Musim Mangga Telah Tiba

Tak terasa waktu begitu cepat berlalu. Musim buah silih berganti begitu saja, tidak ada pengalaman yang cukup mengesankan untuk dituliskan. Pengalaman berjualan buah ya seperti itu. Anda membeli buah dalam jumlah besar di pedagang-pedagang besar, kemudian menjual lagi secara eceran kepada pelanggan. Hanya itu.

Sepanjang hari menunggui lapak buah. Kalau ada pembeli, saya melayaninya dengan sepenuh hati. Tidak kurang dan tidak lebih. Begitulah kehidupan para pedagang.

Saat ini, mulai muncul produk mangga manalagi. Jumlahnya masih sangat terbatas sehingga harganya pun masih cukup mahal. Hanya sedikit pedagang yang berani mengambil resiko untuk menjual mangga jenis manalagi. Itu mengapa persaingan tidak terlalu ketat. Jadi, kami bisa “mengontrol” harga dimana kami mengambil untung yang lumayan banyak.

Selama 2 hari terakhir, lapak buah kami mampu menjual mangga manalagi dan mangga kopyor sebanyak 100 kg. Masing-Masing dengan harga Rp 12.000,00 dan Rp 8.000,00.

Mumpung permintaan akan buah mangga relatif tinggi, kami bisa menjual dengan harga tertinggi. Kadang kalau buah tinggal sedikit kami mengobralnya menjadi hanya Rp 10.000,00. Itu harga yang sangat menguntungkan bagi kami.

Jika permintaan tetap tinggi seperti 2 hari yang lalu dan jumlah barang masih terbatas, strategi terbaik adalah menimbun mangga-mangga tersebut. Baru saja ibu saya membeli mangga manalagi sebanyak 60 Kg siap jual dan ayah saya membeli 100 Kg mentah. Ini seperti perjudian bagi saya.

Seandainya dalam 3 hari kedepan tidak ada persediaan mangga di pedagang besar, bisa dipastikan hanya lapak buah kami yang menyediakan mangga manalagi. Itu berarti penjualan mangga akan meningkat dan untung di depan mata.

Tapi kalau dalam 3 hari ada stok persediaan mangga di pedagang besar, bisa jadi kami akan menjual mangga di harga paling rendah, yakni Rp 10.000,00.

Semoga tidak ada stok mangga di pedagang besar agar kami tetap bisa menjual dengan harga tertinggi Rp 12.000,00 per Kg.

Iklan

13 tanggapan untuk “Musim Mangga Telah Tiba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s