Praktik SEO Pertamaku

Praktik SEO saya akhirnya selesai. Meskipun dalam artikel “jangan bermimpi jadi blogger sukses tanpa kerja keras” saya merekomendasikan untuk mempelajari SEO ketika blog sudah berumur satu tahun, pada kenyataannya saya benar-benar tergoda untuk mencoba ilmu SEO.

Setelah melakukan beberapa riset kecil-kecilan, saya mencoba untuk membuat artikel SEO dengan penuh keyakinan.

Ini adalah langkah besar. Meskipun hanya membidik kata kunci “Kesalahan SEO”, kata kunci yang tidak populer, tapi saya benar-benar antusias menunggu hasilnya.

Saya butuh waktu sekitar 3 hari untuk menulis artikel “18 kesalahan SEO yang mungkin Anda lakukan“. Tidak begitu jelek. Tapi juga tidak terlalu bagus. Saya berharap artikel tersebut bisa tampil di halaman google.

Mengapa Harus Menulis Artikel SEO, Bukan Tips Menulis?

Saya tipe orang yang tidak menyukai kegagalan. Itu mengapa saya selalu berhati-hati dalam mengelola blog ini. Saya tidak ingin melakukan kesalahan sekecil apapun.

Ilmu SEO yang saya miliki hanya ala kadarnya sehingga ada keraguan yang besar manakala saya memakai ilmu tersebut. Huh… Bersaing dengan blogger lain untuk tampil di halaman pertama google adalah hal yang fantastis. Saya begitu menikmatinya.

Menurut kebijaksanaan saya, belum waktunya saya menulis artikel SEO bertema tips menulis karena memang pengetahuan saya tentang SEO masih terlalu minim. Bukan tindakan yang bagus jika saya harus mengoptimasi setiap artikel (padahal alasan yang sebenarnya adalah takut gagal muncul di halaman pertama google setelah bersusah payah menulis artikel :)) .

Hasil Praktik SEO

Saya tidak tahu. Biasanya butuh waktu paling cepat 3 hari atau paling lambat satu minggu untuk memastikan artikel benar-benar berada di halaman pertama google.

Menurut pendapat saya, persaingan yang begitu longgar berkaitan dengan kata kunci “kesalahan SEO” akan membuat artikel berjudul “18 kesalahan SEO yang mungkin Anda Lakukan” bisa tampil di halaman pertama google.

Ternyata saya berhasil. Puji Tuhan atas keberhasilan kecil ini. Kalau Anda mengetik kata kunci “kesalahan SEO”, maka Anda akan mendapati tulisan saya duduk manis di urutan ke-10.

Mengingat halaman pesaing yang tidak terlalu SEO, dalam 2 bulan saya berharap tulisan saya bisa berada di posisi yang lebih baik. Indahnya hari ini. Saya memberi hadiah secangkir kopi manis untuk keberhasilan kecil ini. Semoga membawa ke keberhasilan-keberhasilan lainnya.

Iklan

8 tanggapan untuk “Praktik SEO Pertamaku

  1. mau nge-cek blog sendiri, efektif di keyword apa, tapi musti clear history, biar hasil pencariannya bukan gara-gara kebiasaan kita buka blog sendiri sehingga hasilnya bener-bener valid.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s