebihan tulisan saya dengan penulis lain? Jika Anda telah mengetahui kelebihan tulisan Anda, maka pertahankan kelebihan itu dan sebisa mungkin hilangkan kekurangannya.

Yang terpenting dari semuanya adalah Anda merasa nyaman ketika menulis. Menjadi diri sendiri berarti bebas berpendapat tanpa takut dikritik atau takut terlihat buruk di mata pembaca Anda. Sebagian besar penulis gagal di poin ini. Terlebih jika mereka ingin terlihat mengesankan di mata pembaca, biasanya mereka menyembunyikan apa yang mereka pikirkan. Meskipun itu adalah pemikiran yang buruk, Anda harus tetap menuliskannya.

6. Berlatih Menulis Terus

Tulisan yang efektif tidak bisa didapat hanya dalam waktu semalam. Semuanya butuh proses dan Anda harus melaluinya.

Berlatihlah setiap hari. Cobalah menyampaikan maksud Anda dengan ringkas, jelas, dan efektif. Artinya, semakin sedikit kata yang Anda gunakan untuk menjelaskan sesuatu, semakin baik tulisan Anda.

Tidak benar jika ada yang mengatakan bahwa artikel berkualitas adalah artikel yang panjang. Meskipun memang kebanyakan artikel berkualitas ditulis dengan sangat jelas menggunakan banyak kata, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa menulis artikel berkualitas dengan sedikit kata.

Pada poin ini kita belajar menulis sesingkat mungkin. Namun, mudah dipahami dan dimengerti. Bisakah Anda melakukannya?

7. Terstruktur Dengan Baik

Biasanya tulisan yang efektif itu adalah tulisan yang terstruktur dengan baik. Dimulai dengan pembukaan, isi, dan penutup. Jika berbentuk daftar, artikel tersusun dengan baik, mulai dari awal hingga akhir.

Yang perlu diperhatikan adalah hubungan antar paragraf. Apakah patagraf yang satu bisa terhubung dengan paragraf lain?

Itulah 7 tips menulis efektif dalam khayalan saya sebagai penulis terkenal. Semoga tulisan ini bisa menjadi pedoman Anda dalam menulis artikel untuk blog Anda.

2 thoughts on “7 Tips Menulis Efektif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s