Pilih Mana, Membahas Banyak Topik atau Satu Topik

Sudah bukan rahasia umum bahwa pekerjaan utama blogger adalah menulis. Setiap hari harus menulis. Tak jarang hal tersebut membuat blogger kehabisan ide dan berusaha mencari inspirasi menulis terbaik yang dapat membangunkan ide-ide cemerlang di pikiran mereka.

Pertanyaan utamanya adalah ingin jadi blogger yang membahas banyak topik atau satu topik saja?

Jujur…, saya bukan blogger profesional yang bisa menjadi dasar pengambilan keputusan Anda apakah nanti membahas banyak topik atau satu topik saja. Ini berkaitan dengan pengalaman ngeblog saya pribadi.

Membuat blog dengan satu topik sangat saya sarankan bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang tertentu atau pengalaman yang memadai pada suatu bidang tertentu.

Mengapa?

Karena blog dengan satu topik memiliki kelebihan-kelebihan berikut:

1. Mudah dikelola. Blog yang memiliki satu topik sangat mudah dikelola. Anda tidak perlu bingung memisahkan artikel dengan banyak kategori. Cukup memberi beberapa sub topik untuk dijadikan kategori dan Anda akan memiliki situs yang tampak profesional.

Berbeda dengan blog yang membahas banyak topik, biasanya sulit untuk memisahkan setiap artikel pada kategori tertentu.

2. Mudah untuk SEO. Blog dengan satu topik cenderung disukai google. Anda bisa menargetkan satu kata kunci khusus untuk satu domain.

Lagipula blog dengan satu topik cenderung mudah mendapatkan backlink karena dipakai sebagai rujukan bagi blogger lain berkenaan dengan topik yang dibahas.

3. Lebih mudah untuk menghasilkan uang. Tentu saja hal ini sangat wajar karena situs dengan satu topik lebih mudah terkenal. Dan yang paling penting dari semuanya, blog yang membahas satu topik cenderung memiliki pembaca setia.

Anda tidak perlu banyak memikirkan masalah traffik karena pembaca setia Anda selalu siap membaca artikel-artikel baru pada website Anda.

4. Berpotensi membentuk komunitas. Apa yang akan terjadi jika sekelompok orang yang memiliki minat yang sama berkumpul pada suatu tempat? Ya… Akan terjadi diskusi yang menyenangkan.

Blog dengan satu topik memiliki potensi untuk membentuk suatu komunitas. Dan jika itu berhasil (memang kebanyakan akan berhasil), maka blog Anda akan dipenuhi oleh komentar. Sesuatu yang membanggakan bukan?

5. Menjadi ahli di bidang tersebut. Anda memang punya keahlian sebelum punya blog. Hanya saja keahlian tersebut tidak berguna karena tidak ada seorang pun yang tahu keahlian Anda.

Berbeda dengan ketika Anda menuliskan keahlian tersebut di blog. Orang akan tahu bahwa Anda ahli di bidang tersebut. Biasanya mereka akan dengan senang hati mengikuti opini Anda tentang topik tersebut. Memiliki pengikut bisa benar-benar membuat semua tampak menyenangkan. Bukankah demikian?

Eits… Jangan senang dulu. Kelebihan di atas memang bisa diperoleh jika Anda memiliki blog yang membahas satu topik. Pertanyaannya sekarang adalah :

1. Apakah Anda punya keahlian? Ini pertanyaan yang sulit. Membuat blog sangat mudah. Tapi konsisten menulis setiap hari sangatlah sulit. Jika Anda tidak memiliki keahlian yang mumpuni, Anda akan kesulitan mengelola blog Anda.

Contoh sederhananya adalah blog yang membahas tentang tips ngeblog. Berapa banyak yang sudah Anda temui? Saya sudah menemukan banyak blog yang membahas tips ngeblog, tapi semuanya berakhir dengan kegagalan. Anda tahu mengapa? Karena mereka “hanya merasa” ahli. Bukan ahli yang sebenarnya.

2. Apakah Anda bisa menulis? Memiliki keahlian saja tidak cukup. Dalam dunia ngeblog Anda juga harus pandai menulis.

Sangat banyak orang yang memiliki keahlian di dunia ini. Bahkan mungkin Anda adalah orang yang demikian. Misalnya, Anda adalah ahli dibidang otomotif. Memiliki banyak pengalaman berkaitan dengan otomotif. Lalu apa yang membuat Anda tidak segera mulai membuat satu blog? Kebanyakan, alasan yang nomer satu adalah saya tidak pandai menulis.

Lalu harus bagaimana? Padahal saya ingin punya blog.

Yang perlu Anda garis bawahi adalah mengelola blog dengan satu topik sangatlah sulit, bahkan blogger profesional pun sering gagal. Jadi, jika Anda masih pemula, saya sangat menyarankan untuk mulai ngeblog dengan banyak topik.

Meskipun sangat jarang, blog yang membahas banyak topik juga bisa sukses. juragan cipir contohnya. Blog tersebut tidak pernah sepi pengunjung bukan?

Saya sendiri lebih memilih membahas banyak topik. Ini alasannya:

1. Lebih bebas. Saya hanya ngeblog untuk bersenang-senang. Jadi, tidak suka terbebani.

Menulis dengan membahas banyak topik memberikan banyak kebebasan. Tidak terikat. Di suatu waktu saya bisa menulis pengalaman pribadi, di lain waktu saya bisa menulis tentang SEO. Pokoknya bebas mau nulis apa.

2. Tidak pernah kehabisan ide. Apa yang membuat mengelola blog dengan banyak topik menyenangkan adalah tidak pernah kehabisan ide.

Berbeda dengan blog yang membahas satu topik, Anda tidak akan pernah merasa bosan mengelola blog yang membahas banyak topik.

Ide menulis sangat banyak. Bahkan terlalu banyak untuk dituliskan satu persatu. Saya akan heran jika ada orang yang kehabisan ide menulis sedang ia mengelola banyak topik.

3. Tempat belajar menulis. Tulisan saya masih jelek. Sangat tidak mungkin untuk membuat satu blog yang fokus membahas satu topik.

Bisa-bisa saya ditertawakan oleh blogger senior.

Saya juga memiliki keinginan untuk memiliki blog yang membahas satu topik, tapi hal itu harus ditunda. Alasannya, saya masih belum cukup pandai menulis.

4. Selera pribadi. Sebenarnya saya merasa lebih sreg untuk mengelola blog yang membahas banyak topik. Tidak tahu mengapa. Hanya masalah perasaan.

Buat apa mengelola blog yang membuat kita merasa terbebani. Yang penting happy.

Kesimpulan

Tak peduli apakah Anda mengelola blog yang membahas banyak topik atau satu topik, yang terpenting adalah apakah Anda senang?

Untuk blogger pemula saya lebih menyarankan untuk membahas banyak topik dulu sebagai latihan menulis.

Bukannya meremehkan, blogger senior saja kewalahan untuk mengelola blog dengan satu topik, apalagi kita?

Iklan

9 tanggapan untuk “Pilih Mana, Membahas Banyak Topik atau Satu Topik

  1. Menarik banget bang pembahasannya. Saya pribadi juga lebih suka membahas banyak topik, alasannya seperti yang di utarakan bang shiq4 diatas. selain itu blog juga hampir seperti ruangan tersendiri untuk bebas mengexpresikan apa yang dilihat dalam kehidupan sehari-hari maupun yang terlintas di dalam fikiran. 🙂

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s