Lebih Banyak Merenung

Hari ini terasa begitu panjang. Waktu terasa berhenti dan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Sejak siang tadi, aku lebih banyak menghabiskan waktu untuk merenung. Memikirkan semua aktivitas yang kulakukan. Apakah semua berguna dan tidak sia-sia?

Waktu terus bergulir dengan cara yang tidak kusadari. Akhirnya, sore hari datang. Ibuku terus mengomel menyuruhku untuk segera bergegas berangkat membuka lapak buah sumber penghidupan keluarga kami. Dengan malas aku segera mandi, tidak menghiraukan omelan ibu.

Lalu, setelah selesai mandi, aku langsung menuju ke pasar untuk membuka lapak buah. Disinilah biasanya aku menghabiskan waktu hingga selesai isya’. Jika beruntung, maka kau akan mendapati aku sibuk melayani pembeli yang datang silih berganti. Kalau tidak sedang ramai, maka kau akan mendapati diriku seperti sedang melamun. Asal kau tahu, aku tipe orang yang senang menyendiri dan memikirkan banyak hal-hal tidak penting dalam hidupku. Begitulah aku melalui hari setiap harinya.

Waktu senggang ketika menjaga lapak adalah waktu kesukaanku. Aku bisa membaca banyak artikel melalui gadget tuaku yang untungnya kinerjanya sejauh ini cukup memuaskan. Di bulan ramadhan seperti ini, antara pukul 6 sampai 7 malam adalah waktu yang tidak begitu ramai. Mungkin orang-orang sibuk berbuka, yang kemudian dilanjutkan shalat magrib, shalat isya’, dan berakhir dengan kegiatan terawih. Praktis, pasar jadi sepi pengunjung.

Inilah waktu kesukaanku. Waktu untuk menulis.

Sambil merenungkan setiap kejadian yang kulalui hari ini, tanganku dengan lincah mengetik, menuliskan apa yang sedang Anda baca. Jika boleh saya menyimpulkan tentang hari ini, maka hari ini adalah hari dimana saya banyak merenung.

One thought on “Lebih Banyak Merenung

Tinggalkan Balasan

