Kerugian Copy Paste Artikel Orang Lain

Kerugian copy paste artikel dari blog orang lain cukup banyak sehingga Anda harus berpikir dua kali jika ingin melakukannya.

Jika ada seseorang orang yang bertanya kepada saya “apa kerugian copy paste artikel orang lain?”, maka saya bisa panjang lebar menjelaskannya dengan antusias. Karena saya tidak bisa bertemu Anda secara langsung dan menjelaskan detail-detailnya, saya berusaha menuliskan dengan sistematis kerugian apa saja yang akan Anda dapatkan jika mengisi blog Anda dengan artikel copy paste.

Berikut adalah daftar kerugian yang saya maksudkan:

1. Blog Anda Dinilai Buruk oleh Google

Google menyukai konten-konten baru, tapi yang jelas bukan artikel copy paste. Jadi, jika Anda memiliki sebuah blog dan ingin membangunnya menjadi blog yang sukses, maka saya akan melarang strategi yang memasukan copy paste sebagai senjata utamanya.

Blog yang dibangun dari copy paste akan terdeteksi sebagai blog spam karena memiliki banyak duplikat konten. Sekuat apapun Anda berusaha, google tidak akan pernah menilai blog Anda sebagai situs yang berkualitas. Lantas, pertanyaan yang harus Anda jawab adalah apa tujuan Anda ngeblog?

Karena apapun tujuan Anda ngeblog, mendapat nilai baik dari google pasti akan mempermudah Anda mencapai tujuan tersebut. Cobalah pikirkan kembali jika ada niat jahat untuk copy paste artikel orang lain. Apakah dalam jangka panjang hal itu akan bermanfaat bagi Anda? Bukankah mengcopy paste tulisan orang lain adalah perbuatan yang sia-sia?

2. Tidak Punya Teman

Blogger yang suka copy paste “biasanya” tidak akan memiliki teman seperjuangan. Sepertinya sudah jadi kesepakatan umum untuk tidak berteman dengan blogger yang suka copy paste.

Blogger lain “mungkin” takut artikel yang mereka tulis dengan susah payah akan menjadi korban selanjutnya. Meskipun saya tipe orang yang tidak peduli dengan adanya tindakan copy paste, tapi beberapa blogger bisa sangat kesal jika artikel mereka dicopy paste begitu saja tanpa menyertakan link sumber yang menuju halaman asli.

Hasilnya, bagi Anda yang suka copy paste tanpa menyertakan link sumber asli, bersiaplah untuk dibenci oleh orang lain. Perbuatan yang Anda kira sepele itu bukanlah hal yang sepele bagi kebanyakan blogger. Anda telah menyakiti orang lain, dan itu pasti bukan tujuan Anda ngeblog.

3. Tidak Bisa Tampil di Halaman Pertama Google

Sebaik apapun ilmu SEO yang Anda miliki, Anda akan kesulitan mengoptimasi halaman yang berisi konten copy paste.

Ini adalah kerugian copy paste artikel yang paling besar menurut saya. Blog Anda tidak bisa tampil di halaman pertama google. Artinya, blog Anda tidak memiliki sumber traffik. Tidak akan ada pengunjung. Dalam waktu dua bulan, “mungkin” Anda merasa frustasi dan segera menelantarkan blog Anda.

Daripada membuang waktu Anda yang berharga dengan membuat blog copy paste, alangkah baiknya jika Anda mulai belajar menulis artikel sendiri. Seburuk apapun tulisan Anda, orang lain pasti akan menghargainya.

4. Mematikan Kreativitas Menulis Anda

Kebiasaan copy paste yang Anda lakukan secara terus-menerus bisa berakibat fatal, yaitu matinya kreativitas dalam menulis.

Kemampuan menulis Anda yang tidak seberapa tidak akan berkembang dengan baik karena Anda menyia-nyiakannya.

Apakah Anda takut tulisan Anda terlihat jelek? Semua blogger pasti pernah mengalaminya.

Itu adalah bagian dari proses menjadi blogger. Jika Anda tidak mau merasakan sulitnya membuat artikel, maka saya pikir Anda tidak akan pernah bisa menghargai tulisan orang lain.

Sangat disayangkan bakat menulis Anda harus mati begitu saja sebelum Anda mencobanya….!

5. Tidak Bisa Menghasilkan Uang

Bagaimana pun Anda mencoba untuk menghasilkan uang dari blog, Anda tidak akan pernah berhasil.

Cara apa yang paling cocok untuk blog copy paste dalam urusan menghasilkan rupiah? Adsense? Saya rasa Anda tidak akan diterima. Review? Siapa yang mau direview oleh blogger yang hobi copy paste. Memasang iklan? Publiser tidak akan tertarik dengan blog Anda. Menjual produk? Orang tidak akan percaya dengan apa yang Anda tawarkan. Menjual jasa? Saya rasa semua orang tidak akan merasa nyaman bekerja sama dengan orang yang suka copy paste.

Lalu, cara apa lagi yang ingin Anda coba? Ide apapun tidak akan membuahkan hasil sampai Anda membuang jauh-jauh kebiasaan copy paste Anda.

Itulah sedikit kerugian copy paste artikel orang lain. Di blog blogger-blogger lain pasti membahas lebih banyak lagi kerugian lainnya. Silakan digoogling sendiri dan semoga Anda segera menghentikan kebiasaan buruk Anda mengcopy paste tulisan orang lain.

Iklan

7 tanggapan untuk “Kerugian Copy Paste Artikel Orang Lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s