Tips SEO untuk Toko Online

Ada beberapa hal yang membuat saya tidak bisa tidur akhir-akhir ini. Kepala saya dipenuhi pertanyaan apakah tips SEO untuk toko online sama dengan Tips SEO untuk blog atau website?

Setelah membaca beberapa artikel, sebenarnya tidak banyak perbedaan antara membangun SEO untuk toko online atau blog. Prinsipnya sama saja. Hanya saja toko online melibatkan banyak halaman yang tentu saja sulit dioptimalkan untuk keperluan search engine optimisation.

Bagi Anda yang memiliki toko online, sebaiknya Anda mempertimbangkan hal berikut ketika membangun toko online:

1. Nama yang Brandable

Ini adalah pelajaran yang paling dasar. Memilih sebuah nama. Jika Anda salah memilih nama, tips SEO apapun tidak akan bisa membantu Anda untuk menjual produk atau jasa Anda.

Ada dua pilihan dalam menentukan nama toko online:

1. Nama yang Unik. Nama apapun bisa sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Ini hanya masalah waktu sampai semua orang membicarakan website Anda.

Contohnya: lazada, kaskus, tokopedia, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam memilih nama, Anda tidak perlu memilih nama yang mengandung kata kunci. Itu jika Anda merencanakan untuk membangun branding Anda dalam jangka panjang. Hindari nama-nama yang buruk seperti tokobukuonline.com, jualbukuonline.com, atau tokobukumurah.com.

Nama seperti itu tidak brandable. Selain itu, akan sulit bagi situs semacam itu untuk mengkonversi pengunjung menjadi pembeli.

Mengapa? Karena nama seperti itu sulit dipercaya oleh pengunjung. Berkenaan dengan jual beli online, kepercayaan adalah modal utamanya.

2. Jika harus mengandung kata kunci, pilih yang singkat dan jelas.

Seperti yang saya utarakan diatas, buatlah nama yang brandable. Jika Anda berpendapat bahwa nama seperti tokobukuonline.com merupakan nama yang bagus karena bisa dengan mudah tampil di halaman pertama google, Anda salah besar.

Kalau pun nama tokobukuonline.com bisa meraih banyak pengunjung, berapa banyak yang membeli buku? Tujuan SEO toko online bukan mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya tetapi menjual produk atau jasa sebanyak-banyaknya.

Jadi, lebih baik sedikit pengunjung tetapi bisa kita konversi menjadi pembeli daripada banyak pengunjung tapi tidak ada yang membeli.

Jika Anda bersikeras untuk memasukkan kata kunci pada domain sebagai strategi SEO Anda, nama yang Anda pilih harus tetap brandable. Misalnya rumahbuku.com, bukukita.com, istanabuku.com dan lain sebagiannya.

2. Buat Slogan Dan Anda Harus Berada di urutan 3 besar hasil pencarian

Apa slogan toko Anda? Slogan selalu diingat oleh setiap orang. Jadi, buat sesederhana mungkin tapi penuh arti.

idwebhost.com adalah contoh yang baik. Mereka mengusung slogan “web hosting murah dan domain murah no 1 indonesia”.

Setelah Anda membuat slogan, pastikan Anda berada di 3 besar untuk slogan yang Anda usung. Seperti contoh diatas, idwebhost.com berhasil duduk di 3 besar untuk slogan mereka, yakni kata kunci “hosting murah” dan “domain murah”.

Kalau Anda mengelola toko buku, misalnya rumahbuku.com – Toko buku murah dan berkualitas, maka Anda harus berada di 3 besar untuk kata kunci “toko buku murah”, “buku murah”, “buku murah berkualitas”, dan variasi lain dari slogan Anda. Jika tidak, Anda bisa melupakan SEO.

Gunakan jasa SEO yang banyak di internet. Minta kepada mereka untuk berada di 3 besar, bukan 10 besar. Disini totalitas Anda akan diuji. Apakah Anda serius dan yakin dengan prospek bisnis yang Anda geluti? Karena Anda butuh investasi yang lumayan besar untuk SEO. Jika tidak, toko Anda tidak akan pernah berkembang.

3.Konten Harus Unik

Google menyukai website yang memiliki konten unik. Kesalahan dari kebanyakan toko online yang saya temui adalah deskripsi produk yang hampir sama satu dengan yang lainnya.

Usahakan memberi deskripsi yang unik dan terdiri dari 200 kata atau lebih. Jangan menulis detail yang sama persis dengan website lain agar halaman produk Anda bisa muncul di halaman pertama google. Karena kalau tidak, tips SEO untuk toko online apapun tidak akan bekerja dengan baik untuk website Anda.

4.Miliki Navigasi yang Jelas

Untuk memudahkan pengunjung melihat seluruh produk Anda, Anda harus menyediakan struktur navigasi yang jelas. Mengelompokkan produk-produk berdasarkan vendor, harga, atau kategori-kategori tertentu.

Masalah tentang pengkategorian ini sering disepelekan oleh kebanyakan pengelola toko online. Untuk sekedar pengetahuan, pengelompokkan produk yang baik bisa menghindarkan terjadinya duplikat konten. Oleh karena itu, diperlukan ketelitian yang baik untuk sekedar mengelompokkan produk Anda yang lebih dari 100 buah.

Oh iya, kalau bisa Anda juga harus memasang breadcrumb agar pengunjung mudah menjelajahi situs Anda. Kadang-Kadang hal kecil macam ini terlalu disepelekan karena hanya “sedikit” berdampak pada SEO toko online.

5. Gunakan Tag Titles dan Meta Description yang Unik

Mungkin tag titles dan tag meta description adalah bagian terpenting dalam SEO onpage pada toko online Anda. Sama seperti hal nya pada kebanyakan teknik SEO, Anda harus membuatnya unik untuk setiap halaman.

Berikut adalah contoh yang baik. Kita akan mengumpamakan Anda menjual buku berjudul “Tips Membangun Toko Online”. Maka title tag yang baik akan terlihat seperti ini:

Tips Membangun Toko Online | Buku Bisnis | rumahbuku.com

Title tag maksimal bisa menampung 70 karakter. Gunakan dengan bijaksana untuk menembak kata kunci yang Anda inginkan. Dan untuk meta description halaman tersebut bisa seperti ini:

Ingin membangun toko online? Bingung mulai dari mana? Buku yang diterbitkan shiq4.com ini akan membantu Anda membangun toko online yang sukses.

Meta description mampu menampung 155 kata. Kebanyakan, biasanya meta description dibiarkan kosong sehingga kurang efektif untuk SEO Anda.

Lalu isi dari halaman tersebut bisa seperti ini:

Membangun toko online yang sukses merupakan dambaan hampir sebagian besar orang yang terjun di industri internet. Sayangnya, orang-orang tersesat dengan mengikuti petunjuk ala kadarnya yang beredar di internet.

Kabar baiknya, saat ini telah hadir buku berjudul “Tips Membangun Toko Online” yang diterbitkan oleh situs shiq4.com.

Buku ini berisi tentang cara-cara sederhana membangun toko online yang sukses dan menghasilkan pengunjung yang membeli produk Anda.

Jika Anda membeli buku ini sebelum tanggal 2 september 2015, Anda akan mendapatkan diskon 10% dan tutorial 100 tips SEO untuk toko online dalam bentuk pdf. Buruan order buku tips membangun toko online sebelum Anda kehabisan karena stok terbatas.

Itu adalah contoh isi yang menembak kata kunci “tips membangun toko online” dan “buku membangun toko online”.

6. Gunakan Hanya Satu Domain

Mungkin Anda berpikir bahwa saya memang hanya menggunakan satu domain. Tapi sebenarnya Anda harus memilih salah satu http://www.namadomain.com atau namadomain.com saja tanpa www.

Sangat penting untuk memilih apakah Anda menggunakan www atau tanpa www karena mesin pencari menandai situs Anda dengan berbeda.

Gunakan salah satunya. Jika Anda memilih menggunakan www, maka redirect 301 namadomain.com ke http://www.namadomain.com karena google akan mengindeks kedua domain tersebut secara berbeda. Dan jika Anda tidak meredirectnya, maka akan tercipta duplikat konten yang tidak Anda inginkan.

7. Sitemap

Anda membutuhkan sitemap agar halaman toko online Anda bisa terindeks semua tanpa terkecuali. 

Untuk membuat sitemap dalam berbagai jenis, Anda bisa menggunakan plugins pada wordpress. Silakan cari di google cara membuat sitemap yang sesuai untuk Anda. Pastikan saja Anda memiliki satu sitemap untuk didaftarkan pada mesin pencari. Karena kalau tidak, Anda dalam masalah besar.

8. Duplikat Konten

Apa sih duplikat konten itu? Duplikat konten adalah url berbeda yang memiliki isi hampir sama.

Saya sudah membahasnya di poin ke 3. Sangat penting untuk memberi deskripsi yang unik. Jangan samakan dengan deskripsi produk orang lain karena itu tidak bagus jika dilihat dari segi SEO.

9.Lebih Baik Memakai URL sependek mungkin dan mengandung kata kunci

Lihat contoh dibawah ini:

1. Namadomain.com/produkid?23621

2. Namadomain.com/buku-tips-membangun-toko-buku-online/

3. Namadomain.com/tips-membangun-toko-online

No. 1 sangat tidak SEO. Jadi jangan digunakan. No. 2 cukup SEO friendly, tapi terlalu panjang. Tidak baik menggunakan url panjang untuk SEO. Dan no.3 adalah contoh yang baik. Anda bisa memperoleh hasil maksimal jika menggunakan teknik SEO yang no.3.

10. Pasang Iklan di Google

Dengan biaya yang murah, Anda bisa tampil di urutan teratas mesin pencari. Jika Anda serius membangun toko online Anda, tips terakhir adalah harus memasang iklan di google.

Selain bisa meningkatkan branding toko online Anda, Adword bisa menghasilkan pengunjung yang mudah dikonversi menjadi pembeli.

Itulah 10 tips SEO untuk toko online. Untuk informasi lebih lanjut, jadilah pengikut shiq4.wordpress.com agar tidak ketinggalan informasi terbaru.

Iklan

9 tanggapan untuk “Tips SEO untuk Toko Online

    1. Sebenarnya saya tipe blogger yang tidak percaya dengan potensi google adsense di blog bahasa indonesia. Jadi, lebih baik adsensenya di lepas dan berfokus pada bagaimana caranya mengkonversi pengunjung jadi pembeli alias copywriting. Sayangnya itu bidang yang tidak saya kuasai.

      Suka

    2. sebenarnya kunci untung didunia internet itu dibayar pihak adsense dari Google , itu alasan mengapa banyak orang mendapatkan untung yang besar dari iklan google. jadi selain menjual produk sendiri dapat komisi juga dari pihak google.. anggap saja 1 kali klik iklan , $ 0,01 – 0,5 , jika ada yang mengklik iklan sebanyak 1Juta orang dengan IP berbeda tentu untungnya akan terasa..

      Suka

  1. Mantap gan artikelnya,
    Saya mau tanya,jika kita log’in & mengelola web khususnya web ecommerce,di berbeda-beda perangkat yang pastinya akan membeda-bedakan ip address,apakah berpengaruh buruk terhadap seo ?
    Terima kasih.

    Suka

    1. Pertama klo ip address yg dimaksud adalah letak file atau server, maka pengaruhnya kecil thdp SEO. Tapi sebagian ada yg meyakini jika targer audience di amerika, maka lebih baik pake server di amrika. Karena akan meningkatkan kecepatan akses yang ikut mempengaruhi SEO.

      Sedangkan jika yg dimaksud adalah ip address pengguna, biasanya berpengaruh kecil thdp SEO. Klo blog ramai dikunjungi dari negara berbeda, otomatis peringkat akan berpengaruh thdp peringkat menyesuaikan dari negara mana yang paling banyak mengakses.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s