Tips Ngeblog Hari Keempat : Get Read All Over

Selama beberapa hari ini, Anda telah memecahkan masalah tentang brand  dan berpikir tentang elemen situs yang baik seperti font dan warna, juga backgroud.

Semua itu akan sia-sia jika pembaca tidak bisa melihat situs dengan baik melalui berbagai devices. Kita adalah budaya yang sedang berkembang- tidak hanya membaca melalui desktop komputer, tapi mengkonsumsi informasi melalui telepon di saku kita, dan membagikan informasi melalui iPads pada ketinggian 35.000 kaki.

Tugas hari ini, pastikan situs Anda mobile-friendly dan biasakan diri Anda dengan features desain yang responsive.

Mengapa?

* Karena theme yang responsive membuat situs Anda terlihat hebat pada semua ukuran layar. Dari komputer, tablet, atau handphone.

* Karena ada tools build in di wordpress.com yang membuat hal ini mudah – Anda tidak perlu tahu tentang web development untuk memiliki situs yang mobile-friendly.

Menurut pew research, penggunaan mobile device terus meningkat di dunia ini. Pada awal 2014, 58% orang dewasa di amerika serikat memiliki smartphone; di banyak negara, presentasi lebih besar. Dan Anda tahu APA? Mereka membaca blog Anda melalui smartphone – di subway, di antrian, di kamar mandi, dan bahkan sebelum mereka tidur di malam hari.

Pada theme showcase, Anda bisa memilih dari banyak theme yang mendukung desain responsive. Theme tersebut dibangun untuk terlihat hebat melalui  semua device dan “menjawab” semua ukuran layar agar Anda mengalami pengalaman membaca yang menyenangkan (Meskipun beberapa theme lama tidak responsive, saat ini theme yang baru semuanya telah responsive). Jika Anda tidak yakin theme Anda responsive; check deskripsinya; Anda juga bisa mencari theme dengan fitur responsive.

Test different sizes right from your computer

Anda bisa menggunakan customizer untuk melakukan test situs Anda melalui berbagai device – hal ini tidak hanya memperbolehkan Anda untuk melihat bagaimana desain responsive bekerja, Anda juga bisa mencoba berbagai pilihan terbaik dan sesuai yang membuat Anda bahagia, layar besar maupun layar kecil.

Untuk mengaktifkan customizer, hover di atas nama situs Anda di pojok-kiri atas layar Anda, klik pada customize. Pada panel yang terbuka, Anda akan melihat tiga simbol ini di bagian bawah:

image

Dari kiri ke kanan, mewakili tampilan melalui dekstop, tampilan melalui tablet, dan tampilan melalui smartphone. Klik secara bergantian untuk melihat preview konten Anda pada layar yang berbeda dan Anda akan melihat tampilan blog Anda pada ukuran layar yang berbeda.  Segera coba, klik salah satunya. Apa yang Anda lihat? Kemudian klik gambar lainnya, apa yang berubah?

Jika Anda memiliki theme responsive…………

Anda mungkin menemukan beberapa hal yang ingin Anda ubah. Mungkin font yang Anda suka terlihat buruk di iPhone, atau Anda tidak suka bagaimana header Anda berubah di nexus Anda. Terkadang, theme responsive berganti dan menyimpan elemen yang berbeda untuk menciptakan pengalaman mobile yang lebih baik. Jadi, Anda perlu memastikan widget dan menu Anda bekerja seperti yang Anda harapkan.

Buat tweak di customizer, dan lihat previewnya pada ukuran layar yang berbeda untuk memastikan Anda puas dengan tampilan Anda jika dilihat pada berbagai device.

Jika Anda tidak memiliki theme responsive…… ..

Pastikan situs Anda terlihat baik pada handphone dan tablet dengan membuat enable pada minieleven. Sebuah theme yang mobile-spesific berdasarkan theme Twenty Eleven. Siapa pun blogger wordpress.com dapat menggunakan minieleven untuk situs mobile mereka tanpa mempengaruhi standart theme mereka ; blog Anda akan mendeteksi ketika pembaca Anda menggunakan iPhone atau tablet dan secara otomatis memperlihatkan mobile-site.

Catatan : Anda tidak perlu mengaktifkan minieleven jika theme yang Anda gunakan sudah responsive – Anda akan melihat note di dashboard Anda jika demikian.

Minieleven memiliki desain yang bersih dan menarik pada custom header Anda. Untuk memastikan fitur ini enabled, pergi ke appearance-> tab mobile pada dashboard Anda dan pilih yes pada tombol “enable mobile theme”. Kemudian pergilah ke customizer untuk melihat previewnya.

Untuk melihat perbedaannya, lihat situs Anda dengan dan tanpa minieleven. Jika Anda tahu bahwa Anda memiliki pengunjung yang menggunakan handphone, pertimbangkan untuk menggunakan theme responsive. Lihat tugas kemarin untuk info bagaimana untuk preview theme yang berbeda.

Pertanyaan? Silakan saja. Untuk convo yang lebih banyak, kunjungithe commons.

Iklan

3 tanggapan untuk “Tips Ngeblog Hari Keempat : Get Read All Over

  1. Zaman sekarang, orang lebih banyak membaca blog (terutama) di layar gawai sehingga sebagai penyedia konten (katakanlah begitu) kita mesti menyesuaikan dengan apa yang mereka miliki, ya :)). Soalnya, saya pun kadang agak malas membaca blog yang susah dibuka di gadget yang sedang saya bawa kalau sedang membaca di gadget :hehe.
    Untunglah saya sudah sempat mengetes apakah tema yang saya gunakan responsif di layar gadget, dan kelihatannya demikian :hehe. Terima kasih buat tipsnya, ya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s