Suka Duka Menjadi Blogger

Suka duka menjadi blogger sangat beragam. Melibatkan banyak perasaan. Dan tentu saja menjadi pengalaman yang berharga untuk diceritakan sebagai pembelajaran.

Saya mulai ngeblog sejak sekitar 6 bulan lalu, tepatnya bulan desember tahun 2014. Tidak banyak suka duka saya dalam ngeblog karena saya masih baru di dunia blogging. Tapi bernostalgia untuk sekedar bercerita dan berbagi pengalaman bukanlah sesuatu yang haram. Saya juga punya cerita seperti blogger-blogger lain berkenaan dengan suka duka ngeblog. Tidak kalah menarik. Mari kita mulai ceritanya.

Waktu itu saya banyak menganggur karena sakit. Dalam masa penyembuhan, saya harus beristirahat total dan secara teratur minum obat yang diberikan oleh dokter. Sungguh itu adalah masa yang kurang menyenangkan dalam hidup. saya merasa kesepian dan kurang semangat menjalani kehidupan yang ditakdirkan oleh Tuhan yang maha Esa.

Iseng-iseng saya mendownload aplikasi wordpress dan dimulailah perjalanan saya sebagai blogger.

Saya mulai aktif menulis untuk mengisi kekosongan dalam hidup saya. Awalnya, saya hanya menulis unek-unek yang tidak jelas. Namun, lama-kelamaan saya mulai menyadari bahwa saya menyukai aktivitas menulis. Saya mulai ketagihan. Saya terus menulis dan menulis tanpa henti.

Saya pun mulai berani mengatakan bahwa saya punya hobi baru, yakni ngeblog. Hingga sekarang pun saya terus berusaha untuk berbagi melalui coretan-coretan tidak penting di blog tips menulis kreatif dan inspiratif ini.

Duka Ngeblog Selama Ini

Ngeblog tidak selamanya menyenangkan. Saya memiliki duka-duka berikut ini:

1. Ngeblog melalui HP. Berbeda dengan blogger lain, saya hanya ngeblog melalui android. Kebayangkan susahnya mengetik setiap tulisan saya!.

Kabar baiknya adalah saya sudah mulai terbiasa untuk mengetik dengan android. Jadi, ini bukan menjadi masalah serius yang harus dipusingkan.

2. Koneksi lambat. Ini merupakan masalah umum. Semua blogger pasti pernah mengalaminya.

Terkadang koneksi tiba-tiba putus saat kita sedang begitu antusias membuka suatu halaman web. Menunggu beberapa menit agar koneksi kembali nyambung seperti semula merupakan masalah sehari-hari. Bahkan hingga detik tulisan ini dibuat, saya masih mengalaminya.

3. Suka Melamun. Menjadi blogger membuat pikiran kita lebih aktif dibanding orang yang bukan blogger. Sedikit saja mendapat inspirasi, maka Anda akan mendapati saya melamun.

Saya melamunkan kejadian demi kejadian. Ingin menulis semuanya. Tapi karena kemampuan menulis yang masih minim, akhirnya kebanyakan hanya menjadi draft yang selalu menunggu untuk diselesaikan.

4. Kurang bisa mengatur waktu. Beberapa kali saya diomeli karena sering ngeblog waktu saya sedang menjaga lapak.

Bukan menulis. Hanya membaca beberapa postingan. Terkadang karena keasyikan saya sampai lupa kalau sedang berjualan.

5. Ingin menulis tapi kurang inspirasi. Salah satu permasalahan yang sering saya hadapi sebagai penulis pemula adalah kurangnya referensi.

Dengan keadaan terpaksa saya harus menjelajah blog-blog bahasa inggris agar mendapatkan inspirasi menulis.
Semoga di masa yang akan datang blogger indonesia lebih banyak menulis tentang tema menulis.

Itu dukanya. Bagaimana dengan sukanya? Berikut adalah suka saya selama menjadi blogger:

1. Hidup lebih teratur. Awalnya memang saya tidak bisa mengatur waktu. Hanya ngeblog saja. Bahkan pernah seharian saya habiskan untuk ngeblog saja.

Tapi setelah terbiasa, sekarang saya memiliki hidup yang teratur. Saya menyukainya. Karena jika berurusan dengan ngeblog, Anda harus pandai-pandai mengatur waktu atau Anda akan terjebak dengan kehidupan yang tidak teratur.

2. Pandai menulis. Sekarang saya lebih pandai dalam hal menulis. Dulu, awal pertama ngeblog, saya tidak begitu pandai menulis. Butuh waktu berjam-jam untuk menyelesaikan tulisan. Selain itu, ada rasa tidak percaya diri, yakni takut tulisan terlihat jelek.

Perlahan tapi pasti saya mulai berbenah diri. Tulisan pun tisak jelek-jelek amat sehingga membuat saya senang tidak karuan. Ngeblog membuat saya benar-benar bisa menemukan kata terbaik untuk menyampaikan informasi atau sekedar bercerita. Saya menikmati proses menulis. Benar-benar fantastis.

3. Berada di halaman pertama google. Siapa yang tidak ingin tulisannya berada di halaman pertama google? Rasanya begitu menyenangkan lho.

Duduk di halaman pertama google menjanjikan jumlah pengunjung bertambah lebih banyak. Anda tidak akan tahu sensasi dari duduk di halaman pertama google setelah berjuang untuk menulisnya.

Salah satu favorit saya adalah artikel 9 Cara membuat konten berkualitas. Saya butuh waktu 3 hari untuk membuatnya stabil dan duduk di urutan ke-9 untuk kata kunci “Cara membuat konten berkualitas“. Persaingannya cukup ketat. Saya bahkan berharap keberuntungan akan membawa artikel tersebut berada di urutan ke-6 atau ke-7.

4. Kesempatan menghasilkan uang. Ini yang terbaik. Banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog. Meskipun saya tidak begitu memahaminya, saya mencoba membuat jasa menulis artikel.

Sampai sekarang belum ada seorang pun yang memesan artikel. Meskipun begitu, saya tetap menyukainya. Mungkin ini lebih cocok dimasukan kedalam duka menjadi blogger. Tapi karena kesalahan penulisan akhirnya saya masukan ke dalam sukanya menjadi blogger.

Mungkin hanya itu saja pengalaman suka duka menjadi blogger. Tidak kurang dan tidak lebih. Lalu, kalau boleh tahu apa suka duka teman-teman ketika menjadi blogger?

9 thoughts on “Suka Duka Menjadi Blogger

Tinggalkan Balasan

