6 Tips Mendapatkan Pelanggan Ketika Berjualan

Anda seorang pedagang? Ingin tahu tips mendapatkan pelanggan, orang yang akan melakukan pembelian berulang kali untuk produk Anda? Percayalah, saya sudah lebih dari enam tahun mengelola usaha penjualan buah.

Dari berbagai pengalaman selama ini, saya menyimpulkan beberapa hal sederhana yang bisa membuat Anda mendapatkan pelanggan yang senantiasa membeli produk Anda jika mereka membutuhkannya. Berikut adalah tips-tips untuk mendapatkan pelanggan:

1. Bersikap ramah. Pelayanan yang baik adalah kuncinya. Pelanggan sangat sensitif. Mereka ingin diperlakukan seperti raja karena mereka adalah orang-orang cerdas yang menganut paham pelanggan adalah raja. Mereka tahu dengan benar bahwa persaingan yang begitu ketat membuat mereka memiliki banyak pilihan. Dan mereka hanya mau memilih penjual yang memberikan pelayanan terbaik.

Saya tahu bahwa saya bukanlah penjual yang memberikan harga paling murah di kota kecil mojosari. Tapi saya tetap mampu menjual produk dengan harga tertinggi di pasaran. Anda tahu mengapa demikian? Karena saya selalu memberikan pelayanan yang terbaik.

Bagi saya, orang-orang yang berpedoman pada jargon pelanggan adalah raja merupakan orang-orang yang selalu berkata “harga tidak jadi masalah, yang penting pelayanan yang baik”.

2. Jual barang berkualitas. Berikan konsumen pilihan. Menjual produk buah-buahan tidaklah terlalu sulit. Yang paling sulit adalah mendapatkan barang-barang yang berkualitas.

Untuk ukuran pedagang yang tidak terlalu sering bermain dengan harga yang murah, memilih produk yang berkualitas adalah perkara yang sulit. Untunglah di tempat saya terdapat banyak juragan/supplier sehingga saya selaku pedagang memiliki banyak pilihan ketika menentukan pembelian produk.

Saya lebih memilih barang yang memiliki kualitas bagus meskipun harganya lebih mahal. Saya tahu bahwa konsumen juga tidak terlalu mementingkan harga. Mereka hanya mau membeli melon-melon yang rasanya manis. Dan untuk itu saya selalu memilih melon kualitas nomer satu. Bukan yang nomer dua.

3. Jangan lupa ucapkan terima kasih setelah transaksi penjualan. Konsumen selalu senang mendapat perlakuan khusus. Apa yang saya pelajari dari toko-toko besar seperti indomaret dan alfamaret adalah pelayanan mereka yang memuaskan dan diakhiri dengan ucapan terima kasih setelah transaksi jual beli.

Mengucapkan terima kasih bukanlah hal besar. Tetapi jika Anda melakukannya, konsumen Anda akan merasa senang. Di kemudian hari mereka akan kembali membeli produk Anda ketika membutuhkannya karena Anda selalu mengucapkan terima kasih setelah transaksi jual beli berlangsung.

Itulah rahasia toko-toko besar semacam indomaret atau alfamaret dalam usaha menyenangkan pelanggan. Saya mengikutinya. Saya selalu mengucapkan terima kasih. Sejauh ini semuanya berjalan dengan lancar.

4. Beri diskon setiap terjadi penjualan dengan kuantitas besar. Dalam jual beli buah, terkadang Anda akan menemukan konsumen yang membeli produk Anda dalam jumlah besar. Mereka butuh buah-buahan untuk acara besar yang mereka adakan.

Saya selalu memberi potongan harga bagi mereka yang membeli buah dalam jumlah yang besar. Prinsip ini saya anut berdasarkan pengalaman ketika saya berhadapan dengan para juragan atau supplier. Entah mengapa mereka hanya mau menurunkan harga jika saya membeli dengan jumlah yang tidak sedikit.

Saya hanya meniru saja. Saya melakukan apa yang dilakukan oleh juragan saya. Hasilnya, tidak ada keluhan dari konsumen yang membeli banyak buah. Mereka terlalu senang dengan “sedikit” potongan harga. Di kemudian hari, mereka selalu melakukan pembelian ulang dan menjadi pelanggan yang setia.

5. Berikan perhatian pada segmen konsumen kecil. Ada saja orang-orang yang mencari buah-buahan tertentu ketika barang benar-benar terbatas. Jumlah permintaan yang kecil terkadang membuat kita, selaku pedagang mengalami kerugian jika kita “memaksa” untuk melayani permintaan yang kecil.

Tapi mereka adalah calon konsumen yang siap menjadi pelanggan setia jika Anda melayani kebutuhan mereka. Saya mengambil resiko. Saya tetap menjual barang meskipun permintaan pasar yang kecil terkadang membuat saya rugi. Tetapi sekarang saya tidak lagi mengalami kerugian karena saya sudah memiliki pelanggan setia.

Saya sudah berkorban untuk memenuhi kebutuhan mereka. Imbasnya, saya selalu memiliki permintaan yang tidak sedikit untuk setiap produk buah-buahan.

6. Jangan lupa untuk tersenyum. Entahlah. Saya hanya berpikir bahwa pelanggan selalu membalas senyuman yang saya berikan.

Untuk sejenak mereka akan lupa bahwa mereka sedang bertransaksi. Menjadi akrab dengan pelanggan adalah hal bagus. Mereka terlibat emosi dengan kita sebagai pedagang. Mereka berempati ketika terjadi kenaikan harga. Mereka orang yang selalu membeli produk kita meskipun pesaing memiliki barang berkualitas sama dan dengan harga yang lebih murah.

Jadilah akrab dengan pelanggan. Buat mereka tersenyum. Jangan menunjukan bahwa Anda tidak antusias melayani mereka karena Anda sedang bersedih. Tetaplah tersenyum dan Anda tidak akan dikecewakan oleh pelanggan Anda.

Itulah tips-tips mendapatkan pelanggan ketika Anda berjualan. Tidak banyak. Tapi saya dapat memastikan Anda mendapat manfaat sebesar-besarnya ketika menerapkan tips-tips diatas.

Iklan

8 tanggapan untuk “6 Tips Mendapatkan Pelanggan Ketika Berjualan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s