6 Persiapan Sebelum Membuat Blog

Membuat blog tidak membutuhkan kerja keras. Tapi mengelola blog, itu perkara lain.

Jika Anda belum memiliki blog dan ingin segera membuat satu blog, maka Anda harus memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan visi blog yang akan Anda buat. Tanpa itu, blog Anda kebanyakan akan menjadi sampah informasi, terbengkalai, dan mati.

Saya telah melihat betapa banyak orang yang antusias membuat blog pertama mereka. Sebagian besar gagal dan memilih meninggalkan blog pertama mereka, sebagian kecil bingung dengan kelanjutan blog yang mereka kelola, dan hanya segelintir yang mampu tetap eksis dengan blog pertama mereka.

Percayalah, butuh banyak hal untuk sekedar mengelola sebuah blog. Jika Anda tidak memilikinya, sebaiknya Anda mempertimbangkan kembali keinginan Anda membuat blog atau Anda hanya mendapatkan kesia-siaan.

Berikut adalah 6 persiapan sebelum membuat blog yang bisa Anda pertimbangkan. Bacalah dengan seksama sebelum Anda benar-benar membuat sebuah blog.

1. Blogger Adalah Penulis

Hal pertama yang ingin saya sampaikan kepada Anda adalah apakah Anda benar-benar bisa menulis?

Kebanyakan blogger berhenti ngeblog karena mereka merasa bahwa menulis adalah hal yang susah. Menjadi blogger berarti berkomitmen menulis. Tanpa kemampuan menulis yang baik, Anda hanya akan menyiksa diri sendiri dan akan berakhir dengan kesia-siaan. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang bisa Anda pikirkan:

* Apakah Anda bisa menikmati saat-saat ketika Anda sedang menulis? Apa yang Anda rasakan?

* Apakah tulisan Anda bisa dipahami dengan mudah? Anda dalam masalah besar jika poin ini tidak terpenuhi.

* Apa yang ingin Anda tulis?

Jika Anda mengatakan menulis bisa dipelajari dan akan Anda pelajari, maka saya ragu dengan kesiapan Anda ngeblog.

Tanpa kemampuan menulis yang baik, Anda hanya buang-buang waktu menjadi blogger. Biasanya, Anda akan bosan dan segera memutuskan untuk berhenti ngeblog di tahun pertama.

2. Motivasi Memegang Peranan Penting

Ok, Anda bisa menulis. “Bolehkah sekarang saya membuat blog?”

Belum. Masih terlalu cepat.

Ngeblog bisa membuat Anda benar-benar tertekan. Lihatlah kenyataan. Banyak blog yang tidak mengupdate artikel dalam jangka waktu yang lama. Pertanyaan terbesarnya adalah mengapa?

Karena mereka tidak memiliki alasan yang jelas ketika memulai blog. Tips terbaik dari saya adalah apa tujuan Anda ngeblog?

Saya ingin Anda menuliskannya dalam 300 kata pada secarik kertas. Jika sudah Anda tuliskan, maka saya ingin agar Anda terus mengingatnya.

Terkadang ngeblog bisa membuat orang stress. Beberapa blogger lupa bagaimana cara bersenang-senang dengan blog mereka.

Ingatlah, Anda telah berkomitmen ngeblog dalam jangka panjang. Anda mempunyai tujuan yang jelas sehingga Anda tidak mudah terpengaruh dan tidak akan ikut-ikutan dengan blogger lain. Pertahankan tujuan ngeblog Anda sebagai motivasi.

Anda harus sampai pada tujuan ngeblog Anda suatu saat nanti. Bagaimana pun caranya.

3. Berkenaan dengan Topik Ngeblog

Jika ini adalah pertama kali ngeblog, maka jangan pikirkan tentang topik blog Anda. Itu hanya buang-buang waktu.

Tips terbaik untuk Anda yang pertama kali ngeblog adalah ngebloglah dengan bebas. Tulis apapun yang ingin Anda tulis.

Bukankah lebih baik jika ngeblog dengan topik tertentu?

Lupakan saja tutorial-tutorial yang bertebaran di internet. Internet memiliki banyak kebohongan. Hal ini salah satunya.

Bahkan blogger profesional merasa kesulitan untuk menciptakan blog dengan topik yang spesifik. Bukannya meremehkan, apalagi Anda yang seorang pemula?

Lebih mudah bagi Anda untuk membuat blog gado-gado seperti saya. Bisa menulis sekehendak hati tanpa batasan apapun. Bisa bersaing dengan blogger lain dengan tema menulis yang bebas.

Sebagai contoh, meskipun saya tidak berfokus menulis tips ngeblog, Anda akan melihat tulisan blog saya berada di halaman pertama google. Silakan ketik kata “alasan ngeblog” dan Anda akan mendapati salah satu tulisan saya.

4. Tampilan Blog

Salah satu “jangan” pada poin kesembilan dalam artikel “10 jangan untuk blogger pemula” adalah jangan sering gonta-ganti theme atau template.

Saya tahu Anda ingin terlihat berbeda dan ingin tampil mengesankan dengan blog Anda. Tapi Anda bukanlah seorang programmer.

Jangan membuang waktu Anda untuk memodifikasi blog Anda terlalu berlebihan. Saya tahu Anda bisa membuat banyak hal tampak lebih indah. Tapi itu sesuatu yang tidak perlu.

Bersikaplah profesional. Pilih satu theme atau template yang Anda sukai dan jangan berganti-ganti.

Jangan pula terlalu banyak memodifikasinya atau Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk hal ini. Jika memang Anda sangat ingin tampil berkesan, sewalah jasa pembuatan desain atau Anda tidak akan pernah puas dengan apa yang Anda miliki.

5. Nama Blog

Pilih nama yang Anda sukai. Jangan membaca tips-tips membuat nama blog di google karena Anda akan bingung.

Nama yang simple. Mudah diingat. Dan yang terpenting Anda sukai.

Pilihlah dengan hati-hati karena nama blog akan Anda gunakan seterusnya. Sangat banyak blogger yang tidak puas dengan nama yang mereka pilih kemudian meninggalkan blog mereka yang seumur jagung dan membuat blog baru.

Blog yang bagus bukan karena namanya. Tetapi karena isinya. Tidak perlu bersusah payah dalam mencari nama. Pilih saja. Kemudian daftarkan.

6. Gratis atau Berbayar

Saya sangat menyarankan untuk ngeblog dengan platform yang gratis dulu. Pengalaman saya, blog gratisan tidak kalah dengan blog berbayar dalam hal apapun.

Lupakan tutorial yang mengharuskan Anda merogoh kocek. Itu belum waktunya. Alangkah baiknya jika Anda mencoba yang gratis dulu. Seiring berjalannya waktu, ketika Anda sudah mahir ngeblog, memilih yang berbayar adalah tindakan yang bijaksana.

Itulah 6 persiapan sebelum ngeblog. Jika Anda sudah membacanya, Anda siap bergabung dengan saya untuk menjadi blogger.

Iklan

5 tanggapan untuk “6 Persiapan Sebelum Membuat Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s