Manfaat-Manfaat Membaca bagi Blogger

Menurut saya, kegiatan utama seorang blogger adalah menulis. Anda tidak akan bertahan lama mengelola blog jika Anda tidak mencintai dunia tulis-menulis. Dan berhubungan dengan dunia menulis, Anda HARUS rajin membaca agar tulisan Anda tetap up to date alias tidak ketinggalan zaman.

Alasan utama dibalik kesuksesan seorang blogger dalam menulis adalah rajin membaca. Mereka mendapatkan manfaat-manfaat membaca secara efektif sehingga mampu terus menulis konten-konten berkualitas. Berikut adalah manfaat-manfaat membaca bagi seorang blogger :

1. Menambah kosa kata. Rajin membaca membuat Anda mengetahui banyak kosa kata. Itu adalah hal bagus bagi Anda yang diwajibkan untuk menulis secara berkala.

Kaya kosa kata membuat Anda leluasa dalam menulis sehingga Anda mampu menciptakan kata-kata efektif yang mudah dipahami.

Pemilihan kata yang tepat akan membuat tulisan Anda lebih hidup dibanding dengan blogger lain. Memanfaatkan kekayaan kosa kata bukanlah sesuatu yang buruk. Tunjukkan pada pembaca Anda bahwa Anda benar-benar menguasai apa yang Anda tuliskan.

2. Menambah wawasan ketika Anda sedang menulis. Dewasa ini, perkembangan dunia informasi sangatlah cepat. Bahkan terlalu cepat bagi sebagian orang sehingga tidak semua informasi dapat diserap.

Internet Hanya membutuhkan informasi-informasi terbaru. Itulah yang membuat Anda bertahan dalam dunia blogging. Kebanyakan, pertanyaan paling penting dalam setiap kegiatan blogging adalah bagaimana Anda mengelola informasi yang begitu banyak di internet?

Pembaca menginginkan informasi terbaru tanpa harus membaca semua informasi. Disinilah peranan Anda sebagai blogger. Tunjukkan kepada pembaca setia Anda bahwa Anda cukup cerdas mengelola semua informasi di internet dan menyajikannya secara utuh ke dalam tulisan Anda.

Tidak terlalu sulit. Tapi jika Anda meremehkan, Anda tidak akan mampu bersaing dalam jangka waktu yang lama.

3. Membuat Anda tenang ketika mengelola blog. Apa perbedaan blogger yang rajin membaca dan tidak rajin membaca terletak pada pengetahuan mereka tentang blog yang mereka kelola.

Blogger yang rajin membaca akan lebih tenang dalam mengelola blog mereka. Mereka tenang karena memiliki pengetahuan yang mendalam tentang blogging. Mereka mengikuti petunjuk blogger-blogger sukses dengan hati-hati. Bukanlah sesuatu yang mengherangkan jika di kemudian hari mereka juga ikut sukses.

Sedangkan blogger yang tidak rajin membaca, mereka tidak memiliki visi yang jelas. Tidak tahu harus berbuat apa untuk mengembangkan blog mereka. Terkadang, mereka ingin hasil instan atas segala bentuk usaha yang sayangnya tidak akan pernah mereka dapatkan.

4. Menopang segala bentuk opini. Kurang menyenangkan rasanya jika kita menulis tanpa beropini. Banyaknya pengetahuan Anda yang didapat melalui membaca bisa digunakan untuk menopang opini kita.

Bayangkan jika Anda tidak memuat fakta ketika beropini. Tulisan Anda akan terasa garing dan tidak enak dibaca. Beropini haruslah cerdas. Hubungkan tulisan Anda dengan opini lain yang mendukung pendapat Anda sehingga tercipta tulisan yang bermutu dan berkualitas.

5. Sebagai hiburan. Membaca bisa menjadi salah satu kegiatan yang paling menyenangkan. Tidak perlu membaca artikel yang terlalu serius, cukup artikel-artikel ringan yang membahas life style atau keseharian Anda.

Saya paling suka membaca artikel ringan tentang mengembangkan blog. Selain sebagai hiburan artikel jenis ini akan banyak membantu untuk mengembangkan blog ini ke depannya.

Itulah manfaat-manfaat membaca bagi blogger. Jika Anda adalah blogger, maka tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk gemar membaca. Terima kasih dan sampai jumpa.

7 thoughts on “Manfaat-Manfaat Membaca bagi Blogger

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s