Tips Ngeblog Hari Kedua : Audit Brand Anda

Memasuki hari kedua dari blogging 201. Kali ini tugas kita adalah memeriksa atau mengaudit brand yang kita miliki. Untuk memiliki brand yang kuat, Anda harus menilai blog Anda secara keseluruhan, dari atas hingga bawah. Hari ini kita akan menentukan apa yang tidak sesuai atau tidak berguna- dan mulai untuk memperbaikinya.

Beberapa dari kita memiliki situs pribadi yang membahas hari demi hari, berisi curhatan yang tidak penting. Sementara yang lain mungkin berusaha menghasilkan uang dari blognya. Tak peduli yang mana yang mencerminkan diri Anda, atau bahkan Anda adalah tipe blogger yang menulis curhatan sekaligus ingin menghasilkan uang, Anda adalah sebuah brand.

Tugas kita kali ini adalah mengaudit brand Anda. Lihat bagaimana cara Anda mengkomunikasikan semua informasi tentang blog Anda. Pastikan semuanya sesuai, fokus, dan mengatakan apa yang ingin Anda sampaikan.

Mengapa harus melakukan hal yang demikian?

* Karena pilihan yang Anda buat, mulai dari gambar header, warna background, hingga judul widget, memiliki peranan penting untuk brand Anda.

* Karena sebuah brand yang kuat menciptakan hubungan emosi dengan pembaca. Dan hubungan tersebutlah yang membuat mereka kembali berkunjung.

Brand yang kuat lebih dari sekadar logo. Brand adalah sebuah garansi.

Ketika pembaca Anda melihat sesuatu yang berhubungan dengan brand Anda,  postingan di blog, artikel tamu milik Anda, email, resep, tutorial, atau apapun, itu adalah hal yang unik dan berbeda dari yang lain.

Kabar baiknya: Anda telah menjadi brand. Secepat Anda memilih theme, memberi nama blog, mulai mempublikasikan postingan, Anda memberitahulan kepada dunia “ini adalah tempat di internet dimana Anda mencari XYZ”. Kabar yang lebih baik lagi: Anda bisa membentuk brand Anda lebih baik lagi dan memastikan brand Anda dapat membantu untuk mencapai tujuan Anda.

Pertama, fokus pada tujuan Anda. pikirkan kembali apa yang kita lakukan kemarin: mengapa kita ngeblog? Apa yang ingin Anda selesaikan? Terkenal untuk topik apa? Ini akan menjadi kacamata Anda untuk membongkar pasang dan memperbaiki blog Anda.

Kedua, periksa blog Anda dari header hingga footer. Pertimbangkan theme Anda. Lihat pada setiap widget, halaman, gambar, dan tanyakan kepada diri sendiri: apakah hal ini membuat semuanya lebih mudah dan memperkuat fokus saya? Bagaimana hal ini mampu membantu saya mencapai tujuan saya? Berikut adalah daftar list yang akan banyak membantu Anda:

* Apakah theme Anda cocok untuk Tujuan ngeblog Anda? Bagaimana dengan font dan pilihan warna?

* Apa yang dikatakan judul dan tagline saya?

* Apakah judul widget saya memberi pengaruh pada brand saya?

* Apakah saya memiliki identitas visual yang tetap? Apakah saya memilih gambar yang mendukung brand saya pada postingan, halaman, dan widget?

* Apakah ada element yang menghalang-halangi brand saya? Mengapa saya memakainya? Apa dampak yang ditimbulkan oleh elemen tersebut?

Ketiga, mulai perkenalkan perubahan yang memperkuat brand Anda. Buat sebuah update hari ini. Anda tidak harus menghapus semua dan membangunnya dari awal. Buat saja beberapa tweak yang membuat situs Anda lebih dekat dengan visi Anda. Berikut adalah beberapa poin mudah untuk memulainya:

* Tambahkan atau Update tagline Anda yang sesuai dengan judul blog Anda.

* Sesuaikan judul widget Anda.

* Gunakan foto Anda sendiri untuk membuat gambar pada widget atau header sesuai dengan yang Anda kehendaki.

*  Tambahkan text widget dengan deskripsi singkat tentang misi-misi Anda.

* Buat email khusus untuk situs Anda.

Catatan: artikel di atas merupakan terjemahan bebas dari branding your brands

Iklan

5 tanggapan untuk “Tips Ngeblog Hari Kedua : Audit Brand Anda

  1. Semua blog agar mampu bertahan dan diingat memang mesti memiliki suatu ciri khas ya, Mas. Orang-orang cenderung mencari sesuatu yang unik dan berbeda, dan umumnya yang seperti itu mampu bertahan. Ah, kayaknya saya mesti menulis lagi, nih :haha. Terima kasih ya Mas buat tipsnya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s