100 Tips SEO untuk Bisnis Kecil (2)

Ini merupakan lanjutan dari 100 Tips SEO untuk bisnis kecil bagian pertama. Dan ini merupakan bagian kedua:

36. Riset kata kunci sebelum mengoptimalkan kata kunci tersebut. Jika Anda memilih kata kunci yang salah, meskipun Anda mengoptimalkannya pada onpage SEO dan offpage SEO semua akan percuma. Anda hanya mendapat sedikit pengunjung dan tidak akan membuat pengunjung Anda jadi pembeli.

37. Gunakan google keyword tool. Google keyword tools menyediakan daftar bagus untuk kata dan frase yang berhubungan dengan kata kunci yang Anda pilih.

38. Dapatkan ide kata kunci dari orang lain. Mereka (pembeli, supplier, partner, teman dll.) melihat bisnis Anda berbeda dengan pandangan Anda dan mungkin memiliki kata kunci dan frase yang tepat untuk bisnis Anda.

39. Target kata kunci yang relevan. Semakin relevan kata kunci, semakin mudah dan cepat kata kunci itu mendapatkan peringkat dan semakin besar persentase pengunjung yang akan menjadi pembeli.

40. Target kata kunci yang sungguh-sungguh komersial. Anda ingin pengunjung yang siap menghabiskan uang daripada pengunjung yang hanya mencari informasi.

41. Kata kunci panjang adalah sumber traffik yang hebat. Kata kunci panjang lebih murah dan lebih cepat untuk mendapat peringkat dalam jangka waktu yang lama, frase kata kunci yang spesifik lebih dari 40% digunakan.

42. Buat satu halaman pada website Anda untuk setiap kata kunci yang Anda targetkan. Dengan demikian akan memudahkan mesin pencari untuk memberi peringkat dan mengkategorikannya.

43. Letakkan kata kunci pada tempat yang tepat. Anda harus menempatkan kata kunci pada url, judul halaman, meta deskription, tag header, dan Alt tags pada gambar.

44. Hindari spam kata kunci. Anda akan terkena penalti jika Anda terus mengulang frase kata kunci pada sebuah halaman.

45. Backlink mempengaruhi rangking lebih dari apapun. Jumlah dan kualitas link yang mengarah pada website Anda akan menentukan di peringkat berapa website Anda.

46. Jangan memberi batasan jumlah backlink Anda. Link building sebaiknya natural, konsisten, berkelanjutan dan tidak berhenti ketika Anda mencapai angka tertentu.

47. Dapatkan backlink dari sumber yang relevan. Mesin pencari ingin menampilkan hasil yang relevan untuk setiap kata kunci dan link dari sumber yang relevan merupakan sinyal kuat bahwa situs Anda relevan.

48. Dapatkan backlink dari sumber yang terpercaya. Link yang berasal dari situs yang terpercaya menandakan bahwa situs Anda juga terpercaya.

49. Bersiaplah bekerja keras untuk backlink berkualitas. Pada umumnya, semakin mudah Anda mendapatkan backlink, nilainya juga semakin rendah.

50. Hati-hati ketika membayar orang untuk memberi link pada website Anda. Membeli link bisa bekerja dengan efektif tetapi sangat beresiko jika Anda membeli dengan harga murah dan membeli dari orang yang secara terbuka menawarkan jasa backlink.

51. Jangan terlibat dalam jaringan link. Keuntungan daro mendapatkan link dari jaringan sangat rendah, sementara resiko untuk mendapatkan penalti dan kehilangan peringkat sangat tinggi.

52. Bangun backlink untuk setiap halaman situs Anda yang ingin berada di halaman pertama google. Bangun backlink yang mengarah ke halaman situs Anda dengan kata kunci tertentu sebagaimana Anda membangun backlink untuk halaman depan.

53. Relasi yang sudah ada adalah sumber instan untuk backlink. Beberapa supplier Anda, partner, atau  customer akan memberi Anda link jika Anda memintanya.

54. Dapatkan backlink berkualitas dari sumber backlink saingan Anda. Jika seseorang telah memberi link kepada salah satu saingan Anda, pastikan Anda punya alasan bagus agar mereka juga memberi link ke website Anda.

55. Dapatkan beberapa backlink dengan anchor text yang Anda targetkan.

56. Mayoritas backlink Anda sebaiknya menjadi brand. Profil backlink tanpa branded link (seperti nama perusahaan) merupakan sinyal bagi mesin pencari bahwa Anda menggunalan manipulasi link building.

57. Ketahui siap yang memberi Anda link. Dengan menggunakan google webmaster tools, pergi ke traffic dan kemudian ‘links’ untuk memeriksa berapa banyak situs yang memberi link kepada Anda.

58. Mendaftar di Ahrefs atau open site explore. Dengan begitu Anda akan punya akses data backlink untuk situs Anda dan situs saingan Anda.

59. Setiap halaman website Anda sebaiknya melink ke halaman lain. Setidaknya satu link.

60. Miliki link langsung dari halaman depan ke halaman yang terpenting bagi Anda.

61. Tambahkan link menuju halaman relevan pada website Anda. Meskipun tidak sepenting eksteenal link, internal link masih penting untuk sinyal mesin pencari halaman mana yang paling relevan untuk kata kunci tertentu.

62. Buang outbound link yang tidak penting. Hanya link menuju website lain yang Anda pikir akan membantu pengunjung Anda atau menarik saja yang harus Anda pertahankan.

63. Beri link pada website dan blog yang relevan. Orang biasanya memperhatikan jika Anda melink ke mereka. Dan jika Anda melink ke mereka, ada peluang mereka akan memberi link kepada Anda juga.

64. Tinggalkan komentar di website dan blog yang relevan. Dengan demikian akan membangun kepercayaan dan relasi dengan pemilik situs dan pengunjung situs tersebut.

65. Berinteraksilah dengan blogger yang setopik dengan website Anda.  Semakin relevan, semakin mudah mereka memberi link dan share konten Anda.

66. Hubungi bisnis kecil lain yang relevan. Relasi yang baik adalah saling membantu mempromosikan bisnis satu sama lain. Buat SEO menjadi simple dan murah untuk Anda dan mereka.

67. Tulis Press Release untuk membagikan berita dan opini.

68. Telepon orang untuk membangun relationship. Email tidak akan dihiraukan atau mudah dilupakan. Tapi telepon tidak demikian.

69. Gunakan website Anda untuk membangun kepercayaan dan relasi. Semakin banyak relasi yang Anda miliki, semakin percaya orang-orang akan situs Anda, semakin banyak orang yang akan membicarakan Anda, melink ke Anda, dan yang terpenting, membeli dari Anda.

Bersambung….

Iklan

2 tanggapan untuk “100 Tips SEO untuk Bisnis Kecil (2)

  1. Saya baru tahu kalau kata kunci panjang adalah sumber trafik yang bagus. Ya, basic SEO memang mengulang kata kunci tapi melakukannya juga tidak boleh mencolok, ya. Apalagi kalau bisa dapat backlink dari situs yang kredibel dan pengunjung jadi banyak karena referrer itu :hehe.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s