Tips Memilih Nama Domain yang Baik

Tips memilih nama domain berikut ini akan membantu Anda untuk menentukan sebuah nama domain yang baik untuk blog atau website Anda.

Dewasa ini, perkembangan internet yang begitu pesat telah membuat sebagian besar nama domain telah di pesan. Bagi Anda yang ingin memiliki domain, segera daftarkan nama domain yang Anda pilih sebelum didaftarkan oleh orang lain.

Jangan terlalu banyak berpikir, pastikan saja nama domain Anda memiliki kriteria berikut:

1. Kalau bukan untuk website pribadi, pastikan nama domain Anda mengandung kata kunci. Keberhasilan suatu website sangat dipengaruhi oleh seberapa banyak orang yang datang untuk melihat situs Anda. Agar situs Anda mudah ditemukan, Anda harus menyertakan kata kunci yang relevan dalam nama domain Anda.

Misalnya, Anda membuka toko online yang menjual sepatu. Maka nama domain Anda sebaiknya mengandung kata “sepatu”. Anda bisa mengembangkannya menjadi kata kunci panjang sehingga Anda memiliki situs dengan nama tokosepatumurah.com.

2. Pastikan nama domain Anda unik. Itu berarti belum digunakan oleh orang lain. Memilih nama domain yang sudah eksis akan membuat Anda kesulitan untuk membangun brand milik Anda sendiri.

Pilihlah nama domain yang unik dan belum pernah didengar oleh kebanyakan orang. Anda tidak akan bisa bersaing seumpamanya menggunakan domain nescafe.com. Selain itu, Anda mungkin akan berhadapan dengan hukum karena menggunakan nama yang sudah dipatenkan.

3. Pilih nama domain berekstensi dot com. Tips memilih nama domain yang ketiga adalah HARUS dot com. Kebanyakan pengguna internet cenderung mudah untuk mengingat nama domain berekstensi dot com.

Bahkan sebagian besar pengguna internet tidak pernah tahu atau paham bahwa di dunia internet banyak ekstensi lain berupa dot net, dot org, dot me, dan lain-lain.

Semakin familiar nama domain yang Anda pilih, akan semakin mudah membangun brandingnya di kemudian hari.

4. Buat yang mudah diketik. Jika sebuah domain membutuhkan perhatian khusus untuk mengetiknya, seperti nama domain yang terlalu panjang, maka Anda kehilangan potensi besar untuk mendapatkan pelanggan.

5. Buat yang mudah diingat. Jangan membuat nama yang sulit diingat. Pengguna internet akan membicarakan blog atau website Anda kepada teman, rekan kerja, dan keluarga mereka.

Mereka tidak akan berpikir lebih jauh untuk mengingat nama yang sulit atau terlalu panjang.

6. Buat sesingkat mungkin. Nama yang pendek mudah diingat dan mudah diketik (2 tips sebelumnya).

7. Nama domain yang memenuhi harapan. Ketika seseorang mendengar nama domain Anda untuk pertama kali, mereka sebaiknya mampu menebak konten seperti apa yang ada pada nama domain tersebut.

Apa isi dari website yang menggunakan nama tokosepatumurah.com? Tentu saja blog atau website yang menjual sepatu dengan harga murah. Bukankah demikian?

8. Hindari penggunaan tanda hubung dan angka. Penggunaan tanda hubung atau angka menjadikan nama domain tersebut sulit dieja dan diucapkan. Biasanya akan terjadi salah ketik dan pengguna internet tidak akan menemukan situs Anda.

9. Segera daftarkan domain Anda. Jangan terlalu banyak berpikir. Segera daftarkan nama domain Anda sebelum didahului oleh orang lain.

Referensi:

1. 12 Rules for Choosing the Right Domain Name

Iklan

5 tanggapan untuk “Tips Memilih Nama Domain yang Baik

  1. Iya, domain yang baik akan membuat situs mudah diingat serta sering dikunjungi, apalagi kalau kontennya bagus, wah lengkaplah. Intinya mudah diingat dan tidak terlalu panjang ya Mas. Sip, saya pikir saya sudah menemukan domain saya. Tinggal mendaftarkannya saat saya sudah punya cukup tabungan, biar bisa sekalian hosting juga :hehe.

    Suka

      1. Iya Mas, makanya ini masih memilih nama domain yang paling tepat, Mas. Semoga bisa dipilih nama yang benar-benar tepat :hehe.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s