5 Tips Menulis Artikel Blog

Salah satu kunci paling penting agar sukses ngeblog adalah menyediakan konten yang luar biasa. Ikuti lima tips berikut untuk memastikan artikel blog Anda tidak hanya dibaca tapi membuat orang ingin kembali ke blog Anda:

1. Pilih Intonasi yang Tepat untuk Blog Anda

Ketika Anda menulis, sangat penting untuk memiliki gaya bahasa yang unik. Tentukan gaya bahasa dalam menulis Anda, apakah menggunakan bahasa formal yang sopan atau bahasa informal yang kreatif.

Pastikan setiap tulisan memiliki intonasi yang tepat sehingga memudahkan pembaca untuk menyerap informasi dengan baik. Intonasi sangat dipengaruhi oleh 3 hal, yakni tanda koma, tanda titik, dan kata penghubung. Pastikan Anda mengkombinasikan ketiganya dengan benar.

2. Kejujuran

Blog yang ditulis dengan suara kejujuran akan menunjukan dengan baik siapa yang bekerja dibalik setiap artikel. Lagipula blog yang ditulis dengan kejujuran lebih mudah untuk terkenal karena tidak akan ada lagi jarak pembatas antara penulis dan pembaca.

Pembaca akan mengenal Anda dengan baik dan bukanlah hal yang tidak mungkin menjadi pembaca setia Anda karena kejujuran adalah sesuatu yang sulit untuk diterapkan di era yang maju seperti saat ini.

3. Jangan Hanya Daftar Link

Blogging selalu berkaitan dengan tulisan orang lain. Tapi terlalu banyak membuat daftar link kadang-kadang tidak bisa memuaskan pembaca Anda. Kebanyakan, mereka terlalu malas untuk membaca artikel lainnya.

Sebisa mungkin buatlah tulisan yang “agak panjang” dan memberi kredit link pada artikel yang masih berhubungan. Dengan demikian Anda tidak akan kehilangan pembaca Anda.

4. Beri Kredit

Jangan mengambil resiko dituduh plagiat, mencuri konten, atau pelanggaran hak cipta lainnya. Jika Anda menggunakan informasi yang berasal dari website lainnya, pastikan Anda memberi kredit link sehingga Anda merasa bebas menggunakan informasi yang ada.

5. Tulis Menggunakan Paragraf Pendek

Paragraf yang panjang bisa mempengaruhi mood membaca pengunjung Anda. Usahakan untuk hanya menulis 2-3 kalimat setiap paragraf. Ikuti prinsip menulis agar menjadi penulis yang lebih baik.

3 thoughts on “5 Tips Menulis Artikel Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s