Mengenal Istilah-Istilah Penting Dalam Blogging

Bagi Anda yang masih pemula, pasti merasa bingung dengan istilah-istilah blogging ketika membaca artikel yang bertebaran di internet. Untuk memudahkan Anda belajar secara otodidak, saya menyusun istilah-istilah blogging berikut ini:

1. Blogwalking. Blogwalking adalah jalan-jalan ke blog lain dan meninggalkan komentar, saran, dan kritik yang membangun. Untuk lebih jelasnya apa itu blogwalking?

2. Blogger. Adalah sebutan bagi orang yang memiliki blog.

3. Domain. Nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat ip. Misalnya kompas.com, problogger.net, priyangga.web.id dll. Silahkan baca pengertian domain agar lebih mudah memahaminya.

4. SEO. Singkatan dari search engine optimization. Yaitu teknik-teknik yang digunakan blogger agar bisa tampil di halaman pertama google. Lihat memahami SEO untuk pemula.

5. Surfing. Adalah kegiatan untuk menemukan informasi di internet atau menjelajahi intetnet untuk menemukan informasi tertentu.

6. WordPress. Salah satu penyedia blog gratis di internet. Jika Anda ingin memiliki blog gratis, Anda bisa mendaftar di wordpress.com. Hasilnya, Anda akan memiliki blog seperti apa yang saya gunakan.

7. Permalink. Singkatan dari permanent link yaitu tulisan yang mengarahkan kita pada website tertentu jika diklik.

8. Email. Disebut juga surat elektronik. Anda bisa memiliki email gratis jika mendaftar ke situs-situs tertentu. Bagi Anda yang ingin memiliki email, silahkan klik dibawah ini:

* Membuat email di Gmail.com.

* Membuat email di yahoo.

9. Adsense. Periklanan online milik google dan digunakan untuk menghasilkan uang oleh blogger. Jika ada yang mengklik iklan tersebut, maka si pemilik blog atau website akan menerima pembayaran dari google. Artikel-artikel tentang adsense agar Anda lebih memahaminya:

* Pengertian Adsense
* Rahasia cara daftar google adsense agar mudah diterima

10. Affiliasi. Istilah untuk orang yang menjualkan jasa atau produk orang lain. Jika ada yang terjual, maka Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

11. Blogging. Merupakan istilah untuk seluruh kegiatan ngeblog kita. Menulis artikel, mengelolah komentar, mengganti themes dan lain sebagiannya.

12. Alexa Rank. Rangking website yang diberikan oleh perusahaan alexa.com. Semakin kecil nilai alexa rank, maka semakin baik pula website atau blog tersebut di mata alexa.

13. RSS. Format web feed yang ditulis dengan bahasa XML. Digunakan untuk menginformasikan konten digital yang sering di update.

14. Browser. Software yang digunakan untuk membuka halaman-halaman website.

15. Blogspot. Salah satu layanan blog gratis yang disediakan oleh blogger.com. Anda bisa memiliki blog dengan namaanda.blogspot.com. Untuk mendaftar di blogspot silahkan klik cara mendaftar blogspot.

16. Subcriber. Berlangganan untuk menerima artikel-artikel baru sehingga tidak ketinggalan berita. Jika ada berita baru, akan ada pemberitahuan melalui RSS atau email Anda. Tergantung bagaimana cara Anda berlangganan. apa itu subcribe?

17. Posting. Menyebarkan informasi di internet baik berupa tulisan, gambar, audio atau video sehingga bisa dinikmati orang lain.

18.Reblog Memposting tulisan orang lain tanpa harus copy paste

Jika ada istilah-istilah dalam blogging yang tidak Anda mengerti, saya berharap Anda menambahkannya di kolom komentar sehingga nantinya bisa saya tambahkan di artikel ini. Terima kasih.

Iklan

7 tanggapan untuk “Mengenal Istilah-Istilah Penting Dalam Blogging

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s